7 Alasan Mengapa Taman Margasatwa Di Singapura Keren Untuk Akun Instagrammu

Liburan tanpa foto-foto itu garing banget, ya ga? Apalagi jika liburannya ke tempat yang so Instagrammable. Belum lagi jika destinasi wisata yang dituju ada di luar negeri. Selfie dengan background cakep dan teman berpose yang keren pun menjadi keharusan yang tidak bisa diabaikan. Nah, hal ini juga berlaku saat liburan ke Singapura, atau lebih tepatnya saat kamu mengunjungi taman margasatwa di Singapura. Bukan hanya karena begitu berwarnanya segala macam hal di tempat ini, tapi juga karena eksotisme dan keunikan beragam hewan yang ada di dalamnya.

Empat taman margasatwa, antara lain Singapore Zoo dengan banyak hewan eksotis dan unik, River Safari yang penuh dengan fauna khas sungai Amazon dan Mekong, Night Safari di mana kamu bisa bertemu dengan hewan-hewan di habitat aslinya di malam hari, serta Jurong Bird Park, surga bagi para pecinta burung di Singapura, memang memiliki keunikannya masing-masing. Nuansa dan atmosfer alami yang ada di taman margasatwa di Singapura juga begitu alami, keren dan edukatif, membuat setiap pengunjungnya betah berpetualang dan belajar dengan cara yang asyik.

BACA SELENGKAPNYA MENGENAI WAHANA TAMAN MARGASATWA SINGAPURA

Destinasi wisata dengan empat taman fauna yang memiliki tema berbeda ini juga menjadi salah satu spot wisata paling Instagrammable di Singapura. Bagi yang doyan berfoto dengan background ciamik, colorful dan pastinya keren, taman margasatwa di Singapura adalah must-visit destination. Inilah sejumlah alasan mengapa kamu, setidaknya sekali, harus mengunjungi taman-taman margasatwa super asyik ini.

1. Air terjun Aviary, air terjun buatan tertinggi yang harus dikunjungi

Kapan lagi kamu bisa melihat air terjun buatan yang keren abis? Di Jurong Bird Park, kamu bisa mendapati air terjun ini di Waterfall Aviary.

Air terjun ini memiliki ketinggian 35 meter dan menjadi air terjun buatan tertinggi di dunia. Kamu bisa menikmati pemandangan luar biasa air terjun ini dari jembatan gantung yang berada tidak jauh. Lanskap yang keren dengan banyak burung eksotis hilir mudik di sekitar lokasi menambah nilai keindahan destinasi wisata ini.

Pemandangan Air terjun dari atas (kiri),  Jembatan gantung yang instagenik (kanan) | Image credit: @miyobelvis.jaramilla (kiri), @fatchickenmeal (kanan)

Yang menjadikan Waterfall Aviary semakin unik adalah atmosfer lingkungan, yang dibuat semirip mungkin dengan hutan hujan tropis. Ada juga berbagai jenis burung, termasuk di antaranya ayam mutiara dengan bulunya yang cantik, menyeberang dari satu sisi ke sisi lain. Kamu juga bisa melihat merak dan banyak spesies lain yang juga tidak kalah berwarna.

Tahu burung apa saja ini? | Image credit: @birderee (kiri atas), @draco975 (kanan dan kiri bawah)

Luar biasanya lagi, kamu bisa melihat mereka makan dari jarak dekat. Jika sudah begini, sayang jika tidak diabadikan lewat tangkapan kamera kamu. Selfie dan wefie pun harus dilakukan, ya! Mubazir bila tidak melakukan hal tersebut, terutama dengan panorama yang luar biasa dan hewan tidak biasa ada di sekeliling kamu.

Berpose dengan burung berbulu cantik | Image credit: @dadasocute (kiri), @dadasocute (kanan)

2. Selfie dengan jerapah

Kapan terakhir kali kamu melihat jerapah? Atau mungkin pertanyaannya bisa dibuat lebih ekstrim lagi, pernahkah kamu berselfie dengan jerapah?

Apa rasanya dicium jerapah, ya?

Jika jawaban kamu adalah keheranan, apakah hal itu memungkinkan untuk dilakukan, berarti bisa dipastikan kamu belum pernah mengunjungi Singapore Zoo. Kebun binatang yang memiliki sejumlah penghargaan bertaraf internasional, seperti Most Popular Wildlife Park versi Asian Attraction Awards pada 2011 hingga salah satu kebun binatang terbaik di dunia versi Forbes Travel pada 2007 dan menempati peringkat tiga dalam Sepuluh Kebun Binatang Terbaik Di Dunia versi TripAdvisor pada 2018 ini memiliki beragam koleksi hewan yang dijamin bakal membuat kamu terkesima. Salah satu yang mencuri perhatian adalah keberadaan jerapah, hewan mamalia darat dengan leher yang jenjang.

Mamalia asal Afrika ini memiliki umur hidup hingga 15 tahun di alam liar dan di Singapore Zoo menjadi salah satu penghuni yang mendapat perhatian spesial, terutama soal makanan dan minuman. Luar biasanya, kamu bisa membantu para penjaga untuk memberikan makan para jerapah ini.

Kapan lagi bisa berdekatan dengan jerapah | Image credit: @mitacarissa

3. Atmosfer alami yang keren dan tidak tertandingi

Di taman margasatwa di Singapura ini, satu hal pasti yang bisa kamu dapatkan di sini, yaitu atmosfer alami yang luar biasa di taman buatan yang istimewa.

Kamu bisa merasakan langsung sensasi berada di bawah permukaan air, lho!

Mulai dari Singapore Zoo, Night Safari, River Safari hingga Jurong Bird Park, nuansa alam yang begitu natural diciptakan sedemikian asyik dan nyaman untuk setiap pengunjung bisa menikmati dan mendapatkan kesan maksimal. Di taman margasatwa di Singapura, semua binatang hidup di lingkungan yang natural. Beberapa di antaranya bahkan mendapatkan ruang bebas sehingga mereka bisa berlarian seperti saat berada di alam liar. Belum lagi hewan-hewan unik yang berada di sekeliling kamu, menambah sisi kealamian destinasi wisata ini.

Memberi makan burung lori bisa menjadi pengalaman yang terlupakan | Image credit: Jurong Bird Park

Berada di zona Lory Loft juga memberikan pengalaman tidak terlupakan untuk setiap pengunjungnya. Kamu akan masuk ke bangunan yang setidaknya memiliki sepuluh spesies burung lori dan lorikeets dengan warna-warna yang rupawan. Kamu bisa memberi makan berbagai macam burung lori dengan aneka warna, dan pastinya bisa sekalian berselfie dengan mereka. Pengalaman luar biasa ini menjadikan zona Lory Loft di Jurong Bird Park terpilih sebagai Top 10 Best Family Experience oleh Dewan Pariwisata Singapura.

Bermain langsung dengan burung di Jurong Bird Park asyik banget, lho!

Suasana yang tidak berbeda dengan nuansa di lokasi asli juga memberikan alasan tersendiri untuk menikmati keseruan di taman margasatwa di Singapura. Bisa membayangkan, berada di jembatan gantung dengan background air terjun cantik diiringi nyanyian burung di Jurong Bird Park, atau menelusuri sungai dengan melihat hewan-hewan lucu saat River Safari, atau menikmati nuansa Afrika di Singapore Zoo? Makanya, pastikan memasukkan liburan ke taman margasatwa di Singapura dalam itinerary kamu!

DAPATKAN TIKET MASUK MENGUNJUNGI SEMUA TAMAN SEKARANG! BELILAH ONLINE UNTUK HEMAT LEBIH BANYAK!

4. Bertemu hewan-hewan eksotis dunia

Oke, bertemu dan berfoto dengan orangutan, ular, serangga Afrika hingga seru-seruan bersama gajah, sekarang ada kebun binatang di mana kamu bisa mendapatkan semua pengalaman tidak terlupakan tersebut.

Berani taruhan kamu tidak mengetahui nama dari semua binatang di atas, ya kan? | Image credit: @taylacine (tengah), Singapore Zoo (kiri dan kanan)

Serunya lagi, banyak hewan bisa kamu temui dari jarak dekat, yang mungkin kamu bakal kesulitan untuk sekedar tahu namanya. Contohnya, siamang dengan surai di kepala layaknya singa, anjing Afrika, lemur coklat, tamarin berambut putih, naga hijau, gharial India hingga kura-kura berleher panjang.

Berpose bersama Orangutan, mengapa tidak?

Jika belum pernah melihat Orangutan dari dekat, kamu bisa melihat mereka bebas bergelantungan di Singapore Zoo. Tidak hanya itu, kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan hewan asli Kalimantan ini, termasuk di antaranya berpose lucu bersama mereka. Tertarik?

Jangan lupa memberi makan hewan-hewan yang ada, ya! Image credit: Singapore Zoo

Pengalaman melihat spesies tidak biasa seperti itu pastinya bukan pengalaman yang biasa-biasa saja. Apalagi jika kamu bisa berfoto saat beraktivitas di dekat mereka, seperti memberi makan. Di Singapore Zoo, River Safari dan Jurong Bird Park, hal itu sangat memungkinkan dilakukan.

Selfie dengan burung, mengapa tidak? | Image credit: @mariakristinaleko (kiri), @ca_noi (kanan)

Di Singapore Zoo, ada sesi khusus di mana kamu bisa memberi makan gajah, jerapah, kambing bahkan badak putih. Sementara di Jurong Bird Park, ada burung lori, pinguin, flamingo dan pelikan yang bisa diajak berinteraksi dengan makanan di tangan kamu. Di River Safari, ada pertunjukan bernama Once Upon A River, di mana kamu bisa memberi makan Capibara. Jangan melewatkan kesempatan berfoto bersama mereka, ya!

5. Melihat para hewan beraksi

Mungkin kamu pernah melihat atraksi hewan di pertunjukan sirkus. Namun jika membandingkan atraksi hewan di Singapore Zoo, Night Safari dan Jurong Bird Park, kamu akan melihat pertunjukkan yang sepenuhnya berbeda, dan pastinya jauh lebih berkesan.

Keseruan di Splash Safari Show | Image credit: Singapore Zoo

Splash Safari Show di Singapore Zoo misalnya, di mana para singa laut beraksi lucu dan menggemaskan menghibur para pengunjung. Sedangkan Elephants Presentation menyajikan pemandangan lima gajah Asia betina yang beraksi dengan cekatan dalam bergoyang, menari dan banyak aktivitas tidak biasa lainnya. Rainforest Fights Back Show menjadi salah satu atraksi hewan yang tidak boleh kamu lewatkan karena ada setidaknya sepuluh spesies hewan yang habitatnya di hutan hujan tropis beraksi dan beratraksi dengan keren.

Salah satu atraksi seru di Creatures of the Night | Image credit: Night Safari

Sementara di Night Safari, jangan sampai kamu melewatkan pertunjukan paling populer, Creatures of the Night, di mana hewan-hewan seperti berang-berang, binturong hingga musang menunjukkan kemampuan mereka yang luar biasa dalam permainan interaktif. Kamu juga bisa melihat hyena menunjukkan kebiasaan mereka memangsa hewan buruannya. Wow!

Salah satu atraksi burung di High Flyers | Image credit: @ntm_chemist

King of the Skies dan High Flyers menjadi pertunjukkan yang tersaji di Jurong Bird Park. Di sini, kamu bisa melihat atraksi beragam burung menunjukkan kemampuannya, yang mungkin hanya bisa dilihat di alam liar. Jangan dulu beranjak dari tempat duduk kamu setelah pertunjukan High Flyers Show berakhir karena kamu akan dibuat terkesima dengan banyaknya burung yang berterbangan ke panggung di sesi akhir. Perlu ditekankan juga, setiap aksi dan atraksi setiap hewan di sini juga untuk menyampaikan pesan kepada publik mengenai pentingnya keberlanjutan dan konservasi. Dijamin kamu bakal terkagum-kagum, deh!

Image credit: @lee_theodora (kiri), @enxian87 (kanan)

Tentunya, untuk bisa mendapatkan kesan dan pengalaman maksimal, kamu harus siap memberikan usaha yang juga harus maksimal. Datang 15 menit lebih awal dari jadwal pertunjukkan merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan. Selain itu, kamu juga harus siap basah-basahan dan mematikan flash kamera kamu. Tips terpenting bagi para Instagrammer adalah untuk ‘menempel’ hewan yang ingin kamu jadikan sebagai teman selfie di akhir pertunjukkan. Pasalnya, selalu ada sesi berfoto bersama hewan yang sudah beratraksi di setiap sesi pertunjukan. Jangan sampai kelewatan, ya!

CEK DETAIL WAKTU PERTUNJUKAN DI SITUS TAMAN MARGASATWA SINGAPURA

6. Melihat ‘pelangi’ beterbangan di Jurong Bird Park

Pelangi bisa terbang? Yups, kamu bakal bisa melihatnya di Jurong Bird Park. Ada ratusan jenis burung dengan beragam warna yang bisa kamu lihat, yang dijamin akan membuat mata kamu segar, pikiran terbuka dan mood yang asyik.

Dari dua jenis burung di atas, berapa warna yang bisa kamu sebutkan? | Image credit: @fahrizal_ibrahim (kiri), @razs_photography (kanan)

Bayangkan, kamu bisa melihat burung nuri, parkit bahkan kakatua dengan beragam warna hilir mudik beterbangan ke sana ke mari. Ada juga pinguin, salah satu spesies burung yang tidak bisa terbang, namun terampil berenang.

Image credit: @vkdalmia

Ada juga beragam burung khas Indonesia, termasuk di antaranya rangkok atau enggang. Kamu juga bisa melihat atraksi berbagai macam burung, memberi makan dan tentunya berfoto dengan hewan terbang beragam warna itu. Bayangkan, selfie dengan burung yang colorful, dijamin hasil postingan di Instagram kamu bakal banjir like.

7. Menjelajah dunia air di Amazon

Pernah membayangkan seperti apa rasanya berada di hutan dan sungai Amazon yang ada di Amerika Selatan sana? Well, sedikit banyak kamu bisa mendapatkan nuansa yang kurang lebih sama di Amazon River Quest di River Safari, yang merupakan bagian dari taman margasatwa di Singapura.

Amazon River Quest di River Safari | Image credit: Wildlife Reserves Singapore

Di Amazon River Quest, kamu akan menjelajahi alam liar sungai Amazon dengan menggunakan perahu, menyaksikan beragam hewan khas Amerika Selatan seperti tapir Brasil, macan tutul dan bahkan trenggiling raksasa yang identik dengan mulut panjangnya.

Trenggiling raksasa (kiri), macan tutul (tengah) dan tapir Brasil (kanan) | Image credit: Wildlife Reserves Singapore

Yang menarik adalah hewan-hewan ini bisa berkamuflase dengan lingkungan sekitarnya, persis seperti berada di alam liar Amazon. Karena itu, jangan sampai terkejut jika tiba-tiba predator seperti macan tutul muncul di hadapan kamu secara tiba-tiba. Dan, mungkin kamu juga harus memposisikan kamera dalam kondisi standby saat ambil bagian di wahana ini!

Bertemu dengan Panda raksasa | Image credit: Wildlife Reserves Singapore

Selain itu, zona lain yang bisa kamu kunjungi di River Safari adalah Hutan Panda Raksasa. Bayangkan, di Singapura yang panas, kamu bisa menemukan zona dengan lingkungan yang terkontrol, mulai dari temperatur udara yang berkisar antara 16-24 derajat Celcius dan kelembaban udara antara 50 dan 60%. Dengan atmosfer yang terjaga, panda raksasa di dalamnya dijamin nyaman.

Penghuni Hutan Panda Raksasa, sang panda raksasa dan panda merah | Image credit: Wildlife Reserves Singapore

Kamu bisa menikmati aktivitas Kai Kai dan Jia Jia, juga tetangga mereka panda merah, seperti berenang di kolam yang dangkal, atau memanjat dinding buatan hingga menikmati bambu favoritnya. Kamu juga bisa berselfie dari jarak yang aman, lho!

Baca juga: 6 Alasan Kamu Harus Liburan Keluarga Ke Taman Margasatwa Di Singapura, Satu Dari Tiga Kebun Binatang Terbaik Di Dunia!

Nah, tertarik menambah koleksi foto Instagram kamu dengan berburu spot menarik di taman margasatwa di Singapura?

TAMBAH POSTINGAN INSTAGRAM KAMU BERSAMA PENGHUNI TAMAN MARGASATWA SINGAPURA!


Dipersembahkan oleh Wildlife Reserve Singapore

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru