10 Kota Indah di Asia Timur yang Masih Jarang Diketahui

Artikel ini diterjemahkan dari versi bahasa Inggris ini. Read the English version here.

Tidak seperti yang diketahui banyak orang, Asia Timur tidak hanya merupakan rumah bagi kota-kota besar seperti Beijing, Seoul ataupun Tokyo lho. Banyak dari destinasi ini masih dibilang jarang diketahui dan diremehkan, jadi tunggu apa lagi, siapkan kopermu dan kunjungi megara-negara Asia Timur di bawah ini!

1. Xi’an, Tiongkok

Tidak dapat dipungkiri bahwa Shangai dan Beijing adalah kota terpopuler yang dimiliki Tiongkok. Walaupun demikian, jika kamu sedang mencari kota keren lain yang bebas dari keramaian dan juga polusi udara, Kota Xi’an adalah destinasi yang sempurna. Kota ini dulunya merupakan ibukota dari Tiongkok selama beberapa dinasti, keren!

Xi’an juga mempunyai beberapa situs bersejarah yang mengesankan, termasuk makam dari Kaisar Qin, prajurit-prajuritnya, dan juga lonceng gedung dari abad ke-12. Kota Xi’an juga merupakan rumah bagi komunitas muslim yang besar, jadi jangan lupa untuk mengunjungi bazaar di Muslim Quarter, dan cobalah santapan sandwich Xi’an Roujiamo saat berada di sana!

2. Nagano, Jepang

Kamu pasti setuju kalau berjalan-jalan di Jepang saat musim dingin itu sangat menyenangkan! Dengan berbagai onsen (pemandaian air panas) dan juga resort ski yang tersebar di seluruh Jepang, kamu dijamin akan menikmati waktumu di sini. Nagano merupakan destinasi yang populer karena alasan tersebut.

Nagano yang merupakan ibukota dari Prefektur Nagano di Pulau Honshu ini juga dikelilingi oleh pegunungan yang indah. Nagano juga merupakan rumah bagi Kastil Matsushiro bernuansa Edo, dan Zenko-ji yang merupakan salah satu kuil Buddha tertua di dunia.

Di luar kota, terdapat Shiga Kogen yang merupakan resort ski yang terletak di pegunungan dengan jalur ski dan juga onsen yang mengarah ke puncak Gunung Yokote. Selain itu, kamu juga dapat melihat monyet salju yang sedang mandi di Jigokudani Monkey Park. Jika kamu ingin merasakan semuanya di sini, pastikan untuk mendaki di jalur pendakian Tateyama Kurobe Alpine yang menantang. Kamu bahkan dapat berjalan di atas salju setebal 20 meter lho! Wow!

3. Gyeongju, Korea Selatan

Walaupun merupakan destinasi populer di kalangan orang lokal, ibukota yang bersejarah ini masih belum bisa menandingi Seoul ataupun Busan. Gyeongju yang dulunya merupakan bagian dari kerajaan Silla, sekarang lebih dikenal dengan museum tanpa dinding, relik bersejarah dari masa ke masa yang tersebar di seluruh kota.

Di sini kamu akan menemukan makan dari pemerintah Silla, yaitu Bulguksa dan Seokguram (Situs Warisan Dunia UNESCO pertama di Korea Selatan). Pastikan untuk menyantap makanan seperti Gyeongju ppang yang merupakan kue yang diisi dengan saus kacang merah. Jangan lewatkan juga sake lezat Gyeodong beopju yang dipercaya memiliki khasiat kesehatan!

4. Kanazawa, Japan

Kota yang diremehkan di asia timur
Image credit: DozoDomotab2_dawayisris

Jika kamu menyukai kuil di Kyoto dan makanan laut di Osaka, kamu akan gembira saat mengetahui kalau Kanazawa menawarkan hal yang serupa, ataupun lebih banyak! Lokasinya yang sunyi, pilihan makanan populer dan juga bangunan zaman Edo yang masih terjaga membuat Kanazawa menjadi kota indah tersembunyi di Jepang!

Kota ini adalah pusat dari lokasi budaya seperti Taman Kenrokuen (taman yang menempati posisi 3 besar di Jepang), Distrik Samurai Nagamachi, dan juga Distrik Vihara Teramachi. Pengalaman kuliner Kanazawa juga tidak kalah istimewanya, dengan rasa sake-nya (anggur beras) yang dikatakan sangat khas.

5. Tainan, Taiwan

Sudah pernah ke Taipei? Kenapa tidak memilih Tainan sebagai destinasi selanjutnya? Dikenal sebagai kota tertua di Taiwan, Tainan telah berdiri sejak abad ke-16 dan telah merasakan zaman penjajahan Belanda dan juga masa pemerintahan dinasti Qing. Di sini, kamu bisa melihat destinasi bersejarah terkenal seperti Benteng Provintia, dan juga Vihara Confucian Taiwan yang menggelar upacara kuno sampai sekarang.

Kamu juga harus melihat Anping Old Streets, dimana kamu akan menemukan banyak lorong kecil yang dipenuhi oleh rumah-rumah yang menawarkan nuansa kuno dari Tainan. Jangan lewatkan juga Qigu Salt Mountain, dimana kamu bisa mendaki dan juga menikmati es krim garam yang hanya bisa kamu temukan di Qigu, Tainan.

6. Chongqing, Tiongkok

Saat pertama kali mendengarnya, pengunjung mungkin mengira bahwa tidak banyak yang dapat dilihat di Kota Chongqing. Walaupun demikian, kota yang satu ini ternyata menawarkan banyak sekali atraksi yang menarik lho, termasuk kulinernya!

Kamu bisa memulai dengan menaiki kapal pesiar di sepanjang Danau Yangtze yang megah. Setelah itu, kembali ke masa lalu dengan melakukan tour di kota tua Hong Ya Dong yang terletak di sebelah gunung. Kota ini dulunya adalah pusat militer yang dipimpin oleh Chiang Kai-Shek yang sangat terkenal. Setelah puas mengelilingi tepat ini, nikmatilah semangkuk hot pot yang segar dan pedas!

7. Naoshima, Japan

Image credit: sergejf

Naoshima mungkin bisa dikatakan sebagai pulau terkeren di Jepang dengan jumlah populasi sebanyak 3,000 orang. Pulau ini juga kebanyakan dipenuhi oleh banyak museum dan juga situs budaya, seperti Art House Projects (desa tua yang diubah menjadi pameran seni), dan juga atraksi keren lainnya.

Seperti daerah di Jepang lainnya, terdapat banyak kafe dan restoran yang wajib dikunjungi, seperti tempat pemandian di Naoshima Bath House, tetapi pemandian ini berbeda lho, karena juga merupakan instalasi seni! Jika kamu adalah pecinta seni sejati, destinasi ini dijamin sempurna!

8. Chengdu, China

Chengdu merupakan ibukota dari Provinsi Sichuan di Tiongkok yang terkenal dengan makanan terpedas dan juga panda yang lucu. Selain itu, Chengdu juga memiliki beberapa tempat untuk melihat pemandangan dan juga budaya yang mengesankan.  Tempat-tempat ini di antara lain Gunung Qingcheng, Kuil Wuhou, dan juga reruntuhan Jinsha.

Pastikan untuk mengunjungi lokasi dengan pemandangan mengesankan di Chengdu yang terkenal dengan arsitektur unik dan juga nuansanya yang keren, seperti Jinlo, Kuanzhaixiangzi, dan Huanglongxi.

9. Hsinchu, Taiwan

underrated cities in asia

Image credit: Amy Ross (kiri bawah), pang yu liu (kanan bawah)

Kamu mungkin pernah mendengar Taipei, Kaohsiung, dan bahkan Taichung, tetapi pernahkah kamu mendengar Hsinchu, kota kecil di bagian utara Taiwan? Dikenal sebagai “the Windy City”, karena cuacanya yang sejuk, Hsinchu merupakan destinasi yang ideal untuk yang ingin mencari kedamaian.

Di sini, kamu akan memiliki kesempatan untuk menyaksikan tanaman hijau, kuil-kuil kuno, pusat seni, dan tentu saja, makanan lezat. Kuliner terkenal di sini adalah Mifen (mee hoon)! Destinasi yang harus dikunjungi di sini antara lain Eighteen Peaks Mountain, Leofoo Village Theme Park, dan the East Gate.

10. Daegu, South Korea

Kota dengan populasi terbanyak keempat, Daegu, adalah kota indah yang dipenuhi oleh banyak kuil-kuil dan dikelilingi oleh gunung yang spektakuler, termasuk Palgongsan. Daegu juga menyelenggarakan Colorful Daegu Festival yang mempertunjukkan budaya dan seni dari kota tersebut, termasuk beberapa lokasi unik seperti Mabijeong Mural Village, Hillcrest, dan The Arc yang merupakan bangunan futuristik yang memiliki observatorium, teater dan pusat pameran.

Walau tidak banyak pusat perbelanjaan di Daegu, nuansa yang sangat tenang di sini dijamin akan membuat pengalaman wisatamu tidak terlupakan.

Baca juga: 11 Destinasi Wisata di Asia Yang Bertema Harry Potter untuk Para Potterheads 

Petuangalan Seru Menunggumu di Asia Timur!

Nah, itulah 10 tempatnya! Lain kali jika kamu ingin mengunjungi Asia Timur, kamu akan mempunyai lebih banyak pilihan (bukan hanya Tokyo atau Shanghai)!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru