Menjelajahi Yamagata Dengan Kereta Footbath: Toreiyu Tsubasa

Sebagai pecinta onsen, salah satu Joyful Train favorit saya adalah Toreiyu Tsubasa (とれいゆつばさ), sebuah kereta peluru dengan fasilitas footbath yang pada dasarnya adalah onsen untuk kaki. Melaju pada Jalur Yamagata Shinkansen, konsep Joyful Train ini adalah untuk memberi penghormatan kepada Prefektur Yamagata yang terkenal dengan kota-kota onsennya yang memesona seperti Ginzan Onsen, Tendo Onsen, Kaminoyama Onsen, dan banyak lagi. Dengan beberapa perencanaan wisata, kereta yang menyenangkan ini dapat dengan mudah menjadi bagian dari perjalanan Anda ke Prefektur Yamagata. Mari saya tunjukkan bagaimana caranya!

Dengan JR EAST PASS (Tohoku area), semua shinkansen, kereta reguler dan ekspres, dan Joyful Trains bisa dinaiki! Kamu bisa naik sepuasnya tanpa batas di seluruh Tohoku dan dari/ke bandara besar.

Jelajahi setiap destinasi (dan kereta) sepuasnya sebelum kamu pergi ke tujuan berikutnya, karena Pass hanya membolehkan penggunaan selama lima hari dalam periode 14 hari. 

PELAJARI INFORMASI LEBIH LANJUT MENGENAI JR EAST PASS

 

Toreiyu Tsubasa
Image credit: East Japan Railway Company

Ketika menyebutkan tentang Jepang hal pertama yang mungkin muncul di pikiran Anda adalah onsen (pemandian air panas). Orang Jepang suka mengunjungi onsen. Berasal dari budaya tōji (terapi mandi), di mana berendam di onsen untuk waktu yang lama diyakini dapat menyembuhkan penyakit, saat ini berendam di onsen diyakini memberikan banyak manfaat seperti menyembuhkan penyakit atau pikiran yang lelah, relaksasi otot, dan mempercantik kulit. Toreiyu Tsubasa bertujuan untuk memasukan pengalaman onsen ini ke dalam kereta, dengan memiliki footbath dan ruang duduk! Selain itu, Anda dapat menikmati pemandangan musiman yang indah dari jendela: mulai dari hijau cerah di musim panas, kuning keemasan di musim gugur, hingga ladang beku yang tertutup salju di musim dingin. Footbath Toreiyu Tsubasa adalah pengalaman yang luar biasa sehingga saya sangat menyarankan semua orang untuk mencobanya.

Baca juga: Keseruan Berkereta: Panduan Lengkap Anda untuk 13 Joyful Trains milik JR EAST!

Toreiyu Tsubasa
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Saat memasuki kereta, hal pertama yang menarik perhatian adalah disediakannya tempat duduk tikar tatami berwarna merah mencolok. Bantal biru yang baru-baru ini didesain ulang menampilkan ilustrasi motif Yamagata seperti potongan shōgi (catur Jepang), ceri (produk buah paling terkenal di Yamagata), dan topi festival Hanagasa (Hanagasa adalah festival musim panas paling terkenal di Yamagata). Kursi tatami ini juga sangat nyaman untuk diduduki, dan kereta memiliki banyak ruang untuk menyimpan barang bawaan. Jadi, jika Anda akan melakukan perjalanan dengan Jalur Shinkansen Yamagata, mengapa naik kereta shinkansen biasa ketika Anda bisa naik shinkansen Toreiyu Tsubasa ini?

Menikmati footbath pada perjalanan

Toreiyu Tsubasa
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Bagi saya dan banyak penumpang lain, yang menjadi sorotan dari Toreiyu Tsubasa adalah, tentu saja, footbath-nya. Menikmati footbath terasa seperti melakukan mini-spa, bersantai sambil melihat pemandangan indah di luar jendela. Dengan bak merah dan dekorasi kayu, Gerbong Footbath bergaya ini hanya terbuka untuk umum sebelum kereta berangkat dari stasiun awal (Fukushima atau Shinjo). Jangan sampai lupa untuk mengambil foto saat menikmati footbath. Setelah kereta berangkat dari stasiun awal, hanya pelanggan dengan reservasi footbath yang diizinkan untuk memasuki gerbong.

Toreiyu Tsubasa
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Jadi, bagaimanakah cara mendapatkan slot footbath yang didambakan? Tiket footbath dapat dibeli di dalam kereta di meja bar berdasarkan siapa yang datang pertama dialah yang akan dilayani. Harganya ¥450 tiap orang. Ada layar TV di setiap gerbong yang menunjukkan ketersediaan slot, bahkan tersedia dalam bahasa Inggris untuk pengunjung asing. Cukup kirimkan satu perwakilan dari kumpulan Anda dan beri tahu staf loket tentang berapa waktu yang Anda inginkan dan berapa banyak orang yang akan Anda pesan.

Toreiyu Tsubasa
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Sesi footbath berlangsung selama 15 menit, dan setiap sesi dapat menampung maksimal delapan orang. Ada dua bak footbath menghadap setiap sisi kereta, dan masing-masing bak dapat menampung empat orang. Sekitar 10 menit sebelum sesi yang dijadwalkan, Anda dapat memasuki gerbong footbath untuk bersiap-siap. Anda bisa duduk di sofa yang nyaman yang terbuat dari kayu dari daerah Tendo. Lepaskan sepatu dan kaus kaki Anda dan masukkan ke dalam tas yang disediakan. Setelah tiba waktunya, Anda bisa mulai merendam kaki Anda.

(Catatan: Sebagai tindakan menjaga jarak aman COVID-19, kapasitas mandi kaki akan dikurangi hingga maksimum empat orang per sesi sampai pemberitahuan lebih lanjut.)

Toreiyu Tsubasa
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Nikmati pemandangan pedesaan yang indah melalui jendela sambil menikmati ketenangan saat footbath! Tiket footbath juga mencakup handuk dan tas Toreiyu Tsubasa khusus yang disediakan sebagai souvenir untuk pengguna footbath! Gunakan handuk untuk mengeringkan kaki Anda setelah selesai, kemudian letakkan di dalam tas untuk dibawa pulang. Dapat terdengar lantunan musik perkusi yang diputar di dalam kereta sehingga Anda bisa selalu merasa seperti sedang mengikuti sesi spa! Ketika waktu hampir habis, staf kereta yang ramah akan mengingatkan sisa waktu sesi dan sudah waktunya untuk mengeringkan kaki Anda, kemudian mengucapkan selamat tinggal untuk pindah ke gerbong ruang duduk.

Bersantai di ruang tunggu

Toreiyu Tsubasa
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Jika Anda pernah ke onsen di Jepang, Anda mungkin tidak asing dengan konsep yuagari doroko yaitu menikmati minuman dingin untuk mendinginkan diri setelah berendam di onsen. Toreiyu Tsubasa ingin membawa pengalaman ini kepada Anda juga, dengan demikian dibuatlah gerbong Yuagari Lounge di sebelah gerbong footbath. Untuk meniru pengalaman tersebut disediakan area tempat duduk tatami untuk bersantai! Yuagari Lounge memiliki bar yang diisi dengan sake lokal khas Yamagata, jus buah yang terbuat dari buah-buahan yang diproduksi di Yamagata, cemilan, dan es krim. Karena mereka menjual menggunakan cangkir, pecinta sake akan menikmati sampel dan membandingkan jenis lokal dari bar sake yang berbeda-beda, tetapi saya sangat merekomendasikan jus buah.

Baca juga:  Menjelajah sepanjang laut bersama KAIRI

Toreiyu Tsubasa
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Hanya dengan ¥150 tiap kaleng dan dengan enam rasa untuk dipilih, jus buah buatan Yamagata ini adalah minuman yang luar biasa menyegarkan untuk dinikmati setelah sesi footbath. Yamagata menghasilkan buah-buahan berkualitas tinggi, jadi jangan sampai Anda melewatkan untuk mencobanya. Saya membeli semua enam rasa untuk mencobanya, dan favorit saya adalah rasa anggur! Di lounge ada juga booth foto untuk mengambil foto dan kenangan perjalanan Anda.

Toreiyu Tsubasa
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Selain sorotan dalam hal onsen, Yamagata juga dikenal dengan buah-buahannya (terutama ceri), menjadi salah satu penghasil buah terbaik di Jepang. Ketika Anda mengunjungi Yamagata, pastikan untuk mencoba beberapa buah lezat mereka! Menjadi kereta yang mencoba untuk melambangkan Yamagata, Toreiyu Tsubasa memiliki logo berwarna-warni yang menunjukkan berbagai macam buah. Jika Anda mengamati bagian dalam kereta dengan cermat, Anda juga bisa melihat motif buah di dalamnya–saya melihat ceri, pir, dan anggur, adapula motif buah lain yang berbeda-beda di dalam setiap gerbong.

Di sepanjang Jalur Yamagata Shinkansen, terdapat banyak tempat wisata yang indah untuk dijelajahi dan semua itu dekat dengan stasiun kereta. Yamagata dikelilingi oleh pegunungan di semua sisi, menyediakan kondisi ideal untuk menanam buah. Ada juga banyak kota onsen yang menghiasi garis tersebut. Berikut rekomendasi saya untuk beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi saat mengendarai Toreiyu Tsubasa:

Memetik buah

  • Ceri: Dari Stasiun JR Sakurambohigashine, dilanjutkan naik taksi ke kebun buah terdekat.
  • Anggur: Dari Stasiun JR Akayu atau Stasiun JR Takahata, dilanjutkan naik taksi ke kebun buah terdekat.
Ohsyo Kajuen
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Dikelilingi oleh pegunungan di semua sisi, Yamagata dikenal sebagai “Kerajaan Buah” yang memproduksi banyak buah Jepang. Yang paling terkenal adalah buah ceri yang dapat dipetik pada bulan Juni hingga pertengahan Juli. Buah Pir Sweet La France dapat dipetik pada bulan September hingga Oktober, buah persik pada bulan Agustus hingga pertengahan September, dan anggur dari Agustus hingga Oktober.

Ohsyo Kajuen
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Produk paling terkenal di Yamagata adalah ceri-nya dan daerah Higashine adalah daerah paling dikenal sebagai daerah penghasil ceri. Nama Stasiun JR Sakurambohigashine, stasiun shinkansen di Higashine, adalah nama untuk mencerminkan betapa pentingnya buah ceri di daerah ini! Tahukah Anda? Hampir 70% buah ceri yang ada di Jepang diproduksi oleh Yamagata.

Kebun ceri yang populer di daerah Higashine adalah Kebun Ohsyo Kajuen yang berjarak 20 menit berkendara dari stasiun. Anda dapat melakukan reservasi online untuk memetik ceri di sini. Harganya sekitar ¥1,500 dan selama 30 menit, Anda dapat makan sepuasnya di kebun. Saran: Top-up dengan biaya sedikit lebih banyak untuk mendapatkan es krim ceri lembut atau parfait ceri yang sangat lezat. Pada bulan-bulan lain, kebun ini juga menawarkan buah persik, anggur, dan apel.

Yamagata
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Wilayah di sekitar Stasiun JR Akayu dan Stasiun JR Takahata memiliki banyak perkebunan anggur. Jika Anda seorang pecinta anggur atau wine, pastikan untuk mencobanya. Ketika saya berkunjung pada pertengahan September, hanya dengan ¥800 dapat memetik dan makan anggur tanpa batas di kebun. Anda harus memotong anggur setandan (bukan satuan), jadi apapun alasannya jika Anda tidak menghabiskannya, Anda harus membayarnya kembali untuk dapat dibawa pulang. Ada juga anggur yang sudah dikemas untuk dijual. Karena tidak ada batasan waktu, cukup duduk, rileks, dan nikmati anggur sampai kenyang.

Yamadera

  • Dari Stasiun JR Yamagata, transfer ke Jalur JR Senzan kemudian menuju ke Stasiun JR Yamadera selama 20 menit, dilanjutkan berjalan kaki 5 menit ke pintu masuk.
Yamadera
Image credit: Yamagata Prefectural Government

Secara harfiah “Yamadera” berarti “kuil gunung”, Yamadera adalah kuil indah di pegunungan antara Yamagata dan Sendai. Puncaknya dapat dicapai dengan melewati sekitar 1,000 langkah pada beberapa anak tangga batu yang curam. Pendakian berlangsung sekitar 30–60 menit, tergantung pada seberapa sering Anda berhenti untuk melihat pemandangan sekitarnya dan berapa banyak foto yang Anda ambil. Saat sampai di puncak, Anda mendapatkan penghargaan pemandangan lembah yang menakjubkan.

Kaminoyama Onsen / Kastil Kaminoyama Castle

  • Dari Stasiun JR Kaminoyamaonsen, dilanjutkan berjalan kaki 10 menit.
Kaminoyama Onsen
Image credit: Yamagata Prefectural Government

Merupakan tempat yang populer untuk melihat bunga sakura. Kastil Kaminoyama hanya berjarak 10 menit dengan berjalan kaki dari Stasiun JR Kaminoyamaonsen yang terletak di tengah-tengah kota onsen. Halaman kastil memiliki footbath gratis, sehingga Anda dapat merendam kaki sambil menikmati pemandangan bunga sakura, atau tetap hangat sambil menikmati pemandangan musim dingin. Di dekat kota onsen, ada juga jalan kecil yang menampilkan empat rumah samurai tua, salah satunya dapat dikunjungi dengan biaya murah.

Baca juga: Kereta yang membawa senyum: POKÉMON with YOU Train

Ginzan Onsen

  • Dari Stasiun JR Oishida, dilanjutkan dengan bus selama 40 menit ke Ginzan Onsen.
Ginzan Onsen
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Dengan cepat mendapatkan daya tarik dari seluruh dunia untuk nuansa magisnya, Ginzan Onsen sangat indah di musim dingin, terutama ketika salju turun di malam hari. Lampu gas kuning remang-remang bersinar di malam hari dengan salju yang turun adalah pemandangan yang menakjubkan mengingatkan pada film Studio Ghibli. Digunakan sebagai tambang perak di masa lalu, nama “Ginzan” berarti “Gunung Perak”. Sekarang, tempat ini penuh dengan puluhan ryokan yang menarik wisatawan dari seluruh dunia dengan suasana pedesaannya.

Perjalanan dengan Toreiyu Tsubasa

Untuk menuju ke sana

Sebagian besar menuju kesana pada akhir pekan dan hari libur umum Jepang, Toreiyu Tsubasa melakukan satu perjalanan pulang pergi per hari antara Stasiun JR Fukushima dan Stasiun JR Shinjo. Silahkan lihat jadwal dan timetable-nya di sini.

Toreiyu Tsubasa dapat diakses dari Stasiun JR Fukushima yang berjarak 80 menit dengan Shinkansen dari Stasiun JR Tokyo. Semua kursi di dalam kereta khusus ini memerlukan reservasi, Anda dapat melakukannya di sini.

JR East Pass
Image credit: East Japan Railway Company

Jika Anda mengunjungi wilayah Tohoku, belilah JR EAST PASS (Tohoku area), Pass terjangkau yang menawarkan perjalanan kereta api tak terbatas di jalur JR East (termasuk Shinkansen!) pada cakupan area itu selama 5 hari dari pilihan Anda dalam periode 14 hari. Hanya dengan ¥19,350 ketika dibeli di luar Jepang, biayanya kurang dari biaya pulang pergi antara Bandara Narita dan Fukushima (~¥24,000). 5 hari tidak harus dipakai berturut-turut, dapat digunakan fleksibel dalam periode 14 hari.

JR East Pass

JR EAST PASS (Tohoku area) menawarkan PERJALANAN TANPA BATAS di semua JR East Rail Lines di area yang sudah ditentukan, dan juga berlaku untuk Narita Express dari dan ke Bandara Narita, Tokyo Monorail dari dan ke Bandara Haneda dan semua jalur Shinkansen.Dengan JR East Pass, kamu juga bisa mendapatkan perjalanan gratis menggunakan Joyful Trains yang unik dan lebih banyak lagi!

Pass ini berlaku untuk penggunaan selama lima hari dalam periode 14 hari setelah pembelian, yang memberikan kamu fleksibilitas dan waktu yang leluasa untuk menjelajah setiap area tanpa harus terburu-buru ke tempat berikutnya.

Buatlah pemesanan di awal secara gratis hingga satu bulan sebelum keberangkatan, dan kamu bisa mendapatkan pass kamu di Jepang atau melalui agen perjalanan terdaftar di luar negeri.

Sssttt! Pass ini 1000 Yen (~129,000 IDR) lebih murah jika kamu melakukan pembelian melalui agen perjalanan!

Hubungi setiap agen perjalanan di bawah ini untuk membeli JR EAST PASS dan naiki salah satu Joyful Trains ke destinasi kamu!

 

H.I.S Tours & Travel

H.I.S Tours & Travel
Tel: 021-5741701
Website

Wendy Tour

Wendy Tour
Tel: 021-29426820
Website

Featured image credit : East Japan Railway Company


Artikel ini dipersembahkan oleh JR East (East Japan Railway Company), dan pertama kali diterbitkan di JR Times.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru