6 Alasan Kamu Harus Liburan Keluarga Ke Taman Margasatwa Di Singapura, Satu Dari Tiga Kebun Binatang Terbaik Di Dunia!

Singapura bukan sekedar kota dengan ratusan gedung pencakar langit atau taman dengan tema futuristik, lho! Di Singapura, kamu juga bisa menikmati nuansa alam yang natural dengan beragam flora dan fauna. Liburan ke taman margasatwa di Singapura yang berkelas dunia adalah salah satu opsi menarik untuk merasakan atmosfer alami yang istimewa bersama keluarga.

Semua taman ini bukanlah destinasi wisata yang biasa-biasa saja di Singapura. Bukan hanya sekedar kebun binatang atau cagar alam kehidupan satwa dan flora liar, tempat yang keren ini juga menawarkan pengalaman yang mengesankan kala menjelajahi taman penuh hewan eksotik. Ada empat taman, yang masing-masing mengusung tema yang unik dan bisa kamu kunjungi, mulai dari Singapore Zoo, yang baru-baru ini masuk dalam daftar Tiga Kebun Binatang Terbaik Di Dunia, River Safari, satu-satunya taman margasatwa dengan tema sungai dan yang pertama di Asia, Night Safari untuk wahana wisata kebun binatang khusus hewan-hewan yang aktif di malam hari serta Jurong Bird Park, surganya burung di Singapura.

Kamu bisa menjumpai keluarga orangutan di Singapore Zoo | Image credit: Wildlife Reserves Singapore

Wahana wisata ini dikelola oleh Wildlife Reserves Singapura, lembaga yang dikenal sebagai pioneer cagar alam yang memiliki komitmen untuk memastikan keanekaragaman hayati bumi tetap terjaga dan memberikan perlindungan hewan-hewan. Keempat taman cagar alam ini dikelola dengan sangat baik dan memiliki peran penting untuk memastikan keselamatan spesies yang terancam punah karena perubahan iklim dan aktivitas manusia. Keempat taman juga memberikan pesan tersendiri akan pentingnya konservasi dan keberlanjutan, dengan fokus memberikan pendidikan dan transfer ilmu pengetahuan kepada setiap pengunjung akan ancaman yang dialami oleh setiap spesies, terutama terkait pentingnya penggunaan kembali, pengurangan dan mendaur ulang untuk membantu mengatasi perubahan yang ada.

Pelikan Damaltian yang keren

Dengan kualitas pengelolaan dan pelayanan yang ada, tidak sedikit alasan lain yang seharusnya bisa membujuk kamu liburan ke taman-taman margasatwa di Singapura ini. Cek saja hal menarik yang lain yang bisa kamu lihat di bawah ini!

LIHAT PAKET-PAKET MULTI-PARKS YANG TERSEDIA DI SINI!

 

1. Bertatap muka langsung dengan ratusan hewan

Konsep taman terbuka menjadi salah satu alasan lain untuk mengunjungi tempat ini. Artinya, saat liburan keluarga di taman margasatwa ini, kamu akan melihat begitu banyak hewan yang berkeliaran bebas di sepanjang sudut taman. Jadi tidak usah terkejut jika kamu melihat lemur ekor panjang berjalan kesana kemari, atau menyaksikan monyet kepala putih berkejaran satu sama lain.

Dalam sesi penjelajahan, kamu juga bakal sering melihat tupai melintas di jalur perjalanan kamu, atau melompat dan merayap di pepohonan yang ada.

Konsep taman terbuka ini paling terlihat di Singapore Zoo, rumah dari 2,400 hewan dari 300 spesies yang berbeda. Zona kebun binatang ini dibuat sedemikian rupa seperti habitat asli setiap hewan, termasuk keberadaan sejumlah flora yang beragam. Sensasinya berasa di alam liar banget. Kamu juga punya kesempatan memberi makan gajah dan jerapah, lho! Malahan, jika beruntung, kamu bisa mendapatkan pengalaman dicium jerapah saat memberi makan. Wow, so sweet!

2. Empat taman, empat keseruan

Indonesia bukannya tidak memiliki spot wisata seperti taman margasatwa di Singapura. Hanya saja, tidak ada taman yang menaungi sejumlah wahana berbeda dalam satu lokasi, terkecuali Jurong Bird Park, yang lokasinya memang berbeda dari Singapore Zoo, Night Safari dan River Safari. Kamu juga tidak usah bingung untuk bisa sampai ke taman ini, karena empat taman tersebut sangat mudah dijangkau dengan menggunakan transportasi publik atau pun layanan antar-jemput yang tersedia.

Meski berkesempatan menjelajahi keseruan di empat taman yang ada, kamu tidak perlu khawatir bakal kehabisan stamina. Malahan, kamu disarankan bersiap menyaksikan hal yang luar biasa di taman margasatwa ini, mulai dari aksi hewan-hewan liar di alamnya hingga atraksi yang mengesankan di atas panggung.

Ulat Bulu Tree Nymph, Belalang Batang Grey Malayan dan Kecoa Madagascar

Membayangkan bakal ada kekacauan ketika ada ratusan, bahkan ribuan hewan berkumpul dalam satu lokasi? Bukan tanpa alasan jika sejumlah penghargaan diraih taman margasatwa Singapura ini karena memang pengelolaan taman dilakukan dengan sistem manajemen terbaik. Jadi, setiap pengunjung pun bisa tetap merasa aman dan nyaman melakukan penjelajahan. Dijamin, kamu akan menikmati seluruh wahana dan mendapatkan pengalaman seru di sini.

Di Singapore Zoo, taman seluas 26 hektar ini menawarkan segudang sensasi luar biasa bagi pengunjungnya. Tidak hanya berinteraksi dengan beragam jenis hewan, kamu juga bisa melihat perawatan yang dilakukan kepada hewan dan belajar langsung dari staf dan penjaga kebun binatang.

Lory Loft

Sementara di Jurong Bird Park, wahana tertua dari empat fasilitas yang ada, memiliki lebih dari 400 spesies burung, yang 20 persen di antaranya terancam punah. Kamu bisa melihat berbagai macam burung dan melakukan penelitian untuk belajar langsung mengenai burung yang ada. Ada juga kegiatan seru seperti memberi makan burung di Lory Loft, atau melipir ke Waterfall Aviary yang Insta-worthy dan bertemu dengan banyak jenis burung, atau bahkan memberikan makan langsung ke pinguin yang lucu.

Salah satu aktivitas Lory Feeding di Jurong Bird Park

Di Jurong Bird Park, aktivitas paling asyik adalah bisa berdekatan dengan burung-burung berwarna indah dan keren secara langsung. Di Lory Loft, kamu bisa memberi makan beragam burung Lori berbagai warna. Kamu tinggal membeli tempat makan burung berisi nektar di Lory Loft, dan burung-burung akan menghampiri kamu dan meminta makanan yang kamu bawa. Gemesin banget, lho!

Yang ingin melihat atraksi seru, ada pertunjukan berbagai jenis burung seperti di King of the Skies dan High Flyers Show. Khusus High Flyers Show, atraksi burung ini menjadi pertunjukan paling favorit bagi wisatawan. Setiap harinya, pertunjukan yang menyajikan aksi burung-burung besar di panggung ini hanya dilangsungkan dua kali. Jangan sampai kelewatan, ya!

Yang ingin melakukan penjelajahan dengan nuansa berbeda, tidak ada salahnya mengunjungi Night Safari untuk melihat hewan-hewan di habitatnya kala menjalankan aktivitasnya di malam hari. Ada juga wahana tram dengan durasi perjalanan 40 menit bagi yang tertarik mengunjungi sejumlah lokasi asyik yang tidak bisa diakses dengan berjalan kaki. Bagi yang tertarik melakukan penjelajahan langsung, ada trek yang bisa diikuti dan kamu juga bisa melihat hewan-hewan spesial di lingkungan yang tidak biasa, seperti kukang, rusa dan banyak lagi lainnya. Ada juga pertunjukan Creatures of the Night Show, atraksi yang menunjukkan kapabilitas hewan-hewan seperti berang-berang, binturong, musang dan lainnya melakukan perburuan. Kamu juga bisa belajar lebih banyak mengenai hyena dan rahangnya yang kuat. Dengan durasi pertunjukan selama 25 menit setiap harinya, kamu bakal dibuat terpesona. Keren abis, lho!

Amazon River Quest, sungai Safari yang seru | Image credit: Wildlife Reserves Singapore

Yang terakhir adalah River Safari, di mana kamu bisa melakukan penjelajahan sungai yang menjadi keajaiban dunia tersebut. Jika masuk ke zona Amazon Flooded Forest, kamu bakal melihat manatees, berang-berang sungai raksasa dan banyak lagi lainnya. Bahkan, kamu harus menyempatkan diri melipir ke Giant Panda Forest, di mana kamu akan menjumpai Panda Raksasa dan Panda Merah, yang mungkin sedang menikmati makanan kesukaannya, bambu. Tahukah kamu, Panda Raksasa bisa makan hingga 20 kilogram bambu tiap harinya, lho?.

Menjelajahi zona tertentu dengan Amazon River Quest juga tidak boleh dilewatkan. Setelah menjelajah ‘hutan’ dengan berjalan kaki, kamu bisa beristirahat dengan melanjutkan petualangan menggunakan perahu di wahana ini. Mungkin kamu harus mengeluarkan uang tambahan sebesar 5S$, tapi gantinya kamu punya kesempatan langka bisa melihat jaguar, capybara, trenggiling raksasa dan banyak lagi lainnya.

Yang tertarik mendapatkan pengalaman mengesankan dan sensasi maksimal liburan ke taman margasatwa di Singapura ini, sangat disarankan untuk ambil bagian dalam paket tur yang ditawarkan. Meskipun paket tur ini mengharuskan untuk mengeluarkan uang tambahan selain tiket masuk reguler, dijamin kamu tidak akan menyesal. Pengalaman yang kamu dapatkan dijamin bakal sangat menyenangkan, lho!

Di Singapore Zoo, kamu bisa mempertimbangkan mengikuti tur Behind-The-Scenes: RepTopia. Kamu bisa bertemu langsung dengan sejumlah reptil lucu, unik dan menggemaskan. Kamu juga bisa melihat langsung aksi ular memangsa buruannya sebagai makanan, memberi makan bunglon dengan jangkrik dan masih banyak lagi aktivitas lain yang luar biasa menyenangkan.

Manatee yang imut dan chubby di River Safari

Tur Manatee Mania di River Safari juga tidak kalah mengesankan. Kapan lagi kamu bisa melihat hewan khas Amazon, Manatee? Mamalia chubby dan lucu itu menghabiskan sebagian besar waktunya di bawah air, dan sesekali keluar untuk menyapa kamu. Kamu juga punya kesempatan untuk memberi makan mereka juga, lho!Jika ingin  mendapatkan pengalaman tidak terlupakan bertemu dengan Manatee, tidak ada salahnya mengikuti tur ini. Jangan takut bakal basah-basahan karena kamu akan mengenakan baju anti-basah. Wow!

3. Menjelajah sekaligus belajar dengan cara yang menyenangkan

Seperti apa sih pinguin berkembang biak? Bagaimana caranya tupai terbang berpindah dari satu pohon ke pohon lain? Apa yang dimakan burung Rangkok?

Memberi makan burung Lory di Lory Loft

Well, setiap tanda tanya yang kamu miliki mengenai hewan kemungkinan besar akan kamu dapatkan jawabannya di sini. Ya, saat liburan ke taman margasatwa di Singapura ini, kamu tidak hanya bisa melihat aktivitas hewan yang ada, tapi juga belajar mengenai perilaku mereka di habitatnya, diet makanan mereka, atau bahkan melihat bagaimana mereka dirawat dan diperlakukan. Kamu juga bisa mencari tahu kontribusi apa yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan hewan-hewan yang terancam punah tersebut, misalnya menjadi volunteer atau memberikan donasi untuk mendukung program konservasi yang digalakkan Wildlife Reserves Singapore. Pastinya hal ini sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan di sela aktivitas yang mengasyikkan menjelajahi taman ini.

Akuarium di River Safari

Ada banyak informasi yang bisa kamu dapatkan saat liburan ke taman margasatwa ini. Tidak sedikit juga display yang informatif sebagai sarana belajar kamu. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mengetahui tujuan konservasi yang dilakukan Wildlife Reserves Singapore dan setiap aktivitas yang dilakukan.

Memberi makan pinguin di Jurong Bird Park

Program konservasi yang dilakukan taman margasatwa ini juga sangat membantu kelangsungan hidup fauna Indonesia, lho! Bekerja sama dengan sejumlah lembaga dan organisasi di Asia Tenggara, terutama di Indonesia, kampanye kesadaran publik, penelitian fauna dan workshop perencanaan konservasi dilakukan untuk mempertahankan keanekaragaman hayati.

HEMAT HINGGA 50% UNTUK PEMBELIAN TIKET DENGAN TIKET MULTI-PARKS!

4. Selfie dan wefie dengan kawan-kawan yang tidak biasa

Selfie bersama keluarga, atau bersama pasangan sudah menjadi hal yang biasa. Lain ceritanya jika selfie dan wefie kamu ditemani dengan hewan yang luar biasa.

Selfie dengan orangutan, mengapa tidak?

Saat liburan ke taman margasatwa ini, kamu akan menemukan banyak teman selfie baru, lho! Tentunya, berbagi senyuman menjadi aktivitas yang tidak bisa dilewatkan di sini. Wow!

Image credit: Singapore Zoo (kiri), Jurong Bird Park (kanan)

Yang lebih seru lagi, kamu bisa memiliki pengalaman tidak terlupakan dengan menjadi tontonan berbagai macam hewan saat makan. Nah, lho!

Ya, paket Jungle Breakfast with Wildlife membuat kamu bisa menikmati sarapan dengan ditemani para orangutan. Tersedia di Singapore Zoo, sesi sarapan ini akan memberikan kamu kesempatan berfoto dengan primata luar biasa tersebut sekaligus menikmati menu makanan yang istimewa. Sementara di Jurong Bird Park, kamu bisa mengikuti program Lunch with Parrots. Sembari menikmati menu yang ada, kamu bisa melihat aksi burung nuri dan beo menunjukkan kebolehannya dalam menari, berhitung dan berselfie.

5. Ambil bagian dalam konservasi

Tidak hanya menikmati pemandangan dan bersenang-senang dengan berbagai hewan lucu, kamu juga bisa ikut ambil bagian dalam program konservasi, lho! Malahan, dengan liburan ke taman margasatwa di Singapura ini, kamu secara langsung sudah terlibat dalam program konservasi karena setiap 50 sen dari tiket masuk yang sudah dibayarkan dialokasikan untuk program konservasi lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati. Hebat bukan?

Edukasi juga menjadi bagian penting dalam petualangan di Wildlife Parks Singapura | Image credit: Singapore Zoo

Dalam setiap perjalanan dan petualangan yang kamu lakukan, penjaga kebun binatang taman margasatwa ini memberikan transfer pengetahuan dan melakukan edukasi kepada publik mengenai keanekaragaman hayati dan alam. Setiap pengunjung juga bisa belajar mengenai cara melindungi habitat binatang.

Ikut ambil bagian dalam program konservasi, yuk!

Papan pengumuman yang colorful, informatif dan edukatif juga tersedia di berbagai sudut taman, jadi jangan sampai melewatkannya, ya! Dari sini, kamu bisa ambil bagian lebih aktif untuk melindungi alam dan semua yang ada di dalamnya.

6. Menjelajah Rainforest Lumina yang penuh keajaiban

Image credit: Wildlife Reserves Singapore

Hal menarik lain yang bisa kamu temukan saat liburan ke taman margasatwa ini adalah berjalan-jalan di Rainforest Lumina, taman yang hanya buka di malam hari, setelah Singapore Zoo menghentikan operasionalnya. Pengunjung bisa menikmati sensasi berjalan-jalan ke dalam hutan pada malam hari melalui display multimedia yang canggih. Jadi tidak usah membayangkan lagi apa yang biasa terjadi di hutan pada malam hari lagi, karena kamu bisa mengalami nya sendiri, ya! Dalam Rainforest Lumina, kamu bakal melakukan perjalanan di hutan tropis Singapore Zoo sejauh satu kilometer, atau kurang lebih satu jam perjalanan.

Image credit: Wildlife Reserves Singapore

Hutan di Singapore Zoo disulap menjadi berbeda dengan lampu dan berbagai atraksi cahaya, suara dan visual yang menakjubkan. Di Rainforest Lumina pengunjung bakal bertemu dengan hewan virtual dari bentukan cahaya dan suara canggih kelas dunia, yang merupakan program kerjasama dengan studio hiburan multimedia Moment Factory. Atraksi ini mengedepankan elemen interaksi, yang pas dijadikan destinasi wisata bersama keluarga untuk mendapatkan pengalaman yang ajaib dan mengesankan. Dijamin kamu tidak akan kecewa, malah liburan ke taman margasatwa ini bakal berakhir mengesankan.

[PROMO KHUSUS]

Kabar gembira buat kamu, ada promo khusus untuk tiket masuk ke Rainforest Lumina, yaitu Two to Go, yang bakal menghemat hingga 19% biaya di setiap pembelian tiketnya.

Harga tiket 2 Dewasa dari 44S$ → 36S$ (~382,000 IDR)
Harga tiket 2 Anak dari 32S$ → 26S$ (~276,000 IDR)

MARI KE RAINFOREST LUMINA DENGAN PROMO TWO TO GO!

 

Dengan beragam keseruan yang ditawarkan saat liburan ke taman margasatwa di Singapura, tunggu apalagi nih ayo mulai rencanakan liburan  keluarga kamu ke sana segera juga!

AYO MULAI LIBURANMU KE TAMAN MARGASATWA SINGAPURA DISINI!


Dipersembahkan oleh Wildlife Reserves Singapore

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru