WNI Boleh Wisata Ke Inggris, Syarat Yang Harus Dipenuhi Pun Mudah

Gatal ingin jalan-jalan ke luar negeri? Jika iya, Inggris bisa menjadi destinasi untuk dipilih setelah pemerintah negerinya Ratu Elizabeth itu membuka pintu perbatasan dan mengizinkan warga negara Indonesia untuk masuk. Namun, untuk bisa wisata ke Inggris di tengah pandemi, WNI harus memenuhi sejumlah syarat.

Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, dalam keterangan resminya, menyatakan bagi warga negara Indonesia dan pemilik paspor resmi harus mengajukan visa turis melalui pusat pengurusan visa VFS Global untuk mendapatkan izin masuk.

“Pemerintah Inggris tidak pernah mengeluarkan pembatasan perjalanan mengenai siapa yang bisa pergi ke Inggris, dan sampai sekarang belum melakukannya. Jika biasanya kamu bisa datang ke Inggris, kamu masih bisa melakukannya. Bahkan, setiap warga negara Indonesia yang memiliki visa Inggris yang masih berlaku, masih bisa datang ke Inggris selama periode waktu yang ada,” demikian keterangan resmi Kedutaan Besar Inggris di Jakarta di akun resmi Facebook mereka.

Seperti dikutip dari Detik, wisatawan asal Indonesia yang akan berlibur ke Inggris juga tidak diharuskan melakukan tes Covid-19 saat tiba di negara tersebut. Namun demikian, ada kewajiban bagi wisatawan asal Indonesia untuk menjalani karantina mandiri selama 14 hari sesampainya di sana.

Kedutaan besar Inggris meminta warga negara Indonesia yang akan ke Inggris untuk mendapatkan informasi melalui maskapai penerbangan yang ditumpangi mengenai kebutuhan tes Covid-19 sebagai syarat masuk ke negaranya.

Syarat lain yang harus dipenuhi wisatawan asal Indonesia yang ingin wisata ke Inggris adalah mengisi formulir secara online dan menginformasikan alamat tinggal untuk melakukan karantina mandiri.

Untuk mengajukan visa wisata ke Inggris, pemegang paspor asal Indonesia harus masuk ke situs resmi VFS Global di sini. Persiapkan semua dokumen yang dibutuhkan, yang bisa dilihat di bawah ini, antara lain:

  • Paspor dengan masa berlaku minimal 8 bulan terakhir (beserta paspor lama)
    Dua (2) lembar pas foto berwarna terbaru ukuran 3,5cm x 4,5cm dengan latar belakang putih
  • Fotokopi KTP, KK, Akta Kelahiran dalam bahasa Inggris
  • Surat keterangan kerja dengan kop surat perusahaan, keterangan gaji per bulan, lama bekerja, konfirmasi izin cuti, dan informasi jenis cuti yang diberikan, apakah cuti tersebut dibayar atau tidak.
  • Surat referensi bank dalam bahasa Inggris
  • Rekening koran bukti keuangan minimal 3 bulan terakhir
  • Bukti booking tiket perjalanan dan akomodasi selama di UK

Selain itu, untuk memperlancar proses mendapatkan visa Inggris, sekaligus mempermudah proses pemindaian, kamu disarankan untuk memenuhi petunjuk di bawah ini:

  • Bila memungkinkan, semua dokumen berukuran A4. Setiap dokumen yang berukuran lebih kecil, atau lebih besar dari ukuran A4, harus difotokopi ke kertas berukuran A4, termasuk halaman paspor sebelumnya.
  • Dokumen tidak boleh dilaminasi
  • Semua dokumen juga harus bebas dari klip atau pin.

Kamu juga bisa melampirkan dokumen lain yang bisa membantu meyakinkan kedutaan besar Inggris untuk menyetujui aplikasi visa kamu seperti asuransi perjalanan dan tanda kepemilikan aset di Indonesia. Untuk tahu secara pasti syarat yang dibutuhkan, kamu bisa melihatnya di sini.

Baca juga: Panduan Mengajukan Visa Inggris (UK) Untuk WNI

Nah, kapan nih liburan ke Inggris?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

  • Aturan Baru Bagi Pelaku Jastip Segera Diberlakukan

    Yang doyan jalan-jalan ke luar negeri sekaligus memiliki usaha sampingan sebagai pelaku jastip wajib tahu aturan baru yang segera diberlakukan dalam waktu dekat. Pemerintah berencana menurunkan batas pembebasan bea masuk dan pajak impor (de minimalis value). Rencananya, seperti diungkapkan Ketua Umum Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA), Ignatius Untung, batas pembebasan bea masuk dan pajak impor bakal […]

Artikel Terbaru