Tempat Melihat Bunga Sakura Di Indonesia Yang Tidak Kalah Keren Dari Jepang Dan Korea

Punya keinginan bisa melihat bunga sakura bermekaran di Jepang, namun harus berpikir ulang karena kendala waktu dan biaya yang cukup tinggi? Well, tidak perlu kecewa. Untuk mengobati kekecewaan kamu, sudah ada banyak tempat melihat bunga sakura di Indonesia, kok!

Bunga sakura memang identik dengan Jepang. Mekarnya bunga sakura di Jepang, dan juga Korea, bahkan dijadikan momen wisata khusus yang bisa dinikmati oleh semua orang di seluruh dunia. Ada banyak lokasi yang bisa didatangi untuk hanami, yaitu tradisi Jepang dalam menikmati keindahan bunga, terutama bunga sakura yang sedang mekar.

Akan tetapi, bagi yang super sibuk dan tidak punya waktu banyak untuk liburan ke Jepang, melihat hanami menjadi hal yang tidak memungkinkan. Belum lagi pertimbangan biaya tiket penerbangan, mengurus visa dan mengurus akomodasi yang pastinya menguras waktu, tenaga dan juga uang. Untungnya, Indonesia juga memiliki banyak spot untuk hanami. Nuansanya juga tidak kalah keren, dan pastinya juga Instagrammable, kok! Yang tertarik menikmati hanami, inilah tempat melihat bunga sakura di Indonesia yang bisa kamu datangi untuk liburan singkat ala Jepang di musim semi.

1. Kebun Raya Cibodas

Image credit: @icchank_ryu (kiri), @snbakara (kanan)

Yap, Kebun Raya Cibodas menjadi salah satu tempat melihat bunga sakura di Indonesia. Pohon khas Jepang ini menjadi salah satu koleksi yang dimiliki kebun raya ini dan diperkirakan mulai mekar pada Januari hingga Februari, serta Juli dan Agustus di setiap tahunnya. Namun perlu diketahui, mekarnya bunga sakura di kebun raya Cibodas tidak bisa disamakan dengan yang ada di Jepang karena memang ada perbedaan suhu dan temperatur udara.

2. Waingapu, Sumba Timur

Image credit: @dsipayung

Jika di Jepang bunga sakura bermekaran pada bulan Maret hingga April, maka bunga sakura di Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur bermekaran pada bulan Oktober hingga November. Nuansanya sangat berbeda dibanding di Jepang atau Korea. Bayangkan, berada di sabana dan berfoto di bawah pohon sakura yang bermekaran, sensasinya tidak akan kamu dapatkan, termasuk di Jepang sekalipun.

3. Batam, Kepulauan Riau

Image credit: @pipit_dwita

Tempat melihat bunga sakura di Indonesia yang satu ini mengharuskan kamu masuk ke sebuah komplek perumahan. Pohon sakura memang ditanam dengan sengaja oleh pengelola dan hasilnya, pada bulan Maret hingga Mei, nuansa komplek perumahan tersebut seperti di jalanan kota Jepang yang banyak ditumbuhi pohon sakura. Seru banget, lho!

4. Kebun Raya Bali, Bedugul

Image credit: Enrico Djakman

Sebagai salah satu kebun raya terbesar di Indonesia, Kebun Raya Bali alias Bali Botanical Garden menjadikan sakura sebagai salah satu koleksinya. Namun karena cuaca dan temperatur udara yang berbeda dari habitat aslinya di Jepang, bunga sakura tidak mekar secara maksimal meski berada di puncaknya pada April dan September.

5. Jalan utama kota Surabaya

Image credit: @call112surabaya

Bukan bunga sakura memang, tapi nuansa dan sensasinya tidak kalah dari pesona yang ditawarkan di Jepang. Bunga dari pohon tabebuya yang tersebar di hampir sepanjang jalan protokol di Surabaya, tepatnya di Jalan Ahmad Yani, Jalan Darmo dan Jalan Raya Gubeng menghadirkan pemandangan yang indah dan luar biasa. Yang ingin berfoto dan mendapatkan sensasi tidak kalah keren dari di Jepang, datang saja ke Surabaya pada April atau November untuk menikmati mekarnya bunga tabebuya ini. Instagrammable banget, lho!

Baca juga: Prediksi Jadwal Sakura Jepang 2019: Kapan dan Di Mana

Kamu punya rekomendasi lain untuk tempat melihat bunga sakura di Indonesia yang tidak kalah asyik?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru