7 Tips Menyimpan Paspor Agar Tidak Mudah Rusak Dan Hilang

Siapa di antara kamu yang pernah kehilangan paspor? Atau pernah paspor rusak karena basah, sobek atau terbakar? Well, kesialan semacam itu pastinya tidak pernah terpikirkan bakal terjadi dalam dirimu, kan? Tapi, jika itu memang terjadi, mau tidak mau, bersiaplah untuk menghadapi keribetan mengurus kembali paspor kamu. Karena itulah sangat penting mengetahui cara menyimpan paspor yang benar.

Faktanya, secara administratif, kamu akan mendapatkan denda sebesar 1 juta rupiah karena kerusakan pada paspor yang disengaja atau paspor hilang. Peraturan ini ada dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 8 Tahun 2014 dan PP Nomor 28 Tahun 2019. Selain itu, permohonan kamu untuk membuat paspor baru juga mungkin akan ditangguhkan hingga batas waktu tertentu. Itu artinya, abaikan semua rencana jalan-jalan ke luar negeri selama masa penangguhan!

Image credit: @txtravel_opi

Nah, untuk menghindari hilang atau rusak, penting sekali untuk memperlakukan paspor secara khusus. Tips menyimpan paspor di bawah ini bisa menjadi kiat yang kamu pilih untuk menghindari potensi keribetan yang bakal terjadi jika skenario terburuk tersebut terjadi. Cekidot, ya!

1. Buat “paspor cadangan”

Membuat “paspor cadangan” adalah langkah preventif pertama yang bisa kamu lakukan saat memiliki paspor. Paspor cadangan yang dimaksud di sini adalah backup paspor asli kamu, bisa berupa photocopy paspor dan hasil pemindaian.

Tentunya “paspor cadangan” ini bukanlah dokumen resmi untuk bisa masuk ke negara lain. Dengan paspor cadangan ini, kamu memiliki file yang bisa kamu tunjukkan ketika kemungkinan terburuk, paspor asli hilang atau rusak, benar-benar terjadi.

Image credit: @inspirasolution

Tips buat kamu: Buat copy paspor cadangan kamu dan tempatkan di sejumlah lokasi, misalnya di tas ransel, laci rumah atau tempat lain yang menurut kamu paling pas untuk menyimpan data tersebut. Sementara untuk file foto, kamu bisa menyimpannya di telepon selular, atau di lemari penyimpanan virtual yang kamu miliki, misal di Google Drive, OneDrive, DropBox atau yang lainnya.

2. Berikan “baju” dan “jaket” buat paspor kamu

“Baju” untuk paspor kamu itu penting. Dengan “baju” yang pantas, paspor kamu bisa tidak cepat rusak, tidak mudah basah dan terhindar dari kotoran. Jika memungkinkan, kamu juga bisa memberikan “jaket” untuk paspor kamu. “Jaket” yang dimaksud adalah kantong plastik dengan perekat, yang bisa mengamankan paspor kamu dari cipratan air.

3. Menyimpan di tempat yang tersembunyi

Ada banyak tempat penyimpanan paspor yang bisa kamu pilih, termasuk di antaranya tas khusus penyimpanan paspor, yang bisa diselipkan di bawah baju. Bentuk dan fungsinya yang seperti money belt akan sangat menguntungkan buat kamu dalam penyimpanan paspor.

4. Simpan paspor kamu di hotel

Kamu tidak perlu selalu membawa paspor setelah tiba di negara tujuan dan city tour, lho! Untuk meminimalkan risiko kehilangan atau paspor rusak, cara terbaik adalah dengan menyimpan paspor hotel.

Kamu bisa bertanya kepada pihak hotel mengenai fasilitas brankas untuk mengamankan barang berharga kamu, atau sekadar menyimpan di laci meja di kamar hotel juga bisa. Sebagai gantinya, kamu bisa membawa “paspor cadangan”, plus kartu identitas lain, seperti KTP atau SIM Internasional jika ada.

Menyimpan paspor seperti ini sangat tidak dianjurkkan!

5. Sering-sering mengecek paspor kamu

Well, tidak sedikit yang memberikan saran untuk sering-sering mengecek keberadaan paspor kamu saat bepergian ke luar negeri, terutama jika paspor tersebut selalu kamu bawa saat bepergian. Semakin sering kamu melakukan pengecekan, semakin mudah kamu melakukan pelacakan jika paspor hilang. Tapi jangan melakukan pemeriksaan di ruang terbuka dan di tengah banyak orang, ya!

6. Bawa sendiri paspor kamu!

Kamu memiliki tanggung jawab besar atas barang-barang yang kamu bawa saat bepergian ke luar negeri, termasuk di antaranya menjaga paspor kamu. Karena itu, penting sekali untuk membawa paspor dan tidak menitipkannya ke orang lain. Bisa membayangkan jika orang yang kamu titipi paspor kecolongan, dan paspor kamu termasuk salah satu barang yang ilang? Bisa repot juga, kan?

7. Selalu waspada!

Langkah antisipatif yang harus kamu miliki saat berada di luar negeri adalah selalu waspada. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dalam perjalanan wisata kita, karenanya sikap waspada harus terus dijaga. Lihat kondisi sekeliling kamu, peka dengan apa saja yang kamu bawa. Minimalkan risiko untuk terjadi hal-hal yang tidak diinginkan!

Baca juga: Panduan Mengurus Paspor Hilang Saat Di Luar Negeri

Nah, sudah tahu tips menyimpan paspor yang sangat aplikatif ini, kan? Tidak ada salahnya kamu ikuti, lho!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru