9 Destinasi Wisata Budaya di Hong Kong yang Harus Kamu Kunjungi

Rangkuman singkat mengenai destinasi wisata budaya di Hong Kong: Semakin sering kamu mencari tahu, semakin kamu sadar bahwa masih ada yang belum kamu ketahui mengenai Hong Kong, terutama jika kamu mencari tahu apa yang menjadi inti dari warisan budaya di kawasan ini.

Mengetahui dan memahami sejarah dan budaya Hong Kong tak bisa dilepaskan dari upaya untuk membongkar kembali lembaran demi lembaran narasi dan penciptaan identitas diri, yang lahir dari banyaknya perpaduan perbedaan. Misalnya (dan cukup jelas): Hong Kong adalah tempat di mana budaya timur bertemu dengan budaya barat. Meski dalam skala geografis relatif lebih kecil, Hong Kong adalah rumah bagi ide-ide besar dan bangunan yang menjulang. Di sini, hal-hal lama terjalin secara kompleks dengan hal-hal baru — tradisi kuno sering kali menemukan kesamaan dengan teknologi yang serba cepat; jika bukan itu, maka kehidupan saling berdampingan masyarakat yang tenang yang sering diabaikan oleh wisatawan. Di sini, di tengah sejarah dan warisan besar berabad-abad, petualangan baru setiap saat menanti.

Image credit: Hong Kong Tourism Board

Di mana perbedaan ini selaras, terlepas dari bagaimana suasana kota yang ingar-bingar, budaya tetap tumbuh berlimpah bersamaan dengan identitas lokal yang kuat. Di mana budaya berkembang, identitas destinasi pun juga ikut terus berkembang, membawa pengunjung menemukan banyak hal baru di setiap kunjungan. Meski Hong Kong sebagai salah satu tempat peleburan budaya paling menonjol di Asia, tidak banyak wisatawan yang mau melakukan perjalanan dan mengetahui lebih dalam mengenai budayanya.

Sekarang saatnya mengubah persepsi itu. Kita mulai dengan kamu, pada perjalanan berikutnya ke Hong Kong, di mana kamu bakal mengunjungi semua destinasi wisata budaya Hong Kong dan merasakan semua pengalamannya, dari yang baru hingga yang telah teruji oleh waktu dan melihat revitalisasi hebat selama beberapa dekade.

Mungkin ini pertama kalinya kamu mengunjungi Hong Kong, mungkin juga tidak. Tapi ini adalah petualangan yang tidak ingin kamu lewatkan!

Museum, dan pusat seni, warisan dan budaya

1. Hong Kong Palace Museum (HKPM)

wisata budaya di Hong kong
Image credit: Hong Kong Tourism Board

Bisa jadi destinasi wisata ini adalah salah satu yang terbaru di blok budaya Hong Kong, Hong Kong Palace Museum (HKPM), yang menyimpan koleksi tak tertandingi dari sekitar 900 warisan budaya mulai dari artefak, lukisan, keramik, temuan arkeologis, dan banyak lagi, yang semuanya menceritakan mengenai sejarah istana Tiongkok. Jika kamu berpikir telah melihat semua sudut di Hong Kong, pikirkan lagi! Beberapa benda yang dipamerkan di sini baru pertama kali ditampilkan di Hong Kong, lho! Anggap saja sebagai harta karun budaya kota. Bagian terbaik? Kamu boleh mengintipnya.

Arsitektur Hong Kong Palace Museum sendiri juga tak kalah menarik, karena terinspirasi oleh istana kerajaan, salah satunya adalah gerbang pintu masuk ke museum ini. Di antara gedung museum ini, yang sekarang menjadi landmark tersendiri, dan pemandangan Victoria Harbour yang indah, kamu bakal dibuat bingung menentukan bagian mana yang harus difoto lebih dulu. Tak usah buru-buru, kamu mungkin ingin menghabiskan setengah hari berada di HKPM.

2. M+

Image credit: M+ Official Facebook Page

Disebut sebagai salah satu “mega museum” terbaru di Hong Kong, M+ menampilkan koleksi karya seni dari abad ke-20 dan ke-21. Bayangkan narasi sejarah yang kamu dapatkan ketika petualangan seni dan budaya di Hong Kong dimulai dengan kunjungan ke HKPM dan berakhir menuju ke M+.

M+ baru dibuka tahun lalu, jadi jika kamu merencanakan perjalanan dalam waktu dekat, kamu akan menjadi salah satu dari yang pertama di seluruh dunia yang menyaksikan karya yang menjangkau semua media dan eksekusi. Bagaimanapun juga, ini adalah “museum budaya visual” yang ditata dengan apik di properti seluas 65.000-meter persegi. Saat berada di sini, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati arsitektur dan interior M+, yang memadukan estetika industrial dan garang. Konsultan arsitektur Swiss, Herzog & de Meuron, yang juga membuat konsep Beijing National Stadium, “Sarang Burung” ikonik China, berada di belakang M+, jadi kamu bakal dimanja di sini.

3. Tung Nam Lou Hotel

wisata budaya di Hong kong
Image credit: Tung Nam Lou Hotel Official Facebook Page

Di Tung Nam Lou Hotel, kamu akan menemukan banyak karya “seni ada di mana-mana.” Hotel butik di distrik bersejarah Yau Ma Tei memiliki peran ganda, di antaranya sebagai pintu gerbang ke dunia seni Hong Kong. Jika mencari akomodasi unik yang menjembatani kamu ke jantung kota yang kreatif, hotel ini adalah jawabannya. Tung Nam Lou menghadirkan kesempatan untuk memosisikan diri kamu di tengah warisan dan budaya melalui cara-cara kreatif. Berpartisipasilah dalam sesi pembuatan teh multisensori atau dapatkan Art Explorer Day Pass, yang memberi kamu akses ke semua ruang seni di hotel.

Apakah kamu lebih suka beraktivitas di luar? Tung Nam Lou juga menyediakan tur jalan kaki ke Yau Ma Tei.

4. Xiqu Centre

wisata budaya di Hong kong
Image credit: Xiqu Centre Official Facebook Page

Dari seni visual, kita beralih ke seni pertunjukan, dan surganya ada di Xiqu Centre. Terkait tempat pertunjukan tujuh lantai ini, kesan pertama pasti akan bertahan seumur hidup. Fasadnya saja memukau penonton dengan bentuk lengkungnya yang berbeda; garis dan bentuknya mencerminkan desain terbuka Chinese Moon Gates tradisional yang mengilhaminya. Konsultan arsitektur Revery Architecture memastikan elemen lengkung ini tetap konsisten di seluruh area, mulai dari tangga hingga interior teater.

Xiqu Center dinamai sesuai dengan seni opera Tiongkok atau xiqu, karena sebagian besar didedikasikan untuk melestarikan bentuk-bentuk tradisional teater Tiongkok dan Kanton. Mampir untuk menonton pertunjukan, atau ikuti tur berpemandu ke fasilitas ini.

5. Hong Kong Museum of Art (HKMoA)

Image credit: HKMOA Official Facebook Page

Meski Hong Kong Museum of Art (HKMoA) dibuka untuk umum lebih dari 50 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1962 (dan dipindahkan sekali pada tahun 1991 ke lokasinya saat ini di Tsim Sha Tsui), museum ini dibuka kembali pada 2019 setelah empat tahun renovasi. Pada tahun 2015, tempat ini ditutup sementara untuk perbaikan struktural serta pembangunan ruang pameran baru.

Hasilnya? Fasad diperbaharui yang menakjubkan ditandai dengan selubung berpola dan dinding kaca serta langit-langit yang memungkinkan cahaya alami masuk pada siang hari. Bangunan tersebut, dan juga ruang pameran tambahan seluas 10.000-meter persegi, berada di tepi perairan Victoria Harbour yang jernih di sepanjang sisi Kowloon. Struktur tepi laut yang tinggi adalah penghormatan yang tepat dan rumah bagi 17.000 karya berharga yang disimpan di dalamnya. Yang membedakan koleksi HKMoA dari yang lain adalah bahwa karya seni yang ditampilkan secara visual mewakili evolusi seni Hong Kong, dari kaligrafi dan lukisan tradisional Tiongkok hingga obras modern dari seniman kontemporer yang lahir dan besar di wilayah tersebut.

6. Tai Kwun

Image credit: Tai Kwun Official Facebook Page

Tai Kwun bukan hanya pusat warisan budaya dan seni. Ini bukan hanya desa budaya; tempat ini adalah destinasi wisata budaya Hong Kong dan keajaiban konservasi, dan dengan bangga memadukan “berbagai genre seni, warisan, budaya, dan gaya hidup di Hong Kong”. Di antara atraksi budaya baru Hong Kong, tempat ini adalah destinasi yang bisa mengambil waktu seharian penuh untuk dijelajahi dan diselami secara mendalam. Ikuti tur berpemandu sebanyak mungkin sesuai jadwal yang kamu miliki; peta virtual ini bisa memberi gambaran umum tentang bangunan dan fasilitas Tai Kwun, serta lapangan terbuka yang dapat kamu jelajahi.

Terletak di Kompleks Bekas Kantor Polisi Pusat Hong Kong, Tai Kwun meraih Penghargaan UNESCO Asia-Pasifik untuk Konservasi Warisan Budaya pada tahun 2019. Ini adalah contoh utama bagaimana rencana pengelolaan konservasi yang komprehensif dapat memberikan kehidupan baru ke dalam struktur bersejarah yang seharusnya ditinggalkan di masa lalu.

Hotspot untuk budaya tak berwujud dan kerajinan tradisional

7. Seni dan Desa Mural

Image credit: Hong Kong Tourism Board

Tentu saja, ada tempat lain di pulau-pulau Hong Kong, di mana kamu bisa merasakan warisan takbenda dan kerajinan tradisionalnya. Meski beberapa di antaranya mungkin belum tentu baru, sebagian besar menawarkan pengalaman budaya yang dipandang sebelah mata, menjadikannya tambahan segar untuk apapun rencana perjalanan kamu.

Ambil contoh, apa yang disebut desa mural di Hong Kong atau area di mana seni terjalin dengan lanskap perkotaan. Tempat ini adalah seni di tempat terbuka, tidak rumit dan berwarna. Lihat lukisan dinding di area ini: Ping Che (di Ta Kwu Ling), Kam Tin (di New Territories), My Secret Garden dan Leather Factory (di Peng Chau). Kamu juga bisa menghitung patung dan instalasi yang akan kamu temui di Tuen Mun, dari Hung Kui Bridge hingga Tin Haw Temple Plaza. Karya seni publik ini adalah bagian dari Viva! River Project, yang dijalankan oleh apohere kolektif seni dan Art Promotion Office; Kamu harus melihat enam karya ini. Selamat berburu!

8. Linva Tailor

Image credit: Linva Tailor

Sekarang kita masuk ke dunia fesyen tradisional dan di Hong Kong, karya seni paling nyata bisa dilihat dalam qipao atau cheongsam. Produk fesyen Tiongkok yang dipesan khusus ini terkenal secara global berkat Hollywood lama, terutama di tahun 1900-an, ketika tema Asia mendominasi teater. Selain itu, pengikut kultus dan basis penggemar menciptakan filmografi sutradara film Hong Kong Wong Kar-wai, dan kamu memiliki cheongsam yang secara permanen terukir dalam budaya pop.

Saat ini, membuat qipao atau cheongsam dengan cara tradisional adalah seni yang hampir punah, karena hanya segelintir orang yang melindungi warisan fesyen ini. Di antara mereka adalah Leung Ching-wah, seorang master artisan dari Linva Tailor. Karyanya menjadi pusat perhatian dalam film Wong Kar-wai 2000 In the Mood for Love. Ingin masuk dalam daftar tunggu penjahit yang dicari? Lakukan pemesanan tempat sebelum kunjungan berikutnya ke Hong Kong. Kamu bahkan dapat memilih bahan pakaian pesanan kamu.

9. Toko ukiran mahjong

Image credit: beemore

Rumah mahjong Hong Kong berdiri tegak dan kokoh hingga saat ini, tetapi kesempatan untuk menyaksikan cara tradisional mengukir ubin mahjong menjadi langka selama bertahun-tahun. Jarang sekali wisatawan yang melakukan perjalanan berburu sejarah mahjong, yang bisa diketahui asal-usulnya kembali ke Dinasti Qing di Tiongkok.

Tapi, kami akan memberi tahu sebuah rahasia kecil: Kami tahu di mana para pengrajin ini mengukir di Hong Kong saat ini! Mampirlah ke Kam Fat Mahjong atau Biu Kee Mahjong, di mana kamu bisa mendaftar dan mengikuti pelatihan mengukir ubin mahjong kamu sendiri. Bahkan jika kelas tidak sedang berlangsung, kamu masih bisa mendapatkan ubin mahjong asli yang dibuat khusus oleh pengrajin yang berbasis di Hong Kong.

PENGALAMAN BARU DI HONG KONG

Baca juga: Melalui 360 Hong Kong Moments, HKTB Tawarkan Petualangan Dan Wisata Terbaru Di Hong Kong

Keramik yang dicat. Perhiasan dan ukiran batu giok. Stempel tradisional digunakan untuk menandatangani dokumen apa pun. Hong Kong penuh dengan atraksi destinasi wisata budaya yang mungkin belum pernah kamu dengar sampai saat ini, dan kami hanya menampilkan permulaannua saja. Inilah Hong Kong yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya — di mana ada hal yang baru bahkan dalam tradisi lama dan masa lalu multikultural yang penuh warna.


Dipersembahkan oleh Hong Kong Tourism Board

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru