Tawarkan Nuansa Pedesaan, 12 Tempat Makan Di Banyuwangi Ini Wajib Dicoba!

Berlibur ke Banyuwangi, siapa yang bisa menolak? Bagi kamu yang belum pernah mengunjunginya, kota yang punya banyak pesona seperti Gunung Raung dan Kawah Biru Ijen yang legendaris ini wajib dimasukkan ke dalam bucket list. tempat makan di banyuwangi

Tidak hanya petualangan mengasyikkan yang menanti, berbagai tempat makan di Banyuwangi dengan nuansa pedesaan yang damai juga asyik untuk dikunjungi. Dijamin pas buat kamu yang menyukai atmosfer tradisional dan suasana tenang.

Sebelum bepergian, tidak ada salahnya mempertimbangkan dulu tempat makan di Banyuwangi rekomendasi TripZilla Indonesia di bawah ini untuk pengalaman wisata yang lengkap!

1. Menikmati lukisan alam yang menakjubkan di Java Banana Ijen

tempat makan di banyuwangi
Image credit: Java Banana Ijen

Java Banana Ijen adalah salah satu kafe yang populer di Banyuwangi. Berlokasi di dalam Jiwa Jawa Resort yang berada di lereng dataran tinggi Ijen, kamu dapat dengan leluasa mengagumi pemandangan Gunung Ijen yang indah.

Image credit: @boyjustin.private

Selain bisa mengisi perut, kamu juga bisa cuci mata ke galeri seni yang menyatu dengan kafe. Mungkin kamu akan menemukan benda seni untuk menambah koleksimu di sini!

Image credit: Java Banana Ijen

Sesuai namanya, banyak menu berbahan baku pisang yang tersedia. Banana strudel, grilled banana dan java banana ice blended yang terdiri dari racikan espresso dan pisang adalah beberapa di antaranya. Tidak hanya itu, menu ala carte semisal Bebek Ijen atau baby white tuna from Sulawesi juga menantang untuk dicicipi.

Lokasi: Dusun Blimbingsari, Tamansari, Licin, Banyuwangi
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

2. Memesan menu tradisional Osing yang menggiurkan di Srengenge Wetan

Image credit: Srengenge Wetan Banyuwangi

Tempat makan di Banyuwangi yang nyaman ini juga dilengkapi dengan souvenir and gift shop. Jadi kamu bisa berbelanja sebelum atau sesudah menyantap hidangan di ruangannya yang hangat.

Bukan karena suhunya, namun pencahayaan, perabotan yang serba kayu hingga peralatan yang dihadirkan semisal kendi tanah liat inilah yang menimbulkan kehangatan.

Makanan tradisional Osing seperti ketan kirip yaitu ketan bertabur bubuk kedelai ini nikmat untuk jadi menu pembuka. Rujak soto atau kreasi yang khas seperti Nusantara Satay  tersaji cantik, serta semangkuk angsle juga dapat kamu pesan untuk pengalaman makan yang memuaskan.

Lokasi: Jl. PB Sudirman No. 175, Singonegaran, Banyuwangi
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 12,000 IDR

3. Suasana asri yang membuat hati lega di Angkringan Piyu

tempat makan di banyuwangi
Image credit: Angkringan Piyu

Angkringan Piyu adalah tempat yang pas untuk duduk santai sambil menikmati kerindangan pepohonan di sekitarmu. Duduklah di lantai dua yang sudah tertata cantik dan kamu pun bisa mendengar gemericik aliran air sungai yang ada di dekatnya. Meski datang di siang hari, dijamin kamu tidak akan kepanasan jika berada di sini karena yang terasa adalah sejuk dan segar.

Jika suasananya pas, maka nafsu makan pasti timbul. Apalagi dengan hidangan tradisional yang nikmat seperti gedhang kemulan dan nasi cece mercon. Tidak ada salahnya untuk memesan juga sepiring  serabi dengan aneka topping yang menggoda ini.

Lokasi: Jl. Lereng Cawan, Kec. Licin, Banyuwangi
Jam Buka: Setiap hari, 08.30 WIB – 18.00 WIB
Harga: Mulai dari 6,000 IDR

4. Bergembira dengan berbagai atraksi di Hedon Cafe & Resto

Image credit: Hedon Cafe & Resto

Tempat makan di Banyuwangi ini benar-benar mengusung konsep the more the merrier. Berukuran luas dan nyaman, Hedon Cafe & Resto menciptakan atmosfer mewah lewat desain dan fasilitas yang dimiliki.

tempat makan di banyuwangi
Image credit: Hedon Cafe & Resto

Terdiri dari tiga lantai, kamu bisa menemukan panggung untuk live music, ruang pertemuan, restoran dan kafe untuk bersantai.  Ingin menikmati suasana di luar ruang? Taman di belakang yang luas menyediakan gazebo untuk pengunjung dan juga bisa disewa untuk pesta kebun.

Image credit: @hobimakan.banyuwangi (kiri), Hedon Cafe & Resto

Kamu bisa merasakan menu-menu yang ditawarkan seperti sop iga, ayam betutu hingga hidangan manis semacam pisang gula semut. Ragam menu yang ditawarkan bisa membuat lapar mata lho! Lupakan dulu dietmu kalau mampir di sini ya!

Lokasi: Jl. Gajah Mada No. 49, Giri, Banyuwangi
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 23.00 WIB
Harga: Mulai dari 7,000 IDR

5. Serasa makan di dalam rumah adat saat berkunjung ke Waroeng Kemarang

tempat makan di banyuwangi
Image credit: Waroeng Kemarang

Waroeng Kemarang mempunyai bangunan yang unik karena terinspirasi dari rumah adat suku Osing.  Ada ruang terbuka yang membuatmu leluasa makan sambil menghirup udara segar.

Image credit: Waroeng Kemarang

Di saat-saat tertentu, diadakan juga pelatihan tari tradisional di sini. Benar-benar terasa melebur dengan budaya lokal, deh!

tempat makan di banyuwangi
Image credit: Waroeng Kemarang

Tentu saja Waroeng Kemarang juga punya variasi menu tradisional yang menarik. Dimulai dengan es degan dan angsle yang segar. Paket nasi dengan lauk-pauk seperti wader goreng atau sego tempong bisa kamu santap juga sambil melihat area sawah yang menghijau dan adem.

Lokasi:  Perkebunan Kalibendo Km. 5, Glagah, Banyuwangi
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

6. Hidangan laut yang juara di Resto Jaran Goyang

tempat makan di banyuwangi
Image credit: Jaran Goyang Resto Banyuwangi

Resto Jaran Goyang menghadirkan suasana pedesaan lewat gaya makan lesehan di dalam ruangan dengan dekorasi bernuansa Jawa yang kental.

tempat makan di banyuwangi
Image credit: Jaran Goyang Resto Banyuwangi

Asyik banget untuk kumpul-kumpul karena selain luas, aksesnya juga mudah. Kamu juga bisa menonton pertunjukan musik di waktu yang dijadwalkan.

Terkenal dengan aneka menu hidangan lautnya, kamu bisa mencoba menu seperti gurame goreng dabu-dabu atau lobster lada hitam. Bagi yang ingin mencoba masakan lain, maka ayam ingkung presto wajib dicoba. Untuk menyegarkan kerongkongan, segelas es abang jiwo ini bisa kamu pilih. Menggiurkan, bukan?

Lokasi: Jl. Kolonel Sugiono No. 91A, Kertosari, Banyuwangi
Jam Buka: Setiap hari, 12.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 7,000 IDR

7. Makan di tepian kolam yang instagrammable ala Kolam Kita Resto

tempat makan di banyuwangi
Image credit: Kolam Kita Resto

Mengusung konsep makan dengan panorama kolam mungkin terdengar biasa, namun tidak demikian dengan Kolam Kita Resto.

tempat makan di banyuwangi
Image credit: Kolam Kita Resto

Kamu bisa memilih untuk makan di dalam salah satu saung yang sudah berderet cantik di tepi kolam. Kolam yang dipenuhi ikan pasti akan membuat acara bersantapmu jadi lebih menyenangkan.

Image credit: Kolam Kita Resto

Sesuai lokasinya, maka kamu perlu mencoba aneka hidangan berbahan ikan seperti wader kuah pedas dan bawal rica-rica. Ada juga udang bakar madu yang segar dan manis. Jika kamu ingin mengudap jajanan tradisional semisal kue clorot, kamu juga bisa membelinya di sini lho!

Lokasi: Jl. Banjarsari No. 9, Dusun Watu Ulo, Banjarsari, Glagah, Banyuwangi
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

8. Menyeruput kopi khas Ijen di kafe Ijen Isun Village

Image credit: Ijen Isun Village

Kafe Ijen Isun Village ini bukan kafe biasa karena menjadi tujuan bagi para peneliti kopi untuk mempelajari seluk-beluk kopi dari Ijen. Selain itu, ada juga program pendampingan untuk para petani kopi di lereng Ijen yang dilakukan di sini.

tempat makan di banyuwangi
Image credit: Ijen Isun Village

Jadi jika berkunjung ke Ijen Isun Village, pastikan kamu memesan juga kopi spesial Ijen Isun ya! Tersedia juga dalam kemasan yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh.

Image credit: Ijen Isun Village

Kue cucur menjadi teman yang maknyus untuk mendampingi minuman kopi yang kamu pesan.  Ada juga nasi goreng yang membuatmu merasa seperti sedang duduk dan makan di rumah nenek di desa. Nikmat dan bikin betah!

Lokasi: Jl. Raya Lijen, Dusun Watu Ulo, Rejosari, Glagah, Banyuwangi
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

9. Pondok apung yang melenakan di Rumah Makan Apung Kertosari

Image credit: Rumah Makan Apung Kertosari

Bagi yang menyukai pemandangan air yang tenang ketika makan-makan, satu lagi tujuan yang bisa kamu kunjungi adalah Rumah Makan Apung Kertosari. Kamu bisa menyaksikan ikan dan bebek yang berenang mengitari kolam dan membuat suasana terasa makin damai.

tempat makan di banyuwangi
Image credit: Rumah Makan Apung Kertosari

Jika datang untuk makan malam, kamu tetap akan merasa terhibur berkat penerangan yang membuat panorama kolam terlihat cantik.

Hidangan laut menjadi unggulan di sini misalnya gurame fillet rica-rica dan ikan bakar dengan berbagai pilihan bumbu yaitu rica-rica, kecap pedas dan bumbu merah. Ditambah dengan sepiring nasi hangat, maka acara bersantapmu akan menjadi tidak terlupakan. Segelas strawberry squash dingin pun menjadi pelengkap yang pas, segar!

Lokasi: Jl. Udang Baron, Kertosari, Banyuwangi
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 19.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

10. Kombinasi atmosfer tradisional dan modern yang seru di Osing Deles Resto

tempat makan di banyuwangi
Image credit: Osingdeles Cafe N Resto

Restoran yang nyaman dengan penataan rapi ini memiliki suasana tradisional yang terasa lewat pemilihan dekorasinya.

Image credit: Osingdeles Cafe N Resto

Selain apik, Osing Deles Resto pun pernah memperoleh penghargaan dalam festival makanan khas Jawa Timur pada tahun 2019. Jadi makin penasaran ingin menjajal rasa hidangannya kan?

Kamu bisa memesan ayam kesrut atau pecel pitik yang dikenal sebagai hidangan khas Banyuwangi di sini. Ada juga paket ayam goreng kalasan yang lebih dikenal oleh banyak orang. Namun uniknya, kamu pun bisa memesan hidangan ala Barat seperti pizza beef blackpepper atau aneka dessert jar juga lho!

Lokasi: Jl. KH Agus Salim 12A, Banyuwangi
Jam Buka: Setiap hari, 10.00 WIB – 23.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

11. 1911 Cafe & Resto, kafe tersembunyi yang cantik di dalam perkebunan

tempat makan di banyuwangi
Image credit: PT. Perkebunan Kalibendo

1911 Cafe & Resto ini bisa jadi tempat pelarian dari keriuhan kota Banyuwangi. Lokasinya berada di dalam perkebunan kopi Kalibendo dan punya ruangan yang cukup luas.

tempat makan di banyuwangi
Image credit: @karlinachandraa

Kamu pun bisa menemukan area luar ruang yang asri dan cantik banget. Biji-biji kopi yang dipamerkan di kafe ini juga bisa kamu beli untuk diolah sendiri.

Image credit: PT. Perkebunan Kalibendo

Salah satu cemilan yang menggugah selera di sini adalah salted egg singkong goreng. Agar lebih kenyang, pesan juga gado-gado, rawon atau ayam bakar bumbu rujak. Lebih serunya lagi, dengan minimal pembelanjaan tertentu, kamu bisa berenang gratis di kolam renang yang ada di penginapannya.

Lokasi: Jl. Kalibendo, Desa Kampung Anyar Glagah, Banyuwangi
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

12. Nongkrong sejenak untuk mengisi waktu senggang di Jajung Cafe

tempat makan di banyuwangi
Image credit: Jajung Cafe

Jika mampir ke Jajung Cafe, kamu akan merasakan sensasi menyeruput kopi di tengah perkebunan jati.

tempat makan di banyuwangi
Image credit: Jajung Cafe

Kalau kamu datang pada sore atau malam hari, suasananya terasa makin romantis dengan penerangan yang mulai menyala. Ada pula gazebo jika kamu datang beramai-ramai dan membutuhkan tempat yang lebih luas.

Image credit: Jajung Cafe

Menu-menu makanan seperti banana split, sandwich hingga  tahu petis tersedia di sini. Untuk minumannya, Jajung Cafe mengunggulkan aneka olahan kopinya. Cicipi saja racikan kopi susu jahe atau espresso bagi kamu yang menggemari kopi pahit. Nyam nyam!

Lokasi: Jl. Stasiun Karangasem, Bakungan, Glagah, Banyuwangi
Jam Buka: Setiap hari, 16.00 WIB – 23.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

Baca juga: 10 Tempat Wisata Banyuwangi Yang Keren Banget!

Mampir makan ke tempat-tempat ini akan membuatmu merasakan nuansa pedesaan yang ngangeni dan jarang didapatkan di kota besar. Bahkan bukan tidak mungkin kamu akan kembali lagi ke Banyuwangi karena ketagihan dengan pengalaman wisata kuliner di sini!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru