Itinerary Wisata Okinawa 7H6M: Bagaimana Menjelajah Salah Satu Permata Tersembunyi Jepang

Artikel ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version.

Okinawa dikenal karena iklim tropisnya, pantai yang indah dan juga beragam aktivitas air yang menarik. Tidak seperti Tokyo yang kosmopolitan dan urban, Okinawa menawarkan lokasi wisata yang lebih menyegarkan, nyaman serta jauh dari keramaian kehidupan perkotaan.

Di Okinawa, kamu akan menemukan kombinasi budaya Jepang dan Cina karena lokasi geografinya, yang pastinya menjadi tempat yang spesial untuk memanjakan diri dengan keberagaman budaya dan kuliner. Ikuti saja itinerary wisata Okinawa ini dan saya jamin kamu akan mendapatkan kesan terbaik mengunjungi surga di utara Jepang ini.

Hari Pertama: Naha

Image credit: OPG Singapore

Mulai hari kamu dengan menjelajahi Naha, ibu kota Okinawa. Nikmati nuansa budaya lokal dengan menikmati kuliner khas yang ditawarkan di Pasar Makishi Kosetsu Ichiba, yang berada di jalan utama Kokusai-dori.

Image credit: Okinawa Clip

Selain melihat langsung antusiasme pembeli dan penjual yang menjajakan produknya, kamu juga akan menemukan banyak makanan yang menarik untuk dicoba di sini, di antaranya ikan warna-warni khas tropis, kepala babi mentah, daging kambing bahkan ular laut yang dikeringkan. Yang lebih asyik lagi, kamu bisa membeli makanan segar yang diolah di lantai pertama pasar ini yang bisa dimasakkan langsung untuk bisa kamu nikmati di lantai dua. Biasanya bahan makanan yang kamu pilih akan disiapkan langsung di tempat. Di mana lagi bisa menikmati kuliner khas Okinawa seperti ini?

Image credit: OPG Singapore

Berikutnya, kamu bisa menuju ke Kokusai-dori (Jalan Internasional) untuk sekadar jalan-jalan dan belanja. Tempat ini dipenuhi banyak spot untuk minum dan makan, menikmati budaya khas Okinawa atau membeli souvenir. Pada hari Minggu, kamu bahkan bisa melihat penari Okinawa, pelahap api dan seniman jalanan yang menciptakan atmosfer yang mengesankan!

Image credit: Okinawa Island Guide

Puas berbelanja, Yatai-Mura bisa menjadi tempat yang tepat untuk mengisi perut. Di sini kamu bisa menikmati beragam makanan khas Jepang, yang pastinya akan membuat kamu kebingungan. Kamu bisa memilih sushi, sate goreng, soba khas Okinawa dan bahkan olahan daging kambing yang menarik!

Image credit: OPG Singapore

Sebagai tambahan dalam itinerary wisata Okinawa ini, kamu bisa mengunjungi bar dengan lagu-lagu folk yang otentik, menikmati alunan nada dari musisi lokal. Para artis yang mengenakan kostum asli Okinawa akan mengajak siapa pun untuk menunjukkan kemampuannya. Pastinya aktivitas ini tidak boleh kamu lewatkan!

Baca juga: 11 Scenic National Parks in Japan You Wish You Could Teleport To Right Now

Hari Kedua: Naha

Image credit: Shurijo Castle Park

Dinobatkan sebagai Situs Warisan Budaya UNESCO Ke-11 karena arsitekturnya yang unik, yang menggabungkan gaya Cina dan Jepang, Shuri Castle menjadi destinasi yang WAJIB dikunjungi bagi pecinta sejarah. Istana ini menyimpan pesan politik, ekonomi dan budaya di era Kerajaan Ryukyu sebagai pusat administrasi untuk perdagangan luar negeri. Kembalilah ke masa lampau dan belajar mengenai budaya Ryukyu di sini!

Setelah mengunjungi istana, waktunya untuk makan siang! Ashibi-una yang berada dekat dengan destinasi ini menjadi tempat yang tepat untuk makan siang dengan gaya rumah Ryukyu. Kamu bisa mencoba kari dan soba Okinawa yang yummy di lingkungan yang indah dan cozy.

Image credit: OPG Singapore

ISetelah kenyang dan puas, kamu bisa pergi ke Shuri Ryusen dan melatih tangan kamu dalam hal melukis di Bingata atau Coral Dyeing! Dua aktivitas ini konon kabarnya bisa memberikan keberuntungan dan kebahagiaan. Ambil kesempatan ini untuk mengeluarkan bakat melukis kamu dan buatlah lukisan indah dan berwarna untuk kemudian dicetak di t-shirt atau tote bags yang bisa kamu bawa pulang! Asyik banget, kan?

Image credit: OPG Singapore

Setelah puas mengeluarkan bakat melukis kamu, langsung saja menuju ke Jembatan Nirai Kanai dan lemparkan pandangan ke lautan lepas yang luas.

Bagi pecinta nuansa spiritual, kamu bisa mendatangi situs suci Sefa-Utaki, yang juga merupakan Situs Budaya UNESCO, yang dinobati sebagai tempat yang paling keramat di Ryukyu Kingdom dan kamu yang berjenis kelamin pria tidak diizinkan untuk masuk. Fakta asyik: pemimpin paling religius di Okinawa pada umumnya adalah kaum perempuan, hal yang tidak biasa di Jepang mengingat para pria biasanya mendominasi hal ini.

Alternatif lain yang bisa kamu kunjungi dalam itinerary wisata Okinawa ini adalah Peace Memorial Park, taman yang dibangun untuk mengenang mereka yang gugur dalam Pertempuran Okinawa. Pastinya kamu akan mendapatkan pengalaman yang bermakna mendalam, sekaligus mendapatkan pesan untuk menyebarkan perdamaian di seluruh dunia.

Image credit: Okinawa2go

Yang terakhir dan tidak boleh dilewatkan adalah menjelajah kafe seperti Hamabe teahouse atau Kurukuma Cafe untuk pengalaman menyantap makanan Okinawa dengan pemandangan yang indah! Pastinya tempat ini memanjakan mata dan juga perut kamu!

Hari Ketiga: Naha

Image credit: OCVB

Lanjutkan petualangan itinerary wisata Okinawa kamu di Ryukyu Mura, taman bermain yang di dalamnya terdapat 101 tipe aktivitas DIY berbeda yang bisa kamu lakukan sendiri, yang memberimu pengalaman sebenarnya akan budaya, hiburan dan alam Okinawa. Kamu bisa menggila dengan banyaknya aktivitas yang bisa dipilih, mulai dari melukis keramik hingga SUP yoga. Pastinya taman ini memiliki semuanya untuk semuanya!

Image credits: OPG Singapore

Kamu juga mendapatkan kesempatan berfoto dengan kostum tradisional Ryukyu yang berwarna-warni! Jika perut kamu minta diisi, langsung saja menuju Service Station Kyoda untuk makan siang. Mereka menjual masakan lokal dan juga memiliki pasar, di mana kamu bisa membeli produk lokal yang segar atau souvenir.

Image credit: OCVB

Tanjung Manzamo bisa menjadi destinasi berikutnya untuk dikunjungi dalam itinerary wisata Okinawa ini, di mana kamu bisa menikmati pemandangan indah tiada terkira dengan lautan biru yang bercahaya dan merasakan laut sejuknya tiupan angin laut. Bentuk tebing yang unik, menyerupai gading gajah, juga menjadi alasan untuk datang ke sini. Kamu bisa melihatnya?

Image credit: Ocean Expo Park, Okinawa Churaumi Aquarium

Selanjutnya dalam itinerary wisata Okinawa ini, kamu bisa menuju ke akuarium raksasa Churaumi Aquarium, untuk menikmati keindahan kehidupan laut Okinawa. Dapatkan pengalaman yang tidak biasa dengan makan siang atau makan malam di samping ikan paus raksasa! Wow!

Akuarium ini juga menjadi kompleks yang luar biasa luas dengan lantai dan dinding kaca tembus pandang. Kami merekomendasikan untuk datang lebih awal ke destinasi ini untuk menghindari keramaian dan memastikan bisa mendapatkan pengalaman paling mengesankan melihat kehidupan bawah laut Okinawa.

Sebagai tambahan, datangi Kuroshio Adventure, yang membolehkan kamu berjalan di atas tangki raksasa melalui jembatan dengan lantai kaca. Atraksi ini bukan untuk kamu yang lemah jantung, tapi pastinya akan memberikan pengalaman yang luar biasa menarik!

Hari Keempat: Pulau Kouri

Image credit: OPG Singapore

Mulai hari kamu dalam itinerary wisata Okinawa di hari ini di Pulau Kouri, pulau yang terisolasi tapi sangat indah, di mana kamu bisa menikmati alam di kondisi terbaiknya! Jika tertarik menyelam, ada satu diving spot terkenal di sana, yaitu kapal karam USS Emmons, kapal dari perang dunia kedua. Saat ombak rendah, kamu bisa bermain di kolam ombak, gua dan formasi karang, atau bertemu dengan berbagai macam makhluk laut seperti bintang laut. Kamu juga harus mengunjungi Kouri Ocean Tower untuk berselfie dengan pemandangan pantai berpasir putih yang keren dan laut yang berkilauan.

Image credit: OPG Singapore

Setelah bersantai di pantai, Mihama American Village di Chatan Town bisa menjadi jujukan berikutnya! Dengan banyaknya markas militer Amerika di area ini, American Village ini menjadi tempat yang luas, yang di dalamnya terdapat restoran, kafe dan pertokoan dengan gaya Amerika.

Image credit: OPG Singapore

Mengapa tidak mencoba bianglala ikonik yang ada di sana, atau menyaksikan film Amerika atau Jepang di bioskop? Jika ingin menikmati makanan khas Amerika, kamu bisa mendatangi diner ala Amerika yang menyajikan hamburger, tacos dan hot dogs.

Image credit: OPG Singapore

Setelah puas berbelanja, datangi Sunset Beach yang lokasinya hanya sepelemparan batu. Seperti namanya, pantai ini terkenal karena pemandangan sunsetnya yang luar biasa, cara terbaik untuk mengakhiri sore kamu.

Akhiri perjalanan kamu di hari ini di Terma Villa Onsen Chatan dan hilangkan penat dan lelah kamu sebelum kembali ke Naha.

Hari Kelima: Pulau Kerama

Image credit: OPG Singapore

Setelah menjelajah Naha dengan santai, sudah tiba saatnya untuk sedikit memompa adrenalin kamu dengan aktivitas air yang seru. Pulau Kerama menjadi destinasi yang asyik, dengan pemandangan keren, langit biru dan batu karang yang memukau.

Terdiri dari 20 pulau, di mana hanya lima di antaranya berpenghuni, kamu bisa bersnorkeling atau diving di laut biru yang jernih dan bakal kagum dengan sekumpulan ikan tropis yang berwarna-warni. Banyak toko diving dengan instruktur yang bisa berbahasa Inggris atau Mandarin, jadi kamu tidak perlu khawatir sama sekali.

Image credit: OCVB

Juga, dapatkan kesempatan untuk melihat langsung ikan paus dan aktivitas mereka, termasuk di antaranya muncul ke permukaan dengan melompat! Jika ingin sedikit berkeringat, kamu bisa melatih bisep dengan kayaking di laut. Keren, kan!

Hari Keenam: Naha

Image credit: OPG Singapore

Waktunya berbelanja lagi! Aeon Rycom Mall, yang merupakan tempat belanja terbesar di Okinawa, bisa menjadi jujukan kamu. Total, mereka memiliki 219 gerai, termasuk di antaranya berbagai brand internasional seperti Uniqlo, Godiva, American Eagle Outfitters dan banyak lagi, yang membuat kamu bingung karena beragamnya pilihan.

Image credit: OPG Singapore

Setelahnya, kamu bisa menuju ke Jalan Tsuboya Pottery, jalan satu jalur yang tidak terlalu lebar, yang memiliki banyak toko souvenir, kafe dan museum kecil. Dapatkan kesempatan untuk bisa membuat sendiri keramik, atau belajar membentuk keramik dan mendapatkan pengalaman mengesankan mengenai kerajinan tradisional Okinawa.

Kamu juga melongok ke dalam SAN-A Shopping Mall di Jalan Omoromachi dan menjelajah kota dengan menggunakan monorail jika masih memiliki waktu tersisa.

Baca juga: Nature Detour: 7 Natural Sights to Check Out in Japan

Hari Ketujuh: Naha

Image credit: OCVB

Bukankah waktu berjalan begitu cepat? Sudah memasuki hari terakhir dalam itinerary wisata Okinawa! Jika masih ingin berbelanja dan mencari souvenir, kamu bisa mendatangi Kokusai-dori.

Alternatif lain, langsung menuju ke Ashibina Outlet Mall untuk mendapatkan barang dengan harga murah. Kamu juga akan merasa tidak berada di Jepang ketika mendatangi pusat perbelanjaan ini karena nuansa dan arsitekturnya. Lihat saja sendiri!

Image credit: Umakaji Terrace Facebook

Yang terakhir dalam itinerary wisata Okinawa ini adalah nikmati pemandangan di Umikaji Terrace di Senaga Island, yang tepat berada di sisi bandara Okinawa.

Didesain dengan konsep kota kecil di pinggir laut dengan gaya Yunani atau Italia, gedung-gedung bercat putih terlihat begitu Instagenik bila dipadupadankan dengan birunya langit dan lautan. Nuansa yang tenang dengan makanan yang enak dan pemandangan sunset yang istimewa bakal memberikan kesan mendalam dan pastinya akan menjadikan Okinawa mengambil tempat tersendiri dalam lemari memori kamu.

Jadi, itu dia, itinerary wisata Okinawa dalam tujuh hari, dengan kombinasi budaya lokal, aktivitas air di pantai yang indah dan wisata kuliner lokal. Tunggu apa lagi, pesan sekarang penerbangan ke Okinawa lewat agen perjalanan di bawah ini, SEKARANG JUGA!


Dipersembahkan oleh Okinawa Industry Promotion Public Corporation 

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru