Keren, Tambang Batubara Ombilin Masuk Warisan Dunia UNESCO 2019

Kabar gembira datang dari Baku, Azerbaijan. Pada gelaran Pertemuan Komite Warisan Dunia Sesi ke-43, Sabtu (6/7), menetapkan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto sebagai salah satu warisan dunia UNESCO.

Seperti dikutip dari Kompas Travel, ditetapkannya Tambang Batubara Ombilin sebagai salah satu dari 35 situs Warisan Dunia UNESCO 2019 lainnya adalah karena unggul dalam dua kategori Nilai Universal Luar Biasa (Outstanding Universal Value), yaitu adanya pertukaran penting dalam nilai kemanusiaan sepanjang masa atau dalam lingkung kawasan budaya, dalam perkembangan teknologi dan rancang bangun (arsitektur), perencanaan kota, desain lanskap dan seni monumental. Selain itu, Tambang Batubara Ombilin merupakan contoh luar biasa dari tipe bangunan, karya arsitektur dan kombinasi teknologi atau lanskap yang menggambarkan tahapan penting dalam sejarah manusia.

Image credit: @hendra_nasri

Melihat pertimbangan tersebut, bisa dikatakan bahwa Tambang Batubara Ombilin tidak ubahnya sebagai kota tambang kecil dengan sistem yang dinamis dan terintegrasi. Bagaimana tidak, dalam Tambang Batubara Ombilin tersebut, bisa dilihat adanya rangkaian kombinasi teknologi dan rancang bangun yang disusun sedemikian rupa untuk mendapatkan nilai efisiensi, mulai dari tahap ekstraksi batubara, pengolahan dan transportasi.

Di tambang batubara Sawahlunto ini juga kamu bisa melihat perkembangan teknologi yang menggabungkan ilmu teknik pertambangan bangsa Eropa dengan kearifan lingkungan lokal, praktik tradisional dan nilai budaya dalam kegiatan penambangan batubara masyarakat Sumatera Barat.

Image credit: @putriana15

Dalam keterangan persnya, Walikota Sawahlunto, Deri Asta, mengungkapkan rasa syukurnya mendapatkan pengakuan dari UNESCO tersebut.

“Ini merupakan upaya yang sangat luar biasa dan merupakan hasil kerja sama semua pihak, yaitu masyarakat pada umumnya, Pemerintah Kota Sawahlunto, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, serta kementerian terkait,” ujarnya.

Image credit: @nopnouph

Ditambahkan Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) Prof. DR. Arief Rachman, dengan penetapan status warisan dunia UNESCO ini, Indonesia harus bisa memastikan identifikasi, perlindungan, konservasi dan transmisi nilai-nilai luhur warisan bangsa bisa berlangsung terus menerus dan berkelanjutan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Menurutnya, status warisan dunia UNESCO ini harus bisa meningkatkan harkat hidup dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Warisan Tambang Batubara Ombilin di kota Sawahlunto, Sumatera Barat, berjarak kurang lebih 95 kilometer dari kota Padang.

Baca juga: 23 Destinasi Wisata Di Padang Dan Sekitarnya Yang Akan Membuat Liburanmu Berkesan

Siapa yang tertarik menjelajah ke perut bumi, melihat kota kecil sekaligus berkunjung ke tambang batubara di Sawahlunto ini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru