Panduan 48 Jam Berbelanja & Wisata Kuliner Di Hong Kong

Dengan banyak hal yang ditawarkan, Hong Kong menawarkan keseruan dan petualangan dari pagi hingga malam. Saat siang hari, kamu bisa mengunjungi kafe untuk sarapan atau menjelajahi pusat perbelanjaan Hong Kong yang semarak. Malah, kamu bisa berkeringat dengan bersepeda menyusuri jalur yang indah. Setelah selera makan meningkat, deretan pasar malam dan restoran siap menjamu kamu.

Dengan panduan perjalanan ke Hong Kong selama 48 jam ini, kami akan membawa kamu mengunjungi berbagai restoran dan kompleks perbelanjaan terbaru di Hong Kong; sehingga hanya dalam dua hari, Anda dapat menjelajahi kota, seolah-olah ini adalah kunjungan pertama kali kamu di sini. Yakinlah, ada petualangan baru di Hong Kong setiap saat!

Baca juga: Kembali ke Hong Kong: 8 Atraksi Wisata Keren yang Belum Diketahui Banyak Wisatawan

Perjalanan Ke Hong Kong!

Hari Pertama Sore Hari

1. Langsung menuju ke pusat kota

Image credit: 中環街市 Central Market Official Facebook Page

Perhentian pertama dalam rencana perjalanan Hong Kong kamu: Central Market. Berlokasi di jantung distrik Central, kompleks ritel yang telah direnovasi ini memiliki sejarah yang menarik sejak 180 tahun yang lalu.

Sebelumnya merupakan pasar sederhana setelah pendudukan Inggris di Hong Kong pada tahun 1841, dan sekarang menjadi “Taman Bermain untuk Semua” yang semarak. Di dalam pasar, kamu bakal menemukan banyak cerita dari sejarah yang dijaga kelestariannya, dikombinasikan dengan pengalaman baru bagi komunitas.

wisata kuliner di hong kong
Image credit: 叮叮辦館 HK Tram Store Official Facebook Page

Salah satu tempat yang memiliki sejarah tersendiri adalah Hong Kong Tram Store, toko unik yang menjual barang sehari-hari dengan nuansa vintage, seperti barang-barang rumah tangga dan makanan ringan tradisional, termasuk memorabilia hal-hal yang berhubungan dengan kereta api, seperti kursi kayu, model trem tua, dan mainan.

Kemudian, temukan perpaduan antara sejarah dan modernitas melalui makanan di I-O-N, kafe yang buka sepanjang hari. Ada tiga bagian yang dikuratori dengan cermat untuk mengisi perut, yaitu teh dan bar koktail, the kitchen, yang menyajikan hidangan Eropa bergaya Hong Kong, dan aneka kue.

Tertarik menghabiskan sore hari dengan minum-minum? Jika ya, pergilah ke Winelog, wine bar dengan pilihan wine peraih penghargaan yang juga menawarkan kesempatan mencicipi wine khusus. Atau, jika kamu lebih tertarik menikmati segelas bir dingin, Mak’s Beer siap membantu. Semua bir diseduh sendiri menggunakan bahan-bahan lokal seperti tebu dan lengkeng kering. Selain itu, kamu juga bisa menemukan koktail bir, yang tersedia secara eksklusif di Central Market ini!

Image credit: Central Market Official Website

Semua gerai ritel dan tempat makan ini mengelilingi ruang terbuka di bagian tengah. Ruang ini gratis disewa siapa saja. Tergantung pada kalender acara, kamu bisa menyaksikan atraksi seperti pertunjukan luar ruangan, toko-toko dadakan (pop-up store), dan bahkan kegiatan olahraga.

Image credit: Akash Rai

Di sisa waktu sore kamu, berkelilinglah di sekitar Central Market dan jelajahi tempat-tempat bersejarah dan hiburan di sekitarnya. Misalnya, kamu bisa menuju ke Tai Kwun dan Stone Slab Street untuk menikmati budaya tertentu, sementara PMQ dan mall menjadi spot sempurna untuk mendapatkan pengalaman berbelanja di Hong Kong yang sesungguhnya.

Berbelanja di Hong Kong!

2. Manjakan diri Anda di restoran Michelin Green Star terbaru di Hong Kong

Image credit: Mandarin Oriental Official Website

Setelah selera makan kamu meningkat, manjakan diri melalui pengalaman bersantap mewah di salah satu dari banyak restoran Michelin Star di Hong Kong. Selain Roganic di Causeway Bay, Amber juga telah hadir  untuk menghadirkan pengalaman gastronomi yang sangat baik serta praktik berkelanjutan, menjadikan mereka restoran kedua yang menerima penghargaan Green Star Michelin di Hong Kong pada 2022.

Selain itu, Amber telah lama dikenal meraih dua Michelin stars sejak 14 tahun lalu, sebagai restoran Prancis kelas atas yang menggunakan bahan-bahan dari Jepang. Tidak hanya menu mereka yang bebas susu dan daging, Amber juga menawarkan pilihan menu vegetarian bebas gluten.

Image credit: Mandarin Oriental Official Website

Kamu tidak akan menemukan menu a la carte di sini, kecuali kaviar. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih dari menu Normal, Extended, dan Full Amber Experience dengan masing-masing tiga, empat, dan enam courses secara berurutan. Karena Amber hanya buka untuk makan siang dan makan malam, masing-masing dari pukul 12:00 hingga 16:00 dan 18:00 hingga 24:00, pastikan untuk memesan tempat sebelum menuju ke sini.

Hari Pertama, sore dan malam

3. Nikmati kuliner Spanyol seukuran satu gigitan

Image credit: Neighborhood Official Facebook Page

Kemudian, lanjutkan perjalanan gastronomi kamu di Neighborhood. Sesuai dengan namanya, restoran kontemporer ala Eropa ini tersembunyi di gang yang jauh dari jalan utama. Setelah kamu menemukan restorannya, kamu bakal dibuat terpesona oleh menu sederhana yang terdiri dari 20 item bergaya tapas, banyak di antaranya yang menonjolkan hidangan laut lokal. Menu favorit termasuk paella rockfish, basque boudin, dan cumi-cumi panggang.

Ingin menjadikan makanan menjadi lebih mewah? Pesan truffle putih untuk pelengkap rasa yang lezat untuk hidangan Anda.

Fakta unik: Tahukah kamu bahwa Neighborhood terdaftar sebagai restoran terbaik kesembilan di Asia? Nah, itulah yang kami sebut sebagai pengalaman bersantap kelas dunia!

4. Bereksperimenlah dengan minuman pilihan kamu!

Image credit: J.Boroski Hong Kong Official Facebook Page

Karena sedang liburan di Hong Kong, ada cara spesial mengakhiri perjalanan hari pertama dengan minum minuman beralkohol. Di Hong Kong, kamu bakal menemukan banyak bar koktail yang memiliki tema khusus, seperti J.Boroski. Namun, perjalanan ini membawa kamu ke pengalaman yang sepenuhnya baru, karena pengunjungnya hanya untuk yang memiliki undangan, dengan tanpa alamat yang terdaftar, dan tanpa menu. (Kami hanya akan memberi tahu kamu sebanyak ini: Lokasinya terletak di Chinachem Hollywood Centre).

Jika kamu termasuk yang kesulitan menemukan minuman yang tepat, kamu mungkin mendapatkan jawabannya di sini. Para bartender akan bertanya tentang preferensi unik Anda (manis atau asam, kuat atau ringan, dan sebagainya), minuman disesuaikan secara tepat untuk kamu. Kamu hanya perlu membayar minuman tersebut, dan mixer ditambahkan gratis.

Hari Kedua, pagi dan sore

5. Memulai hari dengan tepat

Image credit: Tai Wo Tang Official Website

Hari kedua dalam rencana perjalanan Hong Kong akan membawa kamu melintasi Victoria Harbour ke Kowloon.

Jika kamu menilai sarapan adalah makanan terpenting untuk memulai hari, maka mulailah hari kamu di Tai Wo Tang, dengan menuju ke sana pada pukul 8 pagi saat mulai dibuka.

Sudah beroperasi sejak 1932, kamu mungkin dengan mudah salah mengira kafe Hong Kong ini sebagai klinik Traditional Chinese Medicine (TCM). Bagaimana tidak, tempat makan ini mempertahankan papan nama kayu dan lemari obatnya sejak 90 tahun yang lalu. Tak usah khawatir, masuklah ke dalam, dan temukan bangunan yang sudah bertahan selama tiga generasi, yang telah diubah menjadi kedai kopi keren.

wisata kuliner di hong kong
Image credit: Tai Wo Tang Official Facebook Page

Kamu akan menemukan pilihan teh tradisional dan menu sarapan, yang memungkinkan kamu merasakan masa silam dan masa kini, semuanya dalam satu atap. Sebelum pergi, jangan lupa mencoba menu paling unik di sini, plum asam, jahe dan kacang, dan kue cokelat kopi!

Makan di Hong Kong

6. Menikmati terapi ritel

Image credit: 618 Shanghai Street Official Website

Melanjutkan keindahan ruang yang direvitalisasi, 618 Shanghai Street menawarkan pengalaman terapi ritel yang berbeda dari yang lain. 14 bangunan bersejarah yang dilindungi ini sebelumnya merupakan pusat transportasi dan komersial yang ramai pada 1920-an, dan menjadi terkenal pada tahun 1950-an sebagai “pusat Kowloon”.

Dengan demikian, apa yang dulunya merupakan rangkaian ruko tepi laut yang menyediakan berbagai komoditas sehari-hari, peralatan dapur, peralatan listrik, dan banyak lagi lainnya, telah direklamasi menjadi pusat perbelanjaan modern ini, meski masih mempertahankan sisa-sisa masa lalu.

Image credit: 蟲二 Poach Official Facebook Page

Tidak hanya dari arsitektur dan muralnya, gerai ritel dan restoran di dalamnya saat ini semuanya menceritakan sejarah yang menawan.

Kamu akan menemukan bisnis independen yang menjual segala macam barang seperti furnitur antik, pakaian bekas, tembikar buatan tangan, dan banyak lagi. Selain itu, ada kafe retro dan roofbar di sini, yang berhasil memadukan tradisi dengan modernitas, berkat desain interior yang keren dan sajian brunch yang trendi. Lihat saja Poach. Kafe alfresco ini menawarkan set bento dan camilan manis seperti panekuk mochi, makanan yang sempurna dinikmati sambil melihat jalan-jalan Mong Kok yang ramai.

Hari Kedua Sore dan malam hari

7. Nikmati makanan khas Kanton yang enak

wisata kuliner di hong kong
Image credit: CHUAN Palace 念川居 Official Facebook Page

Saat di luar negeri, kamu tidak dapat pergi tanpa menikmati kuliner khas lokal. Tapi, kami akan menawarkan kesempatan yang lebih baik untuk menu makanan terakhir di Hong Kong. Bagaimana dengan bersantap di restoran Michelin Star, di mana masakan Sichuan dan Kanton berpadu sempurna untuk menciptakan hidangan yang tak terlupakan?

Di CHUAN PALACE, kamu tidak perlu memilih antara masakan Sichuan yang sangat pedas atau masakan Kanton yang ringan dan manis. Di antara daging sapi cabai, acar ikan kol, mie dandan, nasi seafood, dan segudang sajian dimsum, yakinlah kamu akan meninggalkan restoran dengan perut yang kenyang.

8. Cicipi bir buatan lokal

wisata kuliner di hong kong
Image credit: TAP – The Ale Project Official Facebook Page

Sesuai dengan namanya, TAP: The Ale Project adalah tempat pembuatan bir lokal yang segar di Mong Kok.

Ingin sesuatu yang lebih ringan dan lebih berbuah seperti Blonde Ale? Atau apakah kamu lebih suka sesuatu yang lebih berbusa dan memiliki rasa yang kuat seperti IPA atau stout? Terlepas dari apa yang kamu inginkan, staf di sini akan merekomendasikan bir yang sempurna dengan senang hati. Menu bir diperbarui secara berkala dengan sebagian besar merupakan bir lokal, bersama dengan beberapa produk impor dari Selandia Baru dan Amerika Serikat.

Padukan bir dengan gigitan camilan yang unik seperti kentang goreng kuning telur bebek asin dan tiram yang diasinkan, dan kamu punya lebih banyak alasan untuk kembali ke sini.

Rencana perjalanan ini telah membawa kamu dari tempat belanja paling trendi yang ada di kota mulai dari kafe, bar, dan restoran terbaik di Hong Kong.

Dengan begitu, apakah kamu menunggu hari ketika akhirnya dapat memesan tiket untuk menjelajahi daerah itu lagi? Kami yakin demikian!


Dipersembahkan oleh Hong Kong Tourism Board.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru