22 Aktivitas Wisata Penang Yang Seru Untuk Kunjungan Pertama Kamu

Artikel wisata Penang ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version.

Penang. Tidak sedikit yang menyebut kota di Malaysia ini sebagai ‘Permata dari Timur’. Fakta yang juga harus kamu ketahui adalah Penang termasuk salah satu kota dengan peringkat tertinggi sebagai salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi, tidak hanya di Malaysia, tapi di seluruh dunia.

Mulai dari jajanan kaki lima yang menggiurkan hingga mural dengan sisi artistik yang istimewa, inilah daftar aktivitas wisata Penang yang bakal membuat liburan pertama kamu di kota ini bakal memiliki kesan mendalam.

1. Berjalan-jalan di Harmony Street Penang

Harmony Street di Penang bisa kamu temukan di Jalan Masjid Kapitan Keling, tempat yang menawarkan keunikan multikultural Malaysia sebagai suatu negara. Jalanan ini dipenuhi dengan banyak tempat ibadah dari beragam agama dan kepercayaan, dan bukan hal yang biasa melihat banyak orang dari berbagai latar belakang menjalankan ibadahnya masing-masing di setiap akhir pekan atau saat libur keagamaan. Beberapa gedung yang ada di jalan ini antara lain Masjid Kapitan Keling, Klenteng Kuan Yin, Gereja St George, Pura Sri Mahamariamman dan banyak lagi lainnya. Gedung Khoo Kongsi yang terkenal juga ada di jalan ini.

Lokasi Street of Harmony: Jalan Masjid Kapitan Keling, 10300, Penang

2. Menjelajahi museum dan gedung bersejarah

Image Credit: Mahen Bala

Ketika mengunjungi tempat yang penuh sejarah dan warisan budaya seperti Penang, sangat mudah berasumsi bahwa semua gedung yang ada tidak semuanya dibangun dalam 20 hingga 30 tahun terakhir. Hal ini berlaku juga untuk restoran dan hotel. Dikenal sebagai situs budaya dan sejarah, pengunjung diizinkan untuk bermalam di gedung-gedung ini, yang difungsikan sebagai hotel atau hostel. Sejumlah tempat, seperti Blue Mansion, bahkan memiliki museum di dalamnya. Opsi lain yang bisa dipertimbangkan adalah Seven Terraces, hotel butik bertema Perankan yang sudah diperbarui dari gaya rumah teras Anglo-Chinese di abad 19. Tempat ini memiliki hubungan yang cukup dekat dengan sejarah Penang, dan pastinya menawarkan suasana yang sepenuhnya berbeda jika dibandingkan dengan Hard Rocks dan BayViews.

Lokasi Blue Mansion: 14, Leith Street, 10200, Penang, Malaysia
Lokasi Seven Terraces: Lorong Stewart, 10300, Penang, Malaysia

3. Bermain petak umpet di Street Murals of Penang

Image credit: CEphoto; Uwe Aranas

Kurang lebih popularitas jalan ini untuk pertama kalinya muncul di akhir 2009 atau awal 2010, ketika banyak orang memposting foto mereka di depan mural di jalanan Penang. Tidak lama kemudian, hasil seni jalanan ini menjadi salah satu yang paling mencuri perhatian di wisata Penang, bahkan bagi warga lokalnya sendiri. Jalanan di George Town adalah jalanan yang dipenuhi dengan salah satu cabang dari seni lukis ini dan situasi ini menjadi salah satu alasan mengapa ada lebih banyak pengguna sepeda saat ini jika dibandingkan, katakanlah, sepuluh tahun silam. Dengan banyaknya seni mural di kota ini, melihat semuanya bisa menjadi aktivitas wisata di Penang yang cukup mengesankan.

Dan apabila kamu tertarik melihat semua karya seni ini, inilah peta dari lokasi di mana lukisan mural bisa ditemukan. Semoga beruntung!

4. Maraton kuliner adalah keharusan

wisata penang
Image credit: Michael Camilleri

Menghabiskan waktu di jalanan kota Penang tidak akan pernah lengkap jika tidak menikmati kuliner jalanan yang ada. Sebagai salah satu surganya makanan di dunia, sulit untuk tidak menikmati setiap sajian di penang. Mulai dari Char Koay Teow hingga Laksa Penang, atau yang lebih membumi seperti Rojak, Penang memiliki semuanya. Bahkan, tidak sedikit yang menyebut Penang sebagai ibukota kuliner-nya Malaysia.

Menghabiskan waktu dengan menikmati kuliner Penang sudah menjadi keharusan tersendiri. Banyak sekali food courts dan taman kuliner yang berada di wilayah ini. Tapi jika ingin memulai di satu tempat khusus, Gurney Drive adalah spot yang tepat. Perlu diperhatikan, akan sedikit ramai di hari tertentu dan bersiaplah untuk antri, atau bahkan berebut tempat duduk saat menikmati wisata Penang.

Lokasi Gurney Drive Hawker Centre: 172, Solok Gurney 1, George Town, Jelutong, Pulau Pinang, Malaysia

5. Bar/Cafe Hopping di sepanjang Penang

Penang memiliki beragam cafe dengan banyak konsep, bar berkelas dan klub di sepanjang pulau. Karenanya, kala menjalani wisata Penang, singgah di satu, dua bahkan tiga cafe, bar atau klub adalah keseruan tersendiri. Salah satu kafe yang layak direkomendasikan adalah Mug Shot Cafe, yang memiliki yoghurt dan sandwich enak, dan Tavern in The Park. Straits Quay juga bisa menjadi daerah jujukan kamu. Banyak pilihan pubs dan bar untuk membunuh malam. Tempat ini juga memiliki marina yang cantik.

Lokasi Straits Quay: Jalan Seri Tanjung Pinang 10470 Tanjong Tokong, Penang Malaysia, Malaysia

6. Menikmati suasana Little Penang Street Market

Image credit: Screen cap from Youtube user Matt Chia

Pasar jalanan menjadi bisnis tersendiri di Penang. Salah satu yang harus kamu datangi adalah Little Penang Street Market, salah satu lokasi di mana proyek komunitas yang dimulai 2006 berhasil memunculkan kesan tersendiri bagi wisatawan. Setiap hari Minggu terakhir di setiap bulan, Little Penang Street Market menghadirkan beragam kerajinan tangan untuk souvenir, dan ada juga yang jualan makanan dengan kesenian jalanan. Pasar jalanan ini buka mulai 9.00 hingga 17.00.

Lokasi Little Penang Street Market: Upper Road, 2, Jalan Penang, 10300, Penang

7. Menyusuri George Town dengan becak

Image credit: Shankar S.

Sama seperti sebagian besar wilayah di Indonesia, ada becak juga di Penang. Ada beberapa becak yang bisa kamu temui di sekitar George Town dan tidak ada salahnya berkeliling kota, atau menuju satu tempat ke tempat lain dengan becak. Sensasi naik becak di Penang berbeda dibanding di Indonesia, lho!

8. Mengunjungi Kuil Kek Lok Si di malam hari

wisata penang
Image credit: Flying Pharmacist

Kuil Kek Lok Si merupakan kuil terbesar dan terbaik di wilayah Penang. Banyak ukiran dan patung, bahkan berbagai bentuk Budha di dalamnya. Arsitektur kuil ini, dengan banyak pagoda, bahkan lebih semarak saat momen Tahun Baru Cina dan perayaan Waisak. Tidak salah jika banyak yang ingin datang ke tempat ini, setidaknya untuk menikmati atmosfer di waktu malam.

Lokasi kuil Kek Lok Si: 11500 Ayer Itam, Penang

9. Mengunjungi pura dengan air terjun di atas bukit

Image credit: Tripadvisor

Arulmigu Balathandayuthapani menjadi candi paling tua di Penang. Untuk bisa mencapainya kamu harus mendaki bukit, menapaki 500 anak tangga. Di puncak kamu akan bisa menyaksikan pemandangan yang indah wilayah Gurney dan Gunung Erskine. Salah satu daya tarik lainnya adalah keberadaan air terjun di sana.

Lokasi Candi Arulmigu Balathandayuthapani: Jalan Air Terjun, 10300, Penang

10. Mendatangi patung Budha Tidur terbesar dunia

wisata penang
Image credit: CEphoto; Uwe Aranas

Di pura Saimese Wat Chayamangkalaram Buddhist, terdapat patung Budha Tidur, yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Jangan sampai melewatkan atraksi yang satu ini, ya!

Lokasi Pura Wat Chayamangkalaram: 24, Lorong Burma, 10300, Penang

11. Menyambangi Kuil Ular

Image credit: Khalzuri Yazid

Jika wisata ke Penang, jangan sampai tidak mengunjungi Kuil Ular. Salah sau spot wisata yang masuk dalam itinerary Amazing Race, kuil ini dipenuhi dengan ular dengan bisa beracun. Uniknya, kebanyakan dari mereka hanya ‘bersantai’ saja di lantai kuil. Tapi, jangan sekali-sekali mengganggu mereka, ya!

Lokasi Snake Temple: Jalan Tokong Ular, 11600, Penang

12. Wisata Penang Ghost Museum untuk liburan bertema horor

Image credit: Ghost Museum Penang

Bertemu hantu, mengapa tidak? Kamu bisa memasukkan Penang Museum Ghost dalam itinerary wisata Penang untuk sensasi tersendiri. Tidak usah khawatir bakal bermimpi buruk, setiap pengunjung bahkan bisa berfoto bersama beragam hantu di museum ini. Hantu di museum ini memang cukup variatif, tergantung pada budaya dan cerita lokal yang ada. Dijamin asyik, lho!

Lokasi Ghost Museum: 57, Lebuh Melayu, 10100, Penang

13. Gila-gilaan di Made In Penang: The Interactive Museum

Image credit: Made In Penang

Dari yang mengerikan hingga yang lucu, semua ada di Penang Interactive Museum. Yang membedakan dengan museum 3D di tempat lain ada kearifan lokal yang ditonjolkan. Yang ingin berfoto dan menambah koleksi di akun Instagram, tempat ini sangat worth to visit, lho!

Lokasi Made In Penang: No. 3, Pengkalan Weld, 10100, Penang

14. Menyusuri sejarah masa lalu di Pinang Peranakan Museum

wisata penang
Image credit: Hajotthu

Pinang Peranakan Museum menjadi mansion 1900-an yang dibangun ulang. Banyak hal bisa kamu temukan di sini, mulai dari gaya hidup Baba dan Nyonya, kehidupan komunitas di Penang, Malaka dan bahkan di Singapura pada masa lampau. Menjadi pengalaman tersendiri dan banyak yang memberikan testimoni bahwa mereka seperti diajak ke masa lampau.

Lokasi Museum Pinang Peranakan: 29, Church Street, 10200, Penang

15. Bermain dengan burung di Wisata Penang Bird Park

Image credit: cat_collector

Penang Bird Park di Seberang Perai menjadi taman burung terbesar di Malaysia dan memiliki koleksi burung yang beragam. Setiap spesies burung diposisikan di tempat yang diciptakan khusus mirip dengan habitatnya di alam terbuka. Ada setidaknya 300 spesies burung menjadi koleksi di taman ini, dengan setengahnya adalah spesies burung lokal Malaysia. Selain burung, ada hewan mamalia, kura-kura dan ular piton yang bisa kamu temukan di sini.

Lokasi Penang Bird Park: Taman Burung Seberang Jaya, Jalan Todak, Seberang Perai, 13700, Perai, Penang

16. Menjelajah hijaunya wisata Penang Botanical Gardens

Image credit: Dr. htgoon

Penang Botanical Gardens mungkin tidak seprima beberapa dekade silam, tapi taman ini tetap menjadi taman publik yang asyik untuk dikunjungi. Sejumlah organisasi kerap mengadakan program edukasi untuk pelestarian taman dan juga pemeliharaan flora fauna di dalamnya. Kamu juga bisa mengunjungi Penang Water Authority, yang memiliki air terjun dan pemeliharaan air di dalamnya.

Lokasi Penang Botanical Gardens: Jalan Kebun Bunga, 10350, Penang

17. Meninggalkan kota di ESCAPE Theme Park wisata Penang

wisata penang
Image credit: cmglee

Salah satu taman bermain luar ruang di Penang yang harus dikunjungi. Dibuka pada 2012, taman bermain ini menjadi hits dalam beberapa tahun terakhir. Banyak aktivitas bisa dilakukan di sini, mulai dari panjat dinding, terjun bebas dan banyak lagi lainnya.

Lokasi ESCAPE: 828, Jalan Teluk Bahang, 11050, Penang

18. Menikmati pemandangan alam di Penang National Park

Image credit: Syed Abdul Khaliq

Taman nasional ini merupakan taman nasional terkecil di dunia. Namun, dengan luas 2,5 hektar, ada keanekaragaman yang luar biasa di dalamnya. Kamu bisa menemukan danau, wilayah mangrove, terumbu karang dan bahkan pantai tempat penyu bertelur di Penang National Park. Ada juga beberapa rute penjelajahan yang bisa kamu tempuh untuk trekking.

Lokasi Penang National Park: Jalan Hassan Abbas, 11050, Penang

19. Naik kereta ke Penang Hill wisata Penang

wisata penang
Image credit: Ginson Lim

Dikenal sebagai Bukit Bendera di Malaysia, Penang Hill menjadi salah satu destinasi wisata Penang paling top dan salah satu yang paling sejuk udaranya. Kamu bisa menuju ke puncak bukit dengan menggunakan kereta. Hanya dibutuhkan lima menit dalam perjalanan tersebut. Selama perjalanan kamu bisa melihat pemandangan dan menikmati udara segar. Di puncak bukit, ada sejumlah restoran, toko souvenir, masjid dan kandang burung untuk menemani waktu bersantai kamu.

Lokasi Bukit Bendera: Jalan Stesen Bukit Bendera, 11500, Penang

20. Bersantai di Batu Ferringi Beach untuk wisata Penang mengesankan

Image credit: Eduap

Pantai menjadi salah satu daya tarik wisata Penang, karenanya mengunjungi salah satu destinasi ini menjadi keharusan. Pantai Batu Ferringhi adalah spot layak direkomendasikan. Dengan pantai berpasir putih dan beragam aktivitas air yang bisa dilakukan, setiap pengunjung pasti mendapatkan kesan mendalam. Sekadar bersantai dan menikmati koktail dingin juga menjadi hal yang seru untuk dilakukan.

Lokasi Batu Ferringhi: Jalan Batu Ferringhi, 11100, Penang

21. Wisata Penang ala Crazy Rich Asian di Cheong Fatt Tze Mansion

wisata penang
Image credit: Mohd Fazlin Mohd Effendy Ooi

Mengikuti serial Crazy Rich Asian? Jika iya, kamu pasti tidak akan lupa dengan Cheong Fatt Tze Mansion alias The Blue Mansion, tempat Michelle Yeoh dan Constance Wu beradu peran. Ya, rumah tersebut masuk dalam salah satu scene serial terkenal tersebut. Dibangun pada tahun 1880-an, mansion ini memiliki perpaduan budaya anttara barat dan timur. Sekarang mansion ini menjadi hotel, jadi kamu bisa tinggal di dalamnya.

Lokasi Cheong Fatt Tze Mansion: 14, Lebuh Leith, George Town, 10200 George Town, Pulau Pinang

22. Wisata Penang dengan mengunjungi museum interaktif

Image credit: Wonderfood Museum Penang

Ada banyak museum interaktif di Penang. Setidaknya ada delapan museum yang bisa dikunjungi, termasuk di dalamnya Wonderfood Museum, di mana ada replika 100 jenis makanan lokal yang ditampilkan. Saking realistiknya, kamu bakal ngiler saat mengunjungi museum ini.

wisata penang
Image credit: Upside Down Museum

Upside Down Museum menjadi destinasi wisata Penang lain yang bisa kamu kunjungi. Spot ini pas untuk menambah koleksi di akun Instagram kamu.

Baca juga: 24 Destinasi Top di Malaysia Yang Harus Dikunjungi

Nah, punya aktivitas wisata lain di Penang yang layak untuk direkomendasikan? Mengapa tidak berbagi dengan kami di sini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru