Perempuan Asal Surabaya Ini Tinggal di Kapal dan Bersihkan Pantai Norwegia

Pernahkah kamu membayangkan hidup bertahun-tahun hidup dan tinggal di sebuah kapal? Menariknya, hal ini dilakukan oleh perempuan cantik asal Surabaya, Indonesia bernama Ika Permatasari-Olsen yang sejak tahun 2018 memilih untuk hidup nomaden dengan tinggal di sebuah kapal yacht di perairan Eropa bersama sang suami Oyvind Olsen yang merupakan warga Norwegia.

Mengutip laporan dari akun Instagram VOA Indonesia, Ika bersama sang suami telah hidup di kapal yacht berukuran 17×5 meter selama 2,5 tahun. Berbagai tempat telah mereka datangi. Biasanya mereka mengunjungi satu teluk untuk renang, memancing, hingga melihat matahari terbit selama dua hingga tiga hari lalu melanjutkan kunjungannya ke teluk lainnya.

Perempuan Surabaya Tinggal di Kapal
Oyvind Olsen dan Ika Permatasari-Olsen

Awalnya Ika bekerja jarak jauh atau remote di perusahaan IT di kota asalnya, Surabaya. Ia bahkan merasa enggan berlayar karena akan mabuk laut jika terkena ombak kecil. Namun berkat bujukan sang suami yang berpengalaman, Ika akhirnya berani dan bahkan kini sudah bisa mengendari yacht sendiri.

Kita terjebak badai itu bukan sekali dua kali, yang bikin aku mikir mau nggak mau harus belajar nyetir karena kita cuma berdua di kapal. Menunggu bantuan datang itu tidak bisa menyelamatkan nyawa,” ungkap Ika pada VOA Indonesia.

Mereka juga menceritakan bagaimana pengalaman buruk ketika perjalanan menuju Perancis dari utara Spanyol terjadi. Saat itu di tengah-tengah badai, pompa yacht mereka tiba-tiba rusak yang membuat mereka menghabiskan waktu perjalanan ke Perancis selama 36 jam tanpa makan dan minum. Namun dengan pengalaman tersebut, tentu tidak mengurungkan niat mereka untuk terus berlayar ke berbagai tempat lainnya.

Perempuan Surabaya Tinggal di Kapal
Eksterior dan interior yacht

Yacht mereka berkonsep minimalis dengan total empat kabin. Fasilitas yang tersedia pun juga sangat lengkap seperti terdapat ruang tamu dengan sofa, dapur dengan peralatan masak lengkap, TV, kasur, bahkan mesin cuci.

Namun di masa pandemi yang masih terjadi di seluruh dunia membuat mereka tak lagi leluasa berlayar karena adaya penutupan perbatasan negara. Hal inilah yang membuat mereka memutuskan untuk bergabung dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) setempat bernama ‘In The Same Boat.’

Perempuan Surabaya Tinggal di Kapal
Ika dan relawan In The Same Boat

Berbagai relawan mancanegara berkumpul dalam LSM ini untuk membersihkan sampah plastik di pulau dan pantai Norwegia. Selain perjalanan darat, mereka juga menggunakan kapal untuk menjangkau pulau dan pantai yang tidak bisa dilalui melalui darat. Ika bercerita bahwa ia pernah mengumpulkan 1,7 ton sampah dalam dua hari selama di Tromso, Norwegia.

Baca juga: Akhirnya Go Internasional, Kini Warteg Ada Di Tokyo, Jepang!

Hingga saat ini perempuan asal Surabaya dengan sang suami sementara masih tinggal menetap di kapal di perairan Norwegia sambil mengumpulkan sampah plastik. Tak lupa dengan kampung halamannya, mereka juga memiliki keinginan untuk berlayar ke Indonesia suatu saat nanti.


All image credit: Akun resmi Instagram Ika Permatasari-Olsen

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru