Liburan Ke Korea Selatan, Traveler Bisa Bebas Karantina, Asalkan…

Korea Selatan akan mengizinkan traveler dari seluruh dunia masuk ke wilayahnya per 1 April 2022 tanpa harus menjalani karantina, dengan catatan sudah menjalani vaksinasi Covid-19 secara lengkap. Itu artinya, dalam waktu dekat, kesempatan jalan-jalan dan liburan ke Korea Selatan sudah sangat mungkin dilakukan, lho!

Dalam keterangan yang dirilis di Visit Korea, Kementerian Dalam Negeri dan Keamanan mengumumkan pengecualian karantina tersebut akan terus diperluas untuk bisa mencakup vaksinasi luar negeri yang belum terdaftar untuk status vaksinasi di Korea.

Pengecualian karantina juga akan berlaku buat traveler yang sudah mengikuti vksin booster, atau mereka yang sudah mendapatkan dua dosis suntikan vaksin (satu vaksin untuk merek Janssen), setidaknya 14 hari dalam kurun waktu 180 hari atau enam bulan.

Namun demikian, aturan ini tidak berlaku untuk traveler dari Pakistan, Uzbekistan, Ukraina dan Myanmar, yang mana mereka masih harus menjalani karantina tujuh hari.

Bagi traveler yang berencana datang ke Korea Selatan harus memasukkan data mengenai vaksinasi yang sudah dilakukan ke Q-CODE sebelum melakukan perjalanan dan melakukan pemindaian kode QR sebelum masuk ke imigrasi. Q-CODE sendiri meminta data informasi mengenai data diri, termasuk di antaranya nomor paspor, informasi perjalanan mulai dari negara asal kedatangan, maskapai yang digunakan, alamat tinggal di Korea dan nomor telepon, serta catatan vaksinasi. Situs Q-CODE bisa dilihat di sini.

Namun, perlu dicatat bahwa traveler yang berencana untuk masuk dan liburan ke Korea Selatan masih harus menjalani sejumlah prosedur, termasuk di antaranya menjalani tes Covid-19 dalam beberapa tahap. Selain itu, traveler juga wajib mengikuti protokol kesehatan secara ketat jika tidak ingin berurusan dengan hukum.

Baca juga: Visa Hallyu Korea Selatan, Visa Baru Untuk K-Popers

Bagaimana? Siap jalan-jalan dan liburan ke Korea Selatan per 1 April nanti? Jika iya, periksa dulu status vaksinasi Covid-19 dan pastikan apakah kamu harus menjalani vaksinasi booster atau tidak sebelum berangkat ke Korea Selatan.

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru