Perbatasan Malaysia Dibuka Untuk Wisata Mulai 1 April 2022

Perbatasan Malaysia dibuka sepenuhnya untuk wisata mulai 1 April 2022 setelah Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob menegaskan negaranya bersiap menjalani fase transisi endemi Covid-19.

Dalam keterangan pers pada Selasa (8/3) waktu setempat, Perdana Menteri Malaysia tersebut menjelaskan bahwa traveler internasional yang masuk ke wilayahnya hanya harus menunjukkan dokumen perjalanan yang masih berlaku, baik itu paspor maupun visa, sementara warga Malaysia bisa bebas melakukan perjalanan ke negara lain yang memberlakukan aturan yang sama.

Ditambahkannya, traveler internasional juga tidak perlu lagi mengajukan permohonan perjalanan melalui mekanisme MyTravelPass, dan hanya harus mengunduh aplikasi pelacakan kontak MySejahtera.

Bagi traveler yang sudah divaksin secara lengkap juga tidak harus menjalani karantina. Namun, menunjukkan hasil negatif dari tes RT-PCR dua hari sebelum perjalanan dilakukan masih menjadi hal yang harus dilakukan. Selain itu, traveler juga masih harus menjalani rapid test Covid-19 dengan metode kit-antigen (RTK-Ag) dalam periode waktu 24 jam setelah tiba di Malaysia.

Bagi traveler yang belum divaksin, atau memiliki kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan untuk divaksin, Menteri Kesehatan Malaysia akan mengatur secara khusus dengan merilis Prosedur Standar Operasional.

Sebelumnya, Komite Pemulihan Nasional (NRC), yang dikepalai Muhyiddin Yassin, telah mencapai kesepakatan dan mengizinkan Malaysia membuka perbatasan mereka per tanggal 1 Maret 2022. Namun demikian, rekomendasi tersebut tidak dijalankan dan baru dibuka pada 1 April mendatang. Dengan perbatasan Malaysia dibuka, diharapkan proses pemulihan ekonomi di Malaysia bisa berjalan lebih cepat.

Baca juga: Destinasi Wisata Malaysia Yang Harus Dikunjungi

Siap untuk jalan-jalan ke Malaysia lagi?

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru