Amerika Serikat Izinkan Traveler Yang Sudah Divaksin Masuk, Ini Syarat Wajibnya!

Kabar gembira untuk kamu yang ingin bepergian ke Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan akan mempermudah syarat masuk ke Amerika mulai November mendatang.

Dari regulasi baru yang sudah disepakati, traveler internasional bisa masuk ke Amerika Serikat dengan memenuhi syarat telah menjalani vaksinasi Covid-19 secara lengkap dan menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 maksimal dengan pengambilan tes dilakukan tiga hari sebelum keberangkatan.

Diungkapkan koordinator Gedung Putih untuk Covid-19, Jeff Zients, bagi traveler internasional yang sudah menjalani vaksinasi, tidak lagi memiliki kewajiban melakukan karantina.

Kebijakan yang baru ini akan menggantikan aturan larangan perjalanan sebelumnya, yang ditetapkan Presiden Donald Trump tahun lalu, yang kemudian diperkuat oleh pemerintahan Biden, yang telah melarang non-warga negara yang telah berada di Eropa, sebagian besar Asia dan negara-negara tertentu lainnya dalam 14 hari sebelumnya memasuki AS.

“Kebijakan ini didasarkan pada individual dibanding pendekatan negara secara keseluruhan, karena itu sistemnya jadi lebih kuat,” ungkap Zients seperti dikutip AP News.

Pada syarat tambahan untuk bisa masuk ke Amerika Serikat, Centres for Disease Control and Prevention (CDC) juga meminta semua maskapai untuk mengumpulkan informasi kontak dari semua traveler internasional untuk memudahkan dan memfasilitasi tracing.

Terkait mengenai penggunaan merek vaksin oleh traveler internasional yang boleh digunakan untuk bisa memenuhi syarat masuk, pemerintah Amerika Serikat belum memutuskannya. Zient mengungkapkan kebijakan tersebut akan diambil oleh CDC.

Adapun kebijakan yang memudahkan traveler masuk ke wilayah Amerika Serikat tersebut sejauh ini hanya untuk perjalanan yang dilakukan melalui udara. Sementara kebijakan pembatasan lintas batas untuk perjalanan darat dengan Meksiko dan Kanada masih dipertahankan.

Mengenai regulasi ini mulai berlaku pada November mendatang, Zients mengungkapkan adanya periode waktu yang relatif panjang untuk pengumuman dan mulai diberlakukannya regulasi yang baru tersebut untuk memberikan kesempatan kepada maskapai dan biro perjalanan untuk mempersiapkan diri melakukan penegakan protokol yang baru.

Baca juga: Panduan Aplikasi Visa Amerika Serikat Untuk WNI

Siap untuk bepergian ke Amerika Serikat? Jika iya, penuhi semua syarat yang sudah diatur ya, termasuk aturan administrasi seperti visa dan masa berlaku paspor. Patuhi juga protokol kesehatan yang sudah ditetapkan dan segera lakukan vaksinasi Covid-19!

 

Preview image credit: Michael Discenza – Unsplash

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru