Minuman Khas Betawi Di Jakarta Yang Bisa Kamu Nikmati Kesegarannya

Sudah pernah menikmati makanan khas Betawi saat plesiran di Jakarta? Lalu apakah kamu pernah menikmati minuman khas Betawi yang mereka miliki?

Tidak hanya makanan khasnya saja yang memesona, warga Betawi juga memiliki banyak minuman khas yang memiliki cita rasa tersendiri, yang sayang untuk dilewatkan jika kamu ingin menambah pengalaman rasa saat berwisata kuliner di Jakarta. Jika kamu tertarik menikmatinya, destinasi ini wajib kamu kunjungi untuk mendapatkan cita rasa terbaik. Cekidot, ya!

1. Es doger yang menyegarkan

Image credit: Dadad Sesa

Kamu bisa menjumpai pedagang es doger hampir di setiap sudut kota Jakarta. Bahkan, tidak jarang yang menjajakan minuman khas Betawi ini di pusat perbelanjaan atau mal-mal besar. Cita rasa yang ditawarkan pun kurang lebih sama, segar, manis dan mengenyangkan. Isian di dalamnya juga bermacam, dari kelapa muda, tape singkong, tape ketan, santan kental hingga sirup dan susu kental manis dijamin akan membuat kamu terlena oleh rasanya.

2. Bir pletok yang tidak memabukkan

minuman khas betawi
Image credit: Bir Pletok Bang Isra

Tidak semua bir memabukkan, lho! Bir pletok adalah salah satu di antaranya. Malahan bir ini bisa dikatakan menjadi minuman yang menyehatkan karena bahan yang digunakan, yaitu rempah-rempah seperti lada, jahe, dan kulit kayu secang, yang membuat bir pletok berwarna merah. Banyak khasiat yang ditawarkan dari minuman khas Betawi ini, mulai dari memperlancar peredaran darah, mengatasi nyeri lambung, memulihkan radang sendi mengobati migran hingga menghangatkan badan. Coba, deh!

3. Es selendang mayang yang bikin kenyang

Image credit: Selendang Mayang Bang Hafidh

Jika cuaca sedang panas dan gerah, menyantap es selendang mayang akan menjadi penawar yang pas buat kamu. Minuman khas Betawi yang sudah bertahan selama beberapa dekade ini memiliki rasa yang manis, enak dan nikmat. Sayangnya, sudah sedikit orang yang menjajakan es selendang mayang, yang dibuat dari bahan sagu aren, tepung beras, tepung kacang, yang kesemuanya dibuat menjadi adonan seperti agar-agar dengan warna yang menarik, seperti selendang. Tertarik mencobanya?

4. Kopi jahe yang bikin hangat badan

Masih seputar minuman dari bahan rempah, kamu bisa mencoba mencicipi kopi jahe khas Betawi. Dengan khasiat menghangat badan, minuman ini pas dinikmati saat tiba musim penghujan. Minuman ini dibuat dari bahan seperti pala, jahe, cengkeh, kayumanis dan daun pandan, yang direbus dan diseduh dengan tambahan susu kental manis dan gula pasir. Maknyes, lho!

5. Es campur Betawi yang menggoyang lidah

Apa bedanya es campur Betawi dengan es campur lainnya? Secara bahan, keduanya tidak memiliki perbedaan signifikan. Yang membedakan adalah pada es campur Betawi, akan ada tambahan bubur sumsum untuk melengkapi sajian. Soal rasa, dijamin akan mengesankan deh!

Baca juga: Nasi Uduk Betawi Enak Di Jakarta Yang Harus Kamu Datangi

Sudah tahu minuman khas Betawi apa saja yang bisa kamu coba, kan? Asyiknya, banyak tempat yang menyajikan minuman ini, jadi tidak sulit untuk mendapatkannya. Jangan sampai dilewatkan, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru