Tidak Jadi Ditutup, Pulau Komodo Terapkan Aturan Baru Buat Wisatawan

Rencana Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur menutup Pulau Komodo untuk kepentingan konservasi alam dipastikan batal terwujud. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Pulau Komodo tidak ditutup, namun akan ada aturan main baru yang harus ditaati pengunjung.

“Jadi Pulau Komodo ini tidak ditutup,” ujar Luhut dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/10).

“Kita lakukan penataan bersama pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta pihak terkait. Dibuat aturan adanya pembatasan jumlah wisatawan ke Pulau Komodo dengan diadakannya tiket kapasitas kunjungan/ wisatawan,” lanjutnya.

Kebijakan tersebut diambil setelah dilakukan rapat koordinasi Pengelolaan Taman Nasional Komodo bersama dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Gubernur NTT Viktor Laiskodat di Kantor Kemenko Maritim, Senin (30/9).

Ada pun pengaturan tiket nantinya akan diberlakukan sistem membership alias keanggotaan tahunan yang bersifat premium. Pemilik kartu anggota premium ini bisa mengunjungi Pulau Komodo langsung, di mana hewan purba tersebut berada di habitat aslinya. Sedangkan yang tidak memiliki kartu premium akan diarahkan ke pulau lain, namun tetap memiliki komodo di dalamnya, seperti Pulau Rinca.

Selain penerapan aturan baru di Pulau Komodo, pemerintah juga akan membangun Pusat Riset Komodo sekaligus penataan kapal cruise ke Pulau Komodo dan Labuan Bajo untuk semakin meningkatkan layanan dan daya tarik pulau eksotis di NTT ini.

Pulau Komodo sendiri baru-baru ini masuk dalam daftar 10 pulau terindah di dunia versi CNN, yang dirilis pada 24 September 2019. Bukan hanya memiliki garis pantai berpasir putih yang panjang, air laut yang jernih, keasrian alam yang terjaga dan ekosistem yang bervariasi, keberadaan kadal purba tersebut menjadi keunikan dan kekayaan tersendiri yang tidak tertandingi.

Keindahan alam bawah laut Pulau Komodo dan kekayaan hayatinya, dengan keberadaan kuda laut kerdil, gurita cincin biru, paus Omura, dugong dan terumbu karang yang beraneka warna menambah eksotisme Pulau Komodo.

Baca juga: 10 Taman Nasional Di Indonesia Yang Tidak Kalah Indah Dari Taman Nasional Komodo

Dengan Pulau Komodo tidak jadi ditutup, apakah kamu memiliki rencana untuk berkunjung dalam waktu dekat?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru