15 Oleh-Oleh Khas Surabaya Kekinian Untuk Dibawa Pulang

Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia, memiliki banyak atraksi wisata untuk didatangi. Mulai dari North Quay, Taman Bungkul, Tugu Pahlawan, Monumen Kapal Selam, hingga berbagai macam taman kota dan waterpark, ibukota Jawa Timur ini punya semuanya. Surabaya juga menjadi tempat yang menarik untuk berburu oleh-oleh khas.

Satu hal yang pasti akan langsung membuat kamu takjub di Surabaya adalah keberagaman makanannya. Kekayaan kuliner Surabaya tumpah ruah dari jalanan sampai restoran mewah. Tak sedikit pula yang bisa kamu bawa pulang sebagai souvenir. Berikut adalah beberapa oleh-oleh yang wajib kamu beli kalau pas mengunjungi Surabaya.

 1. Pedas nendang dan gurih ala Sambal Bu Rudy

Image credit: Banjarmasinfood

Salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang paling banyak dicari oleh wisatawan lokal adalah sambalnya, terutama yang bermerek Sambal Bu Rudy. Sambal ini sudah melegenda banget sih. Bahkan kini kamu juga bisa membelinya lewat berbagai online shop besar. Namun sensasinya tentu berbeda kalau dibandingkan dengan datang, mencoba, dan memilih sambal-sambal itu sendiri di depotnya. Kamu bisa mencoba sambal petis, sambal teri, sambal bawang, sambal bajak (terasi), dan sambal ijo.

Image credit: Banjarmasinfood

Namanya sambal, tentu rasanya yang dominan adalah pedas. Tapi yang membuat Sambal Bu Rudy unik dibanding semua sambal lainnya adalah karena aroma dan gurih udang dalam di setiap sambalnya. Rasa khas ini yang membuat sambal ini disukai masyarakat. Saat ini Sambal Bu Rudy sudah mengembangkan bisnisnya sehingga kamu bisa membeli, bukan hanya sambal, tetapi juga produk makanan lainnya.

Lokasi: Jl Dharmahusada no. 140 Surabaya
Harga: Mulai dari 20,000 IDR per botol.

2. Berlapis kelezatan di sepotong Spikoe Resep Kuno

Image credit: srk_spikoeresepkuno

Ejaan lawas yang dipakai di merek makanan ini bukan sekadar pajangan, lho! Spikoe Resep Kuno memproduksi kue spiku (kue lapis khas Eropa) berdasarkan resep peninggalan zaman Belanda. Kue ini sebenarnya tidak sepenuhnya mencontek resep Eropa, tapi disesuaikan dengan bahan yang ada di Indonesia kala itu. Karena itu, rasanya juga enak dan unik, lembut dan manis seperti bolu.

Image credit: srk_spikoeresepkuno

Keistimewaan lain dari kue lapis khas Surabaya ini adalah semuanya dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi. Meski memakai resep tradisional, tapi semua bahan dan peralatan sudah modern. Dijamin aman dan halal! Kamu bisa memilih rasa atau isian di dalam kue. Ada yang original, memakai kismis, buah prem kering, dan juga varian speculaas.

Lokasi: Jl. Rungkut Madya 41 Surabaya
Harga: Mulai dari 80,000 IDR

3. Manjakan lidah dengan manisnya Suoklat Suroboyo

Image credit: suoklat

Orang Jawa kerap menyebut cokelat dengan soklat. Nah, Souklat adalah permainan kata yang menggabungkan dua kata ‘Suroboyo’ dan ‘Coklat’. Awalnya Souklat adalah usaha kecil untuk memasarkan produk cokelat dengan sentuhan lingkungan. Kemasannya bukan terbuat dari kertas, tetapi dari kulit jagung, serbuk bambu, dan eceng gondok. Produk ini laris manis di pasaran, bahkan sampai menembus pasar luar daerah.

Image credit: suoklat

Produk Souklat juga enak banget, kok! Produk awal Souklat adalah cokelat yang berisi kurma atau kacang mete. Kemudian Souklat menambahkan banyak produk baru seperti Dark Kurma Mete, Dark Cocholate Cookies Mete, Cokelat Jahe, dll. Kamu bisa mencoba semuanya di Kafe Souklat 3.0. Ada banyak pilihan cokelat lezat yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk yang di rumah.

Lokasi: Jl. Genteng Besar No.83D, Genteng, Kec. Genteng, Surabaya.
Harga: Mulai dari 7,000 IDR.

4. Kesegaran Siropen Telasih yang melegenda

Image credit: arthurbonaventura

Ini mungkin adalah salah satu produsen sirup tertua di Indonesia dan masih beroperasi sampai sekarang. Siropen Telasih atau Perusahaan Sirup Telasih didirikan oleh JC van Drongelen, seorang warga Belanda pada tahun 1923. Wajar saja kalau Siropen Telasih merupakan salah satu pilihan kuliner legendaris di Kota Pahlawan, pas banget untuk mendapatkan kesegaran di tengah panasnya Surabaya.

Image credit: alvajoe89

Sampai saat ini pun, proses pembuatan sirup di tempat ini masih menggunakan tenaga konvensional. Ada beberapa varian rasa yang ditawarkan, misalnya; frambozen, mawar, vanilla, cocopandan, jeruk, arbei, melon, dan leci. Produk pabrik ini sendiri dibagi menjadi dua; Siropen Telasih dan Siropen Premium. Telasih memiliki bentuk klasik sementara Premium punya wadah botol eksklusif mirip minuman anggur yang lebih kekinian.

Lokasi: Jl. Mliwis No.5, Krembangan Selatan, Kec. Krembangan, Surabaya.
Harga: 35,000 IDR untuk Telasih, 50,000 IDR untuk Premium

5. Desain unik khas Surabaya di Kaos Cak Cuk

Image credit: cakcuksurabaya

Seperti halnya semua daerah lain, Surabaya punya ciri khasnya sendiri dalam hal bahasa dan budaya. Hal itu sedikit tercermin pada desain dan tulisan unik di kaos-kaos yang diproduksi oleh Cak Cuk Surabaya. Cak adalah panggilan untuk lelaki yang lebih tua sementara Cuk adalah kata ikonik dan melegenda yang sangat populer di Surabaya.

Image credit: cakcuksurabaya

Pertama kali diproduksi pada 2005, setiap desain kaos Cak Cuk selalu menggelitik dan tak jarang terdengar kasar bagi orang yang tidak familiar dengan bahasa Suroboyoan. Cak Cuk sudah memiliki banyak gerai di Surabaya. Hati-hati membeli yang bajakan, ya! Cari yang original di gerai resmi saja!

Lokasi: Jl. Dharmawangsa Barat No.35, Airlangga, Kecamatan Gubeng, Surabaya.
Harga: Mulai dari 100,000 IDR.

6. Bebek dan ayam instan yang lezat di Bebek Djangkep

Image credit: camilancamilun

Normalnya, hidangan bebek atau ayam goreng bukanlah makanan yang tahan lama. Kalau tidak disantap di restoran, ya dibawa pulang untuk segera dimakan. Namun Bebek Djangkep menawarkan sesuatu yang sepenuhnya berbeda. Kamu bisa membawa pulang bebek yang telah dibumbui tapi tahan selama dua bulan. Bebek Djangkep mengolah ayam dan bebek dengan cara diungkep dengan bumbu-bumbu pilihan dan kemudian dikemas dalam plastik kedap udara.

Image credit: camilancamilun

Kamu cukup menggoreng bebek atau ayam yang sudah kamu beli sesuai selera, biasanya sampai berwarna coklat keemasan. Ada dua varian rasa yang bisa kamu pilih; bumbu kuning khas Madura atau bumbu betutu khas Bali. Selain higienis dan lezat, Bebek Djangkep juga sudah memiliki sertifikat halal. Oleh-oleh khas Surabaya ini pas banget dijadikan buah tangan buat yang doyan makan bebek dengan bumbu tradisional.

Lokasi: Jl. Tidar No. 20 B, Sawahan, Surabaya
Harga: Mulai dari 80,000 IDR.

7. Gurih dan renyahnya Almond Crispy Cheese

Image credit: wisata_rasa

Gurih, renyah, dan citarasa kejunya sangat terasa. Buat kamu yang suka ngemil makanan ringan, Almond Crispy Cheese bisa jadi pilihan tepat. Cemilan ini hits banget di Surabaya dan telah menjadi salah satu oleh-oleh wajib. Biskuitnya sendiri sangat tipis dan crunchy banget, terbuat dari telur, gula, tepung, dan susu bubuk.

Image credit: diary_culinary

Yang akan membedakan adalah warna serta rasa biskuitnya. Awalnya ada rasa original (warna kuning), green tea (hijau), dan cokelat (coklat). Kemudian variannya berkembang dengan ditambah strawberry, blueberry, dan durian. Semuanya ditaburi topping gurih kacang almond dan parutan keju, sesuai namanya. Wadahnya terlihat berkelas, sehingga buah tangan ini akan mampu membuat penerimanya terkesan.

Lokasi: Pasar Atum, Jl. Bunguran No.21, Bongkaran, Kecamatan Pabean Cantian, Surabaya.
Harga: Mulai dari 45,000 IDR.

8. Manis pedas Abon Sapi Padmosusastro

Image credit deansisim80

Patmosusastro sebenarnya bukanlah merek dari abon sapi khas Surabaya ini. Patmosusastro adalah nama jalan di mana sentra pembuatan abon berada. Pelopor sekaligus pemilik merek abon paling terkenal di kampung ini adalah Bu Sarti. Ia memulai usaha pembuatan abon sejak 1995. Lantaran kesuksesannya, para tetangga dan bekas pegawainya ikut membuat usaha yang sama.

Image credit: jastip.soeroboyo

Kampung di kelurahan Pakis ini pun sudah resmi ditetapkan sebagai sentra produksi abon sapi oleh pemerintah setempat. Abon di sini memiliki dua varian rasa; pedas dan manis. Karena ini adalah usaha rumahan, kamu juga punya kesempatan untuk melihat proses pembuatan abon itu secara langsung. Abon yang dijual di sini bisa sangat awet, sanggup bertahan sampai enam bulan.

Lokasi: Jl. Patmosusastro No.86, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya.
Harga: 30,000 IDR per 100 gram.

9. Olahan laut gurih ala Kerupuk Ikan Kenjeran

Image credit: kerupuk.khoridah

Surabaya dan area sekitarnya memiliki kekayaan hasil laut yang melimpah. Kamu pun bisa memilih banyak sekali olahan hasil laut di sini. Salah satu yang paling terkenal di Surabaya adalah kerupuk ikan Kenjeran. Warga sekitar Pantai Kenjeran memiliki keahlian mengolah hasil laut menjadi kerupuk yang gurih dan nikmat. Bukan cuma ikan, kamu juga bisa menemukan kerupuk cumi, udang, kerang, dan bahkan kerupuk rumput laut.

Image credit: Camilan.chubbee

Di Kenjeran, kamu bisa membeli kerupuk mentah atau yang sudah digoreng dan siap masak. Biasanya produk kerupuk ini sudah dikemas dengan baik dengan berat tertentu. Di beberapa tempat, kamu bisa menemui penjual kerupuk mentah curah alias belum dikemas. Rasa kerupuk dari Kenjeran ini gurih dan lezat. Warna yang disajikan juga beragam.

Lokasi: Jl. Raya Pantai Lama, Kenjeran, Bulak, Surabaya
Harga: Bervariasi.

10. Sejukkan panasnya hari dengan Surabaya Snowcake

Image credit: snowcakesurabaya

Meski sama-sama bertajuk kue lapis, snowcake ini berbeda dibanding spiku. Snowcake memiliki tiga lapisan utama; puff pastry pada lapisan atas dan bawah serta roti bertekstur lembut di tengah. Kue ini sempat menjadi sangat hits di Surabaya dan kemudian menjadi oleh-oleh khas kota ini.

Image credit: snowcakesurabaya

Nama snowcake didapat dari taburan gula halus yang ada di bagian atas kue, membuatnya seolah diselimuti salju. Teksturnya yang beragam juga memberikan kenikmatan tersendiri bagi yang melahap kue ini. Varian rasanya beragam, kamu bisa memilih rasa caramel, vanilla, choco green tea, choco banana, dan keju. Tapi, kue ini harus cepat dimakan ya, karena daya tahannya tidak terlalu lama.

Lokasi: Jl. Flores No. 15, Ngagel, Surabaya
Harga: Mulai dari 60,000 IDR.

11. Awas tersihir oleh nikmatnya GunaGuna Snack

Image credit: gunaguna_snack

Kalau kamu lagi diet, sebaiknya jangan dekat-dekat dengan GunaGuna snack karena di sini banyak banget makanan enak. Ada segudang pilihan camilan yang bakal memanjakan lidahmu. Mau yang manis atau yang gurih, semuanya juga ada di sini.

Image credit: gunaguna_snack

Semua pilihan produk di GunaGuna terinspirasi oleh resep kuno yang sudah ada sejak zaman kolonial. Bahkan nama yang dipakai pun masih sama seperti zaman Belanda. Di sini kamu bisa beli Macaroni Schotel berbagai rasa dan ukuran, Blackpepper Chicken Puff, Almond Crispy Cookies, Schuimpjes, Basreng, dan Samosa. Semuanya dijamin higienis dan lezat.

Lokasi: Perum Darmo Sentosa Raya, Jl Jajartunggal Utara VII J-19 kav 308, Jajar Tunggal, Kecamatan Wiyung, Surabaya.
Harga: Mulai 7,000 IDR.

12. Kombinasi barat dan timur di Bunarendang

Image credit: bunarendang_bekasi

Kreativitas manusia memang seperti tak ada batasnya. Bunarendang bisa menjadi salah satu contohnya. Makanan ini sangat unik, berupa kombinasi dari kuliner barat (hamburger) dan Indonesia (nasi dan rendang). Bunarendang sendiri merupakan singkatan dari Burger Nasi Rendang. Bentuknya persis hamburger, tapi rotinya diganti nasi dan patty, alias dagingnya, diganti rendang.

Image credit: akmalmado

Oleh-oleh khas Surabaya ini diciptakan oleh mahasiswa ITS dan dijual di beberapa lokasi di sekitar kampus. Meski bahan utamanya adalah nasi dan rendang yang mirip masakan padang, namun Bunarendang juga merupakan makanan cepat saji layaknya hamburger. Kamu bisa beli makanan ini dan membawanya pulang. Panaskan di microwave dan nikmati selagi panas atau hangat.

Lokasi: Jl. Manyar Sambongan No.40 D, Kertajaya, Kecamatan Gubeng, Surabaya.
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

13. Kue Bikang Peneleh, legit dan berwarna

Image credit: flour.and.grains

Ada banyak varian kue bikang dari seluruh Indonesia. Setiap varian memiliki kekhasan masing-masing dengan citarasa yang sesuai dengan lidah masyarakatnya. Di Surabaya, sentra produksi bikang ada di daerah Peneleh. Karena itu pula, bikang khas Surabaya sering juga disebut sebagai Bikang Peneleh. Bentuknya tidak jauh berbeda dengan bikang dari daerah lain, bulat dengan bagian atas yang ‘meledak’.

Image credit: herminanovida

Bikang Peneleh memiliki keistimewaan karena meski dibuat dari bahan yang biasa saja (tepung, gula, dan santan), tapi rasanya sangat legit. Warna-warni dari kue ini didapat dari daun pandan atau cokelat bubuk. Teksturnya renyah di bawah dan lembut di atas. Jajanan ini juga memiliki banyak varian rasa, mulai dari pandang hingga cokelat.

Lokasi: Jl. Peneleh No.32-34, Peneleh, Kecamatan Genteng, Surabaya.
Harga: Mulai dari 7,000 IDR per biji

14. Manisnya bakau dalam bentuk Jenang dan Sirup Mangrove

Image credit: tijanatimebomb

Siapa sangka buah dan pohon bakau bisa menghasilkan jajanan dan minuman yang nikmat. Selama ini mangrove atau bakau lebih dikenal sebagai tumbuhan penting yang berperang menangkal abrasi. Namun di tangan kreatif kelompok petani di Rungkut, bakau dijadikan sebagai sumber makanan dan minuman yang lezat.

Image credit: sirupbogem

Yang pertama kudu kamu coba adalah jenang mangrove. Jenang adalah sejenis dodol dengan tekstur kenyal dan rasa yang manis legit. Bungkusnya pun istimewa, terbuat dari pelepah pisang yang kering. Kalau kepanasan, coba minum sirup mangrove. Rasanya segar, cenderung asam dan manis. Pas banget kalau ditambah es dan diminum saat gerah. Sirup ini juga kaya akan vitamin A dan C. Sirup ini juga mengandung tannin yang berfungsi sebagai antioksidan.

Lokasi: Jl. Sonnetaria, Rungkut, Surabaya
Harga: Mulai dari 35,000 IDR

15. Bandeng Asap yang spesial

Image credit: sillyfishindonesia

Bandeng di daerah Surabaya dan sekitarnya biasanya adalah hasil budidaya di tambak. Salah satu olahan bandeng paling populer adalah bandeng asap yang banyak dijual di Surabaya dan Sidoarjo. Pengasapan adalah salah satu cara mengawetkan ikan, biasanya dilakukan setelah ikan dibersihkan secara menyeluruh.

Image credit: memere.id

Bandeng asap pun aman untuk langsung dimakan, biasanya dengan dicocol ke sambal kecap atau sambal petis. Saat ini, pilihan bandeng asap sudah banyak, kamu bahkan bisa beli bandeng tanpa duri. Bandeng asap ini pas untuk dibawa pulang sebagai buah tangan karena selain lezat, juga cukup tahan lama sebelum akhirnya dikonsumsi.

Baca juga: 15 Destinasi Wisata Keluarga di Surabaya yang Asyik Dan Menyenangkan

Jadi, kamu pilih oleh-oleh khas dari Surabaya yang mana? Jangan sampai bingung karena kebanyakan pilihan ya. Apapun pilihan kamu, ga akan salah kok karena semuanya memang keren dan enak. Orang rumah atau teman-teman kamu pasti akan suka banget dengan buah tangan yang kamu bawa.

 

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru