18 Hal Seru Yang Wajib Dilakukan di Cameron Highlands

Artikel ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version.

Terletak di Pahang, Malaysia barat, Cameron Highlands adalah tujuan wisata yang fresh, penuh dengan pemandangan hijau serta banyak hal seru yang untuk dilakukan dan dilihat. Dari perkebunan teh, ladang bunga yang semarak, museum keren, hingga situs keagamaan, Cameron Highlands adalah salah satu tempat yang asyik untuk ditambahkan ke bucket list liburanmu di Malaysia.

Saya mendengar bahwa Cameron Highlands adalah tempat yang cantik. Banyak tempat menarik terletak di sepanjang satu jalan utama, jadi pergi dari satu tempat ke tempat lain adalah hal yang mudah. Bus lokal berjalan dengan pemandangan indah gunung, atau kamu dapat memesan beberapa hari perjalanan di sekitar area jika kamu tidak memiliki transportasi sendiri. Akomodasi tersedia sesuai dengan budget, dan ada banyak tempat untuk makan dan minum.

Berikut daftar hal seru yang dapat dilakukan di Cameron Highlands:

1. Terpesona oleh tanaman hijau di perkebunan teh

Image credit: @faisalmaps (kiri), @chenellewen (kanan)

Jika pemandangan hijau yang menakjubkan dan bukit-bukit serta pegunungan bergelombang yang diselimuti oleh daun rimbun adalah secangkir teh, maka jangan lewatkan untuk mengunjungi salah satu perkebunan teh di Cameron Highlands. Selain bisa mengagumi pemandangan indahnya, kamu juga dapat mencicipi teh dan merasakan kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang industri penanaman teh lokal. BOH Tea Plantation adalah salah satu perkebunan teh yang paling terkenal di daerah tersebut, dan perkebunan yang saya pilih untuk dikunjungi, termasuk Boh Sungai Palas Tea Centre dan Bharat Tea Plantation.

2. Petik sendiri buah di kebun stroberi

Image credit: @von115 (kiri), @audfoodiary (kanan)

Berada di ketinggian dan suhu yang lebih dingin di Cameron Highlands, membuatnya relatif mudah bagi petani untuk menanam stroberi. Memang, itu satu-satunya tempat di sekitar Malaysia di mana stroberi ditanam. Ada banyak kebun stroberi di sekitar area tersebut, yang sebagian besar memungkinkan pengunjung untuk melihat-lihat dan memetik buah mereka sendiri. Banyak juga yang menjual beraneka ragam rasa stroberi dan lainnya seperti milkshake, selai, es krim, dan berbagai macam ornamen. Pertanian stroberi lokal lainnya yang harus kamu kunjungi adalah Big Red Strawberry, Strawberry Farm Kea, Strawberry Sehat, Strawberry Strawberry Kok, dan Strawberry Raaju Hill.

3. Mencicipi kehidupan manis di peternakan madu

Image credit: @bronnie_grace (kiri), @iriscn04 (kanan)

Jika kamu pernah bertanya-tanya bagaimana lebah menghasilkan madu yang manis dan lengket, Cameron Highlands memberikan kesempatan untuk mengetahuinya. Ada beberapa peternakan madu di daerah tersebut, termasuk Cameron Tringkap Bee Farm, Ee Feng Gu Bee Farm, dan Highlands Apiary Farm. Masing-masing memberikan detail menarik tentang siklus hidup lebah dan produksi serta tujuan madu. Cicipi madu yang diproduksi secara lokal, temui peternak lebah, dan beli berbagai barang yang terbuat dari madu. Selain guci madu dan citarasa madu yang jelas, kamu juga akan menemukan barang unik lainnya seperti sabun madu dan produk rambut.

4. Lihat tanaman berduri di pusat kaktus

Image credit: @von115 (kiri), @zhackparas (kanan)

Ada dua pusat kaktus utama di Cameron Highlands: Cactus Valley dan Cactus Point. Masing-masing adalah rumah bagi bermacam-macam kaktus, dengan duri-duri yang tumbuh besar dan kecil dari tanaman dengan berbagai bentuk, warna, dan ukuran. Kamu akan melihat kaktus yang berasal dari berbagai belahan dunia, serta beberapa yang sudah tua. Kedua pusat memiliki tanaman lain yang dipamerkan juga.

5. Manjakan mata dengan keindahan bunga di taman lavender

Image credit: lapetitecamera

Lavender Centre yang indah adalah salah satu tempat tercantik di Cameron Highlands. Rumah bagi bermacam-macam varietas lavender yang berbeda, purples, lilacs, mauves, dan blues tak pernah mengecawakan. Berjalan-jalanlah di sepanjang jalur yang terawat baik, di mana udaranya dipenuhi aroma yang berbeda dan kuat. Pelajari lebih lanjut tentang penggunaan lavender, termasuk untuk alasan pengobatan dan terapi. Kamu juga dapat membeli berbagai macam barang yang terbuat dari lavender untuk dibawa pulang sebagai hadiah atau cinderamata yang tidak biasa.

6. Kunjungi Rose Centre yang harum

Image credit: @chanwon92 (kiri), @carine_chai (kanan)

Rose Centre yang menawan adalah semua tentang wewangian yang halus dan warna yang indah. Kamu mungkin akan terkejut dengan banyaknya varietas mawar yang ditanam di sini — pusat ini memiliki lebih dari 100 spesies berbeda! Setelah berjalan-jalan dan mengagumi bunga-bunga, ikuti jalan setapak yang ditinggikan untuk pemandangan indah ke daerah sekitarnya.

7. Dibuat kagum oleh Butterfly Farm

Image credit: @nor_suhadasabri (kiri), @sarooh97 (kanan)

Jika kamu pernah ingin memasuki taman tropis yang dipenuhi kupu-kupu berwarna-warni yang melayang di udara dan duduk di atas bunga-bunga, Butterfly Farm adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Populer dikalangan anak-anak dan orang dewasa, fasilitas di sini juga memiliki koleksi besar. Saksikan serangga, laba-laba, dan reptil dengan campuran keingintahuan, intrik, jijik, dan kengerian. Makhluk lain yang menyebut rumah pertanian termasuk bebek dan ikan.

8. Pelajari lebih lanjut tentang pertanian di Agro Technology Park Mardi

Sebagai toko serba ada bagi pengunjung yang tertarik dengan praktik pertanian dan pertanian lokal, Mardi yang luas memiliki sejumlah kebun tempat berbagai jenis yang ditanam. Dari teh dan mawar hingga anggur dan rempah-rempah, berjalan-jalanlah di taman yang tertata apik dan temukan lebih banyak. Pusat informasi adalah sumber fakta menarik yang bermanfaat, dan tanaman serta benih tersedia untuk dibeli.

9. Perjalanan kembali ke masa lalu di Time Tunnel

Image credit: @wshanmak (kiri), @adnanmandala (kanan)

Salah satu atraksi favorit saya di Cameron Highlands, Time Tunnel yang fantastis juga kadang-kadang disebut sebagai The Local Museum. Lebih dari sekadar museum, Time Tunnel memungkinkan kamu untuk menyelami kehidupan di masa lalu. Benamkan dirimu dalam adegan yang berbeda dan bermainlah dengan berbagai alat peraga untuk foto-foto yang menyenangkan dan menakjubkan. Duduk untuk minum teh, melangkah ke toko tata rambut, berpose dengan gerobak minuman, bermain dengan permainan vintage, dan banyak lagi hal seru yang dapat dilakukan di museum unik di Cameron Highlands. Koleksi memorabilia sangat mengesankan, dan ini adalah tempat teratas untuk belajar lebih banyak tentang kehidupan lokal.

10. Mengagumi kreasi asli di Mah Meri Art Gallery

Mah Meri Art Gallery menampilkan ukiran kayu asli yang rumit dan secara tradisional dibuat oleh kelompok etnis Mah Mehi. Orang-orang Mah Meri berasal dari Carey Island di negara itu. Ada topeng, patung, dan banyak lagi, semuanya diukir dari kayu.

11. Tur ke Sam Poh Temple

Image credit: @aarikalee (kiri), @maldivotraveller (kanan)

Sam Poh Temple yang besar adalah salah satu kuil Budha utama di Cameron Highlands. Dinding-dinding candi utama menampilkan ratusan gambar keramik kecil Sang Buddha, dan ada banyak patung dan gambar Buddha lainnya untuk dikagumi. Aroma dupa sangat menggantung di udara dan kamu dapat melihat umat Buddha setempat berkunjung untuk berdoa dan membuat kebajikan. Ada juga banyak citra dari cerita rakyat Tiongkok.

12. Nikmati spiritualitas di Sri Thendayuthapany Swamy

Image credit: @mw_world_travel

Salah satu dari beberapa tempat ibadah Hindu di daerah itu, Sri Thendayuthapany Swamy adalah rumah bagi banyak patung berwarna-warni. Dibangun dengan gaya Nadu, yang umum di antara kelompok-kelompok Tamil, kuil ini merupakan perhentian yang baik bagi orang-orang yang tertarik pada budaya agama.

13. Berjalan melalui Hutan Lumut

Image credit: @aidashaff (kiri), @syabilmhd (kanan)

Terletak di puncak Gunung Brinchang, salah satu puncak tertinggi di kawasan ini, Mossy Forest adalah tempat yang tepat untuk mengalami dunia alami. Dinamai karena lapisan lumut tebal yang menutupi lantai hutan, Mossy Forest memiliki jalan setapak yang memudahkan menjelajahi daerah itu. Ada pemandangan menyapu sekeliling, dan dedaunan lebat dan pohon-pohon tinggi memberikan banyak keteduhan. Kabut terkadang menggantung tebal di udara dan hutan adalah rumah bagi beragam flora dan fauna.

14. Jelajahi jalur hiking

Ada banyak peluang untuk menjelajahi alam bebas di Cameron Highlands. Pendakian mandiri dimungkinkan di sepanjang pemilihan rute yang ditandai. Carilah bunga rafflesia yang sangat besar, tanaman semar yang aneh, burung besar, dan banyak lagi.

15. Melihat keindahan air terjun

Image credit: @crazyasn (kiri), @wanderbymile (kanan)

Cameron Highlands adalah rumah bagi beberapa air terjun yang indah. Thompson Falls menawarkan suasana damai dan pemandangan yang indah, dan kamu dapat mendayung di kolam renang di bagian bawah air terjun. Langkah menuju ke puncak air terjun, dari mana kamu dapat menikmati pemandangan indah. Parit Waterfall membutuhkan pendakian singkat untuk mencapainya, dan pengunjung relatif sedikit. Air terjun ini juga tidak dapat diakses selama periode hujan lebat. Air terjun lokal lainnya adalah Robinson Waterfall, yang terletak tepat di luar kota Tanah Rata.

16. Bermain golf

Lapangan Golf Cameron Highlands dengan 18 lubang menghadirkan tantangan bagi penggemar golf yang giat. Peralatan tersedia untuk disewa di tempat dan kursus ini memberikan pemandangan indah ke pegunungan dan perkebunan teh.

17. Berbelanja di pasar lokal

Image credit: stratman

Pasar di sekitar Cameron Highlands biasanya menjual berbagai macam produk segar, jamu, pakaian, dan barang sehari-hari lainnya. Banyak juga yang melayani wisatawan, dengan berbagai cinderamata, pernak-pernik dan, tentu saja, produk lokal seperti teh, madu, serta stroberi.

18. Nikmati teh krim Inggris

Stasiun bukit Malaysia adalah tempat peristirahatan yang populer pada masa penjajahan Inggris, disukai karena bentang alamnya yang indah dan suhu yang lebih dingin. Perhatikan baik-baik dan kamu akan melihat beberapa pengingat dari era kolonial, termasuk arsitektur hitam dan putih yang mengingatkan pada masa Tudor di Inggris. Warisan abadi lainnya adalah teh krim. Nikmati scone Inggris, lengkap dengan selai dan krim, sambil menyeruput secangkir teh hangat.

Baca juga: 22 Aktivitas Wisata Penang Yang Seru Untuk Kunjungan Pertama Kamu

Ada begitu banyak hal seru untuk dilihat dan dilakukan di Cameron Highlands yang indah di Malaysia – mulailah dengan panduan ini!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru