Tips Dan Panduan Buat Traveler Memilih Asuransi Perjalanan

Pertanyaan ini sering muncul di beberapa forum wisata, lokal maupun internasional. Apakah memiliki asuransi perjalanan menjadi hal yang penting saat berwisata ke luar negeri?

Perlu dipahami terlebih dulu bahwa asuransi perjalanan merupakan proteksi yang sangat bisa diandalkan saat kamu berwisata, terutama di luar negeri. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari berbagai ancaman dan risiko yang mungkin terjadi di sepanjang perjalanan, mulai dari kecelakaan hingga beragam kesialan lainnya. Memiliki asuransi perjalanan, berarti kamu tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra, yang bisa saja nilainya sangat besar, untuk membayar ongkos perawatan di rumah sakit saat kesialan di atas terjadi.

Namun, banyak orang yang tidak memaksimalkan fasilitas tersebut karena minimnya informasi terkait asuransi perjalanan. Untuk bisa mulai mempertimbangkan dengan lebih baik, di bawah ini ada sejumlah panduan informasi dan tips memilih asuransi perjalanan yang tepat untuk perjalanan wisata kamu. Cekidot, ya!

Dengan memiliki asuransi perjalanan, risiko semacam ini bisa diselesaikan dengan jauh lebih mudah

Apa itu Asuransi Perjalanan?

Diambil dari sejumlah sumber, asuransi perjalanan merupakan perlindungan atau proteksi yang diberikan kepada tertangggung untuk menghindari risiko yang mungkin terjadi saat melakukan perjalanan. Asuransi ini bisa memberikan banyak manfaat, antara lain:

  • Ganti rugi kecelakaan
  • Penggantian biaya berobat
  • Penggantian barang atau bagasi yang hilang
  • Santunan dan perlindungan ganda saat terjadi kecelakaan pesawat
  • Tanggungan evakuasi medis
  • Penggantian biaya kunjungan anggota keluarga
  • Fasilitas bantuan media selama 24 jam di seluruh dunia

Mengetahui manfaat di atas seharusnya bisa menjadi penentu buat kamu mempertimbangkan untuk memilih asuransi perjalanan yang tepat. Apalagi, risiko yang kamu miliki sangat besar jika tidak memiliki asuransi ini, yang pastinya akan mengancam kondisi finansial kamu.

Pertimbangan Biaya Asuransi Perjalanan

Untuk bisa memberikan perlindungan, tentunya ada kewajiban pembayaran polis yang harus dilakukan. Terkait jumlah biaya ini, nilainya bisa berbeda-beda di setiap orang. Pasalnya ada faktor penentu untuk menentukan biaya asuransi perjalanan, antara lain:
Usia Tertanggung

Usia yang lebih matang (baca: lanjut usia) membutuhkan biaya asuransi yang lebih mahal. Pertimbangannya, risiko lebih tinggi terjadi pada tertanggung yang usianya masuk kategori tua, mulai dari kelalaian hingga penyakit pada saat melakukan perjalanan.

1. Kondisi Kesehatan Tertanggung

Riwayat kesehatan bisa menentukan apakah tertanggung harus membayar biaya polis lebih mahal atau tidak dari yang seharusnya. Jika riwayat kesehatannya kurang baik, kemungkinan besar biaya polis yang harus dibayarkan juga lebih besar dibanding yang memiliki riwayat kesehatan baik.

2. Manfaat Dan Fasilitas Yang Ditawarkan

Jika manfaat yang ditawarkan lebih lengkap, jangan heran jika biaya asuransinya menjadi lebih mahal.

Tips Memilih Asuransi Perjalanan

Setelah tahu pentingnya konsep asuransi perjalanan, tidak ada salahnya mulai mempertimbangkan untuk memilikinya saat bepergian ke luar negeri. Namun, dibutuhkan pengamatan yang cermat untuk bisa mendapatkan produk dan fasilitas yang paling tepat untuk kamu.

Di bawah ini merupakan tips memiih asuransi perjalanan, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

1. Pastikan mengetahui proteksi dan manfaat apa yang didapat

Hal ini sangat penting karena setiap perusahaan asuransi menawarkan produk yang berbeda. Kamu harus tahu apa yang benar-benar dibutuhkan untuk bisa melindungi kamu saat plesiran ke luar negeri. Memahami proteksi dan manfaat yang bisa didapat akan sangat membantu untuk kamu menentukan produk asuransi apa untuk dipilih.

2. Pilih penyedia asuransi yang memberikan informasi secara menyeluruh

Kamu bisa memaksimalkan layanan mesin pencari Google untuk mengetahui dan membandingkan produk asuransi yang ditawarkan, termasuk mengenai detail informasi layanan kesehatan yang bisa didapatkan, mulai dari biaya medis, santunan, premi, manfaat, metode bayar dan pastinya ketentuannya.

3. Samakan antara jangka waktu perlindungan dan lamanya perjalanan

Hal ini bisa juga memengaruhi biaya polis. Namun, bukan hal yang buruk jika perjalanan kamu dalam waktu yang panjang dan lama bisa tetap terproteksi dari sejumlah risiko yang mungkin terjadi.

Beraktivitas ekstrim bisa semakin nyaman dan terlindungi bila kamu sudah mengantungi asuransi kesehatan yang tepat.

4. Sesuaikan dengan kebutuhan

Traveler yang suka berpetualang di alam terbuka memiliki risiko yang berbeda dengan traveler yang gemar menjelajah kota. Karena itu penting sekali untuk mengetahui kebutuhan kamu, untuk kemudian bisa membantu memilih asuransi perjalanan yang tepat.

5. Pastikan tujuan kamu berwisata

Meski ada produk asuransi perjalanan yang memiliki cakupan yang luas, penting sekali untuk kamu mengetahui kemana akan berwisata. Pasalnya, perusahaan asuransi memiliki sejumlah kebijakan yang tidak melindungi kliennya apabila melakukan perjalanan ke tempat yang berisiko tinggi, seperti daerah konflik atau tempat rawan bencana.

6. Pahami polis yang ada

Lumrahnya, ada sejumlah pengecualian yang diberikan perusahaan asuransi dalam ketentuan pengajuan klaim, seperti kecelakaan karena pengaruh alkohol atau obat-obatan, kecelakaan disengaja, kecelakaan force majeure, memiliki penyakit sebelum mengambil asuransi dan kecelakaan terkait kehamilan. Jika terjadi salah satu di atas, perusahaan asuransi biasanya akan menolak klaim. Karena itu, penting sekali bagi kamu membaca polis asuransi untuk bisa menentukan apakah produk yang ditawarkan sesuai kebutuhan kamu.

7. Pastikan memilih perusahaan asuransi yang memiliki reputasi baik

Penting sekali buat kamu untuk melihat reputasi dan riwayat perusahaan penyedia asuransi untuk terhindar dari penipuan dan kesulitan proses klaim. Hindari membeli produk asuransi di perusahaan yang memiliki reputasi yang buruk. Hal ini bisa membuat kamu bakal kesulitan melakukan proses klaim. Selain itu, fasilitas yang ditawarkan bisa jadi kurang memadai.

Image credit: @see_usa_tours

Baca juga: Tips Dan Panduan Menarik Uang Tunai Di Luar Negeri

Dengan tips memilih asuransi perjalanan di atas, sudah saatnya kamu mempertimbangkan untuk memilikinya di sesi perjalanan wisata ke luar negeri berikutnya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru