Asyik, Kawasan Wisata Alam Di Indonesia Boleh Dibuka!

Yang gatal ingin liburan dan menikmati panorama alam yang indah di penjuru Indonesia, ada kabar gembira buat kamu. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengizinkan destinasi wisata alam yang ada di Indonesia untuk kembali dibuka.

Diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, dalam telekonference virtual, Senin (22/6), destinasi wisata alam Indonesia nantinya akan dibuka secara bertahap. Pertimbangan dibukanya kembali wisata alam karena destinasi ini berisiko rendah terhadap penularan Covid-19.

Ketua Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo menambahkan pembukaan kawasan wisata alam nantinya akan dilakukan secara bertahap. Adapun kawasan wisata alam Indonesia yang dibuka antara lain kawasan wisata bahari, konservasi perairan, wisata petualangan, taman nasional, taman wisata alam, taman hutan raya, suaka margasatwa, geopark dan pariwisata alam kawasan non-konservasi, seperti kebun binatang, desa wisata dan kawasan wisata alam yang dikelola masyarakat.

“Kawasan wisata alam itu dapat dibuka secara bertahap dengan batasan pengunjung maksimal 50 persen dari kapasitas normal,” ungkap Doni.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga sudah mengeluarkan protokol kesehatan, yang harus dipatuhi oleh semua pihak, termasuk wisatawan. Protokol kesehatan yang disahkan melalui Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat Di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Desease 2019 disusun berlandaskan atas tiga isu utama, yakni kebersihan, kesehatan dan keamanan. Protokol standar yang juga harus tetap dijalankan oleh wisatawan adalah dengan tetap menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan.

Kehadiran protokol kesehatan ini diharapkan dapat mendukung rencana pembukaan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif secara bertahap, sehingga dapat menggerakkan kembali usaha pariwisata dan ekonomi kreatif, sektor yang paling terdampak pandemi Covid-19.

Baca juga: Taman Nasional Di Jawa Barat Yang Menarik Untuk Dijelajahi

Nah, apakah kamu siap liburan ke destinasi wisata alam Indonesia yang dibuka ini? Jika iya, tetap ikuti protokol kesehatan yang sudah diberlakukan, ya! Tetap jaga kesehatan dan keamanan!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru