Tutorial Make Up Sederhana Yang Bisa Kamu Pelajari Saat #Dirumahaja

Tutorial make up begitu banyak tersedia di internet, mulai dari yang paling sederhana sampai yang paling rumit sekalipun. Tutorial ini bagus untuk yang sering salah menggunakan make up dengan baik dan benar, atau berlebihan dalam pengaplikasiannya. Sebenarnya setiap make up memiliki porsi dan fungsinya masing-masing dan tidak bisa digunakan dalam setiap kesempatan, tetapi ada pula make up yang wajib ada di setiap situasi dan kondisi.

Bagi yang bingung mengaplikasikan make up dengan benar, namun tetap sederhana, tutorial ini bisa kamu ikuti, yang pastinya pas diaplikasikan untuk berbagai acara, termasuk bagi travelholic. Hanya butuh persiapan 30 menit sebelum berfoto di lokasi liburan, dijamin kamu bisa memoles wajah menjadi lebih fresh sepanjang hari dan tentunya hasil foto tidak akan mengecewakan. Berikut sembilan tutorial make up sederhana yang bisa kamu ikuti.

Pemula

Make up sehari-hari

Tanpa harus terlihat menor, kamu bisa kok menggunakan make up basic yang pas digunakan untuk beraktivitas. Kuncinya pilih warna yang tepat supaya kamu tidak terlihat mencolok. Misalnya pilih warna liquid foundation/ BB cream dan bedak yang mirip dengan kulit wajah kamu, kedua concealer harus setingkat lebih putih dari warna liquid foundation/ BB cream. Pilih warna salmon untuk sapuan blush on, karena warna ini paling aman untuk segala jenis kulit. Ketiga, pilih lipstik matte agar tidak terlihat berkilau tapi kalau bibir kamu kering bisa memilih glossy lipstick atau mengoleskan lip balm terlebih dahulu. Ikuti tutorial make up sederhana di bawah ini untuk mengaplikasikannya.

  1. Pastikan seluruh permukaan wajah bersih, kemudian oleskan pelembab ke permukaan kulit wajah. Jangan terlalu tebal, cukup tipis-tipis saja agar kulit tidak kering dan memudahkan make up menempel ke permukaan kulit. Kalau kamu ingin bepergian keluar rumah dengan intensitas tinggi, disarankan untuk mengaplikasikan sunscreen setelah pelembab. Suncream sangat berguna untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan mengurangi risiko flek hitam atau kerusakan di area wajah. Kalau kamu harus memakai perawatan wajah oleskan skin care sebelum mengaplikasikan make up.
  2. Ambil pensil alis, kemudian bentuk garis lengkung pada alis secara perlahan. Perhatikan goresan-goresannya agar terlihat lebih natural dan tidak terlalu tebal. Jika ingin terlihat lebih natural, kamu bisa menggunakan micro brow pencil.
  3. Aplikasikan eyeshadow based ke kelopak mata secara merata, kemudian oleskan foundation secara tipis. Terakhir aplikasikan foundation ke kelopak mata sebagai dasar eyeshadow agar polesan eyeshadow terlihat sempurna. Kemudian, pilih warna eyeshadow natural seperti cider atau ginger. Usapkan dengan kuas secara perlahan hingga merata. Kemudian aplikasikan shimmer warna honey ke bagian tengah kelopak mata.
  4. Jika eyeshadow sudah terlihat sempurna, aplikasikan dengan eyeliner secara tipis mengikuti garis tepi mata.
  5. Oleskan alas bedak seperti BB cream, CC cream, atau liquid foundation. Aplikasikan dengan beauty blender, atau silicon. Usapkan ke wajah secara perlahan dan merata dengan silikon atau beauty blender. Kedua alat tersebut memiliki tekstur yang halus sehingga aman untuk mengaplikasikan make up ke wajah. Tetapi kalau kamu lebih nyaman menggunakan jari, pastikan tangan kamu sudah bersih ya! Untuk mengaplikasikan area di bawah mata, tepuk beauty blender secara perlahan karena area mata sangat sensitif bila terkena make up.
tutorial make up sederhana
Image credit: makeup.com
  1. Oleskan concealer di area bawah mata, atau bagian-bagian kulit lain yang terdapat flek hitam. Fungsi concealer adalah untuk menutup area wajah yang hitam, kemerahan, atau bekas luka agar kulit terlihat sempurna seperti bagian lain. Khusus untuk area bawah mata, pilih concealer yang lebih cerah dibandingkan warna BB cream kamu.
  2. Aplikasikan dengan bedak tabur/ compact powder yang senada dengan warna kulit kamu. Proses ini bisa kamu pakai dengan kuas atau puff sebagai aplikator.
  3. Ambil sedikit blush on menggunakan jari, kemudian terapkan ke bagian pipi kemudian ratakan dengan brush. Saat menggunakan blush on, usahakan agar tidak terlalu dekat dengan cermin. Blush on tidak begitu terlihat jelas dari dekat, tapi sangat berpengaruh pada pipi jika dilihat dari jauh. Maka, mengaplikasikan blush on dari cermin yang terlalu dekat bisa mengakibatkan efek yang berlebihan (menor).
tutorial make up sederhana
Image credit: makeup.com
  1. Pilih lip matte, atau lipstik berwarna cerah dan natural untuk diaplikasikan ke bibir kamu. Kalau bibir kamu kering, gunakan balm terlebih dahulu untuk menjaga kelembaban bibir.

Simple night look, untuk candle light dinner

tutorial make up sederhana
Image credit: Make Up Journal

Tutorial make up sederhana untuk candle light dinner bersama dengan partner kencan tidaklah sulit, hanya kamu butuh keberanian untuk menggunakan make up yang bold dan warna tegas. Kamu juga harus tampil berani menggunakan eyeshadow seperti warna emas, atau lipstik dengan warna burgundy.

  1. Bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian keringkan dengan tisu atau handuk bersih.
  2. Oleskan pelembab ke seluruh wajah, atau skin care. 
  3. Ambil liquid foundation/ BB Cream/ CC cream dan usapkan ke seluruh wajah hingga merata.
  4. Bentuk alis dengan pensil alis atau brow pen berdasarkan bentuk alis.
tutorial make up sederhana
Image credit: The Blessed Beauty
  1. Aplikasikan foundation ke kelopak mata, kemudian oleskan eyeshadow based ke kelopak mata secara perlahan dan jika perlu kamu bisa menutupi area bawah mata menggunakan concealer.
  2. Pilih eyeshadow warna natural seperti warna kecoklatan dan eyeliner pencil warna coklat gelap.
  3. Ambil kuas berukuran kecil kemudian sapukan warna coklat tua ke bagian tepi kelopak mata.
  4. Kemudian usapkan eyeshadow emas dengan kuas yang berukuran lebih besar dan poles ke bagian tengah kelopak mata. Usahakan untuk tidak menutupi olesan coklat yang sudah dibuat.
  5. Jika sudah aplikasikan eyeliner ke bagian tepi bulu mata dengan eyeliner tinta.
  6. Poles wajah dengan bedak atau compact powder.
  7. Beri sapuan contouring kecoklatan ke bagian tengah pipi kemudian tambahkan blush on ke bagian atas contouring.
  8. Lalu oles bibir dengan lipstik/ lip matte warna burgundy.

Smokey Eye

Image credit: Wallpaper
  1. Bersihkan area wajah terlebih dahulu.
  2. Oleskan wajah dengan foundation/ BB cream kemudian bentuk alis sesuai selera.
  3. Beri kelopak mata dengan foundatiion, kemudian concealer di bawah mata.
tutorial make up sederhana
Image credit: stylesgap.com
  1. Ambil kuas eyeshadow, lalu aplikasikan warna coklat gelap ke bagian tengah kelopak mata.
  2. Ambil warna eyeshadow yang lebih muda seperti warna coffee atau pecan dan terapkan pada bagian luar kelopak. Kemudian haluskan warna dengan kuas pembaur.
  3. Gunakan warna pecan/ coffee sebagai pewarna bawa mata dan terapkan secara perlahan agar mata terlihat tidak terlalu hitam
  4. Pertegas mata dengan eyeliner crayon di bagian bawah mata dan kelopak mata atas lalu rapikan dengan bedak halus atau foundation.
  5. Pertebal bulu mata dengan bulu mata palsu dan maskara.

Ragam make up untuk acara penting

Setiap tatanan wajah tentunya memiliki caranya masing-masing dan kamu tidak mungkin menggunakannya di setiap kesempatan. Berdandan juga merupakan cara menunjukkan kepada seseorang betapa kamu antusias dengan undangan atau acara yang kamu kunjungi.

Bridesmaid make up

Setiap perempuan tentunya tidak mungkin kalau tidak pergi ke acara pernikahan, apalagi jika orang terdekat mengajak kita untuk menjadi pengiring pengantin. Tapi apakah kamu yakin kalau setiap make up artist memahami wajah kamu? Tak ada salahnya mengikuti tutorial make up sederhana khusus bridesmaid di rumah, mumpung belum ada hajatan besar di masa pandemi ini. Itung-itung bisa menghemat biaya tata rias yang punya hajat dan kamu bisa tampil percaya diri dengan tatanan make up hasil tangan sendiri.

Ada beberapa perangkat make up yang harus kamu persiapkan dan tentunya berbeda dengan daily make up atau date night make up. Tambahan lain yaitu:

 

  • Contouring
  • Highlighter.
  • Bulu mata palsu.
  • Concealer cair.
  • Kuas (yang berbeda dengan eyeshadow agar warna tidak tercampur dan pengapliaksian lebih mudah).

 

 

 

Image credit: L’Oreal

Dari kiri, contouring, highlighter, bulu mata palsu (fake eyelashes), concealer cair, dan kuas untuk contouring.

  1. Pertama-tama, rias bagian mata dimulai dari alis kemudian kelopak mata. Kamu bisa menerapkan make up emas di kelopak mata agar wajah terlihat lebih cerah.
  2. Aplikasikan contouring dengan pola seperti gambar berikut:
  3. Jangan lupa menutup bagian area bawah mata dengan concealer cair.
  4. Kemudian oleskan  bedak untuk mempertegas make up.
  5. Waktunya menggunakan highlighter dengan menggunakan kuas yang seperti kipas dengan pola V ke arah atas alis dan tulang pipi dengan titik sudut di pelipis wajah.
  6. Poles pipi menggunakan blush on di bagian depan (dekat hidung) dan yang terakhir warnai bibir dengan lipstik.

Night club & party

Jangan sampai tidak berdandan saat ke club malam ya, karena penting banget pakai make up meski di tempat gelap sekalipun. Dalam tutorial make up sederhana ini, tatanan eyeshadow adalah kunci keberhasilan make up kamu. Perpaduan shimmer dan smokey eyes akan memberi efek wajah yang tidak mengantuk sekaligus glowing.

Image credit: The Cinema Scopes
  1. Bersihkan permukaan wajah terlebih dahulu.
  2. Pertegas alis dengan pensil atau brow pen. 
  3. Oleskan base eyeshadow ke permukaan kelopak mata dan sekitarnya, dan beri foundation agar riasan sekitar mata terlihat tegas.
  4. Aplikasikan warna eyeshadow coffee ke bagian kelopak mata terluar dan bentuk seperti wing meruncing sedikit ke atas.
  5. Sapukan eyeshadow nomor 2 ke bagian kelopak mata terluar, lalu gunakan kuas lain untuk mengaplikasikan eyeshadow nomor 3 tengah-tengah kelopak mata.
  6. Mulailah mengaplikasikan shimmer eyeshadow nomor 4 yang memberikan efek gemerlap.
  7. Gunakan eyeliner tinta sebagai pelengkap riasan mata.
  8. Beri warna keunguan ke bagian garis bulu mata atas dan bawah kemudian  baurkan agar sapuan terlihat halus.
  9. Tahap selanjutnya, gunakan riasan wajah menggunakan foundation/ BB cream/ CC cream, bedak, blush on dan lipstik kesayangan kamu.

Gathering make up

tutorial make up sederhana
Image credit: L’oreal Paris

Saat acara gathering, aplikasikan flawless make up yang sempurna ke permukaan wajah. Selain terlihat lebih elegan, wajah kamu tidak harus menor, terlihat simple namun tetap memancarkan aura kecantikan wajah yang sebenarnya. Kamu perlu mencocokan lipstik warna natural yang pas dengan kulitmu dan mempersiapkan warna make up dengan nuansa nude. Tipiskan juga polesan salmon blush on dan fokuskan contouring ke bagian pipi.

  1. Pertama kamu harus bersihkan muka terlebih dahulu seperti mencuci muka dan mengoleskan penyegar. Kemudian beri pelembab/ day cream atau skin care sebelum mengaplikasikan make up.
  2. Aplikasikan foundation/ BB cream/ CC cream ke permukaan kulit dan concealer di bawah permukaan mata.
  3. Rias mata terlebih dahulu dengan menggunakan pensil alis. Kemudian aplikasikan eyeshadow based, kemudian aplikasikan eyeshadow coffee di bagian tepi mata dan baurkan ke tengah kelopak mata. Beri warna sedikit gelap ke bagian lengkung kelopak untuk mempertegas warna eyeshadow.
  4. Lengkapi riasan mata dengan menggunakan eyeliner dan mascara.
  5. Beri pewarna contouring ke bawah tulang pipi, tulang hidung dan tengah hidung (1 tingkat lebih gelap dibandingkan kulit asli). Kemudian poles wajah dengan loose powder. 
  6. Baurkan dengan kuas, kemudian aplikasikan highlighter ke tengah-tengah hidung dengan pola vertikal secara tipis. Kamu juga harus mengaplikasikan highlighter ke bagian V area mata dan pelipis.
  7. Gunakan lip matte nude andalan kamu.

Photoshoot make up

Ketika sesi pemotretan ada baiknya kamu menggunakan riasan yang lebih tebal dari biasanya, mungkin sama tebalnya seperti kamu berangkat ke hajatan dan jadi Bridesmaid. Sesi tutorial make up sederhana untuk photoshoot membutuhkan lebih banyak concealer dan high coverage foundation yang tentunya berbeda dengan BB Cream atau liquid foundation. 

Indoor

tutorial make up sederhana
Image credit: Buzzfeed
  1. Aplikasikan alis dengan gaya natural. Kamu tidak perlu menggunakan pensil alis secara berlebihan, cukup mengandalkan sisir alis dan brow pencil secara perlahan dan mengikuti pola struktur alis.
  2. Oleskan eyeshadow gel, liquid foundation, dan concealer ke permukaan kelopak mata secara bertahap kemudian aplikasikan eyeshadow  sesuai tema foto.
  3. Kemudian aplikasikan eyeliner, maskara dan bulu mata palsu.
  4. Kemudian perhatikan peta di bawah ini, kamu tidak bisa sembarangan menggunakan foundation atau bedak. Concealer juga tidak hanya diaplikasikan ke bagian flek hitam atau bekas jerawat saja tapi juga di sudut-sudut tertentu.
  5. Jika sudah melihat pemetaan ini, mulailah mengaplikasikan foundation high coverage ke seluruh permukaan kulit kemudian lapisi dengan concealer dan translucent powder. Sesuai petunjuk gambar di atas.
  6. Tutup permukaan kulit wajah dengan loose powder atau two way cake compact foundation. 
  7. Beri blush on dan highlighter secukupnya.
  8. Poles bibir dengan lipstik.
Image credit: Buzzfeed

Tips: Kalau kamu bermata besar, ada baiknya menggunakan eyeliner yang tipis agar sesi foto kamu tidak menunjukkan mata yang terlalu menonjol. Sebaliknya, kalau kamu memiliki mata kecil tidak ada salahnya mengaplikasikan eyeliner yang lebih tebal. Photoshoot di dalam ruangan akan menunjukkan wajah seseorang yang sebenarnya dan kamera akan sangat peka menangkap citra wajah kamu jika terjadi kesalahan dalam mengaplikasikan make up.

Gunakan foundation, concealer, dan bedak yang menghasilkan efek matte agar hasil foto terlihat lebih natural. Wajah yang berminyak juga bisa tertutupi dengan make up matte sehingga wajah tidak mengkilap saat terpapar lighting.

Outdoor

Sesi foto outdoor ada baiknya tidak menggunakan shimmer atau highlighter berlebihan. Gunakan glowing foundation yang mengandung shimmer halus agar wajah kamu terlihat lebih bercahaya. Penggunaan highlighter berlebihan justru membuat wajah kamu mengkilap seperti berminyak. Menggunakan make up matte sangat disarankan apalagi jika kamu di foto saat terik matahari. Jika tidak mengusung tema terlalu khusus, sebaiknya menggunakan eyeshadow berwarna halus atau ceria seperti coffee/ burgundy/ hazel. 

  1. Bersihkan wajah terlebih dahulu.
  2. Aplikasikan perias alis sesuai selera (natural atau eyebrow shaping).
  3. Aplikasikan gel eyeshadow dan foundation base ke permukaan kelopak mata dan sekitarnya.
  4. Pilih warna eyeshadow coffee, kemudian warnai bagian kelopak mata terluar. Hati-hati jangan sampai menempel ke alis. Oleskan secara perlahan dengan tipis-tipis agar mata terlihat lebih ceria. Untuk porsi penataannya, kamu bisa lihat gambar di bawah ini:
  5. Aplikasikan eyeshadow kekuningan ke tengah-tengah kelopak mata secara perlahan dan tipis. Kemudian beri warna pink rose di bagian lekukan kelopak mata.
  6. Beri warna ungu gelap di bagian tepi luar dan lengkapi dengan eyeshadow silver, kemudian baurkan dengan kuas.
  7. Lukis eyeliner di tapi bulu mata, kemudian beri bulu mata palsu.
  8. Lapisi permukaan kulit wajah dengan glowing foundation, concealer dan contouring.
  9. Baurkan dengan kuas kemudian taburkan bedak atau loose powder ke seluruh permukaan wajah.
  10. Gunakan warna salmon sebagai perona pipi.
Image credit: Trends & Style

Travel

Jika kamu ingin berfoto selama liburan, sebaiknya mengaplikasikan flawless make up atau make up natural, apalagi jika hasil fotonya tidak mengusung tema tertentu. Foto perjalanan kamu akan terlihat lebih ceria jika diimbangi dengan panorama indah destinasi wisata dan kamu tidak harus ribet dengan urusan rias wajah.

  1. Seperti biasa, kamu harus membersihkan muka terlebih dahulu. Kemudian mulailah membentuk alis sesuai dengan selera.
  2. Aplikasikan gel eyeshadow dan foundation ke permukaan kelopak mata dan pilih salah satu eyeshadow yang berwarna lembut dan tidak menghasilkan kilau.
  3. Beri eyeliner ke garis bulu mata, agar wajah kamu selalu terlihat segar.
  4. Oleskan liquid foundation/ BB Cream ke seluruh permukaan kulit, Jangan lupa aplikasikan contouring ke bagian bawah tulang pipi dan hidung.
  5. Baurkan dengan kuas kemudian lengkapi dengan loose powder dan blush on.
  6. Warnai bibir dengan lipstik matte. 

Baca juga: Situs Belanja Online Alternatif Yang Bisa Dijelajahi Saat #Dirumahaja

Memilih make up sesuai situasi dan kondisi adalah kunci keberhasilan cantiknya wajah kamu. Tiap make up memang dikemas sedemikian rupa dan membuat kita ingin segera memakainya, tapi jika tidak digunakan dengan semestinya wajah kamu pasti terlihat menor. Merias mata terlebih dahulu akan menghemat penggunaan foundation dan memudahkan kamu menghapus eyeshadow jika terjadi kesalahan memoles warna. Hindari insiden-insiden tidak diinginkan sebelum terjadi, ikuti tutorial make up sederhana ini. Selamat mencoba!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru