Panduan Cara Membuat Visa Selandia Baru Untuk WNI

Tertarik mengunjungi Selandia Baru? Negara di wilayah Pasifik ini memang menyuguhkan keindahan alam yang tiada tara. Dari sekedar perbukitan yang instagenik hingga tempat syuting film yang populer, Selandia Baru menawarkan banyak kesempatan untuk bisa mendapatkan liburan yang berkesan dan menyenangkan.

Untuk bisa masuk ke Selandia Baru, kamu harus memiliki visa yang cara mendapatkannya bisa dikatakan sangat mudah. Ada beberapa cara untuk bisa membuat visa Selandia Baru, tentunya dengan tingkat efektivitas dan efisiensi yang berbeda.

Terlepas dari itu, langkah-langkah di bawah ini bisa menjadi panduanmu untuk membuat visa Selandia Baru sebelum berlibur ke sana. Cekidot, ya!

1. Persiapan dokumen

Seperti halnya proses pembuatan visa masuk ke negara lain, persiapan dokumen juga harus dilakukan untuk bisa mendapatkan visa Selandia Baru. Ada pun dokumen yang dibutuhkan antara lain:

  • Paspor yang masih berlaku minimal hingga enam bulan ke depan
  • Dua lembar foto berwarna ukuran 3,5×4,5cm terbaru dengan background terang (bukan putih). Ketentuan foto bisa dilihat di sini
  • Form aplikasi yang bisa kamu unduh di sini
  • Rekening koran tiga bulan terakhir dengan saldo minimal 1,000 NZD (sekitar 10,000,000 IDR)
  • Surat referensi kerja yang menyatakan izin cuti sudah di-ACC, atau membawa Surat Izin Usaha atau bukti kepemilikan perusahaan atau kartu pelajar
  • Jadwal penerbangan berupa bukti pemesanan tiket pesawat pulang-pergi. Pihak kedutaan menyarankan agar tidak membeli tiket terlebih dahulu sebelum visa diterima.
  • Bukti pemesanan akomodasi selama berada di Selandia Baru
  • Itinerary perjalanan wisata kamu selama berada di Selandia Baru
  • Surat persetujuan dan fotokopi KTP dari orang tua untuk anak di bawah 17 tahun, jika bepergian tanpa orang tua

2. Cara membuat visa Selandia Baru

Perlu diketahui, setidaknya ada tiga cara untuk membuat visa Selandia Baru, dengan tingkat efektivitas dan efisiensi yang berbeda-beda. Tiga cara tersebut juga memiliki perbedaan mengenai biaya yang harus dikeluarkan. Tiga metode tersebut antara lain:

  • Pengajuan secara langsung

Pengajuan aplikasi membuat visa Selandia Baru bisa dilakukan secara langsung dengan mendatangi Pusat Permohonan Visa Selandia Baru yang berada di:

Jakarta: Kuningan City Mall 2nd Floor No. L2-19, Jl Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan, Jakarta 12940.
Bali: Benoa Square Lantai. 3 No. 7-9.3/A, Jl. Bypass I Gusti Ngurah Rai No. 21A, Kedonganan, Kuta, Bali 80361.

Pengajuan permohonan visa secara langsung bisa dilakukan setiap hari Senin hingga Jumat, mulai pukul 08.00 hingga 16.00 waktu setempat. Jika tidak bisa hadir untuk membawa dokumen yang harus dilampirkan, kamu bisa mewakilkannya ke orang lain.

  • Pengajuan aplikasi melalui pos

Kamu juga memiliki opsi untuk mengajukan aplikasi membuat visa Selandia Baru melalui jasa pos. Semua dokumen yang disyaratkan harus dikirim ke alamat yang sama. Bahkan Pusat Permohonan Visa Selandia Baru memiliki fasilitas penjemputan dokumen yang bisa kamu gunakan untuk mengirimkan semua dokumen yang dibutuhkan. Praktis sekali, bukan?

  • Pengajuan aplikasi secara online

Langkah paling mudah dan praktis untuk membuat visa Selandia Baru adalah dengan mengajukan aplikasi secara online. Kamu juga tidak perlu khawatir akan membuat kesalahan dalam pengisian data karena setiap langkah memiliki panduan yang cukup jelas.

Kamu tinggal mengisi kolom kosong yang tersedia sesuai dengan pertanyaan yang diajukan, mendaftarkan diri, membuat akun di situs imigrasi online dan langsung mengirim aplikasimu. Meskipun ada banyak formulir dan lampiran yang harus dilengkapi, kamu bisa dengan mudah mengisinya karena setiap langkah dan prosesnya tidak rumit.

Hobbiton, tempat tinggal Bilbo dan Frodo Baggins di trilogi Lord of The Rings

3. Langkah-langkah membuat visa Selandia Baru

Secara umum, langkah-langkah untuk membuat visa Selandia Baru cukup mudah. Dengan melengkapi persyaratan yang ada, visa Selandia Baru bisa kamu dapat dengan segera.

Untuk yang memilih cara datang langsung ke Pusat Permohonan Visa Selandia Baru atau mengirimkan persyaratan melalui pos, langkah yang harus diambil antara lain:

  • Melengkapi formulir permohonan visa dan daftar persyaratannya. Kamu bisa mengunduh formulir aplikasi di sini, dan melihat daftar persyaratan di sini.
  • Kamu harus membuat salinan secara lengkap dan jelas dari semua dokumen asli untuk diserahkan saat pengajuan aplikasi. Kamu juga harus mempersiapkan dokumen asli untuk berjaga-jaga apabila Pusat Permohonan Visa Selandia Baru ingin melihat dokumen asli untuk memproses permohonan.
  • Kamu juga harus menyerahkan paspor dan membayar biaya pengajuan permohonan visa. Biaya untuk pengajuan permohonan visa adalah 258,500 IDR per aplikasi untuk yang mengajukan aplikasi secara langsung, dan tambahan biaya kurir untuk pengambilan dan pengembalian dokumen atau paspor kamu jika melalui pos.

Untuk yang memilih menggunakan aplikasi online, langkah yang harus kamu lakukan antara lain:

  • Membuat akun RealMe di sini. Ikuti petunjuk yang diberikan hingga akun kamu aktif dan terverifikasi. Setelahnya, kamu bisa login dan memulai proses pengajuan membuat visa Selandia Baru secara online dengan mengklik tombol ‘Create New Visitor Visa Application‘.
  • Memilih jenis visa yang diperlukan. Kamu akan masuk ke halaman untuk memilih jenis visa yang diperlukan, setelahnya silahkan mengklik tombol ‘Start My Application‘.
  • Mengisi data dan menjawab pertanyaan. Kamu akan diminta mengisi data yang dibutuhkan untuk pengajuan permohonan membuat visa Selandia Baru. Isi dengan lengkap semua pertanyaan sesuai dengan data yang kamu miliki. Kamu juga akan diminta memilih jenis visa yang diajukan.
  • Upload dokumen persyaratan visa. Kamu bisa mengupload dokumen yang dibutuhkan dalam bentuk .PDF atau .JPG dengan setiap file yang diupload besarnya tidak melebihi 10MB. Ada pun dokumen yang harus diupload antara lain, pas foto, halaman detail paspor, KTP, Kartu Keluarga, bukti pemesanan tiket pesawat dan hotel, keterangan bekerja, rekening tabungan dan dokumen tambahan lainnya.
  • Konfirmasi data dan dokumen. Setelah semua data sukses diupload, kamu akan masuk ke halaman konfirmasi untuk memastikan semua persyaratan sudah dilengkapi. Cek lagi semua data dan dokumen sebelum memastikan konfirmasi.
  • Pembayaran biaya pembuatan visa. Besarnya biaya pembuatan biaya visa secara online jauh lebih murah dibanding pengajuan permohonan secara langsung maupun lewat pos, yaitu 194,000 IDR per aplikasi, ditambah biaya pengiriman kembali.
Kolam biru di sungai Makorora | Image credit: Tomas Sobek

4. Proses pembayaran pembuatan visa

Proses pembayaran membuat visa Selandia Baru bisa dilakukan dengan empat metode pembayaran, yaitu dengan cara tunai, kartu debit, kartu kredit dan melalui transfer bank.

Ada pun nilai yang harus dibayarkan untuk pembuatan aplikasi visa secara langsung adalah 258,500 IDR untuk biaya permohonan aplikasi, 50,000 IDR untuk biaya kurir wilayah Sumatera, Jawa dan Bali, 100,000 IDR untuk layanan kurir wilayah Kalimantan dan Sulawesi, dan 150,000 IDR untuk layanan kurir wilayah Irian, Ambon, dan Nusa Tenggara. Biaya SMS sebesar 20,000 IDR per permohonan juga dibebankan.

Untuk pembuatan visa melalui pos, biaya yang dibebankan antara lain 258,500 IDR untuk biaya permohonan aplikasi; 50,000 IDR untuk biaya kurir wilayah Sumatera, Jawa dan Bali; 100,000 IDR untuk layanan kurir wilayah Kalimantan dan Sulawesi, dan 150,000 IDR untuk layanan kurir wilayah Irian, Ambon, dan Nusa Tenggara. Khusus untuk biaya layanan kurir di atas hanya berlaku untuk satu kali penjemputan, yang berarti kamu harus membayar dua kali lipat untuk pengantaran visa. Biaya SMS sebesar 20,000 IDR per permohonan juga dibebankan.

Sedangkan untuk pembuatan visa secara online, biaya yang harus dikeluarkan adalah 194,500 untuk pembuatan visa per aplikasi, dan biaya pengiriman kembali visa sebesar 50,000 IDR untuk wilayah Sumatera, Jawa dan Bali; 100,000 IDR untuk Kalimantan dan Sulawesi, dan 150,000 IDR untuk Papua, Ambon dan Nusa Tenggara, dengan biaya 20,000 untuk layanan informasi aplikasi SMS.

Untuk yang melakukan transfer bank, rekening pengiriman untuk biaya yang dibebankan adalah:

Nama Bank: Standard Chartered Bank, Sudirman, Jakarta
Nomor Rekening: 306-0897993-4
Nama: PT. VFS Services Indonesia
Kode Bank: 050
Swift Code: SCBLIDJX (hanya diperlukan untuk transfer dari luar negeri)

Kamu juga harus menyerahkan informasi mengenai tanggal pengiriman, nama bank pengirim, nama pengirim dan jumlah yang dikirimkan ke alamat email [email protected], bersama dengan bukti salinan pengiriman uang, dan data pemohon.

Milford Sound yang megah

5. Pelacakan dan mendapatkan visa

Setelah semua dokumen dan pembayaran telah dilengkapi, kamu bisa melakukan pelacakan untuk mengetahui perkembangan pengajuan visa. Biasanya, proses membuat visa Selandia Baru memakan waktu maksimal 20 hari kerja.

Jika proses pembuatan visa selesai dilakukan dan permohonan telah disetujui, kamu akan mendapatkan notifikasi melalui SMS atau pun email. Bagi yang mengajukan secara online, kamu bisa melihat file visa kamu di akun RealMe yang sudah terdaftar sebelumnya. Kamu bisa mencetak konfirmasi visa sebagai back-up saat memasuki Selandia Baru.

Untuk yang mengajukan aplikasi membuat visa Selandia Baru melalui pos maupun datang langsung ke Proses Pengajuan Visa Selandia Baru di Jakarta dan Bali, visa akan dikirim melalui kurir ke alamat yang sudah didaftarkan sebelumnya, bersama dengan paspor kamu. Jika sudah disetujui, kamu tinggal menuntaskan proses pembelian tiket pulang-pergi sekaligus akomodasi selama di Selandia Baru untuk segera menjalani liburan yang menyenangkan!

Informasi lengkap mengenai prosedur membuat visa Selandia Baru bisa kamu lihat langsung di sini.

Baca juga: 12 Tempat Spektakuler di Selandia Baru untuk Kunjungan Pertamamu

Dengan visa Selandia Baru sudah di tangan, destinasi wisata mana yang paling ingin kamu kunjungi di sana?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru