Warung Nasi Di Surabaya Yang Harus Dikunjungi Pecinta Kuliner

Ada banyak makanan dan kuliner khas di Surabaya. Dari sate klapa Ondomohen yang terkenal hingga tahu campur dan soto daging yang istimewa. Untuk melengkapi pengalaman wisata kuliner di Surabaya, kamu wajib mengunjungi warung nasi, yang menawarkan cita rasa istimewa.

Tidak hanya menggugah selera, kualitas rasa yang ditawarkan juga terjaga selama belasan, bahkan puluhan tahun, yang menjadikan warung nasi ini termasuk tempat makan legendaris dan ternama di Surabaya. Penasaran dengan sensasi rasa yang ditawarkan, lihat daftar sajian yang ditawarkan warung nasi di Surabaya di bawah ini!

1. Warung nasi dengan sajian empal daging berkelas – Nasi empal Pengampon (non-halal)

Image credit: Kuliner Surabaya Foodies

Nasi empal Pengampon menyajikan daging sapi sebagai lauk utamanya. Namun warung nasi legendaris di Surabaya ini juga menyajikan daging babi sebagai opsi lain. Dalam seporsi nasi yang ditawarkan, kamu bisa mendapatkan nasi putih hangat dengan lauk empal daging yang disuwir, telur sambal, kentang goreng dan sayuran. Untuk destinasi makan siang, warung nasi ini menjadi pilihan yang tepat.

Lokasi: Pengampon II No.3, Bongkaran, Kec. Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur
Harga: Mulai dari 29,000 IDR

2. Warung nasi pinggir jalan yang melegenda – Nasi ayam krengsengan Pak Sahir

Image credit: sbykulinerinfo

Perut keroncongan saat malam hari, langsung saja menuju ke warung nasi ayam krengsengan Pak Sahir di kawasan jalan Kapasan, Surabaya ini. Ada banyak menu yang bisa dipilih, termasuk nasi goreng krengsengan. Namun jika ingin yang istimewa, nasi ayamnya layak jadi pilihan. Satu porsi nasi ayam diisi dengan nasi putih hangat, suwiran ayam dan telur dadar goreng dengan topping acar dan juga bawang goreng. Dijamin nikmat!

Lokasi: Jl. Kapasan No.59, Kapasan, Kec. Simokerto, Kota SBY, Jawa Timur
Harga: Mulai 18,000 IDR per porsi untuk nasi ayam

3. Warung nasi sederhana dengan sajian berkelas dunia – Nasi Sayur Pak Djo

warung nasi di surabaya
Image credit: Kuliner Surabaya Foodies

Harus diakui, warung nasi dan sajian nasi sayurnya memang sederhana sekali. Dalam satu porsi nasi sayurnya, Pak Djo menyertakan tumisan sayur sawi hijau, mie, irisan timun dan daging ayam cincang untuk mendampingi nasi putih hangat. Namun rasa yang disajikan sangat berkelas dan membuat warung nasi Pak Djo ini banyak memiliki pelanggan dan bisa bertahan hingga 30 tahun. Luar biasa!

Lokasi: Jl. Embong Blimbing No.1, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur
Harga: Mulai dari 9,000 IDR per porsi

4. Kuliner malam yang maknyus Sego Sambel Mak Yeye

warung nasi di surabaya
Image credit: @stanzazone
Kalau mau mencoba kuliner pedas khas Surabaya, kunjungi saja Sego Sambel Mak Yeye di daerah Jagir, Wonokromo, yang buka menjelang tengah malam dan tutup saat subuh. Karena kekhasan rasa dan pedas, serta condiment yang ada, kamu mungkin harus antri selama beberapa waktu untuk bisa mendapatkan sepiring nasi sambel dengan ikan pari sebagai lauk utamanya. Slurp!

Lokasi: Jl. Jagir Wonokromo Wetan No.12, Jagir, Wonokromo, Surabaya
Harga: Mulai dari 15,000 IDR untuk seporsi nasi sambel dengan ikan pari, telur dan tempe goreng.

5. Warung nasi berusia satu abad – Warung Nasi Cumi Waspada (Ibu Atun)

Image credit: ericekos

Bisa membayangkan, warung nasi cumi Waspada ini sudah ada sejak 1917, alias berusia lebih satu abad? Rasa dan tampilan sajian yang ditawarkan memang istimewa, dengan mengandalkan nasi cumi sebagai menu utama. Ingin sajian terbaik, pilih nasi cumi komplet dengan isian mie goreng, babat, paru, usus, tahu, telur dan peyel udang dalam satu porsinya. Warung nasi yang berada dekat dengan Pasar Atom, Surabaya ini buka 24 jam, meski yang ingin menikmati sajian nasi cumi harus tetap antri untuk mendapatkannya.

Lokasi: Jl. Waspada No.30, Bongkaran, Kec. Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur
Harga: Mulai dari 25,000 IDR per porsi

6. Warung nasi campur paling terkenal di Surabaya – Nasi Campur Tambak Bayan

Image credit: Nasi Campur Tambak Bayan

Saking terkenalnya, warung nasi campur ini membuka beberapa cabang di Jakarta. Dengan banyak pilihan makanan yang ditawarkan, nasi campurnya wajib mendapat perhatian utama. Dalam satu porsi nasi campur, kamu bisa memilih lauk utama, antara daging ayam atau empal daging sapi. Sementara lauk pendampingnya kurang lebih sama, mulai dari tempe bumbu bali, tahu bumbu kuning, telur dan soun goreng bumbu kecap serta sambal pedas. Soal rasa dijamin, deh!

Lokasi: Jl. Ps. Besar Wetan No.5, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Kota SBY, Jawa Timur
Harga: Mulai dari 25,000 IDR per porsi

7. Warung nasi yang berganti menu tiap harinya – Warung nasi Pak Ghofar

warung nasi di surabaya
Image credit: VEB

Warung nasi Pak Ghofar terkenal dengan perubahan menu di setiap harinya. Untuk hari Selasa, kamu bisa menikmati nasi campur dan nasi rawon, sementara pada hari Rabu, nasi krengsengan dan nasi asem-asem menjadi pilihan. Nasi lodeh bisa kamu dapatkan di hari Kamis, sementara nasi sambel terong dan nasi asem-asem jadi menu utama di hari Jumat. Sementara nasi urap dan nasi bali menjadi pilihan di hari Sabru. Dijamin kenyang dan puas!

Lokasi: Jl. Darmo Permai Utara, Surabaya, Jawa Timur
Harga: Mulai dari 20,000 IDR per porsi

8. Warung nasi dengan sambal juara – Nasi empal udang Ibu Hj. Iyan

warung nasi di surabaya
Image credit: Surabaya Kuliner – Food Blogger

Opsi lain menikmati nasi empal di Surabaya adalah dengan mengunjungi warung Hj Iyan. Menu favorit pelanggan di sini adalah nasi empal udang dan sambal Madura yang pedasnya juara. Udangnya juga memiliki cita rasa dan tekstur istimewa, super renyah. Jangan khawatir menikmati setiap porsi makanan di sini karena harganya sangat terjangkau.

Lokasi: Jl. Samudra No.25, Bongkaran, Kec. Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur
Harga: Mulai dari 17,000 IDR per porsi

Baca juga: 15 Makanan Khas Surabaya Yang Harus Kamu Coba

Tertarik pilih yang mana?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru