15 Tempat Wisata Di Karangasem, Bali Yang Mengesankan Dan Tidak Boleh Dilewatkan

Bali bukan hanya identik dengan Denpasar, Badung dan Singaraja saja, lho! Masih ada sejumlah kabupaten lain yang keindahan alamnya juga tidak bisa dipandang sebelah mata, termasuk di antaranya Kabupaten Karangasem.

Kabupaten dari Provinsi Bali yang berada di sisi paling timur Pulau Dewata ini menyimpan segudang potensi alam yang tiada duanya. Kabupaten dengan luas wilayah 839,5 kilometer persegi tersebut juga memiliki daya tarik budaya yang tidak kalah. Tidak salah jika tidak sedikit wisatawan lokal dan mancanegara yang mengunjungi sejumlah tempat wisata di Karangasem.

Namun demikian, pamor tempat wisata di Karangasem tidak sepopuler yang ada di Badung, Tabanan dan Kota Denpasar. Padahal, keindahan alamnya memiliki peran besar menjadikan Pulau Bali begitu dikenal di dunia pariwisata internasional.

Bagi kamu yang tertarik mendapatkan pengalaman baru berwisata di Bali, tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk menjelajahi tempat wisata di Karangasem, yang jaraknya juga tidak begitu jauh dari Denpasar, sekitar dua jam perjalanan darat. Dijamin, kamu akan mendapatkan kesan yang tidak terlupakan akan tempat wisata di Karangasem, Bali ini!

1. Istana air yang memesona di Tirta Gangga

Image credit: @miss_margo211

Taman berkonsep istana air menjadi suguhan utama di Tirta Gangga. View-nya yang keren dan Instagrammable membuat tidak sedikit wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung ke salah satu tempat wisata di Karangasem yang ngehits ini.

Image credit: @swetabili

Kamu bisa menemukan beragam spot kece, mulai dari air mancur yang cantik, kolam yang instagenik hingga latar belakang Gunung Agung yang ciamik untuk dijadikan latar berfoto.

Image credit: @travely_hannah

Tidak hanya untuk menenangkan pikiran lewat pemandangannya yang aduhai, kamu juga bisa mendinginkan badan dengan berenang di sini. Seru!

Lokasi: Jalan Raya Abang Desa Adat, Ababi, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali
Tiket: 5,000 IDR per orang

2. Pura Lempuyang Luhur yang ikonik

Image credit: @iwwm

Tidak bisa dimungkiri, Pura Lempuyang Luhur menjadi salah satu tempat wisata di Karangasem yang paling ngehits. Bagaimana tidak, pura ini memiliki pesona yang tiada bandingannya.

Image credit: @robertovoltaphoto

Pura ini menjadi salah satu pura tertua di Bali Timur dan berlokasi di lereng Gunung Suci Lempuyang. Dari puncaknya, kamu akan mendapati pesona alam yang keren abis.

Image credit: @breslavtsev

Tidak sedikit juga yang menyebut pura ini sebagai Gate to Heaven. Meski menarik untuk dijadikan spot berfoto, kamu tetap harus menjaga sikap bila berkunjung karena bagaimanapun juga, pura ini merupakan tempat beribadah umat Hindu.

Lokasi: Bunutan, Abang, Seraya Bar., Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali
Tiket: Gratis

3. Taman Sukasada, istana yang mengagumkan

Image credit: @smilewithjeryl

Selain Tirta Gangga, Kerajaan Karangasem juga meninggalkan istana air lain yang tidak kalah mengesankan, Taman Sukasada, atau yang lebih dikenal dengan Istana Air Taman Ujung.

Image credit: @_yafiqyusman_

Perpaduan arsitektur khas Bali dan gaya Eropa membuat istana air ini cukup mencuri perhatian. Belum lagi latar Gunung Agung di sisi barat yang menambah eksotisme tempat ini.

Image credit: @petite.mariemi

Bangunan istana yang tidak lagi utuh membuat istana air ini juga menjadi Instagrammable, pas untuk dijadikan aktivitas berselfie kamu.

Lokasi: Desa Ujung, Jl. Raya Taman, Tumbu, Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali
Tiket: 15,000 IDR untuk wisatawan lokal, 50,000 IDR untuk wisatawan asing

4. Berayun, bersantai dan membuat cokelat di Bali Chocolate Factory (Charlie Chocolate Factory)

Image credit: @lizaweta

Salah satu spot paling terkenal di Instagram ini memang menyuguhkan panorama yang indah. Namun ayunan di antara pohon kelapa itulah yang kemudian menjadikan spot, yang juga terkenal dengan nama Charlie Chocolate Factory ini, begitu fenomenal.

Image credit: @whatsthehelen

Bagi si kecil, selain berayun dan bermain di pantai dan di antara pepohonan kelapa, tentunya mereka akan tertarik dengan kelas memasak olahan cokelat yang ditawarkan.

Image credit: @novikovadaria.dn

Tempat wisata di Karangasem ini juga menjadi spot yang asyik untuk bersantai. Bayangkan, menikmati cokelat di pantai yang asri, asyik banget, kan?

Lokasi: Jalan Raya Pantai Jasri Kauhan, Jasri, Karangasem, Bali

5. Menikmati nuansa asyik dan bunga teratai di Lotus Lagoon

Image credit: @elke.dekort

Tempat wisata di Bali yang satu ini bisa dikatakan tidak biasa, namun level kerennya tetap berkualitas Bali.

Ya, Lotus Lagoon Candidasa menjadi destinasi wisata yang layak dikunjungi karena keunikan adanya ratusan, bahkan ribuan bunga teratai di kolamnya. Dominasi warna merah muda dan fuchsia yang khas membuat siapapun yang bersantai di sini akan mendapatkan suasana yang nyaman dan tenang.

Image credit: @avgustina_tina

Kolam yang luas dan penuh dengan bunga teratai juga memberikan sensasi tersendiri untuk menenangkan hati. Panorama alam yang juga keren menambah daya tarik tersendiri dari taman bunga ini.

Pecinta swafoto pastinya tidak boleh melewatkan momentum berselfie, atau wefie di tempat yang sangat Instagrammable ini, lho!

Lokasi: Jl. Raya Candidasa, Sengkidu, Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali
Tiket: Gratis

6. Panorama alam bawah air yang istimewa di Pantai Tulamben

Menikmati keindahan alam bawah air tanpa merogoh kocek dalam-dalam? Bisa. Dengan membawa peralatan snorkel pribadi, kamu bisa snorkeling di Tulamben, Karangasem dan nikmati keindahannya tanpa harus berenang jauh dari pantai.

Image credit: @adamfreediver

Pantai Tulamben memiliki biota laut yang indah dengan terumbu karang yang memesona. Kamu juga bisa melihat bangkai kapal USS Liberty yang tenggelam pada 1963.

Image credit: @cungkring

Dijamin, penggila snorkeling dan diving tidak akan menyesal memaksimalkan hobinya di sini!

Lokasi: Tulamben, Kubu, Tulamben, Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali

7. Pantai Bias Tugel yang tersembunyi di Padang Bai

Siapa menyangka ada pantai indah berada di dekat pelabuhan Padang Bai. Pantai itu dinamai Pantai Bias Tugel.

Image credit: @insane.motion

Lokasinya masih tersembunyi. Untuk bisa sampai ke lokasi, kamu juga harus melakukan sedikit tracking sebelum menemukan pantai berpasir putih dengan panorama laut yang biru dan membentang luas.

Image credit: @cungkring

Selain berenang dan berjemur, kamu juga bisa snorkeling di pantai ini. Meski lokasinya yang tersembunyi, ada warga yang menyewakan peralatan snorkeling, mulai dari masker hingga pelampung. Asyik banget, lho!

Lokasi: Padangbai, Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali
Tiket: 5,000 IDR per orang

8. Pantai Amed, spot terbaik untuk diving dan snorkeling

Selain Pantai Tulamben, Pantai Amed juga menjadi destinasi wisata yang tepat bagi penggemar snorkeling dan scuba diving.

Image credit: @wahyu_wt

Pantainya sendiri cukup asyik untuk dijadikan spot bersantai. Saat pagi hari, kamu bisa menikmati sunrise yang keren. Airnya yang jernih dengan ombak yang tenang semakin memanjakan kamu untuk bermain air di sini.

Image credit: @chelseakauai

Pantai Amed paling pas untuk dijadikan spot diving dan snorkeling. Pemandangan bawah lautnya masuk dalam kategori keren dan luar biasa. Visibiltas di dalam air juga sangat baik, pas untuk menikmati panorama bawah air.

Lokasi: Desa Amed, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali
Tiket: Gratis

9. Air Terjun Yeh Labuh, tersembunyi dan eksotik

Bisa membayangkan tempat wisata yang eksotik, tersembunyi dari publik dan masih banyak belum disentuh peradaban?

Image credit: @angga_diputra

Di air terjun Yeh Labuh, kamu akan mendapati nuansa tersebut. Alamnya masih alami, akses ke tempat wisata di Karangasem ini juga masih sulit. Namun, kamu akan disuguhi pesona air terjun yang menarik dengan debit air yang cukup deras.

Image credit: @widana44

Bagi yang ingin menjauh dari keramaian dan menikmati nuansa alam yang natural, air terjun Yeh Labuh bisa menjadi destinasi yang tepat dituju.

Lokasi: Selumbung, Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali
Tiket: Gratis

10. Air Terjun Batu Angsel yang menawan hati

Minim sekali publikasi mengenai tempat wisata di Karangasem ini, padahal kadar eksotisme sangat luar biasa. Bayangkan, air terjun yang mengalir di antara dua tebing batu yang menjulang, pemandangannya sangat apik.

Image credit: @petinganpoleng_15

Memang tidak ada debit air yang besar yang mengalir dari puncak bukit, namun panorama yang ditawarkan sulit untuk digambarkan dengan jelas.

Image credit: @made_bonc

Keberadaan batu yang ‘terselip’ di antara dua bukit, sedikit menghalangi pandangan yang mengarah langsung ke air terjun, menambah daya tarik tempat wisata yang masih perawan ini.

Lokasi: Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali
Tiket: Gratis

11. Mengagumi bunga abadi di Padang Bunga Kasna

Taman bunga di Bali terbukti memiliki keunikannya sendiri, tidak terkecuali Padang Bunga Kasna.

Image credit: @vitariveraa

Berlokasi di Karangasem, Bali, padang bunga ini menjadi hits di kalangan Instagrammer karena pemandangan menarik yang ditawarkan. Padang bunga berwarna putih, terhampar di lahan yang cukup luas, dengan background warna hijau dari pepohonan yang ada, kamu bakal kesulitan untuk tidak mengambil setiap momen keren dengan kamera kamu.

Image credit: @laksmiastri

Meski hanya merupakan bunga liar, nuansa, atmosfer serta panorama yang ditawarkan begitu menyejukkan. Belum lagi pesona alam sekitar yang tidak kalah keren.

Image credit: @gustindra

Namun, untuk bisa mendapatkan momen terbaik, kamu harus datang sebelum perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan di Bali. Soalnya, bunga kasna ini akan dipetik dan menjadi bagian sesaji upacara umat Hindu.

Lokasi: Pempatan, Rendang, Karangasem, Bali
Harga tiket: Gratis

12. Surga tersembunyi bernama Bukit Asah Bugbug

Tidak ada hal yang paling mengesankan ketimbang liburan ke surga tersembunyi di Bali, seperti di Bukit Asah Bugbug.

Image credit: @putusukmana

Tempat wisata di Karangasem ini menjadi salah satu spot paling Instagrammable di Bali dengan pemandangan perbukitan, tebing dan laut yang keren. Spot terbaik untuk menikmati semua itu adalah di puncak Bukit Asah itu sendiri.

Image credit: @agung.ww95

Akses untuk sampai ke lokasi juga tidak cukup sulit. Namun demikian, masih sedikit wisatawan yang datang menikmati pesona alam di spot ini. Apakah kamu yang berikutnya?

Lokasi: Desa Adat Bugbug, Kabupaten Karangasem, Bali
Tiket: Gratis

13. Keindahan berwarna keemasan di Ladang Bunga Gumitir

Image credit: @pu3ben

Kalau menuju Kintamani dari Bedugul, atau sebaliknya, kamu akan menemukan ladang bunga Calendula di sisi jalan.

Warnanya yang kuning keemasan, juga ladang yang tersusun rapi dan pemandangan alam yang tidak kalah seru, seakan mengundang kamu mampir dan berswafoto.

Image credit: @gustindra

Namun, tidak setiap saat kamu bisa mengunjungi ladang bunga ini. Ada waktu tertentu ketika bunga Calendula, atau biasa disebut Marigold, mekar dan bersemi indah, yaitu saat memasuki musim panas, sekitar Juni hingga Agustus.

Tempat wisata di Bali ini sangat instagrammable dan yang lebih penting lagi, gratis untuk di kunjungi.

Lokasi: Desa Belok, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Bali.
Tiket: Gratis

14. Menikmati rumah pohon tertinggi di Bali di Rumah Pohon Bukit Lemped

Sebelum menuju ke Tirta Gangga, kamu akan mendapati sebuah rumah pohon yang unik yang terlihat dari kejauhan. Tidak ada salahnya mampir ke tempat wisata di Karangasem, yang bisa dikatakan baru ini.

Image credit: @__degunn

Adalah I Wayan Putu Mudita yang menjadi penggagas rumah pohon ini. Di sebidang tanah di perbukitan yang ada, dia mengubah dan membentuk sejumlah spot menjadi lokasi foto yang Instagrammable.

Image credit: @supar_sana

Wahana paling menantang adalah jembatan gantung menuju rumah pohon ini. Meski bergoyang dan terkesan tidak stabil, dari atas jembatan gantung ini kamu bisa menikmati alam Bali dan pemandangan Gunung Agung di sisi timur yang menarik.

Lokasi: Jl. Raya Tirta Gangga, Padang Kerta, Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali
Tiket: 10,000 IDR untuk dewasa, 5,000 IDR untuk anak-anak

15. Struktur bambu yang unik di Rumah Bambu Pengalon

Image credit: @uklamoyamalang

Proyek mangkrak ternyata bisa menyuguhkan pemandangan yang istimewa, lho! Buktinya ada di Candidasa, kala Anda mengunjungi Rumah Bambu Pengalon.

Image credit: @nie.marcello

Arsitektur yang unik, ditambah lanskap alam yang menarik, plus bambu sebagai bahan dasar pembuatan infrastruktur ini, menjadikan Rumah Bambu Pengalon, yang berada di dekat danau kecil nan biru, layak jadi jujukan utama kala bertandang ke Candidasa.

Lokasi: Br. Pengalon, Desa Antiga, Manggis, Karangasem, Bali
Tiket: Gratis

Baca juga: 15 Tempat Wisata di Bali yang Instagrammable dan Gratis

Nah, sudah punya inspirasi untuk liburan ke Bali Timur akhir pekan ini, kan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru