12 Tempat Makan Langganan Jokowi Di Solo Yang Sederhana Tapi Maknyus Rasanya

Siapa yang tidak mengenal Presiden Joko Widodo. Presiden Indonesia ke-tujuh ini begitu berkesan di benak sebagian besar masyarakat. Bukan hanya karena kecekatannya dalam bekerja dan keakraban yang ditampilkan ketika menyapa warga, tetapi juga karena kesederhanaan yang ditunjukkan oleh beliau.

Presiden yang kerap dipanggil Jokowi ini juga cukup sederhana dalam hal selera makan. Menu makanan yang dipilih juga tidak yang aneh-aneh, bahkan hampir semuanya merakyat dan tidak neko-neko. Kalau kamu menyempatkan diri liburan ke Solo, ada banyak tersebar tempat makan langganan Jokowi di seluruh sudut kota. Rasanya, tidak usah ditanya, semuanya sedap dan pas di lidah.

Tertarik menikmati kuliner khas Solo, sekaligus mengetahui tempat makan langganan Jokowi di kota batik ini, simak daftarnya di bawah ini, ya!

1. Nasi Soto Ayam Gading

Image credit: @jokowi (kiri), @riscalauren (kanan)

Presiden Jokowi pernah memposting aktivitasnya sarapan soto ayam bersama keluarganya di Soto Gading. Soto berkuah kental dari kaldu ayam bening dengan soun, suwiran daging ayam, taburan bawang merah goreng sebagai isian, dengan irisan daun seledri, dengan rasa kuah kaldu ayam yang ringan dan tidak banyak rempah menjadikan rasanya cukup sederhana, tapi berkesan istimewa. Untuk mendampingi makan soto, aneka gorengan tahu, tempe, sate usus, sate daging sapi, empal, dan perkedel yang disajikan di meja makan dan bisa diambil secara langsung tapi jangan lupa bayar, ya!

Lokasi: Jl. Brigjen Sudiarto No.75, Joyosuran, Ps. Kliwon, Kota Surakarta
Harga: Mulai dari 10,000 IDR per porsi

2. Ayam Goreng Mbah Karto

Image credit: Biro Pers Setpres (kiri), @whatvinaeat (kanan)

Jika tertarik menikmati kuliner ayam kampung goreng, tempat makan langganan Jokowi ini bisa jadi jujukan kamu. Rumah makan ini terkenal bukan hanya karena sajian ayam gorengnya yang gurih dan krenyes, tapi juga karena sambalnya yang beraneka ragam. Ingin yang ikonik, kamu bisa mencoba sambal blondho, sambal dari ampas minyak yang merupakan hasil endapan santan kental yang dicampur dengan bawang. Menikmati seporsi nasi hangat, ayam goreng gurih dan sambal blondho, sensasinya maknyus, lho!

Lokasi: Jl. Jaksa Agung Raya Suprapto No.8, Gabusan, Jombor, Bendosari, Kabupaten Sukoharjo
Harga: Mulai dari 20,000 IDR per porsi

3. Timlo Sastro

Image credit: @soloculinery

Rumah makan yang ada di belakang Pasar Gede yang satu ini reputasinya sudah begitu melegenda. Tidak sedikit public figure nasional, termasuk Jokowi, yang menjadikan Timlo Sastro sebagai jujukan makan untuk sarapan, brunch atau makan siang. Kuliner sejenis sop dengan suwiran daging ayam, irisan telur, pindang kecap, ati ampela, hingga potongan sosis Solo sebagai isian, dan kuah hangatnya yang kaya akan rempah menjadi alasan mengapa sajian ini banyak peminatnya.

Lokasi: Jalan Kapten Mulyadi No.8, Sudiroprajan, Jebres, Sudiroprajan, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari 7,000 IDR untuk paket hemat hingga 19.000 IDR untuk paket lengkap

4. Sate Kere Mbak Tugiyem

Image credit: @solo.ngangeni

Terbuat dari bahan yang sederhana, tempe, tempe gembus, dan berbagai jeroan, sate kere buatan Tugiyem ternyata menjadi salah satu favorit presiden Indonesia itu. Tempat makan langganan Jokowi ini juga mempertahankan lokalitas dan cita rasa, yang membuat pelanggannya terus dan terus datang. Mengambil tempat jualan di parkiran Depot Es Nini Thowong, sate kere Mbak Tugiyem menjadi salah satu kuliner yang harus kamu coba saat liburan ke Solo.

Lokasi: Jln. Arifin No 63, Jebres, Solo
Harga: Per tusuk sate tempe 1,500 IDR, sementara untuk sate jeroan dihargai 22,000 IDR per 10 tusuk

5. Sate Kambing Hj Bejo

Image credit: @thoryc.id

Sudah semenjak menjadi walikota Solo, sate kambing Bu Hj Bejo menjadi langganan Jokowi. Bukan hanya lezat dan gurih, setiap menu yang ditawarkan di sini, Mulai dari sate, tongseng, gule, tengkleng dan nasi goreng, memiliki kekhasan yang tidak tersedia di tempat lain. Yang menjadikan tempat makan ini jadi langganan Jokowi adalah sate buntelnya, yang mungkin kamu harus datang sendiri untuk merasakan kenikmatannya.

Lokasi: Jl. Sungai Sebakung, Kedung Lumbu, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari 35,000 IDR untuk satu porsi sate buntel

6. Tahu Kupat Dan Telur Solichin

Image credit: @the.lucky.belly

Tempat makan langganan Jokowi lainnya yang bisa kamu kunjungi saat liburan ke Solo adalah Tahu Kupat dan Telur Solichin. Bukan hanya menyegarkan, karena kuah gurih yang tersaji di setiap piringnya, tapi juga mengenyangkan karena jumlahnya yang banyak dalam setiap porsinya. Belum lagi isian sayuran dan telur juga tahu goreng, yang akan membuatmu pulang dengan kesan yang melegakan.

Lokasi: Jalan Gajah Mada, 95, Solo
Harga: Mulai dari 9,000 IDR hingga 11,000 IDR setiap porsinya

7. Bakmi Djawa Radjiman

Image credit: @kantii

Sepanjang jalan Dr. Radjiman, Solo, kamu akan mendapati belasan warung bakmi Jawa dengan rasa yang bersaing enaknya. Hampir semuanya menggunakan teknik masak yang sama, menggunakan anglo, yang menjadikan setiap porsi bakmi Jawa yang dihidangkan memiliki cita rasa yang luar biasa maknyus. Tidak salah jika Jokowi begitu tertarik untuk mampir dan makan di sini.

Lokasi: Jl. dr. Radjiman, Singosaren, Solo
Harga: Mulai dari 5,000 IDR hingga 22,000 IDR per porsi

8. Rujak Cingur Prabu

Image credit: @yunita_tw

Ada warung rujak cingur di Solo, lho! Kebetulan juga, saking enaknya, kuliner ini ikut menjadi tempat makan langganan Jokowi. Kuliner khas Jawa Timur ini memiliki cita rasa khas, mulai dari isian seperti cingur (hidung) sapi yang empuk, tahu dan sayuran segar juga petis yang sangat berasa. Diolah ala mentahan atau matengan, dijamin kamu akan mendapatkan kuliner yang luar biasa.

Lokasi: Jl. Sutan Syahrir No.143, Setabelan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Harga: 14,000 IDR per porsi

9. Gudeg Ceker Mbak Yus

Image credit: @buditw

Hampir setiap mudik ke Solo, Jokowi dan keluarganya menyempatkan diri menikmati seporsi gudeg ceker Mbak Yus. Bukan tanpa alasan, gudeg berisi nasi, ayam opor, tahu opor, telur pindang, krecek, daun singkong, gudeg nangka dan tambahan ceker, alias kaki ayam, menghadirkan pengalaman rasa yang istimewa bagi penikmatnya. Oh iya, warung Mbak Yus hanya buka setelah pukul 21.00 malam, ya, pas untuk kamu yang ingin menggendutkan diri.

Lokasi: Jl. RA Kartini No.12, Timuran, Banjarsari, Kota Surakarta
Harga: Mulai dari 37,000 IDR untuk gudeg lengkap

10. Nasi Pecel Grogol

Image credit: @mrvahn

Tempat makan langganan Jokowi yang juga harus kamu coba adalah Nasi Pecel Grogol. Sayuran segar dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas, disantap bersama nasi hangat dengan telur dan tempe goreng sebagai lauknya, dijamin lidah kamu akan dimanja dengan rasa yang sedikit menggigit, tapi nikmat.

Lokasi: Jalan Grogol, Solo
Harga: 22,000 IDR per porsi

11. Nasi Liwet Bu Sarmi

Image credit: @halimpartana

Ke Solo harus nyobain nasi liwet dan tempat makan langganan Jokowi, Nasi Liwet Bu Sarmi. Nasi gurih yang disajikan di sini terasa pas di lidah dan perut dengan sajian sayur labu siam bersama dengan ayam dan sedikit santan di atasnya. Jika merasa kurang lauknya, kamu bisa memilih tambahan lain untuk mengatasi nafsu makan yang besar.

Lokasi: Jl. Kapten Mulyadi, Kedung Lumbu, Ps. Kliwon, Kota Surakarta
Harga: Mulai dari 8,000 IDR hingga 15,000 IDR, tergantung lauknya

12. Es Dawet Telasih Bu Dermi

Image credit: @adreareyhan

Bagi yang tertarik dengan yang segar-segar, mencicipi es dawet di Pasar Gede sepertinya menjadi pilihan yang menarik yaitu es dawet Bu Dermi, yang terkenal tidak sepi pengunjung. Es dawet khas Solo, dengan dawet ketan hitam, tape ketan, jenang sumsum, biji telasih, gula merah dan santan dengan tambahan es batu dijamin akan menyegarkan tenggorokan kamu.

Lokasi: Jl. Ir. Juanda, Gandekan, Jebres, Kota Surakarta
Harga: 8,000 IDR per porsi

Baca juga: Itinerary Wisata Kuliner di Solo 2H1M yang Maknyus dan Cocok untuk Akhir Pekan

Nah, kamu tertarik mendatangi tempat makan langganan Jokowi yang mana?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru