8 Destinasi Wisata Hong Kong Dan Makau Untuk Liburan Keluarga Yang Hemat Dan Menyenangkan

Hong Kong merupakan salah satu negara bebas visa bagi WNI selama 30 hari kunjungan. Selain itu, berkunjung ke Hong Kong juga tidak lengkap rasanya tanpa singgah di Makau. Cukup naik turbojet dari Hong Kong, maka dalam waktu kurang dari satu jam kamu sudah bisa sampai di Makau. Tidak perlu mengurus visa karena Makau juga menerapkan kebijakan bebas visa bagi WNI. Asyik sekali, bukan?

Keuntungan bebas visa ke Hong Kong dan Makau tentunya tidak boleh disia-siakan, apalagi banyak sekali destinasi wisata menarik di Hong Kong yang tidak hanya seru tapi juga ramah anak dan keluarga. Kalau kamu sedang merencanakan liburan keluarga, tidak ada salahnya mulai menengok Hong Kong dan Makau sebagai alternatifnya. Selain kebijakan bebas visa yang memudahkan, ada banyak tips hemat dan promosi yang bisa kamu aplikasikan selama liburan di Hong Kong dan Makau. Keluarga senang, anggaran keuangan pun tetap aman.

Untuk bisa merasakan sensasi liburan keluarga yang bebas stres, berikut ini rekomendasi destinasi wisata Hong Kong dan Makau beserta tips hemat liburan di sana. Sudah siap? Simak sampai habis ya.

Klook Pro-Tip: Kunjungan pertama ke Hong Kong mungkin akan banyak membutuhkan akses internet untuk peta online dan aplikasi membantu lainnya di smartphone. Kamu bisa membeli SIM Card 3G / 4G China Mobile atau menyewa 4G WiFi Device sebelum keberangkatanmu dan mengambilnya ketika di Bandara Hong Kong Internasional atau kantor layanan Mong Kok.

Dengan jaringan 4G unlimited di seluruh Hong Kong, kamu tidak perlu khawatir kehabisan paket data. Ditambah lagi, perangkat 4G WiFi ini bisa menghubungkan hingga 5 perangkat sekaligus lho!

Hong Kong

Hong Kong terdiri dari empat distrik utama: Hong Kong, Kowloon, New Territories, dan Lantau. Hong Kong International Airport (HKIA) sendiri berlokasi di atas pulau buatan yang dekat dengan Lantau.

Klook Pro-Tip: Kebanyakan akomodasi atau penginapan untuk turis ada di Hong Kong dan Kowloon. Kamu bisa lebih leluasa memilih penginapan yang berada di dua distrik tersebut sesuai dengan alokasi budget liburan keluarga.

1.  Berfoto dengan artis idola keluarga di Madame Tussauds Hong Kong

Image credit: Klook (kiri atas), @madametussaudshongkong (kiri bawah dan kanan)

Dengan lebih dari 100 patung lilin tokoh ternama, dijamin kamu dan keluarga tidak akan bosan berkeliling Madame Tussauds. Temui artis dan tokoh idolamu untuk berpose dan berselfie ria bersama keluarga! Mulai dari Taylor Swift hingga Ratu Elizabeth, semuanya tidak akan menolak untuk diajak berfoto bersama.

Image credit: @madametussaudshongkong

Bahkan di sini kamu juga bisa bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo lho! Khusus di Madame Tussauds Hong Kong, kamu juga akan dimanjakan dengan pameran khusus Yaoi Kusama melalui dunia polka dot-nya yang sangat atraktif.

Klook Pro-Tip: Madame Tussauds adalah salah satu destinasi favorit di Hong Kong, jadi tidak heran bila banyak orang mengantri untuk masuk. Hindari antrian panjang yang melelahkan dengan membeli tiket Madame Tussauds di sini, dan dengan begitu kamu juga akan mendapatkan harga tiket yang dijamin lebih murah dibandingkan dengan membeli di tempat lain.

Image credit: Tim Wang (kiri), Klook (kanan)

Cara ke Madame Tussauds: Cara terbaik menuju Madame Tussauds adalah dengan naik peak tram Hong Kong yang ikonik. Tidak hanya lebih cepat, sepanjang perjalanan tram kamu akan disuguhi pemandangan Hong Kong dari atas ketinggian yang mengesankan.

2. Menikmati panorama gedung pencakar langit Hong Kong melalui Sky Terrace 428

Hong Kong memiliki julukan “Asia’s World City” atau “Kota Dunia Asia”. Maka, jangan heran bila terdapat ribuan gedung pencakar langit di Hong Kong! Tempat terbaik untuk menikmati pemandangan 360 derajat dari gedung pencakar langit Hong Kong adalah Sky Terrace 428.

Image credit: @thepeakhk

Dengan ketinggian 428 meter di atas permukaan laut, Sky Terrace 428 merupakan view point tertinggi di Hong Kong lho! Jangan lupa untuk berfoto ria bersama keluarga dengan pemandangan Kota Hong Kong dan membagikannya melalui akun media sosial kamu.

Klook Pro-Tip: Sky Terrace 428 berada dalam satu kompleks dengan Madame Tussauds. Untuk bisa lebih berhemat kamu bisa membeli tiket gabungan Peak Tram, Sky Terrace 428 dan Madame Tussauds – satu tiket untuk tiga aktivitas sekaligus! Tidak perlu mengantri lama, karena dengan tiket tersebut kamu bisa melalui jalur khusus fast track.

Tiket gabungan ini bisa menghemat biaya hingga 69 HKD (~ 131,548 IDR) per orang lho! Terbayang kan kalau kamu pergi bersama empat anggota keluarga sudah bisa hemat berapa rupiah?

Image credit: @thepeakhk

Cara ke Sky Terrace 428: Peak tram adalah cara terbaik dan termurah untuk menuju Sky Terrace 428, apalagi dengan tiket gabungan yang akan menyelamatkanmu dari kebocoran anggaran keuangan liburan.

3. Bermain bersama karakter Disney favoritmu di Hong Kong Disneyland Park

Image credit: Hong Kong Disneyland

Dunia Disney tidak hanya milik anak-anak – orang tua pun bisa menikmati petualangan di dunia Disney yang menceriakan. Berkunjung ke Hong Kong Disneyland Park adalah agenda wajib yang tidak boleh dilewatkan. Di sini kamu akan dimanjakan dengan lebih dari 100 wahana dan pertunjukan bertema film Disney.

Image credit: Hong Kong Disneyland (kiri atas), Klook (kiri bawah dan kanan)

Bagi penyuka wahana petualangan, bisa mencoba Hyperspace Mountain yang menyajikan sensasi menjelajahi luar angkasa ala Star Wars. Untuk anak-anak bisa bercengkrama dengan tokoh Disney favorit mereka di Toy Story Land, Fantasy Land, dan masih banyak lagi yang lainnya. Baca juga panduan praktis Hong Kong Disneyland untuk perencanaan perjalanan yang lebih efektif.

Image credit: Hong Kong Disneyland

Klook Pro-Tip: Mengingat Hong Kong Disneyland merupakan tempat wisata favorit yang selalu ramai dikunjungi, maka sebaiknya kamu membeli tiket Disneyland berupa e-voucher dengan Klook di sini. Dengan e-voucher tersebut kamu akan mendapatkan kode QR yang bisa langsung di-scan di pintu masuk. Tak perlu lagi mengantri! Mudah sekali, bukan?

Cara ke Hongkong Disneyland: Naik MTR jalur Disneyland Resort dan berhenti di Stasiun Disneyland Resort. Pada waktu-waktu tertentu, kamu bisa menaiki MTR dengan tema karakter Disney yang menggemaskan lho!

4. Berlayar santai bersama keluarga menjelajahi Pelabuhan Victoria yang mengagumkan

Image credit: Klook

Sebagai kota yang berada di tepian pantai, Hong Kong juga memiliki pemandangan teluk pelabuhan yang memukau, khususnya di Pelabuhan Victoria. Apalagi di kala malam hari! Suasana teluk pelabuhan terasa lebih hidup dengan gemerlap lampu gedung pencakar langit.

Image credit: Klook

Kamu bersama keluarga bisa berlayar santai pada malam hari mengelilingi Pelabuhan Victoria dengan mengikuti Aqualuna Evening Sail. Yang unik, kamu tidak akan berlayar menggunakan kapal dengan desain modern, melainkan sebuah kapal layar tradisional Cina bernama Red Sail dan Dragon Sail. Sebuah pengalaman liburan yang menarik, bukan?

Klook Pro-Tip: Kamu bisa naik Aqualuna Evening Sail dari Tsim Sha Tsui dan Central Pier 9. Namun, untuk pengalaman berlayar yang lebih lengkap, sebaiknya kamu mulai naik dari Tsim Sha Tsui.

Cara ke Tsim Sha Tsui: Naik MTR menuju Stasiun MTR Tsim Sha Tsui, keluar di pintu L6. Pier 1 berada tepat di belakang The Cultural Centre di seberang jalan, sebelah kanan (dekat Clock Tower)

5. Indahnya wisata alam dan budaya Hong Kong di Desa Ngong Ping, Pulau Lantau

Image credit: Klook

Liburan ke negara modern seperti Hong Kong bukan berarti kamu sekeluarga tidak akan bisa menikmati wisata alam lho. Desa Ngong Ping di Pulau Lantau merupakan surga wisata alam dan budaya di Hong Kong yang sangat terkenal.

Image credit: Klook (kiri)

Menjelajahi kawasan wisata alam pulau terbesar di Hong Kong ini tentunya akan memakan waktu yang tidak singkat. Namun, jangan khawatir, kini kamu bisa menikmati indahnya Pulau Lantau lebih cepat dengan menaiki Ngong Ping 360.

Ngong Ping 360 merupakan kereta gantung yang memulai perjalanan dari Tung Chung menuju Desa Ngong Ping. Dari dalam “kabin kristal” tersebut, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam Pulau Lantau yang mempesona termasuk diantaranya melihat patung Buddha Besar dari kejauhan. Keren! Jangan lupa mampir di Biara Po Lin dan berfoto dengan prasasti kayu raksasa di Wisdom Path.

Klook Pro-Tip: Antrian panjang sebelum menaiki kereta gantung bisa membuatmu stres. Membeli tiket melalui Klook akan membuatmu tidak perlu lama mengantri. Dengan tiket tersebut kamu berhak menggunakan jalur VIP yang jauh lebih singkat, dan bahkan bisa tanpa antrian sama sekali, lho!

Cara ke Tung Chung: Terminal kereta gantung berada dekat dengan Stasiun Tung Chung. Kamu bisa naik MTR dan berhenti di Stasiun Tung Chung, pintu keluar B.

Makau

Secara geografis, Makau terletak di seberang Pulau Lantau. Untuk menuju ke sini kamu perlu menggunakan sarana transportasi penyeberangan yaitu ferry ataupun turbojet. Negara tetangga Hong Kong ini dikenal dengan dunia hiburan malamnya yang sangat menarik. Namun, di balik itu, Makau juga menyimpan destinasi wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Bahkan tidak kalah keren dengan yang ada di Hong Kong, lho!

Image credit: Klook

Klook Pro-Tip: Gunakan turbojet sebagai sarana transportasi penyeberangan dari Hong Kong ke Makau. Selain lebih cepat, kamu juga bisa memilih tempat duduk yang nyaman sehingga bisa terhindar dari mabuk laut, lho!

6. Atraksi spektakuler yang tak terlupakan, The House of Dancing Water

Image credit: Klook

Tidak sah rasanya liburan ke Makau bersama keluarga tanpa menyaksikan pertunjukan air yang spektakuler di The House of Dancing Water! Pertunjukan air ini mengisahkan cerita klasik dengan muatan moral seperti kisah putri yang terkurung dan ibu tirinya yang jahat.

Image credit: Klook (kiri atas), The House of Dancing Water (kiri bawah dan kanan)

Selain menarik, cerita dalam pertunjukan tersebut mampu menjadi sarana pembelajaran karakter untuk anak-anak. The House of Dancing Water digelar di atas kolam air yang berukuran lima kali lebih besar dari standar kolam renang Olimpiade! Sudah terbayang kan bagaimana megahnya pertunjukan ini?

Klook Pro-Tip: Pilih tempat duduk di bagian depan untuk bisa merasakan sensasi percikan air selama pertunjukan! Untuk bisa lebih hemat, kamu bisa membeli tiket berupa QR code. Dengan tiket tersebut kamu juga bisa langsung masuk arena pertunjukan tanpa mengantri.

Cara ke The House of Dancing Water: Tersedia layanan gratis Lucky Express yang berangkat secara berkala dari Lotus Bridge, Taipa Ferry Terminal, Macau Border Gate Checkpoint, Macau Ferry Terminal, The Venetian Macau, Galaxy Macau, Hotel Sintra Macau, dan Macau Tower.

Alternatif lain adalah menggunakan layanan taksi menuju City of Dreams.

7.  Menjelajahi dunia superhero Batman di Batman Dark Flight Makau

Image credit: Klook

Siapapun pasti pernah menonton film bertema superhero. Nah, di Makau kamu bisa puas menjelajahi dunia superhero Batman yang penuh petualangan! Coba saja ajak keluarga dan anak-anak ke Batman Dark Flight yang berlokasi di pusat hiburan Studio City, Makau.

Image credit: Klook

Dengan teknologi simulasi penerbangan terbaru serta visual 4D, kamu akan merasakan perjalanan multisensori di Gotham City yang seru sekaligus mendebarkan – mulai dari bertarung melawan Joker hingga berlomba dalam pengejaran mobil kecepatan tinggi di Batmobile! Perlu diperhatikan bahwa minimum tinggi badan anak yang bisa memasuki kawasan ini adalah 100 cm. Selain itu, jangan lupa juga ya untuk membeli dulu tiket berupa voucher online untuk mendapatkan tiket yang lebih murah!

Image credit: Studio City

Nah, jika kamu membawa anak-anak dengan tinggi di bawah 100 cm, kamu bisa mencoba berjalan-jalan di area pusat perbelanjaan Studio City yang mewah dan modern!

Cara ke Batman Dark Flight: Tersedia shuttle bus gratis dari Macau Ferry Terminal. Alternatif lain adalah menggunakan bus dari Guangzhou yang jalan lima kali dalam sehari.

8.  Menyusuri kanal dengan gondola di Venetian Macau

Image credit: Klook

Tepatnya di kawasan Taipa terdapat sebuah kanal buatan lengkap dengan rumah-rumah di tepiannya serta perahu gondola. Maka, tidak salah jika kawasan ini dinamakan The Venetian Macau. Jadi, tidak perlu jauh-jauh ke Italia karena di Makau kamu juga bisa merasakan sensasi naik gondola ala Venesia yang tidak kalah menariknya lho!

Image credit: Klook (kanan)

Jaringan kanal ini merupakan gabungan dari sungai San Luca, Marco Polo dan Grand Canals yang melingkari Venetian Hotel. Para pendayung gondola juga akan menyanyikan lagu tradisional Italia yang membuatmu benar-benar serasa di Venesia.

Klook Pro-Tip: Duduklah dengan tenang selama perjalanan untuk menghindari ketidakseimbangan yang bisa membuatmu terjatuh. Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk sedikit berhemat dengan membeli tiket di sini!

Masukkan alamat email kamu
& nikmati promo menarik dari Klook!

Thank you for your subscription.

Liburan bersama keluarga dengan membawa anak-anak memang membutuhkan perencanaan ekstra khususnya dalam hal anggaran keuangan. Tapi jangan khawatir, dengan Klook kamu bisa merencanakan liburan keluarga hemat dan tetap menyenangkan, bukan cuma ke Hong Kong dan Makau tapi ke banyak destinasi lainnya, termasuk Jepang, Singapura, Bangkok, Sydney, dan banyak lagi! Jadi jangan lupa untuk selalu memeriksa Klook sebelum berangkat agar mendapatkan pengalaman liburan yang hemat dan tetap berkesan!

Baca juga: 17 Aktivitas Seru & Gratis Di Hong Kong Yang Harus Kamu Coba

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru