Perbatasan Selandia Baru Dibuka Bertahap Mulai 27 Februari 2022

Perbatasan Selandia Baru segera dibuka untuk masuknya traveler asing. Namun, negara yang dikepalai oleh Perdana Menteri Jacinda Ardern tersebut akan membuka perbatasan mereka dengan melalui beberapa tahap.

Sebelumnya, pemerintah Selandia Baru sempat mengungkapkan rencana untuk membuka perbatasan pada April 2022 mendatang. Namun, dengan berkembangnya dan tingginya tingkat penularan Covid-19 varian Omicron di sejumlah negara, termasuk di Selandia Baru, pemerintah memutuskan pada bulan Desember 2021 untuk melakukan penundaan pembukaan dan mengevaluasi kebijakan tersebut.

Namun, setelah melakukan pembahasan mendalam, kebijakan baru dikeluarkan pemerintah terkait pembukaan perbatasan untuk masuknya traveler asing.

Untuk tahap pertama, perbatasan Selandia Baru akan dibuka pada 27 Februari. Di tahap pertama ini, hanya warga Selandia Baru yang sudah divaksinasi dan tinggal di Australia yang boleh masuk ke wilayah Selandia Baru. Pada 13 Maret 2022, tahap kedua akan dijalankan dengan warga Selanda Baru yang tinggal di belahan negara manapun di dunia yang diizinkan untuk masuk, termasuk pekerja asing dengan keahlian dan mereka yang memiliki visa liburan dan bekerja (working holiday visa).

Di tahap ketiga, Selandia Baru mengizinkan warga negara pemegang visa sementara, para pelajar dengan visa pelajar dan pekerja asing dengan visa khusus untuk masuk. tahap ketiga akan mulai dimulai pada 12 April 2022.

Tahap keempat akan digulirkan di bulan Juli, dengan tanggal pasti belum ditetapkan. Mereka yang diizinkan masuk ke Selandia Baru adalah warga negara yang berasal dari 60 negara bebas visa, termasuk Australia, Britania Raya, Amerika Serikat, Irlandia, Kanada dan Jepang. Baru di tahap kelima di bulan Oktober 2022 Selandia Baru membuka pintu perbatasan mereka lebar-lebar untuk masuknya warga negara asing dari negara manapun di dunia dengan sistem visa yang dijalankan secara normal.

Baca juga: Panduan Cara Membuat Visa Selandia Baru Untuk WNI

Bagi traveler asal Indonesia harus bersabar hingga tahap terakhir pembukaan perbatasan Selandia Baru secara keseluruhan karena Indonesia tidak memiliki perjanjian dan kesepakatan bebas visa bagi warga negaranya untuk bepergian ke Selandia Baru. Namun jika kamu memiliki visa pekerja musiman atau memiliki visa pekerja dengan keahlian, bulan depan kamu sudah bisa berangkat ke sana. Yuk, cek lagi visa apa yang kamu miliki!

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru