Akhirnya Go Internasional, Kini Warteg Ada Di Tokyo, Jepang!

Dikenal sebagai tempat yang sering dituju saat makan siang para karyawan, warteg merupakan singkatan dari Warung Tegal yang menjual nasi rames dengan segala macam pilihan lauk pauk. Namun kini warteg tidak hanya ada di Indonesia saja tapi juga sudah go international dengan hadir di Tokyo, Jepang!

Tepatnya di Shinjuku, warteg ini memiliki nama Warteg Jawa Monggo Moro yang sudah berdiri sejak tahun 2019. Mengutip dari Detik.com warteg ini dikelolah oleh Retno, warga Indonesia dengan  suaminya yang merupakan asli warga Jepang.

Namun bukan warteg jika menyajikan aneka pilihan lauk pauk dan dihidangkan di etelase kaca, Warteg Monggo Moro ini benar-benar dibuat seperti warteg yang ada di Indonesia. Dengan lokasi yang tidak jauh dari kantor KBRI Tokyo, Jepang, warteg ini berhasil menarik perhatian Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia di Jepang, Heri Akhmadi.

Untuk menikmati warteg ini, Dubes RI turut mengajak istri, Nuning Akhmadi dan mantan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii. Keseruan menikmati hidangan warteg ini turut diabadikan dalam vlog “Subarashii Indonesia” atau dalam Bahasa Indonesia berarti “Indonesia Hebat” episode pertama di Youtube resmi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo pada 11 Juli 2021.

Menu yang dijual oleh warteg ini beraneka ragam seperti ayam goreng, tempe goreng, aneka tumis, jengkol, kerupuk, buah-buahan seperti pisang dan durian, hingga tak lupa sambal goreng teri pete.

Pada kesempatan tersebut, mantan Dubes Ishii memilih menu nasi putih dengan ayam goreng, sambal goreng teri pete, tumis daun pepaya, dan tempe goreng. Untuk hidangan penutup, mereka memilih minuman Teh Botol dan buah durian segar yang didatangkan langsung dari Manado, Sulawesi Utara.

Memang kini menghadirkan cita rasa khas nusantara bukanlah hal yang sulit dilakukan di Jepang. Dalam vlog tersebut Nuning menjelaskan bahwa bahan-bahan baku kini tersedia dan dapat dibeli di warteg ini.

Ada banyak bahan masakan Idnonesia yang sudah ada di Jepang seperti teri, pete, dan tidak lupa yang banyak digemari oleh orang Indonesia di sini yaitu jengkol ada juga bisa dibeli dan dipesan. Silahkan mencoba,” ucap Nuning.

Sebelumnya Masafumi Ishii ini dikenal publik karena seringkali membagikan pegalaman dan kecintaannya dalam menicicipi aneka kuliner khas Indonesia saat menjabat sebagai Dubes Jepang di Indonesia. Bahkan melalui Instagramnya dengan nama akun @masaishii421, Masafumi Ishii juga membagikan pengalaman makan di Warteg Monggo Moro bersama sang istri pada bulan Mei lalu.

Baca juga: Starbucks Jepang Luncurkan Aneka Menu Frappucino dari 47 Prefektur

Selain Dubes RI dan mantan Dubes Jepang, banyak orang yang sudah datang ke warteg ini, tak terkecuali Youtuber asal Indonesia yang tinggal di Jepang, Jerome Polin. Bahkan kedatangan pria berusia 23 tahun tersebut diabadikan oleh Warteg Monggo Moro dan diunggah di akun Instagram mereka.


Preview image credit: Instagram resmi Warteg Monggo Moro

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru