Keseruan Berkereta: Panduan Lengkap Anda untuk 13 Joyful Trains milik JR EAST!

Jepang mungkin identik dengan shinkansen (kereta peluru)—yang berkecepatan tinggi dan berteknologi tinggi—tetapi selain itu jalur lokal yang melintasi pedesaan juga menawarkan pengalaman perjalanan yang tak terlupakan. Di wilayah Timur Jepang, Joyful Trains JR East diciptakan untuk tujuan tersebut, membawa Anda dalam perjalanan kereta yang menyenangkan dan menemukan  keindahan lokal di sepanjang rute!

Bukan hanya sekedar alat transportasi, setiap Joyful Trains memiliki keunikan tersendiri, dan dapat dibagi menjadi empat kategori berdasarkan fitur tersebut:

  • Kereta dengan interior unik dan aktivitas di atas kereta
  • Kereta wisata dengan aktivitas stasiun yang menyenangkan
  • Kereta lokomotif uap (SL)
  • Kereta Restaurant (dengan pemandangan indah)

Yang manakah yang membuat Anda tertarik untuk melakukan perjalanan? Sebagian besar dapat bebas di naiki dengan JR EAST PASS, jadi mengapa tidak mencoba menaikinya ketika Anda berada di Jepang lagi? Baca selengkapnya di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang setiap kereta!

Dengan JR EAST PASS (Tohoku area) dan JR EAST PASS (Nagano, Niigata area), semua shinkansen, kereta reguler dan ekspres, dan Joyful Trains bisa dinaiki! Kamu bisa naik sepuasnya tanpa batas di seluruh Tohoku dan dari/ke bandara besar.

Jelajahi setiap destinasi (dan kereta) sepuasnya sebelum kamu pergi ke tujuan berikutnya, karena Pass hanya membolehkan penggunaan selama lima hari dalam periode 14 hari.

PELAJARI INFORMASI LEBIH LANJUT MENGENAI JR EAST PASS!

 

Kereta dengan interior unik dan aktivitas di dalam kereta

Joyful Train
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Meskipun Anda mungkin tidak dapat mengetahuinya hanya dari melihat eksterior kereta, interior di dalam kereta ini telah didekorasi dengan teliti dengan salah satu jenis instalasi yang dibangun dengan tema yang khas.

Dengan fitur-fitur khusus mulai dari footbath hingga planetarium berkubah, atau interior yang didekorasi dengan cermat, pertunjukan musik di dalam kereta, dan acara seperti mencicipi sake, Anda bahkan mungkin sulit percaya bahwa Anda sedang berada di kereta!

Baca juga: Nikmati Musim Gugur Bersama Joyful Trains Tohoku: Dari Pikachu, Fasilitas Merendam Kaki, Penjelajahan Alam Dan Banyak Lagi Lainnya!

Toreiyu Tsubasa: Kereta peluru footbath

Rute: Stasiun Fukushima (福島駅) ↔ Stasiun Shinjо̄ (新庄駅) di Jalur Yamagata Shinkansen

Toreiyu Tsubasa | Joyful Trains
Image credit: East Japan Railway Company

Yamagata terkenal dengan mata air panas dan buah segarnya, dan Toreiyu Tsubasa adalah kereta peluru yang dibangun untuk menghormati hal tersebut, dengan menggabungkan tempat duduk tatami, motif buah, dan footbath di dalam kereta.

Satu hal yang wajib Anda coba saat berada di Toreiyu Tsubasa adalah footbath-nya. Aktivitas yang menyenangkan dan santai, Anda bahkan akan mendapatkan handuk kecil dan tas sebagai souvenir, seperti yang Anda gunakan di pemandian air panas! Footbath yang menghadap jendela, di mana Anda dapat memandangi pemandangan pedesaan yang ada lewati.

Toreiyu Tsubasa
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Fitur menarik lainnya adalah kursi penumpang tatami berwarna merah cerah. Kursi kotak ini memiliki bantal yang nyaman dan meja kayu besar untuk Anda nikmati dalam perjalanan kereta. Gerbong 15 memiliki area tempat duduk tatami untuk Anda, untuk mencoba minuman produksi lokal seperti sake dan jus buah, seperti yuagari-dokoro area di resor mata air panas.

Jika Anda bepergian dengan jalur Yamagata Shinkansen pada akhir pekan, mengapa naik kereta peluru biasa di saat Anda bisa menaiki kereta ini?

Baca artikel ini untuk mendapatkan pengalaman pribadi yang mendalam tentang perjalanan di Toreiyu Tsubasa. Untuk informasi lebih lanjut, periksa situs web kereta di sini.

POKÉMON with YOU Train: Pikachu galore

Rute: Stasiun Ichinoseki (一ノ関駅) ↔ Stasiun Kesennuma (気仙沼駅) di Jalur Ofunato

Joyful Trains POKÉMON with YOU
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Pika-pika! Penggemar Pikachu kuning yang menggemaskan pasti tidak ingin ketinggalan wahana POKÉMON with YOU Train ini. Dimulai pada tahun 2012 untuk mengembalikan senyuman kepada anak-anak di daerah yang terkena gempa bumi dan tsunami besar di Timur Jepang di tahun 2011, kereta ini mengalami perubahan pada tahun 2017 desain kereta tersebut diubah menjadi desain Pikachu yang cerah dan ceria.

POKÉMON with YOU
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Ratusan Pikachu yang cerah dan ceria menghiasi bagian luar dan dalam kereta, membawa kegembiraan bagi anak-anak dan orang dewasa. Siluet dan jejak kaki Pikachu yang kawaii dapat ditemukan di kursi dan lantai gerbong tempat duduk, sementara tumpukan boneka Pikachu menunggu Anda di ruang bermain.

Baca artikel ini untuk mendapatkan pengalaman pribadi yang mendalam tentang perjalanan di POKÉMON with YOU Train. Untuk informasi lebih lanjut, periksa situs web kereta di sini.

Koshino Shu*Kura: kereta untuk pecinta sake

Rute:

  • Koshino Shu*Kura: Stasiun Jо̄etsumyо̄kо̄ (上越妙高駅) ↔ Stasiun Tо̄kamachi (十日町駅)
  • Yuzawa Shu*Kura: Stasiun Jо̄etsumyо̄kо̄ (上越妙高駅) ↔ Stasiun Echigo-Yuzawa (越後湯沢駅)
  • Ryuto Shu*Kura: Stasiun Jо̄etsumyо̄kо̄ (上越妙高駅) ↔ Stasiun Niigata (新潟駅)
Koshino Shukura
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Pecinta sake tidak dapat melewatkan Koshino Shu*Kura, kereta yang disukai oleh banyak penggemar sake lokal. Beroperasi di Prefektur Niigata, yang terkenal dengan beras dan produk seperti anggur beras (sake), Koshino Shu*Kura memiliki interior yang menyerupai tong di tempat pembuatan sake.

Koshino Shukura
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Di ruang acara ini memiliki pertunjukan langsung musik jazz, mencicipi sake gratis, dan masih banyak lagi. Konter bar di penuhi dengan beragam sake yang diproduksi secara lokal, yang berubah sesuai musim.

Prefektur Niigata memiliki jumlah pabrik sake terbesar di Jepang, dan beberapa pabrik bahkan berada dalam jarak dekat yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari stasiun pemberhentian Koshino Shu*Kura. Gabungkan perjalanan di kereta ini dengan kunjungan ke tempat pembuatan bir, atau cicipi berbagai sake lokal Ponshukan di stasiun Nagaoka!

Baca artikel ini untuk mendapatkan pengalaman pribadi yang mendalam tentang perjalanan di Koshino Shu*Kura. Untuk informasi lebih lanjut, periksa situs web kereta di sini.

HIGH RAIL 1375: Kereta yang paling dekat dengan langit

Rute: Stasiun Kobuchizawa (小淵沢駅) ↔ Stasiun Komoro (小諸駅) di Jalur Koumi

Joyful Trains High Rail 1375
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Melewati rel kereta api tertinggi di Jepang (1375m), konsep HIGH RAIL 1375 adalah “kereta terdekat dengan langit”. Kursi yang menghadap ke jendela memungkinkan Anda mendapatkan pemandangan pegunungan Yatsugatake yang indah dan pemandangan dataran tinggi lainnya.

High Rail
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Para penggemar astronomi akan senang dengan planetarium berkubah di dalam kereta (pertama kali dalam kereta api) dan perpustakaan astronomi mini. Jika Anda naik kereta malam, kereta akan berhenti di stasiun Nobeyama untuk tur keliling melihat bintang, gratis selama 1 jam. Untuk mendapatkan souvenir yang menyenangkan, hanya dengan ¥100 cobalah mesin mainan gachapon (mainan kapsul) yang menampilkan berbagai rasi bintang pada lencana pin.

Baca artikel ini untuk mendapatkan pengalaman pribadi yang mendalam tentang perjalanan di HIGH RAIL 1375. Untuk informasi lebih lanjut, periksa situs web kereta di sini.

Kereta wisata dengan aktivitas stasiun yang menyenangkan

Joyful Train
Image credit: East Japan Railway Company

Joyful Trains ini melintasi rute dengan pemandangan yang indah, menawarkan pemandangan yang menakjubkan di sepanjang jalan. Di tempat-tempat indah sepanjang rute, kereta akan melambat agar Anda bisa mengambil foto dari jendela besar, atau Anda bisa turun di stasiun untuk melihat lebih dekat, atau ada bus untuk membawa Anda ke tempat-tempat menarik.

Baca juga: Menikmati Joyful Trains Nagano & Niigata: Mulai Dari Mencicipi Sake, Menikmati Pemandangan Laut, Mengunjungi Galeri Seni, Ke Planetarium Dan Banyak Lagi Lainnya!

Resort Shirakami: Pionir Joyful Trains

Rute: Stasiun Akita (秋田 駅) ↔ Stasiun Aomori (青森 駅) di Jalur Gono

Joyful Trains Resort Shirakami
Image credit: East Japan Railway Company

Joyful Trains pertama yang akan diluncurkan yaitu, Resort Shirakami melintasi Jalur Gono di sepanjang pantai laut Jepang, menawarkan pemandangan menakjubkan dari laut safir dan ladang yang hijau. Kereta ini beroperasi hampir setiap hari, dengan tiga kereta perhari di setiap arahnya, dan merupakan salah satu kereta Joyful Trains yang mudah untuk di naiki. Ada tiga jenis kendaraan kereta yang berbeda, masing-masing dinamai sesuai nama dari situs warisan dunia UNESCO Shirakami-sanchi yaitu Buna, Aoike, dan Kumagera.

Resort Shirakami
Image credit: Searah jarum jam dari kiri atas: Akio Kobori, Carissa Loh, Prefektur Aomori, Akio Kobori

Di dekat stasiun yang dilewati Resort Shirakami terdapat banyak tempat menakjubkan untuk Anda kunjungi. Kereta berhenti di Stasiun Senjо̄jiki sekitar 15 menit, di mana Anda dapat melihat laut Jepang lebih dekat. Dari Stasiun Jūniko, kolam Aoike biru terang yang menakjubkan berjarak 15 menit menggunakan bus. Jika Anda menyukai pemandian air panas, onsen luar ruangan dengan pemandangan laut yang spektakuler di Koganezaki Furofushi Onsen yang berjarak dekat dengan bus dari Stasiun WeSpa Tsubakiyama. Di dekat Hirosaki, daerah penghasil apel terbaik di Jepang, Anda dapat melihat ratusan pohon apel dari kereta.

Baca artikel ini untuk mendapatkan pengalaman pribadi yang mendalam tentang perjalanan di Resort Shirakami. Untuk informasi lebih lanjut, periksa situs web kereta di sini.

Resort View Furusato: banyak pemandangan pegunungan yang indah

Rute: Stasiun Nagano (長野駅) ↔ Stasiun Minami-Otari (南小谷駅) di Jalur Shinonoi dan Oito

Resort View Furusato | Joyful Trains
Image credit: East Japan Railway Company

Resort View Furusato menawarkan pemandangan panorama Pegunungan Alpen Utara Jepang saat membentang di sepanjang Jalur Oito yang sejajar dengan pegunungan ini. Dari jendela kereta yang lebar, nikmati pemandangan puncak yang menjulang tinggi, banyak di antaranya setinggi hampir 3,000m.

Resort View Furusato
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Highlight dari kereta ini adalah segudang aktivitas menyenangkan di berbagai stasiun di sepanjang perjalanan. Nikmati pemandangan dataran Zenkoji dari atas di Stasiun Obasute, jelajahi kuil Hotaka dengan seorang gadis kuil di Stasiun Hotaka, nikmati beberapa makanan ringan dan minuman lokal di Stasiun Shinano-Omachi, dan lainnya.

Baca artikel ini untuk mendapatkan pengalaman pribadi yang mendalam tentang perjalanan di Resort View Furusato. Untuk informasi lebih lanjut, periksa situs web kereta di sini.

Oykot: perjalanan pedesaan yang nyaman

Rute: Stasiun Nagano (長野駅) ↔ Stasiun Tо̄kamachi (十日町駅) di Jalur Iiyama

Oykot | Joyful Trains
Image credit: East Japan Railway Company

Mendapatkan nama dari kata “Tokyo” yang dieja terbalik, Oykot dimaksudkan untuk menjadi kontras dengan gaya hidup ibu kota yang serba cepat, yang sebaliknya menawarkan perjalanan santai dan nostalgia dengan interior yang dimaksudkan untuk menyerupai rumah pedesaan nenek Anda yang nyaman.

Oykot
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Di Stasiun Iiyama, lihatlah jam karakuri yang menampilkan boneka-boneka mekanik tradisional Jepang yang bergerak mengikuti lagu “Furusato”, lagu rakyat yang terkenal. Di Stasiun Morimiyanohara, ambil foto kenang-kenangan dengan sugebо̄shi, payung jerami tradisional yang digunakan di masa lalu. Stasiun ini adalah tempat terjadinya hujan salju tertinggi di stasiun kereta api. Di sepanjang rute, kereta menawarkan pemandangan sungai Chikuma yang berkelok-kelok dari dekat. Kota Nakano terkenal sebagai penghasil penyanyi rakyat, dan jika Anda beruntung, bahkan mungkin ada pertunjukan oleh sukarelawan lokal!

Baca artikel ini untuk mendapatkan pengalaman pribadi yang mendalam tentang perjalanan di Oykot. Untuk informasi lebih lanjut, periksa situs web kereta di sini.

Kereta lokomotif uap (SL)

Peninggalan berharga dari masa lalu, lokomotif uap ini telah dipulihkan dan digunakan kembali sebagai Joyful Trains.

Joyful Trains
Image credit: East Japan Railway Company

Sebuah kesuksesan besar di antara penggemar kereta api, kereta SL menawarkan kilasan masa lalu, dan membiarkan Anda merasakan fantasi masa kecil menaiki kereta choo-choo. Karena perawatannya yang sulit dan membutuhkan air dan batu bara yang banyak ketika digunakan, kereta ini lebih jarang beroperasi dibandingkan Joyful Trains lainnya, tetapi kereta ini dapat membawa lebih banyak penumpang di setiap perjalanannya. Jika Anda penggemar kereta, jangan lewatkan kesempatan untuk menaikinya selagi Anda bisa!

SL Banetsu Monogatari: nikmati Jalur Ban’etsu Barat

Rute: Stasiun Niitsu (新津駅) ↔ Stasiun Aizu-Wakamatsu (会津若松駅) di Jalur Ban’etsu Barat

Joyful Trains SL Banetsu Monogatari
Image credit: East Japan Railway Company

Awalnya dibangun pada tahun 1946, kereta C57 180 SL dijuluki Kifujin (wanita bangsawan) karena penampilannya yang anggun. Kereta ini ditarik dari masa pensiunnya pada tahun 1999 karena banyaknya permintaan, kereta ini dihidupkan kembali sebagai SL Banetsu Monogatari. Tahun 2019 kereta kesayangan ini merayakan ulang tahun ke-20, dan semoga akan terus berlanjut hingga tahun-tahun selanjutnya!

SL Banetsu Monogatari
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Kursi kereta beludru merah tua dan sentuhan kayu pada sandaran lengan, dinding, dan kait menciptakan suasana nostalgia yang mengingatkan kita pada Era Taishō tercinta di Jepang (1912–1926). Di dalam kereta juga terdapat ruang observasi, konter penjualan, dan area bermain untuk anak-anak, yang semuanya dapat digunakan dengan bebas oleh semua penumpang.

Joyful Trains SL Banetsu Monogatari
Image credit: East Japan Railway Company

SL Banetsu Monogatari berjalan di jalur Ban’etsu Barat yang indah, yang terkenal dengan tanaman hijau yang indah, sungai yang mengalir, dan tempat untuk mengambil foto. Banyak penggemar lebih suka mengambil foto kereta SL, dan jalur Ban’etsu Barat menawarkan beberapa lokasi fotografi kereta api terbaik.

Baca artikel ini untuk mendapatkan pengalaman pribadi yang mendalam tentang perjalanan di SL Banetsu Monogatari. Untuk informasi lebih lanjut, periksa situs web kereta di sini.

SL Ginga: kereta api menuju bintang-bintang

Rute: Stasiun Hanamaki (花 巻 駅) ↔ Stasiun Kamaishi (釜 石 駅) di Jalur Kamaishi

Joyful Trains SL Ginga
SL Ginga | Image credit: JR East

SL Ginga (SL銀河) yang ajaib menghidupkan kembali karya klasik kesayangan Miyazawa Kenji (宮澤賢治) “Night on the Galactic Railroad” (銀河鉄道の夜 Ginga Tetsudо̄ no Yoru). Kereta ini direstorasi dari kereta C58 239 SL, untuk merevitalisasi wilayah Iwate yang dilanda bencana pasca gempa bumi dan tsunami besar  di Timur Jepang tahun 2011.

SL Ginga
Image credit: Carissa Loh (atas), East Japan Railway Company (bawah)

Begitu Anda menaiki kereta ini, jendela bergaya kaca patri, lampu gas tiruan, dan kursi stan yang bergaya vintage akan membuat Anda merasa kembali ke awal abad ke-20. Bersenang-senanglah selama perjalanan sambil melihat berbagai galeri yang di dedikasikan untuk Miyazawa Kenji, serta planetarium optik di dalam kereta, yang pertama untuk kereta api.

Baca artikel ini untuk mendapatkan pengalaman pribadi yang mendalam tentang perjalanan di SL Ginga. Untuk informasi lebih lanjut, periksa situs web kereta di sini.

SL Gunma: rasakan kekuatan kereta SL

Rute:

  • SL Gunma Minakami: Stasiun Takasaki (高崎駅) ↔ Stasiun Minakami (水上駅) di Jalur Joetsu
  • SL Gunma Yokokawa: Stasiun Takasaki (高崎 駅) ↔ Stasiun Yokokawa (横川駅) di Jalur Utama Shin-etsu
Joyful Trains SL Gunma
Image credit: East Japan Railway Company

Penggemar kereta SL Hardcore pasti tahu bahwa kereta SL yang paling kuat adalah kereta seri-D, dahulu gerbong kereta seri ini digunakan untuk mengangkut barang. Sangat jarang bagi Anda untuk bisa mendapatkan kesempatan pengalaman menaiki kereta ini, tapi coba tebak? Salah satunya, D51 498, telah digunakan ulang untuk SL Gunma! Bersama dengan C61 20, kedua kereta SL ini bergantian melakukan perjalanan, SL Gunma antara Stasiun Takasaki dan Stasiun Minakami (SL Gunma Minakami) atau Stasiun Yokokawa (SL Gunma Yokokawa).

SL Gunma
Image credit: East Japan Railway Company

Jika Anda berangkat dari Stasiun Takasaki, cobalah SL Gunma ekiben (kotak makan siang untuk makan di kereta). Untuk perjalanan berangkat, anak-anak dapat mengambil foto kenang-kenangan dengan pakaian pengemudi kereta, atau merasakan pengalaman menjadi kondektur kereta, bahkan membuat pengumuman langsung di kereta!

Untuk informasi lebih lanjut, periksa situs web kereta di sini.

Kereta restoran (dengan pemandangan indah)

Joyful Train
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Untuk para pecinta kuliner yang mencari pengalaman unik kereta api, bagaimana jika melakukan perjalanan dengan salah satu dari tiga kereta restoran? Joyful Trains dalam kategori ini menawarkan makanan lezat yang dibuat dari bahan-bahan produksi lokal, sehingga Anda dapat menikmati makanan enak dan mendukung petani lokal pada saat yang bersamaan. Selain itu, kereta ini juga melewati rute yang indah, dan menawarkan pemandangan yang memukau langsung dari kursi Anda yang nyaman.

Baca juga: Bersantap Seperti Keluarga Kerajaan Di Joyful Trains Ini: Kafe & Restoran Keliling Dengan Pemandangan Yang Cantik

TOHOKU EMOTION: kereta restoran fine-dining

Rute: Stasiun Hachinohe (八戸駅) ↔ Stasiun Kuji (久慈駅) di Jalur Hachinohe

Joyful Trains Tohoku Emotion
Image credit: East Japan Railway Company

Kereta makan andalan JR East, TOHOKU EMOTION adalah kereta restoran mewah yang menggabungkan unsur lokal dan kemewahan ke dalam pengalaman makan di atas kereta.  Kereta ini dimulai pada tahun 2013 untuk mendukung pariwisata ke area pantai Sanriku, yang terkena dampak parah Gempa Bumi besar dan Tsunami Jepang Timur di tahun 2011. Di sepanjang perjalanan, tidak jarang terlihat warga sekitar dengan penuh semangat melambaikan tangan ke arah kereta saat melintas.

Tohoku Emotion
Image credit: Akio Kobori (atas) dan Carissa Loh (bawah)

 Sebuah perjalanan di “Tohoku Restaurant Railway” ini akan menggoda selera Anda dengan bahan-bahan Tohoku yang diproduksi secara lokal di semua hidangannya yang telah dipikirkan dengan cermat, dan menyenangkan Anda dengan pelayanan bintang lima dari staf yang berdedikasi.

Tohoku Emotion
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Beroperasi di sepanjang Pantai Sanriku, nikmati pemandangan langsung dari perairan biru laut Samudra Pasifik dari dalam kereta. Dari musim semi hingga musim gugur, Anda juga bisa melihat pemandangan hijau yang subur yang di lewati oleh kereta. Mempunyai live kitchen di dalam kereta, di mana Anda dapat menyaksikan koki menyiapkan makanan untuk Anda.

Baca artikel ini untuk mendapatkan pengalaman pribadi yang mendalam tentang perjalanan di TOHOKU EMOTION. Untuk informasi lebih lanjut, periksa situs web kereta di sini.

FruiTea Fukushima: kereta kafe keliling

Rute:

  • Stasiun Koriyama (郡山 駅) ↔ Stasiun Kitakata (喜 多方 駅) di Jalur Ban’etsu Barat (reguler)
  • Stasiun Koriyama (郡山 駅) ↔ Stasiun Sendai (仙台 駅) di Jalur Utama Tohoku (musim dingin)
Joyful Trains FruiTea Fukushima
Image credit: East Japan Railway Company

Apakah Anda pecinta makanan manis, atau apakah Anda senang menikmati makanan penutup di kafe? Jika jawaban Anda “YA”, maka FruiTea Fukushima adalah kereta untuk Anda! Kereta ini akan memikat para pecinta makanan manis seperti Anda dengan kue tart musiman dan kue kering yang dibuat dengan buah-buahan sesuai dengan musimnya.

FruiTea Fukushima
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company

Menu berubah setiap bulannya, jadi meskipun di musim yang sama, Anda bisa merasakan rasa yang berbeda. Solo traveler akan senang mengetahui bahwa FruiTea Fukushima adalah satu-satunya kereta restoran dalam daftar yang menerima reservasi untuk solo traveler.

FruiTea Fukushima
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Kereta ini diselimuti oleh nuansa merah dan hitam, dan interiornya menyerupai kafe yang trendi dengan sofa kulit berwarna putih. Beroperasi di jalur pegunungan Barat Ban’etsu, dari jendela Anda dapat melihat pemandangan Gunung Bandai dan sawah yang menakjubkan di sekitar Inawashiro.

Baca artikel ini untuk mendapatkan pengalaman pribadi yang mendalam tentang perjalanan di FruiTea Fukushima. Untuk informasi lebih lanjut, periksa situs web kereta di sini.

KAIRI: kelezatan gastronomi dari Niigata dan Shonai

Rute: Stasiun Niigata (新潟駅) ↔ Stasiun Sakata (酒田駅) di Jalur Utama Uetsu

Kairi | Joyful Trains
Image credit: East Japan Railway Company

Menyimpan salah satu yang terbaik untuk yang terakhir, KAIRI adalah Joyful Trains terbaru dalam daftar, dan namanya didapatkan dari laut yang indah (kai) dan pedesaan yang menawan (ri) yang berlimpah di daerah tersebut. Kereta ini berfokus pada gastronomi lokal di wilayah Niigata dan Shonai, serta pemandangan laut Jepang yang menakjubkan yang dilewatinya di jalur utama Uetsu.

Kairi
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Berbeda dengan TOHOKU EMOTION dan FruiTea Fukushima, yang merupakan kereta restoran khusus paket wisata, KAIRI memiliki satu gerbong makan khusus paket wisata (Gerbong 4), sedangkan gerbong lainnya dapat dinaiki tanpa paket wisata.

Kairi | Joyful Trains
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Kebanyakan orang menaiki KAIRI untuk merasakan pengalaman gastronomi, karena hidangannya yang lezat yang pasti akan menggoda selera Anda. Bahkan jika Anda tidak menaiki gerbong 4, Anda bisa memesan bento (kotak makan siang) yang tersedia untuk semua penumpang yang ingin merasakan apa yang ditawarkan KAIRI!

Baca artikel ini untuk mendapatkan pengalaman pribadi yang mendalam tentang perjalanan di KAIRI. Untuk informasi lebih lanjut, periksa situs web kereta di sini.

Bagaimana cara menaiki Joyful Trains

Jika Anda memiliki rencana untuk mengunjungi bagian Timur Jepang atau mencoba menaiki Joyful Trains ini, silahkan cek JR EAST PASS. JR EAST PASS menawarkan diskon yang besar untuk tarif kereta, dan tidak seperti pass lainnya, pass ini fleksibel – pilih bebas 5 hari dalam periode 14 hari.

Ada dua jenis pass, keduanya menawarkan perjalanan tak terbatas di jalur JR East (termasuk shinkansen dan Joyful Trains) di area yang ditentukan untuk 5 hari pilihan Anda.

JR EAST PASS (Tohoku area)

JR EAST PASS (Tohoku area)
Image credit: East Japan Railway Company

Jika Anda mengunjungi wilayah Tohoku, belilah JR EAST PASS (Tohoku area), hanya dengan ¥19,350 ketika dibeli di luar Jepang, biayanya kurang dari perjalanan pulang pergi antara Tokyo dan Sendai (~¥23,000), dan 5 hari tidak harus dipakai berturut-turut, dapat digunakan fleksibel dalam periode 14 hari.

Joyful Trains yang dapat dinaiki secara gratis dengan JR EAST PASS (Tohoku area):

 JR EAST PASS (Nagano, Niigata area)

JR EAST PASS (Nagano, Niigata area)
Image credit: East Japan Railway Company

Jika Anda mengunjungi wilayah Nagano dan Niigata, belilah JR EAST PASS (Nagano, Niigata area), hanya dengan ¥17,310 ketika dibeli di luar Jepang, biayanya kurang dari perjalanan pulang pergi antara Tokyo dan Niigata (~¥21,000), dan 5 hari tidak harus dipakai berturut-turut, dapat digunakan fleksibel dalam periode 14 hari.

Joyful Trains yang dapat dinaiki secara gratis dengan JR EAST PASS (Nagano, Niigata area):

Reservasi kursi secara online

Semua Joyful Trains memerlukan reservasi kursi untuk menaikinya. Pemegang JR EAST PASS dapat membuat reservasi kursi secara gratis, baik secara online (di sini) hingga 1 bulan sebelumnya, atau secara langsung setelah tiba di Jepang.

Paket makan kereta restoran

JR East Pass
Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Untuk TOHOKU EMOTIONFruiTea Fukushima, dan Gerbong 4 KAIRI, hanya penumpang yang telah membeli paket makan yang boleh naik. Meskipun Anda memiliki rail pass, Anda tidak akan bisa menaiki kereta ini.

Pemesanan paket makan dapat dilakukan di JR East Travel Service Center di stasiun-stasiun besar seperti Stasiun Tokyo, Stasiun Ueno, Stasiun Shinjuku, dan lainnya. Stasiun utama bahkan memiliki staf berbahasa Inggris untuk lebih membantu kebutuhan perjalanan Anda. Pemesanan berdasarkan siapa cepat dia dapat.

JR EAST PASS

JR EAST PASS (Tohoku area) dan JR EAST PASS (Nagano, Niigata area) menawarkan PERJALANAN TANPA BATAS di semua JR East Rail Lines di area yang sudah ditentukan, dan juga berlaku untuk Narita Express dari dan ke Bandara Narita, Tokyo Monorail dari dan ke Bandara Haneda dan semua jalur Shinkansen.Dengan JR East Pass, kamu juga bisa mendapatkan perjalanan gratis menggunakan Joyful Trains yang unik dan lebih banyak lagi!

Pass ini berlaku untuk penggunaan selama lima hari dalam periode 14 hari setelah pembelian, yang memberikan kamu fleksibilitas dan waktu yang leluasa untuk menjelajah setiap area tanpa harus terburu-buru ke tempat berikutnya.

Buatlah pemesanan di awal secara gratis hingga satu bulan sebelum keberangkatan, dan kamu bisa mendapatkan pass kamu di Jepang atau melalui agen perjalanan terdaftar di luar negeri.

Sssttt! Pass ini 1000 Yen (~129,000 IDR) lebih murah jika kamu melakukan pembelian melalui agen perjalanan!

Hubungi setiap agen perjalanan di bawah ini untuk membeli JR EAST PASS dan naiki salah satu Joyful Trains ke destinasi kamu!

 

H.I.S Tours & Travel
Tel: 021-5741701
Website

Wendy Tour
Tel: 021-29426820
Website

 


Artikel ini dipersembahkan oleh JR East (East Japan Railway Company), dan pertama kali diterbitkan di JR Times.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru