Rekomendasi Minuman Khas Bali Yang Memiliki Keunikan Tersendiri

Siapa di antara kamu yang sudah mencoba kuliner khas Bali? Mungkin kamu sudah pernah menikmati nasi lawar, babi guling atau sate lilit. Bahkan tak jarang di antara kamu yang tahu tempat terbaik menikmati kuliner ini. Namun, apakah kamu pernah mencicipi minuman khas Bali? Apakah kamu tahu minuman khas Bali ini?

Minuman khas Bali memang tidak sepopuler makanannya, meski beberapa di antaranya sukses mencuri perhatian dan kerap dijadikan oleh-oleh. Nah, untuk memperluas pengetahuan kamu, di bawah ini adalah rekomendasik minuman khas Bali dari TripZilla Indonesia yang menarik dan layak dicoba, atau bahkan bisa dijadikan oleh-oleh. Slurppp!?

1. Tambring, es kopyor ala Bali

Mirip dengan es kopyor, tambring memadupadankan berbagai rempah dan bahan lainnya untuk menjadi minuman yang menyegarkan. Bahan-bahan yang digunakan adalah asam jawa, putih telur dan es batu. Tambring paling nikmati dinikmati saat cuaca panas.

2. Es Kuwut, minuman khas Bali yang menyegarkan

Es kuwut kini sudah banyak dijajakan di luar Pulau Dewata. Daya tariknya adalah kesegaran yang ditawarkan, dari serutan buah kelapa, selasih, blewah, jeruk nipis, melon dan es batu. Minuman ini juga mudah ditemukan di banyak tempat, jadi kamu bisa menikmatinya kapan saja dan di mana saja.

3. Es Bir, asam tapi segar

Tak usah membayangkan kamu bakal minum minuman beralkohol. Minuman ini bahkan tidak mengandung alkohol sama sekali. Sensasi rasanya yang menyegarkan didapat dari perpaduan antara kelapa muda dan jeruk nipis. Alhasil, kamu bakal menikmati minuman dengan rasa manis, asam dan segar, pas dicoba saat cuaca panas.

4. Loloh, rasanya nano nano

Loloh merupakan minuman khas Desa Panglipuran. Lebih dikenal sebagai loloh cemcem, minuman ini merupakan minuman jamu yang terbuat dari buah asam, campuran gula garam dan daun cemcem. Rasa yang hadir adalah asam, asin dan manis. Karena merupakan minuman jamu, minuman ini memiliki khasiat yang positif untuk kesehatan, lho!

5. Es Daluman, minuman khas Bali dengan sensasi rasa gosong harum

Seperti apa rasa gosong harum itu? Jika ingin mendapatkan sensasinya, kamu wajib mencoba es daluman. Minuman ini terbuat dari daun daluman dan daun cincau, yang diguyur kuah santan dari kelapa bakar. Hasil pembakaran itulah yang kemudian menciptakan sensasi gosong saat diminum. Tertarik mencoba?

6. Es Waneng, melegenda

Es waneng termasuk salah satu minuman khas Bali yang melegenda. Bagaimana tidak, pembuatnya, I Nengah Waneng, sudah menciptakan minuman ini sejak tahun 1938. Es waneng sendiri hadir dalam tampilan mirip dengan es daluman. Yang membedakan adalah penyajiannya, di mana air kelapa dari kelapa bakar dicampur dengan gula pasir dan es balok. Sensasinya menyegarkan!

7. Es Ancruk, minuman khas Bali dengan isian melimpah

Ingin minuman yang tak hanya menyegarkan, tapi juga mengenyangkan, es ancruk bisa jadi pilihan. Minuman ini memadukan antara kolak pisang, bubur ketan, bubur sumsum, bubur sagu mutiara, agar-agar, kolang-kaling, santan, es serut dan juga ancruk. Hasilnya, kamu akan mendapatkan minuman yang menyegarkan. Minuman ini juga menjadi salah satu sajian yang kerap muncul saat momen Ramadan di Pulau Dewata.

8. Es Gula, simpel dann penuh warna

Dari Kintamani, ada es gula yang menarik. Minuman ini terbilang sangat simpel dalam hal metode pembuatan. Bahannya hanya dari air, es batu dan sirup dari gula yang dicairkan dan diberi pewarna. Kamu bisa dengan mudah menemukan minuman ini di banyak tempat makan di Bali.

9. Kopi Bali, minuman khas Bali yang mendunia

Siapa yang tak kenal dengan kopi Bali. Populer dengan nama Kopi Kintamani, minuman ini dibuat dari biji kopi jenis Arabika, menawarkan sensasi manis, harum dan tingkat asam yang rendah. Kopi Bali juga sudah banyak diekspor ke berbagai negara di dunia karena kualitasnya yang baik.

10. Arak Bali, bisa dijadikan buah tangan

Arak Bali termasuk minuman khas Bali yang paling populer. Minuman ini merupakan hasil fermentasi air kelapa dengan kandungan alkohol yang cukup besar. Karena kandungannya itu, penikmatnya bisa mengalami efek mabuk. Tak sedikit tempat yang menjual Arak Bali untuk oleh-oleh.

11. Brem, minuman khas Bali yang juga istimewa

Brem menjadi opsi lain untuk oleh-oleh dari Pulau Dewata. Terbuat dari hasil fermentasi ketan merah dan ketan putih juga ragi tape, minuman ini memiliki kandungan alkohol yang relatif kecil. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih, efek mabuk tetap bisa dirasakan. Kamu bisa menemukan minuman ini di toko oleh-oleh di Bali.

Baca juga: 12 Makanan Khas Bali Lezat dan Dimana Kamu Bisa Mencobanya

Nah, sudah pernah menikmati yang mana?

 

 

Preview image credit: Warung Ole Bali (kanan), Cucu Suryani

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru