Wisata Kalimantan Tengah Yang Eksotis Dan Anti-Mainstream Untuk Dikunjungi

Bosan dengan spot wisata yang itu itu saja? Mengapa tidak terbang ke Pulau Kalimantan dan menjelajah berbagai spot menarik di sana? Jika tertarik mencoba sesuatu yang baru, wisata Kalimantan Tengah bisa menjadi jujukan kamu sebelum melanjutkan perjalanan ke daerah lain yang tidak kalah eksotis di Borneo.

Kota Palangka Raya dan sekitarnya menjadi tempat yang layak kamu kunjungi. Bukan hanya memiliki pemandangan alam yang indah, harga tiket masuknya juga terjangkau. TripZilla Indonesia merekomendasikan wisata Kalimantan Tengah yang akan membuatmu terpesona. Cek di bawah ini ya!

1. Taman Pasuk Kameloh, berjalan-jalan dengan latar Jembatan Kahayan

Jika kamu mengetahui Jembatan Kahayan yang ikonik, maka Taman Pasuk Kameloh berada di sekitarnya. Dilengkapi dengan dekorasi taman yang menarik, datang di siang atau malam hari sama serunya. Apalagi ketika senja tiba, menatap langit berwarna lembayung dari sini akan terasa mengesankan. Ingin sekedar mengobrol atau berjalan santai menikmati semilir angin? Kalau ya, maka taman ini adalah tujuan yang tepat untukmu.

Lokasi: Jl. S. Parman, Langkai, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

2. Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling, tempat menyepi di tengah perbukitan

Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling meliputi beberapa bukit seperti Bukit Tangkiling, Bukit Buhis, Bukit Kitabala, Bukit Tisin dan masih banyak lagi. Banyaknya bukit yang ada di sini membuat pemandangannya asri dan memanjakan mata. Kamu tidak akan cuma menemukan deretan bukit, namun juga aneka flora dan fauna khas hutan tropis. Ada pula kolam buaya, depot anggrek, jalan untuk trekking di hutan hingga area panjat tebing. Menarik dan serba ada kan?

Lokasi: Jl. Bukit Banama, Banturung, Palangkaraya, Kota Palangka Raya
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 17.30 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

3. Manasa Agrowisata, pusat wisata keluarga di Palangka Raya

Image credit: Manasa Agrowisata

Manasa Agrowisata memang paling pas dikunjungi bersama keluarga. Hiburan yang ditawarkan bakal bisa memuaskan selera semua kalangan.

Image credit: Manasa Agrowisata

Di tengah hijaunya alam Kalimantan, kamu bisa memetik buah segar di perkebunan yang ada. Mau duduk berlama-lama sambil melihat panorama? Kamu bisa melakukannya sambil memancing. Bagi kamu yang cinta alam bebas, kegiatan berkemah juga bisa dilakukan di sini lho!

Lokasi: Jl. Pariwisata, Banturung, Kec. Bukit Batu, Kota Palangka Raya
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

4. Danau Hanjalutung, wisata danau di Kalimantan Tengah yang menenangkan hati

Tenangnya air di permukaan Danau Hanjalutung pas untuk kamu yang ingin menyepi sejenak. Sekedar menikmati indahnya danau dengan tumbuhan di tepinya akan menjadi aktivitas bersahaja yang nyaman dilakukan. Selain menyusuri danau, kamu juga bisa memancing. Jika berkunjung ke sini, suasananya yang teduh akan membuat waktu seakan berjalan dengan cepat.

Lokasi: Petuk Katimpun, Jekan Raya, Kota Palangka Raya
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

5. Jembatan Kahayan, jembatan ikonik di Kalimantan Tengah yang megah dan bikin takjub

Image credit: Wikimedia 

Berwisata ke Palangka Raya tentu tidak afdol tanpa melihat Jembatan Kahayan dari dekat. Kamu dapat menyambangi taman yang ada dan sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Ingin merasakan pengalaman yang berbeda? Cobalah menyewa perahu untuk menyusuri sungai dan lewat di bawah jembatan ini. Bila ingin mencicipi jajanan lokal, kamu bisa membelinya di penjaja yang tersebar di kawasan jembatan.

Lokasi: Jl. Kapten Piere Tendean, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

6. Wisata Danau Tahai, melihat uniknya air berwarna merah di Kalimantan Tengah

Danau Tahai lain dari yang lain karena air danau yang berwarna kemerahan. Untuk menyusuri danau, sudah tersedia jembatan yang akan membuat perjalananmu lebih nyaman. Konon warna air yang merah disebabkan oleh mineral dari lahan gambut dan juga getah pohon di sekitar danau. Aktivitas trekking di hutan dan mengabadikan keunikan rumah apung lanting wajib dilakukan di sini. Seru!

Lokasi: Tumbang Tahai, Bukit Batu, Kota Palangka Raya
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

7. Taman Nasional Sebangau, wisata Kalimantan Tengah yang alami

wisata kalimantan tengah
Image credit: BALAI TN SEBANGAU

Masuk ke taman nasional hanya untuk para peneliti? Di Palangka Raya, kamu bisa berwisata ke Taman Nasional Sebangau yang cukup populer. Memang tempat ini belum seterkenal lokasi lain di kalangan turis domestik, namun di dalamnya tersimpan banyak kekayaan alam yang mengesankan. Kamu wajib memakai jasa pemandu untuk masuk dan melihat flora dan fauna eksotis. Tumbuhan kantong semar, nepenthes ampullaria dan hewan seperti bekantan, orangutan hingga bunglon Kalimantan akan memikat matamu. Ingatlah untuk hanya membawa pulang foto untuk kenangan dan tidak membuang sampah di sini ya!

Lokasi: Jl. Mahir Mahar KM. 1.2, Paduran Sabangau, Kec. Sebangau Kuala, Palangka Raya
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

8. Hutan Gambut Jumpun Pambelom, rimbunnya hutan yang wajib dilestarikan

Salah satu wisata alam unik di sekitar Palangka Raya adalah Hutan Gambut Jumpun Pambelom. Makna dari namanya dalam bahasa Dayak berarti Hutan Sumber Kehidupan. Kamu bisa memasuki rimbunnya hutan gambut dengan menyusuri jembatan kayu. Untuk menunjang kelangsungan perawatan hutan, kamu pun dapat mengadopsi pohon yaitu dengan cara membeli bibit pohon untuk ditanam dalam hutan. Setelahnya, namamu akan disematkan di tempat pohon tersebut ditanam. Seru sekaligus membantu pelestarian alam nih!

Lokasi: Jl. Trans Kalimantan Km 30,5, Desa Tumbang Nusa, Tumbang Nusa, Kec. Jabiren, Kabupaten Pulang Pisau
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

9. Danau Biru, wisata Kalimantan Tengah yang setiap sudutnya unik dan instagramable 

Danau Biru yang juga dikenal sebagai Danau Biru Tewang Pajangan ini digemari karena penampilannya yang instagramable. Terbentuk dari bekas penambangan pasir, lama-kelamaan jadilah danau dengan air yang berwarna biru dan tampak jernih. Ketika hari cerah, danau ini akan menjadi latar foto yang cantik. Sensasi matahari terbenam pun akan terasa lebih indah bila dinikmati di sini. Mau membuktikan sendiri seperti apa keindahannya?

Lokasi: Tewang Rangkang, Tewang Sangalang Garing, Kabupaten Katingan
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

10. Riam Mangkikit, deras arus yang menarik perhatian banyak orang

Ingin melihat derasnya air yang mengalir, kamu bisa menyambangi Riam Mangkikit. Air yang mengalir deras menjadi daya tarik dari riam ini. Karena derasnya arus, bila kamu ingin berendam atau berenang, lakukan di tepi riam agar lebih aman. Pemandangan yang indah dapat kamu nikmati sambil bersantai di guest house yang tersedia. Bukan hanya di riam, mulai dari saat menuju riam ini, di kiri kanan jalan kamu dapat melihat deretan pepohonan yang cantik dan situs cagar budaya. Cocok untuk kamu yang ingin berwisata alam sambil bersantai.

Lokasi: Desa Tumbang Kalemei, Kec. Katingan Tengah, Kabupaten Katingan
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

Baca juga: 9 Wisata Palangka Raya Dan Sekitarnya Wajib Kunjung Sebelum Ibu Kota Indonesia Pindah

Bagaimana, siap menjajal wisata di Palangka Raya yang tidak biasa?

 

Preview image credit: Bandara Tjilik Riwut/Hadi Cahyadi

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru