Musim Dingin Di Tohoku: 9 Cara Menikmati Musim Salju Di Wilayah Paling Utara Jepang

Artikel mengenai musim dingin di Tohoku ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version.

Ada hubungan yang sangat dekat, bahkan nyaris sakral, antara dunia yang alami dan kehangatan orang-orang di wilayah Tohoku, jepang. Mulai dari apa yang disediakan dan dibentuk oleh alam, kehangatan sambutan Tohoku, baik itu ketika salju yang tebal di musim dingin atau musim gugur yang berubah warna.

Hanya di Tohoku: Monster salju Zao | Image credit: Yamagata Prefecture

Sama seperti negara lain dengan destinasi wisata yang keren, (yang membuat wisatawan tidak henti-hentinya dibuat kagum!), Tohoku adalah permata yang kecantikannya tidak pernah berkurang di sepanjang empat musim. Namun, tidak seperti tempat wisata keren lain di Jepang yang lebih populer, seperti Tokyo, Kyoto, Osaka, dan lainnya, Tohoku lebih dipandang sebelah mata. Dan hal ini merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi wisatawan. Bayangkan, berada di Negeri Matahari Terbit dengan semua keindahannya, minus kerumunan. Karena alasan ini, tidak ada yang tidak akan terpesona oleh keindahan Tohoku.

Image credit: Tohoku Tourism Official Facebook Page

Terlepas dari pesona mengesankan yang ditawarkan Tohoku, wilayah ini ternyata cukup dekat dengan Tokyo dan pusat kota lainnya di Jepang, berkat sistem Japan Railway (JR) yang efisien. Bayangkan, semua kemungkinan tanpa akhir jika menggunakan JR EAST PASS-mu sendiri pada perjalanan berikutnya ke Jepang!

Kini waktunya Tohoku yang membuat kamu terpesona! JR EAST PASS (wilayah Tohoku) adalah sarana penting yang akan membolehkan kamu untuk bisa memaksimalkan pengalaman musim dingin di wilayah ini.

Dapatkan JR EAST PASS hari ini dan nikmati penghematan yang luar biasa dengan tumpangan tanpa batas di semua jalur JR East di wilayah ini. Untuk lebih menarik dan nyaman, JR EAST PASS menawarkan fleksibilitas! Nikmati kebebasan untuk memiliki lima hari manapun untuk transit dalam rentang waktu dua minggu perjalanan..

DAPATKAN INFORMASI LEBIH LANJUT MENGENAI JR EAST PASS (WILAYAH TOHOKU) DI SINI

Rasakan musim dingin yang menyenangkan di wilayah Tohoku

Jika kamu masih harus mempertimbangkan kapan waktu terbaik bepergian ke Tohoku, tidak usah menunggu terlalu lama. Faktanya, kapanpun itu merupakan waktu terbaik untuk pergi ke Jepang, tapi liburan musim dingin di wilayah Tohoku akan memberikan kenangan sepanjang masa bagi wisatawan. Kamu akan memiliki banyak foto Instagrammable mengingat wilayah ini terkenal karena hujan salju lebat dari Desember hingga Maret!

Image credit: Tohoku Tourism Official Facebook Page

Coba cari di mesin pencari Google untuk mengetahui kerennya pemandangan Tohoku yang menakjubkan ketika ditutupi selimut salju, yang mengingatkan pada pemandangan istimewa di kartu pos. Kami bisa pastikan, sejumlah tempat wisata Tohoku di musim dingin seperti berbatasan dengan dunia lain. Kami bicara mengenai monster salju, lorong salju, dan pohon sakura yang membeku tepat pada waktunya. Penasaran? Semua ini dan masih banyak keseruan lainnya di Tohoku, bisa kamu nikmati, tapi hanya bila kamu mengikuti panduan kami! Berikut adalah cara terbaik menikmati wisata bersalju di wilayah paling utara dari daratan Jepang.

Baca juga: Nikmati Musim Gugur Bersama Joyful Trains Tohoku: Dari Pikachu, Fasilitas Merendam Kaki, Penjelajahan Alam Dan Banyak Lagi Lainnya!

1. Manjakan diri dengan semua tiram yang bisa kamu makan!

Image credit: Tohoku Tourism Official Facebook Page

Saya tidak tahu bagaimana tanggapan kamu, tapi tiram mengingatkan saya pada acara spesial dan pesta terbaik yang pernah saya ikuti. Untungnya, musim dingin adalah musim terbaik menikmati tiram di Tohoku! Jika kamu salah satu pecinta makanan ini, langsung saja ke Prefektur Miyagi, di mana banyak sekali tiram untuk dipilih.

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Bagian terbaiknya adalah mereka melayani semuanya, besar atau kecil. Untuk ~¥2.500, kamu bisa menikmati prasmanan tiram panggang sepuasnya yang berlangsung selama 45 menit. Itu lebih dari cukup waktu untuk mengisi kamu, kan? Jika makanan mentah tidak membuat kamu tertarik, jangan khawatir. Ada tiram segar yang diambil langsung dari laut di Prefektur Miyagi dan dipanggang oleh staf yang ramah sesuai dengan keinginan kamu. Untuk pecinta makanan laut dan pecinta pengalaman DIY, ambil kesempatan untuk menikmati tiram lezatmu sendiri!

Pro tips: Jangan lupa mengenakan celemek yang disediakan agar pakaian kamu tidak kotor, terutama karena ada begitu banyak tempat yang menyajikan prasmanan tiram bakar di dekat Stasiun JR Matsushimakaigan. Kamu bisa mampir untuk satu gigitan memuaskan dan langsung keluar setelah menghabiskan makanan kamu. Itu adalah hal paling asyik tentang objek wisata di dekat stasiun transportasi umum; semuanya terasa dekat!

Cara terbaik ke lokasi: Berjalan lima menit dari Stasiun JR Matsushimakaigan (dilayani oleh JR Senseki Line)

2. Berlayar nyaman menggunakan perahu dengan selimut hangat dengan pemandangan yang menakjubkan

Mogami River Cruise

Image credit: Yamagata Prefecture

Hal yang wajib kamu lakukan di Prefektur Yamagata adalah berlayar sambil menikmati pemandangan di Sungai Mogami, sungai terbesar di wilayah ini dan sumber air bersih yang penting untuk lingkungan sekitar. Jika menjadi hal yang lumrah melihat wisatawan naik ke kapal sembari menikmati pemandangan di sepanjang rute ini, kamu akan mendapatkan pengalaman yang sepenuhnya berbeda ketika datang musim dingin.

Image credit: Yamagata Prefecture

Ketika suhu turun dan salju mulai jatuh, perahu Sungai Mogami dilengkapi dengan kotatsu, meja rendah yang dilengkapi dengan selimut dengan pemanas! Ini memberi kamu cara unik melihat ‘keajaiban’ musim dingin Jepang, namun kamu tetap hangat di sepanjang perjalanan. Tips buat kamu: Untuk pengalaman terbaik, ikuti cruise Sungai Mogami pada bulan Februari. Kamu juga harus tahu, perjalanan ini hanya satu arah, yang memberi kamu kesempatan menjelajahi lebih banyak Prefektur Yamagata. Kamu bisa dengan mudah membuat rencana perjalanan sepanjang hari setelah cruise Sungai Mogami; tentunya selama kamu memiliki JR EAST PASS.

Cara terbaik ke lokasi: Berjalan kaki selama lima menit dari Stasiun JR Furukuchi (yang dilayani oleh JR Riku-West Line)

Geibikei Gorge

Image credit: Kingdom of Winter Trip Tohoku Official Website (L); Tohoku Tourism (R)

Untuk perjalanan menggunakan kapal dengan sajian pemandangan yang indah, ikuti cruise sepanjang dua kilometer Geibikei Gorge di Prefektur Iwate. Pengalaman akuatik ini juga akan membawa wisatawan melakukan petualangan selama 90 menit dengan berjalan kaki sebelum kembali ke titik awal. Apa yang bisa kamu harapkan dari perjalanan menggunakan kapal ini? Halangan musim dingin yang diwarnai oleh tebing, air terjun, goa dan semua hal yang tertutup oleh salju. Karena itu, mengunjungi Tohoku di musim dingin akan membuat kamu mendapatkan pengalaman yang luar biasa di sepanjang tahun.

Untuk paket lengkap, kamu bisa makan di kapal dan memanjakan diri dengan semangkuk nabemono (atau nabe untuk lebih singkatnya), makanan hotpot yang populer saat musim dingin.

Cara terbaik sampai ke lokasi: Berjalan kaki lima menit dari Stasiun JR Geibikei (dilayani oleh JR Ofunato Line)

3. Ikuti festival salju dan melihat “salju sakura” di Hirosaki Castle Park

Image credit: Tohoku Tourism Official Facebook Page

Persiapkan diri kamu untuk menikmati yang satu ini karena memang luar biasa! Lihat saja sajian utamanya: kastil bersejarah dan lahannya yang luas, pohon sakura, salju yang melimpah, dan festival yang didedikasikan untuk musim dingin. Apa yang kamu dapat? Perjalanan ke Hirosaki Castle Park!

Selesai dibangun pada 1611, Istana Hirosaki dibangun oleh klan samurai yang disebut Tsugaru. Meskipun apa yang dinikmati wisatawan saat ini masih indah (sebuah kastil tiga tingkat yang menonjol di tengah ribuan pohon sakura), struktur yang dulu lebih mengesankan di lima lantai.

Selama musim semi, orang ramai datang ke Hirosaki Castle Park untuk mengagumi sakura yang sedang mekar. Begitu tiba musim dingin, lanskap berubah menjadi negeri ajaib yang dingin. Jika kamu belum pernah melihat pohon sakura yang diselimuti salju sebelumnya, maka bersiaplah dibuat kagum! Setiap malam dari Desember hingga Februari, area terdekat di dekat Pintu Keluar Otemon diterangi dengan lampu merah muda. Hal itu memberi kesan bunga sakura mekar di bawah kerudung putih yang beku. Dijamin kamu akan melihat pemandangan yang sempurna!

Hirosaki Snow Festival

Image credit: Tohoku Tourism Official Facebook Page

Jika ingin terbang ke Jepang pada Februari, kamu bisa mempertimbangkan mampir ke Hirosaki Snow Festival, salah satu acara tahunan utama Tohoku. Pada tahun 2020, festival akan diadakan dari 8 hingga 11 Februari. Jika kamu tahu apa saja yang bisa dilihat di festival, sulit menggambarkannya dengan jelas. Yang pasti, kamu akan menyaksikan puncak salju di wilayah Tohoku, tapi kamu juga akan melihat keseharian penduduk lokal di saat musim dingin. Percayalah, mereka menjadi sangat kreatif. Ada lentera salju dan patung-patung salju, dan bahkan proyeksi cahaya yang luar biasa!

Cara terbaik sampai ke lokasi: Naik bus 10 menit dari Stasiun JR Hirosaki (dilayani oleh JR Ou Main Line) dengan Bus Loop Dotemachi.

4. Berjalan di antara monster salju raksasa

Image credit: The Official Tourism Website of Tohoku, Japan

Jangan takut; tempat ini tidak semenakutkan itu, kok!. “Monster salju” Tohoku sebenarnya adalah pohon yang ditutupi lapisan es dan salju. Malah, ini adalah fenomena alam yang cukup menarik dilihat. Ratusan (atau ribuan, tergantung ke mana kamu pergi) pohon ini benar-benar terlihat seperti pasukan monster salju yang siap untuk mengambil alih Tohoku. Di malam hari, sejumlah “monster salju” ini dihiasi dengan iluminasi yang cantik, yang membuatnya jadi lebih ajaib.

Daerah yang paling populer untuk melihat monster salju ini adalah Yamagata Zao, di mana kamu bisa menemukan sebuah resor ski dan onsen yang menenangkan. Tempat melihat monster salju lainnya adalah di Mt. Moriyoshiyama dan Hakkoda di Aomori. Mt. Moriyoshiyama dikenal sebagai sumber mata air untuk flora dan fauna alpine, jadi pecinta alam pasti menyukai tempat ini. Jangan berpikir tempat ini tidak layak dikunjungi saat musim dingin. Mungkin tidak ada bunga yang mekar berwarna-warni di musim dingin, tetapi monster salju pasti akan keluar untuk bermain.

Image credit: Tohoku Tourism Official Facebook Page

Sementara Pegunungan Hakkoda merupakan gunung berapi aktif dan kubah lava. Formasi daratan yang besar ini membuat pemandangan yang sangat menarik untuk dilihat.

Cara terbaik menuju lokasi:

Yamagata Zao
Naik bus selama 40 menit dari Stasiun JR Yamagata (Stasiun dilayani oleh Yamagata Shinkansen, JR Senzan Line)

Mt Morioshiyama
Naik taksi selama 20 menit dari Stasiun Aniai di Akita Nairiku Jukan Line (Non-JR, yang mana tidak bisa menggunakan JR EAST PASS)

Mt Hakkoda
Menggunakan bus dengan satu jam perjalanan (on JR Tohoku Bus, yang juga dicover oleh JR EAST PASS) dari Stasiun JR Aomori atau Stasiun JR Shin-Aomori.

5. Tetap hangat di onsen pilihan kamu sembari menikmati dunia impian musim dingin impian kamu

Image credit: Tohoku Tourism Official Facebook Page

Dengan curah hujan salju yang tinggi, suhu pun menjadi sangat dingin, dan Tohoku siap untuk kondisi terburuk ini. Untuk menghindari cuaca dan angin yang dingin, kamu bisa bersantai di onsen pilihan. Tohoku memiliki banyak tempat-tempat suci yang indah untuk beristirahat dan bersantai! Kamu tinggal pilih saja. Saran kami? Pilih onsen yang menawarkan pemandangan spektakuler.

Ginzan Onsen

Image credit: indri (kiri)

Terlihat seperti film Studio Ghibli, Ginzan Onsen adalah pemandangan menawan yang menonjol karena lampu gas kuning yang bersinar saat matahari terbenam. Dan dengan lapisan salju yang tebal di musim dingin, ia berubah menjadi desa Natal kuno yang mengingatkan akan Kutub Utara.

Cara terbaik menuju lokasi: Menggunakan bus dengan lama perjalan 35 menit dari Stasiun JR Oishida (Yang dilayani oleh Shinkansen Yamagata)

Desa Nyuto Onsen

Image credit: Japan National Tourism Organization (kiri); Travel Akita (kanan)

Berada jauh di pegunungan, Nyuto Onsen Village menawarkan tempat bersantai yang jauh dari semuanya. Lokasinya yang terpencil membuat para tamu seolah-olah berada sendirian di daerah ini. Kamu akan menemukan Desa Onsen Nyuto di Taman Nasional Towada-Hachimantai yang terkenal di Prefektur Akita. Kami cukup yakin pemandangannya tidak akan mengecewakan di bagian Tohoku ini, jadi mengapa tidak memperpanjang masa tinggal dan bermalam di sini? Lakukan pendakian saat masih pagi dan berendam di pemandian luar ruang ketika kamu ingin bersantai. Yang pasti, kamu punya banyak pilihan! Kedengarannya menyenangkan, kan?

Cara terbaik untuk sampai ke lokasi: 50 menit perjalanan dengan bus dari Stasiun JR Tazawako (dilayani oleh Akita Shinkansen dan Jalur JR Tazawako).

6. Berjalan santai di lorong salju

Lorong salju Hachmantai Aspite Line | Image credit: The Official Tourism Website of Tohoku, Japan

Kami akan memberitahu kamu mengenai salah satu spot paling fotogenik dan yang paling menakjubkan di Jepang: Di Tohoku, salju tetap ada selama berbulan-bulan, dan bahkan setelah musim dingin! Ya, bahkan setelah musim dingin.

Hakkoda Snow Corridor | Image credit: The Official Tourism Website of Tohoku, Japan

Jika kamu mengunjungi Negeri Matahari Terbit pada April hingga Mei, langsung saja melipir ke lorong salju Tohoku. Kamu bisa menemukan tempat ini di dekat Hachimantai Aspite Line dan yang paling menarik adalah, area populer untuk pengamatan sakura hanya berjarak sepelemparan batu dari jalan-jalan yang tertutup salju. Lorong salju terbentuk ketika jalan setapak akhirnya dibersihkan begitu hujan salju di wilayah Tohoku berhenti. Hasilnya, dinding menjulang yang benar-benar mengapit pengunjung yang berjalan. Mobil yang melalui lorong ini jadi terlihat kecil. Sepertinya ada ilusi tersendiri, bahwa kamu berada di tengah labirin dari es!

Cara terbaik untuk sampai ke lokasi: Dua jam perjalanan dengan bus dari Stasiun JR Morioka (dilayani oleh Tohoku Shinkansen / Akita Shinkansen).

7. Menikmati hidangan menyegarkan dari laut – oishii!

Image credit: Travel to Tohoku

Kami sudah membahas tiram lezat di awal daftar, tapi jika kamu tidak menyukai hidangan tersebut, masih banyak hasil laut yang bisa dinikmati di Jepang – terutama di Tohoku. Bahkan, waktu terbaik untuk menikmati kepiting salju dan fugu (ikan buntal) segar adalah di musim dingin!

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Ke mana pun kamu pergi di Tohoku, sajian kaisendon (mangkuk nasi seafood) yang memuaskan selalu tersedia. Tetapi jika kamu ingin menikmati makanan yang lebih mewah, cobalah membuat donburi (mangkuk nasi) seafood sendiri di Aomori. Gaya DIY seperti ini bisa kamu dapatkan jika memesan nokkedon! Pilih dari berbagai macam topping dan makanan laut favorit kamu, dan lakukan pembelian dengan kupon yang dibeli di Pasar Ikan Furukawa. Kamu juga bisa meminta rekomendasi untuk bisa mendapatkan tangkapan yang segar untuk nokkedon kamu. Tapi, untuk bisa melakukan ini, kami sangat menyarankan kamu belajar bahasa Jepang dasar. Namun, kamu juga bisa mengandalkan foto dari Internet. Semoga berhasil!

Cara terbaik untuk sampai ke lokasi: Berjalan kaki lima menit dari Stasiun JR Aomori (dilayani oleh JR Ou Main Line).

8. Menyemarakkan malam dengan mengunjungi pertunjukan cahaya dan iluminasi

Image credit: Tohoku Tourism Official Facebook Page

Ada yang bilang musim dingin cenderung memiliki malam yang panjang dan dingin. Tapi itu tidak berarti kamu tidak bisa menyemarakkan jadwal acara kamu setelah matahari terbenam. Di Tohoku, musim dingin menghadirkan banyak festival iluminasi dan pertunjukan cahaya, yang menambah sentuhan mistik pada pemandangan bersalju di kawasan itu.

Sendai Pageant of Starlight

Image credit: Kingdom of Winter Trip Tohoku Official Website

Sendai Pageant of Starlight, misalnya, berlangsung pada pertengahan hingga akhir Desember. Pohon Zelkova yang berjajar di jalanan Jozenjidori dan Aobadori di Sendai yang menjadi sorotan. Pohon yang cantik ini terlihat luar biasa di sepanjang tahun, tapi kamu bisa melihat mereka jauh lebih luar biasa setelah hiasan sekitar 600.000 lampu dinyalakan selama musim dingin. Pastikan untuk mengambil banyak gambar karena tidak setiap hari kamu bisa menyusuri jalan yang tampak seperti berada di negeri dongeng ini.

Cara terbaik untuk sampai ke lokasi: Berjalan kaki dari Stasiun JR Sendai (dilayani oleh Tohoku Shinkansen / Akita Shinkansen).

Aomori Snow Flight Festival (Aomori Yuki Akari Festival)

Image credit: Japan National Tourism Organization

Terbang ke Tohoku pada akhir Januari? Tidak ada yang akan kamu lewatkan! Festival Cahaya Salju Aomori diadakan pada periode ini di setiap tahunnya dan festival ini menjadi cara yang tak terlupakan untuk memulai tahun yang baru. Pengalaman yang kamu dapatkan adalah lampu-lampu salju buatan tangan yang diterangi lilin, yang berkedip-kedip dan menyala terang melawan kegelapan malam musim dingin. Faktanya, penduduk setempat membuat lampu salju tepat saat festival. Ini cara mereka memberi turis sesuatu yang dinanti-nantikan ketika mereka mengunjungi Aomori.

Cara terbaik untuk sampai ke lokasi: Berjalan kaki dari Stasiun JR Aomori (dilayani oleh JR Ou Main Line).

9. Melihat pemandangan bersalju saat menaiki banyak kereta Jepang

Lihat lebih dekat dan nikmati perjalana kereta dengan pemandangan terbaik l Image credit: JNTO

Tentunya, lanskap mengalami perubahan yang sangat mencolok selama musim dingin, tetapi kami paham tidak semua orang suka dengan udara dingin yang menggigit. Jika lebih suka tinggal di dalam rumah dengan pemanas, tidak usah khawatir. Mungkin masih ada harapan untuk kamu, dalam bentuk layanan kereta api andal Jepang.

Image credit:  JR East (East Japan Railway Company)

Naik kereta adalah cara yang tepat untuk menikmati pemandangan tanpa harus berkeringat. Ini tentu menguntungkan bila cuaca tidak selalu mendukung!

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Kereta Toreiyu Tsubasa Tohoku membuat tamu nyaman dan nyaman dengan interior yang keren dan banyak pilihan minuman hangat. Berjalan antara Fukushima dan Shinjo, shinkansen wisata ini juga menawarkan ashiyu (baskom kaki) untuk menghangatkan jari-jari kaki sambil menangkap pemandangan bersalju dengan kamera saat kereta berjalan.

Image credit: Carissa Loh (East Japan Railway Company)

Alternatif lain adalah menaiki Resort Shirakami antara Akita dan Aomori, yang perlahan menampilkan pemandangan pantai yang menawan di sepanjang Laut Jepang. Jika tidak terpaku pada jendela, ada juga hiburan yang memikat di dalam kereta, seperti pertunjukan boneka, shamisen (alat musik tradisional Jepang), dan sesi bercerita oleh penduduk setempat!

Cara terbaik untuk sampai ke lokasi:

Naik Toreiyu Tsubasa di Jalur Shinkansen Yamagata antara Fukushima dan Shinjo.

Resort Shirakami, di sisi lain, berjalan di Gono Line antara Akita dan Aomori / Hirosaki.

Sekarang waktu yang tepat memesan perjalanan ke Tohoku

Image credit: Akita Prefecture

Naik perahu dan kereta api yang keren, semua hidangan laut paling segar yang bisa kamu makan, dan keajaiban alam yang terbungkus selimut tebal salju terbaik yang pernah kamu lihat! Dan itu belum semuanya. Kita bisa membicarakan banyak cara menikmati Tohoku ketika datang musim dingin, tapi tidak ada yang bisa mengalahkan dengan menyaksikan semua pemandangan penuh salju itu dengan mata kepala sendiri. Tidak usah lagi membuang waktu dan segera lakukan pemesanan! Kunjungi Tohoku – permata di sisi utara Jepang yang jarang dikunjungi.

JR EAST PASS (wilayah Tohoku) menawarkan PERJALANAN TANPA BATAS di semua JR East Rail Lines di area yang sudah ditentukan, dan juga berlaku untuk Narita Express dari dan ke Bandara Narita, Tokyo Monorail dari dan ke Bandara Haneda dan semua jalur Shinkansen.Dengan JR EAST PASS, kamu juga bisa mendapatkan perjalanan gratis menggunakan Joyful Trains yang unik dan lebih banyak lagi!

Pass ini berlaku untuk penggunaan selama lima hari dalam periode 14 hari setelah pembelian, yang memberikan kamu fleksibilitas dan waktu yang leluasa untuk menjelajah setiap area tanpa harus terburu-buru ke tempat berikutnya.

Buatlah pemesanan di awal secara gratis hingga satu bulan sebelum keberangkatan, dan kamu bisa mendapatkan pass kamu di Jepang atau melalui agen perjalanan terdaftar di luar negeri.

Sssttt! Pass ini 1000 Yen (~129,000 IDR) lebih murah jika kamu melakukan pembelian melalui agen perjalanan!

Hubungi setiap agen perjalanan di bawah ini untuk membeli JR EAST PASS (wilayah Tohoku) dan naiki salah satu Joyful Trains ke destinasi kamu!

 

H.I.S Tours & Travel
Tel: 021-5741701
Website

Wendy Tour
Tel: 021-29426820
Website


Dwidaya Tour
Website
Smailing Tour
Website
Golden Rama Tours & Travel
Website
TX Travel
Website
Bayu Buana Travel Services
Website
Antavaya Tour
Website
Wita Tour
Website
Panorama JTB
Website

 


Dipersembahkan oleh JR East (East Japan Railway Company).

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru