Libur Awal Puasa 2023, Ini Info Penting Yang Harus Kamu Tahu

Libur awal puasa 2023 menjadi salah satu informasi yang ditunggu para orang tua dan anak-anak sekolah. Maklum saja, bagi anak-anak, momen pertama puasa di bulan Ramadhan bisa menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi.

Ibadah puasa di bulan Ramadhan pada tahun 2023 bakal dimulai dalam hitungan hari. Sejumlah hal pun mulai dilakukan sejumlah orang untuk mempersiapkan ibadah di bulan suci bagi umat Islam ini. Bagi mereka yang bersekolah, ada periode khusus yang dialokasikan oleh pemerintah untuk menyambut bulan Ramadhan, yaitu memberikan momen libur awal puasa 2023.

Sejauh ini, jadwal resmi libur awal puasa 2023 masih harus menunggu sidang isbat penetapan awal Ramadhan 1444 H. Rencananya, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama akan melakukan sidang isbat penetapan awal Ramadhan pada Rabu, 22 Maret 2023.

Namun begitu, Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah memastikan awal Ramadhan 1444 H adalah pada hari Kamis, 23 Maret 2023. Kepastian tersebut ditetapkan melalui Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 1/MLM/1.0/E/2023 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Zulhijah 1444 H. Ketetapan tersebut diterbitkan pada 21 Februari 2023 lalu.

Terkait dengan penetapan awal Ramadhan 1444 H, pemerintah pada umumnya akan menetapkan libur awal puasa bertepatan pada hari pertama puasa untuk anak-anak sekolah. Khusus untuk libur awal puasa 2023, pemerintah daerah sudah menetapkan dalam kalender pendidikan terkait hal ini.

1. Jadwal libur anak sekolah sesuai Kalender Pendidikan DKI Jakarta

Sesuai Kalender Pendidikan DKI Jakarta 2023, jadwal libur anak sekolah untuk bulan Ramadhan ditetapkan:

  • Libur awal Ramadhan berlangsung 1 hari sebelum bulan Ramadhan dan 2 hari pada awal bulan Ramadhan, serta 6 hari sebelum tanggal 1 Syawal
  • Libur Idul Fitri berlangsung 6 hari sesudah tanggal 1 Syawal
  • Selama libur Ramadhan dapat dimanfaatkan dengan kegiatan yang bersifat keagamaan dan kegiatan sosial lainnya.

2. Jadwal libur awal puasa 2023 sesuai Kalender Pendidikan Jawa Barat

Sesuai dengan edaran Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2022/2023 Dinas Pendidikan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, libur awal puasa 2023 diperkirakan akan jatuh pada 23 – 25 Maret 2023.

Dalam edaran yang sama, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat juga mengumumkan prakiraan Libur Idul Fitri 1444 H jatuh pada 17 – 29 April 2023 untuk anak-anak sekolah. Sebagai catatan, jadwal di atas akan menyesuaikan dengan penetapan awal Ramadhan 1444 H oleh pemerintah.

3. Jadwal libur sesuai Kalender Pendidikan Jawa Tengah

Berbeda dengan Jawa Barat dan DKI Jakarta, jadwal libur anak sekolah di Jawa Tengah relatif lebih singkat. Sesuai dengan Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, anak-anak sekolah mendapat jatah libur awal puasa 2023 diperkirakan pada 22-23 Maret 2023.

4. Jadwal libur awal puasa 2023 sesuai Kalender Pendidikan Jawa Timur

Untuk jadwal libur awal Ramadhan 1444 H, di Bab VIII pasal 12 ayat 1 Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur tentang Kalender Pendidikan Bagi Satuan Pendidikan Tahun Pelajaran 2022/23 disebutkan bahwa “libur awal Ramadhan adalah tiga hari efektif, mulai 1 (satu) hari efektif sebelum tanggal 1 Ramadhan dan 2 (dua) hari setelah 1 Ramadhan 1444 H.”

Sedangkan di ayat 2 disebutkan bahwa “Hari libur sekitar Idul Fitri adalah 2 (dua) hari efektif sebelum tanggal 1 Syawal dan 6 (enam) hari efektif sesudah 2 Syawal ditetapkan Kementerian Agama untuk seluruh satuan pendidikan.”

Perlu dicatat bahwa jatah libur di atas menjadi jauh lebih panjang karena ada tambahan libur 1 hari pada tanggal 22 Maret 2023. Pada tanggal tersebut, pemerintah menetapkan libur nasional untuk perayaan Hari Raya Nyepi.

Baca juga: Hari Libur Nasional 2023 dan Cuti Bersama 2023, Tandai untuk Momen Liburan Kamu!

Berencana untuk mengambil momen liburan pada tanggal-tanggal tersebut? Atau kamu ingin lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi bulan Ramadhan 1444 H sebagai momentum ibadah yang lebih baik dari tahun lalu?

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di FacebookTwitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru