Panduan Liburan Keluarga Murah, Baik Di Dalam Dan Luar Negeri Yang Bisa Kamu Lakukan

Sudah mulai merencanakan liburan keluarga di momen libur berikutnya? Eits, tunggu dulu! Sebelum mulai menyusun itinerary dan rencana perjalanan, tidak ada salahnya mengintip tips dan panduan liburan keluarga murah ini agar budget yang kamu keluarkan tidak terlalu besar.

Liburan bersama keluarga tanpa mengeluarkan banyak uang memang menjadi impian banyak orang. Siapa pun tak ingin momentum untuk healing dirusak dengan situasi seusai liburan di mana tabungan terkuras habis. Untungnya, tak sedikit traveler baik yang membagikan segudang tips untuk bisa liburan keluarga murah.

Pada intinya perencanaan yang baik dan mengedepankan kreativitas memungkinkan kamu dan keluarga bisa mendapatkan momentum liburan yang mengesankan tanpa harus menguras tabungan. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak panduan yang sudah dikumpukan TripZilla Indonesia dari berbagai sumber ini untuk kamu ikuti. Dijamin budget pengeluaran kamu bisa hemat hingga 50 persen dari budget pengeluaran sebelumnya! Cekidot, yuk!

1. Penentuan waktu bisa menentukan tema liburan keluarga murah kamu

Penentuan waktu sangat penting untuk bisa mengatur biaya yang mungkin dikeluarkan saat liburan. Salah satu cara yang bisa dipertimbangkan adalah dengan tidak liburan di peak season, seperti saat momentum liburan sekolah, lebaran, Natal, atau liburan akhir tahun dan sebagainya. Biasanya pada periode tersebut, harga tiket dan akomodasi perjalanan mengalami kenaikan yang relatif tinggi.

Jika memungkinkan, atur momen liburan di off season. Berangkat pada hari Jumat setelah anak-anak pulang sekolah dan kembali ke rumah pada hari Minggu siang juga memungkinkan untuk healing tipis-tipis. Selain itu, liburan di off season memungkinkan kamu bisa mengunjungi berbagai tempat wisata tanpa harus berdesakan dengan wisatawan lainnya. Harga tiket dan akomodasi perjalanan juga jauh lebih murah.

2. Buat perencanaan yang baik dan pemesanan tiket serta akomodasi jauh-jauh hari

Ingin mendapatkan harga tiket dan akomodasi yang murah, kamu bisa mempertimbangkan melakukan pemesanan dan pembelian jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan. Biasanya, harga yang ditawarkan relatif lebih murah ketimbang pembelian dilakukan mendekati hari H, meski skema ini tidak berlaku mutlak.

Perencanaan yang baik juga memungkinkan kamu bisa liburan keluarga murah di masa mendatang. Ikuti dan perhatikan momen travel fair yang dihelat berkala oleh sejumlah penyelenggara. Bukan tidak mungkin kamu mendapatkan deal yang bagus dan murah karena sejumlah promo yang ditawarkan.

3. Liburan keluarga murah dengan cara pilih akomodasi tepat dan masak makanan sendiri

Menginap di hotel memang menyenangkan karena kamu bebas dari segala kerepotan. Namun, jika niatnya adalah bisa liburan keluarga dengan meminimalkan pengeluaran, kamu harus sedikit berepot-repot ria. Memilih tipe akomodasi menjadi hal yang harus dipertimbangkan. Hotel mengedepankan pelayanan, sementara guesthouse, apartemen hingga homestay mengedepankan fasilitas. Adapun harganya kurang lebih sama. Lalu, mengapa tidak mempertimbangkan memilih guesthouse, apartemen atau homestay, yang memiliki fasilitas lengkap untuk bisa meminimalkan pengeluaran?

Pemilihan akomodasi yang tepat juga menjadi salah satu aspek untuk kamu bisa meminimalkan pengeluaran buat konsumsi. Akomodasi dengan fasilitas yang lengkap seperti dapur dan lemari es memungkinkan kamu menyimpan bahan makanan dan masak sendiri. Tak perlu ribet, kamu bisa memasak nasi dan menggoreng telur atau mi instan untuk konsumsi kamu. Dijamin kamu bisa menekan pengeluaran!

4. Hindari tempat wisata berbayar terlalu mahal

Konsep liburan tak harus mahal harus diterapkan di sini! Salah satu caranya adalah dengan tidak mengunjungi tempat-tempat yang menetapkan harga terlalu mahal untuk tiket masuk, yang tidak sepadan dengan fasilitas dan layanan yang didapatkan. Sky garden atau rooftop memang menjadi lokasi yang menarik untuk dikunjungi, tapi tak sedikit yang memasang harga tiket masuk yang terlalu mahal. Lakukan riset tentang tempat yang akan dikunjungi dan lihat review dari pengunjung lain.

Opsi lain, kamu bisa menemukan banyak spot wisata gratis yang menarik untuk dikunjungi. Di Bali, Bandung dan Jogja banyak tempat asyik di mana pengunjung tak harus mengeluarkan uang untuk membayar tiket. Pun demikian bila kamu pergi ke Singapura,, Kuala Lumpur dan Penang atau bahkan ke Melbourne, Sydney dan kota lain di Australia atau Selandia Baru. Cukup ketik “wisata gratis (kota atau destinasi yang kamu tuju)” di laman pencarian Google untuk mendapatkan banyak rekomendasi.

5. Menyatulah dengan warga lokal

Siapa yang paling tahu tempat terbaik yang bisa dikunjungi di suatu daerah jika bukan warga lokal? Karena itu, bercengkrama dan berbincang dengan warga lokal bisa membuat kamu tahu apa yang sedang hype di wilayah mereka. Gunakan transportasi umum, pergi ke pasar dan tempat belanja umum dan bahkan makan di tempat yang biasa dikunjungi warga lokal membuat kamu bisa mendapatkan pengalaman yang luar biasa.

6. Tips liburan keluarga murah, maksimalkan program promo dan diskon

Salah satu cara menghemat pengeluaran adalah dengan memaksimalkan program diskon dan promo lainnya. Saat makan di gerai tertentu, cari tahu apakah merek menawarkan program diskon atau promo tertentu, seperti buy 2 get 1 atau yang lainnya. Biasanya, di momen liburan off season, program diskon dan promo lainnya banyak ditawarkan untuk menarik pengunjung.

7. Disiplin terkait bekal

Kamu bisa meminimalkan pengeluaran dengan disiplin terkait bekal yang dibawa. Untuk air minum misalnya, kamu bisa menghindari membeli botol kemasan dan memilih untuk membawa botol air dan mengisinya dengan air mineral yang disediakan di penginapan.

Baca juga: Liburan Murah ke Jepang, Ini Tips dan Cara Mewujudkannya

Masih banyak tips dan panduan liburan keluarga murah lainnya yang bisa diikuti. Apakah kamu punya tips tersendiri? Tak ada salahnya berbagi dengan kami, ya!

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di FacebookTwitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru