Prediksi Jadwal Sakura Korea 2020: Kapan & Di Mana?

Seperti apa sih rasanya berada di bawah pohon sakura yang sedang mekar? Seperti apa pemandangan dan sensasinya, ya? Haruskah kita pergi ke Jepang untuk bisa merasakan nuansa mekarnya bunga sakura tersebut? Jika kamu ingin menjawab semua pertanyaan tersebut, bukan ide yang buruk untuk mengetahui panduan dan jadwal mekarnya bunga sakura di Korea untuk tahun 2020 mendatang. Cekidot, ya!

Busan dan Gyeongsangnam-do

1. Festival Jinhae Gunhangje (Awal April)

Image credit: allnosteel

Festival Jinhae Gunhangje merupakan festival musim semi terbesar di Korea, yang bisa menghadirkan lebih dari dua juta pengunjung tiap tahunnya. Awalnya, festival ini merupakan bentuk penghormatan kepada Laksama Yi Sun-sin dan kemenangan armadanya dalam Perang Imjin. Namun saat ini festival ini lebih pada perayaan untuk menikmati mekarnya bunga di pohon sakura yang berjajar di pinggir jalan.

Image credit: COMSEVENTHFLT

Selain melihat mekarnya bunga sakura, kamu juga bisa mengikuti parade Korea Naval Academy dan Naval Base Headquarters, yang hanya dibuka untuk publik selama 10 hari festival. Di sini, kamu bisa melihat pertunjukan musik dan atraksi dari para anggota tentara Republic of Korea Army, Navy, Air Force dan Marine Corps.

Untuk bisa sampai ke lokasi: Kamu bisa naik bus antarkota dari Terminal Bus Nambu Seoul ke Terminal Bus Antar Kota Jinhae, kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dari terminal bus.

Website: https://www.changwon.go.kr/depart/contents.do?mId=1101010000

2. Festival Hwagae Market Cherry Blossom (Akhir Maret hingga awal April)

Image credit: Korea Tourism Organisation

Bisa bayangkan, pohon sakura yang berada di sisi kanan dan kiri jalan, dengan bunganya yang mekar dan membentuk terowongan, membentang sepanjang empat kilometer, mulai dari kuil Ssanggyesa ke pasar Hwagaejangteo, dan kamu melalui jalan di bawahnya? Datanglah ke jalan ini, yang memiliki nama “Wedding Road” untuk mendapatkan pengalaman romantis dan luar biasa sekaligus mendapatkan “berkah”, bahwa yang melalui jalan tersebut akan menjalani kehidupan pernikahan yang abadi dan menyenangkan! Jangan lupa mengenakan sneaker paling nyaman yang kamu punya sebelum menyusuri jalan ini, ya!

Untuk bisa sampai ke lokasi: Gunakan bus antarkota dari terminal Seoul Nambu Bus ke terminal Hadong Bus. Pasar Hwagae hanya berjarak 100 meter dari terminal bus.

Seoul

3. Festival Yeongdeungpo Yeouido Spring Flower (Awal hingga pertengahan April)

Image credit: Seoul Tourism Organization

Memasuki edisi ke-16 sejak 2005, festival ini memberikan warna tersendiri pada area terbuka yang luas di Seoul, termasuk jalanan dengan 1,886 pohon sakura di sisinya. Hanya berjalan kaki singkat dari Stasiun Kereta Bawah Tanah National Assembly, festival ini gratis untuk semua anggota masyarakat.

Image credit: Seoul Tourism Organization

Selain karena keindahan pemandangan yang ditampilkan, banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan. Ada juga sejumlah stan yang menawarkan pernak-pernik kerajinan tangan, penampilan dan atraksi serta pameran, dan juga pasar malam yang keren.

Untuk bisa sampai ke lokasi: Naik bus 162, 262 atau 461 dari Yeouido Subway Station ke halte National Assembly

Website: http://flower.ydp.go.kr/

Pulau Jeju

4. Festival Jeju King Cherry Blossom (Akhir Maret hingga awal April)

Image credit: Jeju Tourism Organization

Pulau Jeju menjadi asal dari pohon Korean King Cherry, pohon langka yang hanya bisa ditemukan di lereng gunung Halla. Dibutuhkan keberuntungan untuk bisa menikmati pengalaman ini karena mekarnya bunga di sini hanya bertahan selama tiga hari, jadi akan lebih jika kamu memantau jadwal mekarnya sakura sebelum mengunjungi festival di Korea 2020 mendatang.

Image credit: Jeju Tourism Organization

Tempat untuk menyaksikan mekarnya bunga sakura yang paling direkomendasikan adalah pusat kota Seogwipo da Jeju Sport Complex, yang bisa diakses dengan bus dari Bandara Cheju ke Terminal Bus Seogwipo.

Website: Festival Jeju Cherry Blossom

Gyeongsang

5. Gyeongju Cherry Marathon (Awal April)

Image credit: Korea Tourism Organisation

Ingin menikmati mekarnya sakura dengan cara yang sedikit berbeda? Ikuti saja Gyeongju Cherry Marathon ke-29, di mana kamu akan mengikuti lari maraton di bawah pohon sakura yang bermekaran. Kamu harus berusia di atas 18 tahun untuk bisa ambil bagian full marathon, namun untuk kelas setengah marathon, kelas 10K dan 5k terbuka untuk semua golongan usia.

Diselenggarakan di Gyeongju, kamu juga bisa menikmati karya seni Korean Buddhist, pahatan, kuil dan istana dari dinasti Silla. Setelah mengikuti marathon, kamu juga bisa menikmati beragam atraksi, termasuk festival budaya, konser dan banyak kegiatan lainnya.

Untuk bisa sampai ke lokasi: Ada shuttle bus yang membawa ke tempat ini setiap 15 menit. Cara lain, menggunakan taksi ke Bomun dengan biaya sekitar 120,000 IDR.

Website: http://www.cherrymarathon.com/

Geumsan

6. Festival Silk Town Mountain Cherry Blossom (Pertengahan April)

Image credit: Korea Tourism Organisation

Bersenang-senanglah di koloni pohon sakura yang sedang mekar terluas di Bogok Village. Jangan lupa juga membawa kamera dan tongkat selfie kamu untuk menikmati mekarnya bunga, termasuk berry dan jahe. Di sini, pengunjungnya juga tidak seramai tempat lain, jadi kamu bisa berdempet-dempetan dengan orang lain.

TripZilla Tips: Lakukan perencanaan secara matang untuk hadir di festival ini karena dibutuhkan beberapa kali pergantian kendaraan dan bus antarkota untuk bisa sampai ke lokasi.

Pulau Nami

7. Festival Nami Island Cherry Blossom (Pertengahan April)

Image credit: Korea Tourism Organisation

Jauh dari kota utama di Seoul, Pulau Nami menawarkan pengalaman unik menikmati mekarnya sakura dibanding tempat lainnya. Selain karena pulau ini juga berubah dari hijau menjadi merah muda, kamu bisa memaksimalkan pengalaman dengan datang mengenakan baju favorit kamu untuk #OOTD dan mengabadikannya dengan kamera!

Untuk bisa sampai ke lokasi: Dari Gapyeong Ferry Wharf, kamu bisa naik feri ke Pulau Nami. Feri berangkat dengan rentang waktu 30 menit antara pukul 7.30 hingga 9.00 dan 20 menit setelahnya hingga pukul 18.00.

Baca juga: Tempat Melihat Bunga Sakura Di Indonesia Yang Tidak Kalah Keren Dari Jepang Dan Korea

Dengan mengetahui jadwal mekarnya sakura di Korea untuk tahun 2020, sekarang kamu bisa mulai merencanakan perjalanan kamu untuk pengalaman yang menyenangkan.

Artikel ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru