Tips Packing Untuk Menghindari Kelebihan Bagasi Pesawat

Sudah tahu fasilitas bagasi pesawat di sejumlah maskapai kini tidak lagi gratis, kan? Padahal, kamu sudah biasa bepergian dengan membawa banyak barang. Jika kebiasaan ini dipertahankan, bisa jadi kamu bakal membayar bagasi dengan harga yang mahal.

Karena perubahan adalah hal yang harus dilakukan untuk bertahan hidup, tidak ada salahnya untuk mengubah kebiasaan kamu membawa banyak barang saat travelling. Lagi pula, siapa sih yang tidak ingin bepergian dengan mudah dan nyaman dengan bawaan barang yang sedikit.

Di bawah ini ada sejumlah tips packing untuk kamu bisa lebih berhemat, membawa barang dengan jauh lebih efektif, dan pastinya menghindari mengeluarkan banyak uang untuk membayar bagasi pesawat.

1. Pentingnya memilih tas untuk dibawa

Pilih koper atau ransel? Asumsinya, apa yang masuk ke ransel dianggap lebih enteng dibanding koper, ya kan? Lagi pula, menggunakan koper biasanya membuat pemiliknya kalap memasukkan banyak barang di dalamnya.

Keuntungan lain menggunakan ransel adalah kamu bisa bergerak jauh lebih leluasa ketimbang harus membawa koper. Mengejar kereta, bus atau berlarian dari satu terminal ke terminal lain di bandara pastinya akan jauh lebih mudah ketika kamu membawa ransel dibanding koper.

2. Memilih outfit yang tepat

Dalam tips packing ini, perlu diperhatikan mengenai waktu dan momen kamu bepergian. Jika untuk liburan ke tempat yang dingin, atau panas, atau untuk acara khusus, maka pakaian yang dibawa pun harus disesuaikan.

Namun, bagaimanapun kondisinya, setiap traveler harusnya tahu rumus 5-4-3-2-1 untuk memilih pakaian dalam persiapan perjalanan kamu. Rumus itu adalah batasi bepergian singkat kamu dalam lima pakaian dalam, empat atasan (t-shirt atau kemeja), tiga bawahan (celana panjang dan pendek), dua pasang sepatu dan satu topi. Rumus ini berlaku fleksibel kok, disesuaikan dengan kebutuhan kamu, seperti misalnya memasukkan baju renang, jaket atau yang lainnya.

Tips lain yang tidak boleh kamu lewatkan adalah dengan memilih pakaian yang berwarna netral. Alasannya agar mudah di mix and match, sehingga kamu tidak perlu membawa pakaian terlalu banyak. Selain itu, penting untuk tidak melipat baju. Pakaian bisa digulung dan ini terbukti bisa menghemat ruang di tas kamu. Ingin tutorial menggulung baju, cek di YouTube, ya!

3. Lupakan membawa banyak gadget dan perlengkapan mandi reguler

Kamu pasti bingung dengan tips packing yang ini, kan? Tapi sejatinya cukup masuk akal, kok! Membawa banyak gadget, misalnya kamera, laptop hingga tablet dan smartphone sejatinya adalah hal yang merepotkan dan memberatkan. Bayangkan, tidak hanya membawa gadget tersebut, kamu juga masih harus membawa charger dan alat bantu lainnya. Sebagai gantinya, bawa saja smartphone kamu, tentunya yang kapabilitasnya untuk memotret, update di sosial media, bermain games hingga membaca eBook dan berita terbaru tidak diragukan lagi.

Sementara untuk perlengkapan mandi reguler yang dimaksud di sini adalah toiletries yang biasa kamu gunakan sehari-hari di rumah. Membawa sebotol shampo, sikat dan pasta gigi berukuran besar hingga sabun cair pastinya memakan tempat tersendiri di tas kamu. Gantinya, kamu bisa mencari shampo atau sabun sachetan, serta sikat dan pasta gigi yang didedikasikan khusus untuk kalangan traveler. Dengan packing minimalis seperti itu, dan diletakkan di posisi paling atas dalam tas, dijamin kamu tidak akan kerepotan saat harus mengeluarkannya.

4. Belilah timbangan dan maksimalkan sebelum keberangkatan

Yup, ada batas maksimal baik dalam hal ukuran maupun berat, sehingga bisa masuk ke kabin pesawat. Jika penilaian kamu mengenai dimensi tas tidak akan bermasalah, mungkin harus ada pertimbangan yang lebih matang mengenai berat bawaan.

Untuk memastikannya, kamu bisa memaksimalkan timbangan yang kamu miliki untuk mengukur berat ransel atau koper kamu. Biasanya, maskapai mengizinkan barang bawaan masuk ke kabin dengan berat maksimal tujuh kilogram. Jadi, kamu harus mampu menyesuaikan isi tas dengan berat maksimal tujuh kilogram.

Jika bawaan melebihi batas berat maksimal, penting bagi kamu untuk melakukan proses editing yang ada di dalam koper atau ransel. Yang masuk kategori “jaga-jaga jika dibutuhkan di tempat tujuan”, mungkin bisa dienyahkan. Opsi lain, barang yang bisa dibeli di tempat tujuan, tidak perlu kamu bawa dalam tas.

5. Gabung program Frequent Flyer

Bagi yang biasa bepergian dengan menggunakan pesawat, bergabung dengan program Frequent Flyer bisa menjadi keputusan yang menguntungkan. Pasalnya, kamu bisa mendapatkan fasilitas ekstra, termasuk perihal bagasi, yang bisa membuat kamu menghemat banyak biaya.

Untuk itu, kamu perlu sedikit merepotkan diri dengan browsing di situs maskapai yang biasa kamu naiki. Cek apakah ada program Frequent Flyer yang bisa kamu ikuti dan maksimalkan fasilitas yang dimiliki, terutama terkait masalah bagasi kamu.

6. Kirim barang lewat jasa pengiriman

Kebiasaan orang Indonesia adalah memberikan oleh-oleh untuk yang ada di kampung halaman. Namun, dengan aturan bagasi yang diperketat, membawa oleh-oleh bisa menjadi masalah tersendiri, terutama bagi yang berurusan dengan kelebihan bagasi. Bagaimana tidak, bisa jadi harga oleh-oleh yang dibawa jauh lebih murah ketimbang biaya bagasinya.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengirim oleh-oleh melalui jasa pengiriman. Harga per kilogramnya terhitung jauh lebih murah ketimbang harus membayar biaya bagasi, lho! Tips packing ini juga berlaku untuk kamu yang berencana membawa banyak barang saat bepergian, ya!

7. Check-in lebih awal

Ini bukannya tips packing saja, tapi juga panduan untuk menghindari membayar biaya kelebihan bagasi yang mencekik leher.

Maskapai biasanya jauh lebih permisif kepada orang yang melakukan check-in lebih awal, meskipun tas ransel atau koper mereka masuk kategori (sedikit) overweight, dibanding kepada orang yang datang telat di konter check-in. Bisa jadi ini terkait dengan kuota yang bisa diisi tanpa harus memberikan biaya ekstra kepada pelanggan, dan pastinya hal ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi yang datang jauh lebih awal untuk melakukan check-in.

Baca juga: Inilah Ketentuan Bagasi Kereta Api PT KAI Dan Kapal PT Pelni Yang Harus Kamu Ketahui

Itu dia, tips packing untuk menghindari kelebihan bagasi pesawat, yang juga sekaligus bisa menghemat biaya pengeluaran tidak perlu kamu. Apakah kamu punya tips lain yang layak diketahui oleh traveler lainnya? Mengapa tidak berbagi dengan mengisi kolom komentar yang tersedia?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru