5 Tips Menabung Untuk Traveling Yang Sangkil Dan Mangkus

Pasti ada di antara kamu yang bertanya-tanya, “kok dia bisa jalan-jalan terus meski gajinya tidak seberapa?”, ya kan? Tenang saja, bukan hanya kamu yang berpendapat demikian. Hampir semua orang juga pernah berpikir seperti itu karena terkendala budget pas-pasan untuk jalan-jalan, terutama yang tujuannya ke luar negeri. Itu terjadi karena mereka belum tahu tips menabung untuk traveling.

Bisa jadi kamu dan yang lainnya belum tahu bagaimana caranya menyisihkan dana khusus untuk jalan-jalan. Dengan gaji pas-pasan sekalipun, dengan strategi yang tepat, kamu masih bisa jalan-jalan, dalam ataupun ke luar negeri, lho!

Tidak percaya? Simak dulu tips menabung untuk traveling, yang mungkin bisa kamu aplikasikan mulai sekarang juga untuk mewujudkan mimpi jalan-jalan. Jangan khawatir, tipsnya aplikatif banget, kok! Cekidot, ya!

1. Menentukan target liburan

Dalam panduan dan tips menabung untuk traveling ini, sangat penting untuk menentukan target liburan, mulai dari destinasi yang dituju, jadwal keberangkatan dan dana yang mungkin dibutuhkan. Semua itu bisa menentukan besarnya budget yang harus dikeluarkan saat liburan.

Dari penentuan target ini bisa diketahui perkiraan harga, yang pastinya bisa menentukan jumlah uang yang harus dikumpulkan dan dikeluarkan.

2. Menabung setiap waktu

“Sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit”. Peribahasa berlaku efektif untuk yang ingin menabung untuk traveling. Sisihkan uang jajan, gajian atau tips yang kamu dapatkan dari berbagai sumber, berapapun jumlahnya, di setiap saat untuk mewujudkan mimpi kamu ini.

Kunci yang harus dipegang teguh dalam kegiatan ini adalah konsisten melakukannya, tentukan nominal menabung yang tidak terlalu berat, tekad besar untuk tidak mengutak-atik tabungan ini. Ada yang menyarankan untuk membuat rekening khusus dan menggunakan fasilitas autodebet dari bank untuk “memaksa” kamu menabung, terutama bagi yang sudah memiliki pekerjaan dan penghasilan sendiri, dan baru bisa diambil pada periode tertentu. Ikut arisan bisa juga, lho!

3. Skala prioritas untuk kebutuhan

Yang ini juga sangat penting dalam tips menabung untuk traveling kamu. Untuk mewujudkan mimpi yang lebih besar, jika memungkinkan harus mengesampingkan kesenangan yang lebih tidak signifikan. Pilih apa yang harus dipenuhi, apakah keinginan atau kebutuhan. Bisa membedakannya?

Salah satu hal yang mungkin harus diredam adalah keinginan untuk beli di luar dan makan enak setiap saat. Aktivitas jalan-jalan di mall juga mungkin bisa diturunkan tensinya, untuk menghindari “lapar mata”. Mencari wifi gratisan juga sangat dianjurkan. Anggaran dari meminimalkan tiga hal di atas terbukti cukup signifikan membantu urusan menabung untuk traveling kamu, lho!

4. Cari kerja sampingan

Well, memang dibutuhkan sedikit kerja keras untuk bisa mendapatkan tambahan dana untuk liburan. Mengapa tidak mengambil kerja sampingan?

Banyak sekali penawaran kerja sampingan yang bisa diambil, dan pastinya bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kapabilitas kamu. Jika tidak, kamu juga bisa berbisnis online. Banyak cara untuk bisa mewujudkan mimpi kamu liburan sebanyak mungkin, lho! Jangan malas dan menyerah, ya!

5. Mencicil kebutuhan traveling

Ya, mencicil kebutuhan jalan-jalan termasuk dalam tips menabung untuk traveling kamu. Untuk yang ini memang dibutuhkan kecermatan dan ketelatenan untuk bisa meminimalkan anggaran liburan kamu.

Apa saja kebutuhkan liburan yang bisa dicicil? Hal-hal seperti tiket pesawat, kereta api atau bus adalah beberapa di antaranya. Jika mencari jauh-jauh hari, kamu bisa mendapatkan harga spesial, promo bahkan mungkin tidak perlu membayar alias gratis. Bisa? Tentu bisa. Yang penting harus rajin mencari kabar promo spesial yang ada.

Pun demikian dengan pemesanan hotel. Baik penginapan berkelas bintang lima hingga hostel kecil di sudut kota, kamu bisa mendapatkan promo dengan harga khusus yang sangat terjangkau jika rajin browsing informasi.

Keperluan lain yang bisa dicicil adalah pengurusan visa dan paspor bagi yang tertarik jalan-jalan ke luar negeri. Mengurusi masalah ini bisa sangat menguras tenaga, dana, emosi dan banyak lainnya. Karena itu penting sekali untuk “mencicil”-nya dari waktu ke waktu untuk menjaga mood dan persiapan keberangkatan.

Baca juga: Tips Dan Panduan Buat Traveler Memilih Asuransi Perjalanan

Nah, menurut kamu, apakah ada hal lain yang perlu ditambahkan dalam tips menabung untuk traveling di atas? Mengapa tidak berbagi pengalaman kamu dengan kami? Caranya isi kolom komentar di bawah ini, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru