5 Tengkleng Solo Paling Maknyus Dan Wajib Kamu Coba

Kuliner apa yang begitu identik dengan Solo? Jika jawaban kamu adalah tengkleng Solo, acungan dua jempol layak diberikan. Tengkleng memang menjadi salah satu varian masakan dari bahan dasar daging kambing yang cukup ngehits di Solo, selain sate dan gule tentunya.

Bisa dikatakan banyak penjual tengkleng di seputaran Solo. Harganya pun variatif. Namun jika ingin mencoba tengkleng Solo dengan kualitas yang melegenda dan pastinya maknyus, lima warung ini bisa dikatakan sebagai tempat yang tepat untuk dituju. Ingin tahu tempat makan yang saja itu, coba cek daftarnya di bawah ini.

1. Tengkleng Klewer Bu Edi yang unik

Bingung apa keunikannya? Kekhasan dari tengkleng klewer Bu Edi ada pada penyajiannya, di mana tengkleng disajikan di atas pincuk dan kamu bisa menikmati kuahnya langsung dari pincuk tersebut.

Image credit: @jajanyogya

Tengkleng Solo ini menjadi salah satu kuliner yang terkenal bahkan sejak tahun 1970-an. Sempat berkeliling dari satu tempat ke tempat lain, warung ini akhirnya menetap di bawah gapura Pasar Klewer. Tidak akan sulit menemukan tempat makan ini karena selalu rame pembeli.

Image credit: @arifbarokah

Lokasi: Pasar Klewer, Gajahan, Jl. DR. Radjiman, Kauman, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 12.00 hingga 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 25,000 IDR per porsi

2. Tengkleng Bu Pon dengan varian lengkap

Keistimewaan tengkleng kambing Bu Pon ada pada menu dan varian yang cukup lengkap. Isi dari setiap sajian tengklengnya, dari iga, sumsum hingga bagian kepala kambing bisa kamu pilih dalam bentuk sate.

Image credit: @ultimatetommy

Menikmati tengkleng Solo ini paling enak adalah dengan kuah pedas dan panas. Levelnya bisa ditentukan sendiri karena kamu bisa meminta tambahan cabai rawit. Satu porsi mungkin akan kurang memenuhi nafsu makan kamu.

Lokasi: Shelter Lojiwetan, Jl. Kapten Mulyadi, Kedung Lumbu, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 9.00 hingga 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 25,000 IDR per porsi

3. Tengkleng Bu Jito Dlidir yang istimewa

Tidak sedikit yang menilai tengkleng Bu Jito Dlidir rasanya juara. Bukan hanya menyajikan kuah yang gurih dengan bumbu rempah yang menggigit, daging kambing dalam sajian tengklengnya juga nikmat dan melimpah.

Image credit: @warung_tengkleng

Warung Bu Jito juga tidak sekadar menyajikan tengkleng. Bagi yang tertarik menikmati sajian lain seperti sate, tongseng maupun gule, bisa mendapatkannya di sini. Kualitas rasanya juga tidak kalah top, lho!

Lokasi: Jl. Kolonel Sugiyono No.67, Kadipiro, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 9.00 hingga 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR per porsi

4. Sensasi menggigit di tengkleng rica Pak Manto

Tengkleng Solo yang satu ini lebih pas diperuntukkan bagi mereka yang suka makanan pedas. Bumbu yang disajikan sepertinya sedikit berbeda, tapi kualitas rasa yang maknyus tetap terjaga.

Image credit: @jktfooddestination

Tengkleng rica Pak Manto disajikan dengan sedikit pedas berkat tambahan merica di setiap sajiannya. Bumbu rempah yang digunakan juga cukup terasa dan level gurihnya juga istimewa. Ada juga tengkleng goreng yang memberikan sensasi berbeda. Kamu harus coba, ya!

Image credit: @imammiot

Lokasi: Jl. Honggowongso No.36, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 9.00 hingga 21.00
Harga: Mulai dari 30,000 IDR per porsi

5. Tengkleng langganan presiden, Tengkleng Mbak Diah

Konon, keluarga Presiden Indonesia kedua, Soeharto, menjadi pelanggan setia dari warung makan ini. Bukan tanpa alasan karena kualitas rasa tengkleng dan produk olahan kambing lainnya memang jaminan mutu.

Image credit: @jogjabikinlaper

Khusus untuk tengklengnya, Mbak Diah memiliki menu khas, yaitu tengkleng kepala kambing. Kuahnya gurih, rasanya kuat dan porsinya yang melimpah menjadi perpaduan yang tepat untuk menarik banyak pengunjung untuk menikmati. Dijamin ketagihan, deh!

Lokasi: Desa Tanjunganom RT.002 / RW.001, Kwarasan, Grogol, Tj. Ongih, Kwarasan, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 9.00 hingga 21.00
Harga: Mulai dari 25,000 IDR per porsi

Baca juga: 8 Kuliner Di Pasar Gede Solo Yang Murah, Maknyus Dan Tidak Boleh Dilewatkan

Nah, dari lima tengkleng Solo di atas, yang mana saja yang pernah kamu coba?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru