TN Komodo Dibuka Untuk Wisatawan Pada 15 Agustus 2020

Setelah melakukan simulasi pelayanan pengunjung, Taman Nasional (TN) Komodo akan kembali dibuka dan boleh dikunjungi wisatawan mulai 15 Agustus 2020 mendatang.

Dalam pengumuman yang dirilis di akun resmi Instagramnya, TN Komodo menyatakan saat ini tahap pembukaan taman nasional akan masuk ke fase kedua. Dalam fase ini, wisatawan domestik dan warga negara asing yang telah tinggal di Indonesia sejak Maret 2020 atau lebih awal bisa mengunjungi TN Komodo.

View this post on Instagram

Hello Dragonians! Komodo National Park will proceed to the Second Phase on August 15 2020. On this phase, Indonesians and expatriates who have stayed in Indonesia since March 2020 or earlier may visit Komodo National Park. As we keep improving the registration online system to support the COVID-19 surveilance in Labuan Bajo and its surrounding, we suggest you to register and be familiar with the system. The link to the registration online can be accessed through registration.labuanbajoflores.id All dive sites (except Batu Bolong, Karang Makassar, Siaba Besar, and Mauwan) are open without quota. You are more than welcome to visit those sites with careful considerations We would also provide a helpdesk and walk-in service to support any technical difficulty you’ve found in registering your visit prior to the date Certain quotas and strict regulation will be implemented in Komodo National Park. During your visit, you must comply with all of the CHS protocol. Komodo National Park will fully-enforce the regulation and would not tolerate any infringement performed in the park. You are required to always bring a valid rapid/PCR test result during your visit. We want you not only to be happy with the experience but also safe and healthy. The information was made available by @fahrikhlas #secondphase #allwelcome #natureprotector #conservationist #parkrangerlife #femaleparkranger #heroineofconservation #srikandikonservasi #komodoisland #rincaisland #padarisland #komodonationalpark #worldheritagesite #ayoketamannasional #conservationofficer #conservation #nature #nationalparks #nationalpark #indonesiannationalparks #tamannasionalkomodo #tamannasional #komodoclosure #underwater #scuba #diving #snorkeling #trekking

A post shared by Komodo National Park Authority (@komodo_national_park) on

TN Komodo juga melakukan pembukaan kawasan wisata mereka dengan sejumlah tahapan “New Normal”. Protokol terkait Covid-19 akan diberlakukan secara ketat, mulai dari pemesanan dan pembelian tiket dengan sistem booking online dan pembatasan jumlah wisatawan di sejumlah kawasan wisata.

Untuk pemesanan dan pembelian tiket, wisatawan bisa melakukan booking di situs pendaftaran yang ada di sini. Melalui sistem pemesanan tiket secara online ini, diharapkan pengelolaan dan menjaga kelestarian wilayah bisa dilakukan tanpa menghilangkan kesempatan bagi wisatawan berkunjung ke TN Komodo.

Untuk melakukan registrasi secara online, calon wisatawan diminta mempersiapkan dokumen untuk divalidasi seperti surat keterangan dari e-HAC, bukti asuransi, dan identitas calon wisatawan seperti NIK atau paspor. Wisatawan juga akan diminta mengisi data kunjungan selama di Labuan Bajo, mulai data kunjungan ke Kawasan TN Komodo, Wisata darat (non-TN Komodo), Wisata Laut (non-Taman Nasional Komodo).

Untuk calon wisatawan yang akan berkunjung melihat habitat satwa purba Komodo (Varanus komodoensis) di Kawasan TN Komodo diminta untuk memilih lokasi dan mengisi jam kunjungan khususnya untuk di lokasi Loh Liang, Loh Buaya, dan Pulau Padar. Hal yang sama juga diberlakukan untuk Wisata darat (non-TN Komodo), Wisata Laut (non-TN Komodo).

Setelah selesai, email hasil validasi akan dikirimkan melalui email yang digunakan saat pemesanan online. Seluruh dokumen kelengkapan perjalanan termasuk bukti pemesanan online harus dicetak serta dibawa untuk divalidasi kembali saat tiba di Bandara Komodo.

Wisatawan pun diminta untuk mengikuti dan mematuhi protokol Clean Health Safety (CHS) ketika mengunjungi TN Komodo, termasuk di antaranya memiliki dan bisa menunjukkan hasil negatif hasil Rapid Test atau PCR.

Sebelumnya TN Komodo melakukan penutupan sejak wabah pandemi Covid-19 pada Maret silam. Baru pada 6 Juli 2020 TN Komodo dibuka dengan beberapa tahapan, mulai dari tahap simulasi pelayanan hingga dibuka hanya untuk wisatawan lokal NTT.

Baca juga: Gratis Masuk Wisata Labuan Bajo, Turis Wajib Ikuti Protokol Kesehatan

Yuk, agendakan liburan ke TN Komodo!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru