Minuman Khas Bandung Yang Wajib Dicoba Saat Wisata Kuliner

Salah satu aktivitas wisata seru di Bandung yang harus dilakukan adalah dengan berwisata kuliner. Makanan berat hingga camilan ringan, semuanya memiliki cita rasa yang khas dan tidak boleh dilewatkan. Tapi bagaimana dengan minuman khas Bandung? Apakah kamu sudah pernah mencobanya?

Faktanya, banyak pilihan minuman khas Bandung yang bisa dipilih, dari yang segar dan pas dinikmati saat cuaca panas, atau yang hangat dan nikmat dinikmati saat cuaca dingin. Bingung dengan pilihan yang kamu punya? Inilah rekomendasi dari Tripzilla Indonesia, situs wisata dan budaya, terkait minuman khas Bandung yang bisa kamu nikmati. Cekidot, ya!

1. Ngemut asyik – Es Lilin

minuman khas Bandung
Image credit: Indonesian Signature Culinary

Es lilin menjadi salah satu lagu daerah yang cukup ikonik di Bandung. Es lilin juga termasuk minuman khas Bandung yang wajib dicoba. Dengan banyak varian rasa yang ditawarkan, es lilin menjadi salah satu yang paling dicari dan bisa dengan mudah ditemukan di banyak lokasi di kota Bandung dan sekitarnya.

Harga: Mulai dari 2,000 IDR

2. Minuman yang tidak ribet – Es Mambo Lembang

minuman khas Bandung
Image credit: Mary Wong

Siapa yang tidak kenal es mambo? Salah satu minuman khas Bandung ini cukup terkenal, terutama yang dijajakan di Lembang. Selain menawarkan es mambo, yoghurt menjadi salah satu andalan untuk dijajakan. Ada banyak pilihan rasa, seperti strawberry, green tea hingga taro. Tempat terbaik mendapatkan es mambo adalah di Es Mambo & Yoghurt Kusuka di Lembang.

Lokasi: JL. Cijeruk, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
Harga: 4,000 IDR untuk es mambo, 7,500 IDR untuk yoghurt, 2,000 IDR untuk es lilin yoghurt

3. Susu asam yang menyegarkan – Yoghurt Cisangkuy

Image credit: Dunia Kuliner Bandung

Salah satu minuman khas Bandung yang menyegarkan adalah Yoghurt Cisangkuy. Banyak ragam rasa yang ditawarkan dengan warna rasa manis dan asam yang dominan. Bila cuaca sedang panas, Yoghurt Cisangkuy bisa menjadi penawar yang pas.

Lokasi: Jln Cisangkuy, No. 66, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat
Harga: Mulai dari 22,000 IDR

4. Es campur khas Bandung – Es Oyen

minuman khas Bandung
Image credit: Es Campur Bandung Arena

Tidak sedikit penjual es campur khas Bandung ini, dan banyak juga yang menjajakannya dengan gerobak keliling, jadi tidak sulit buat kamu mendapatkannya. Es oyen menyajikan es campur dengan isian kelapa muda, alpukat dan juga potongan buah nangka, plus kolang kaling, susu kental manis, pacar cina dan es serut untuk menambah kesegaran. Bisa membayangkan menikmati es oyen saat matahari bersinar terik?

Harga: Mulai dari 5,000 IDR per porsi

5. Minuman khas Bandung yang melegenda – Es Goyobod

Es goyobod berbahan dasar tepung sagu aren dengan tekstur agar-agar, juga memiliki isian lain seperti alpukat, santan kelapa dan sekoteng dengan tambahan es serut serta susu kental manis dan sirup gula untuk menambah rasa. Dijamin bakal nagih, deh!

Lokasi: Pasar Baru, Goyobod Kuno 1949, Jalan Pasar Utara Bandung
Harga: Mulai dari 8,000 IDR per porsi

6. Minuman hangat menyehatkan – Bandrek

Memiliki bahan alami seperti jahe, gula merah dan rempah-rempah lainnya membuat bandrek menjadi minuman khas Bandung yang pas dinikmati saat cuaca dingin. Tidak hanya menghangatkan badan, tapi juga menyehatkan karena bisa menjaga stamina tetap fit dan bugar. Banyak penjual bandrek tersebar di seluruh kota Bandung, jadi tidak sulit untuk mendapatkannya.

Lokasi: Kedai Bajigur Bandrek Hj Siti Maemunah, Jln Cisangkuy No 32, Cihapit, Kota Bandung, Jawa Barat
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

Baca juga: 18 Makanan Khas Bandung Dan Lokasi Untuk Mencobanya

Minuman khas Bandung cukup beragam, kan? Yang mana yang paling menarik perhatian untuk kamu nikmati?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru