Wisata Kuliner Di Pontianak Yang Bakal Memanjakan Lidah Dan Perut Kamu

Berwisata ke Pontianak, mengapa tidak? Ibukota Provinsi Kalimantan Barat itu memang tidak dikaruniai pemandangan alam yang memesona. Tidak seperti kota lain di sekitarnya seperti Singkawang, Kapuas Hul ataupun Bengkayang, pemandangan yang biasa-biasa saja dan minimnya fasilitas wisata yang mumpuni membuat Pontianak kerap dipandang sebelah mata bila berbicara soal destinasi wisata yang ngehits.

Namun, tidak demikian jika kamu ingin berwisata kuliner di Pontianak. Banyak makanan khas dan jajanan kaki lima yang lezat, dikenal karena keunikan dan rasanya yang maknyus. Wisata kuliner di Pontianak bahkan bisa menjadi alternatif terbaik bila ingin menjelajahi kota yang dilewati oleh Sungai Kapuas tersebut.

Jika kamu tertarik untuk berwisata kuliner di Pontianak, makanan di bawah ini bisa menjadi buruan untuk kamu nikmati. Dijamin lezat, deh!

1. Bakmi Kepiting Oukie (Non Halal)

Image credit: @ellyshuang

Ingin mencoba bakmi dengan toping yang sedikit berbeda dari kebanyakan mi? Kamu harus mencoba bakmi kepiting Oukie. Tekstur mie yang lembut dan ukuran yang tidak terlalu besar memberikan kesan tersendiri.

Namun bila berbicara ukuran porsi, mungkin kamu harus berbagi dengan teman kamu. Sementara topingnya, selain irisan daging ikan, udang dan kulit babi, potongan daging kepiting juga turut menambah kenikmatannya. Tertarik mencoba kuliner khas Pontianak yang asin, gurih dengan aroma menggoda ini?

Lokasi: Jl. Tanjung Pura No.256, Benua Melayu Laut, Pontianak Selatan, Benua Melayu Laut, Pontianak Sel., Kota Pontianak
Jam buka: Rabu hingga Minggu, mulai dari 06.00 hingga 18.00 WIB
Harga: 50,000 IDR per porsi

2. Bubur Ikan Ahian

Image credit: @wen_saja

Kuliner khas Pontianak lainnya yang bisa kamu coba adalah bubur ikan Ahian. Makanan khas etnis Tionghoa ini menggunakan nasi sebagai bubur, yang dimasak di kuah kaldu ikan, sebelum kemudian dihidangkan bersama potongan irisan ikan.

Ada pun ikan yang digunakan adalah ikan kakap putih maupun merah. Dengan tambahan daun selada atau sawi keriting, juga minyak bawang putih, kamu akan mendapatkan sajian bubur ikan yang gurih dan enak.

Lokasi: Jl. WR Supratman No.A3/27, Benua Melayu Darat, Pontianak Sel., Kota Pontianak
Jam buka: Setiap hari, mulai dari 06.00 hingga 14.00 WIB
Harga: 35,000 IDR per porsi

3. Burung Punai Goreng Resto Pondok Pengkang

Image credit: @mr_andipermadi

Mendengar nama burung ini mungkin belum pernah, apalagi merasakan dagingnya. Bagi yang penasaran, kamu bisa langsung menuju ke Resto Pondok Pengkang untuk menikmati seporsi Burung Punai goreng yang lezat. Daging burung yang mirip dengan merpati ini lebih gurih dan empuk, dan paling enak dinikmati dengan nasi hangat dan sambal pedas. Yummy!

Lokasi: Jl. Raya Peniti, Peniti Luar, Siantan, Pontianak
Jam buka: Setiap hari, 09.00 hingga 23.00 WIB
Harga: 10,000 IDR per porsi

4. Kwetiau atau Mi Tiaw Apollo

Image credit: @anakmakann

Kuliner ini sudah berdiri sejak 1968 dan menjadi salah satu ikon di dunia kuliner Pontianak. Tidak sedikit menu yang ditawarkan, tapi sebagian besar pengunjung banyak mencari sajian kwetiau gorengnya yang khas dan toping yang melimpah, mulai dari potongan daging sapi, jeroan dan banyak lagi lainnya. Porsinya juga wow, lho!

Lokasi: Jl. Patimura No.63, Darat Sekip, Pontianak Kota, Darat Sekip, Pontianak Kota, Kota Pontianak
Jam buka: Setiap hari, 14.30 hingga 01.00 WIB
Harga: mulai dari 27,000 IDR

5. Bubbor Paddas Pak Ngah

Image credit: @mandewi

Makanan ini lebih identik sebagai kuliner khas Melayu Sambas. Namun popularitasnya di Pontianak juga tidak terbantahkan. Perpaduan bubur nasi dengan kangkung, kecambah, kacang panjang, jagung muda, daun katak kesum, daun kencur, ikan teri, daging ayam dan kacang tanah goreng menghadirkan kuliner dengan aroma yang khas dan rasa yang unik. Penasaran mencicipi kuliner ini?

Lokasi: Jl. Komyos Sudarso, Sungai Jawi Luar, Pontianak Bar., Kota Pontianak
Jam buka: Setiap hari, 08.00 hingga 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 7,000 IDR hingga 9,000 IDR per porsi

6. Es Lidah Buaya

Image credit: @makfoodies

Yang ingin melegakan tenggorokan sekaligus mengusir panas dalam, meminum es lidah buaya menjadi salah satu cara yang bisa kamu ambil saat di Pontianak. Banyak tempat yang menyajikan olahan dari tanaman berdaun hijau dan berduri ini, dan salah satu yang layak direkomendasikan adalah di komplek agrobisnis Lidah Buaya di jalan Budi Utomo. Kapan lagi bisa menikmati sajian yang menyegarkan sembari menikmati kebun dengan ratusan tanaman lidah buaya yang berukuran besar.

Lokasi: Komplek Agrobisnis, Jl. Budi Utomo No.03, Siantan Tengah, Pontianak Utara, Kota Pontianak
Jam buka: Setiap hari, 08.00 hingga 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR hingga 10,000 IDR per porsi

7. Che Hun Tiau

Image credit: @meryphui_

Wisata kuliner di Pontianak harus dilengkapi dengan mencicipi jajanan es khas Kota Khatulistiwa ini, yaitu Che Hun Tiaw, atau sagu gunting, yaitu es campur dengan bahan dari adonan tepung beras yang dipotong seperti mie, dengan tambahan kacang merah, ketan hitam, mutiara dan bongko. Menikmati sajian ini dijamin akan menyegarkan tenggorokan kamu deh.

Lokasi: Jl. WR Supratman, Benua Melayu Darat, Pontianak Sel., Kota Pontianak
Jam buka: Setiap hari, 09.00 hingga 16.00 WIB
Harga: 5,000 IDR per porsi

8. Es Krim Angi

Image credit: @dessynat23

Homemade ice cream ini menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Pontianak yang ngehits. Lokasinya berada di belakang kompleks sekolah St Petrus, yang membuatnya juga dikenal sebagai es krim Petrus.

Yang istimewa dari sajian kuliner ini bukan hanya homemade ice cream yang lembut, tapi juga karena tempat penyajian es krim yang di dalam batok kelapa. Dengan tambahan cincau, mutiara, kacang merah dan rumput laut, kamu akan mencicipi es krim yang istimewa.

Lokasi: Jl. Karel Satsuit Tubun No. 8, Akcaya, Pontianak Selatan, Akcaya, Pontianak Sel., Kota Pontianak,
Jam buka: setiap hari, 08.00 hingga 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR hingga 25,000 IDR

9. Kopi Asiang

Image credit: @fredyhadi

Menikmati kopi bisa menjadi rutinitas hari kamu dan mengunjungi warung kopi Asiang saat di Pontianak adalah keharusan. Bukan hanya karena cita rasa dan aroma kopinya yang khas, cara penyajian dan peracikan kopinya juga tidak biasa, terutama baristanya, Koh Asiang yang tidak berbaju dan hanya bercelana pendek. Saking uniknya, agak sedikit sulit untuk bisa mendapatkan tempat kosong untuk ngopi di tempat ini. Yup, harus antri!

Lokasi: Jl. Merapi, Benua Melayu Darat, Pontianak Sel., Kota Pontianak
Jam buka: Setiap hari, 04.00 hingga 15.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR untuk kopi hitam dan 7,000 IDR untuk kopi susu

10. Durian Pontianak

Image credit: @fendipetong

Tidak ada pohon durian di kota Pontianak, tapi ada ribuan di kota-kota sekitarnya. Kota Pontianak pun menjadi sentra penjualan durian-durian ini, dan kamu bisa menikmatinya di depan pasar Sentral atau pasar Mawar. Durian dari Balai Karangan, Pahuman, Capkala bahkan yang dari Malaysia juga dijajakan dengan harga yang lumrah. Tips buat kamu, perhatikan harga dan beranilah menawar sebelum mulai mencicipi durian yang kamu pilih, ya!

Lokasi: Jl. Wolter Monginsidi, Darat Sekip, Pontianak Kota, Darat Sekip, Pontianak Kota, Kota Pontianak
Jam buka: Setiap hari, 18.00 hingga 02.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR per buah

11. Chai Kwe atau Choi Pan A Hin

Image credit: @agustinsukantio

Kue basah dari tepung beras ini mirip dengan gyoza dari Jepang, namun memiliki isian yang lebih beragam, mulai dari kucai, bengkuang, talas dan rebung. Dengan cocolan sambal yang pedas, rasa chai kwe bisa sangat berkesan, lho!

Lokasi: Jl. Siam, Benua Melayu Darat, Pontianak Sel., Kota Pontianak
Jam buka: Setiap hari, dari 10.00 hingga 22.00 WIB
Harga: 1,000 IDR per biji

12. Pengkang di Pondok Pengkang

Image credit: @wanttysang

Kue pengkang harus masuk dalam itinerary Wisata kuliner di Pontianak kamu. Makanan yang terbuat dari beras ketan dengan isian udang ebi, yang dibakar di atas bara api dan cocolan sambel kerang yang pedas untuk menemani menjadikan siapapun yang menikmatinya akan mendapatkan kesan mendalam. Tertarik mencoba?

Lokasi: Jl. Raya Peniti, Peniti Luar, Siantan, Pontianak
Jam buka: Setiap hari, 09.00 hingga 23.00 WIB
Harga: 5,000 IDR per biji

13. Lek Tau Suan atau Bubur Gunting

Image credit: @mscherval

Di Pontianak, kuliner ini dikenal dengan nama Lek tau Suan, sementara di Singkawang banyak disebut sebagai bubur gunting. Makanan yang juga banyak ditemui di Singapura dan Daratan Tiongkok ini merupakan perpaduan dari bubur kacang hijau manis dengan cakue yang gurih dan crispy. Di Pontianak, kuliner ini banyak dijajakan secara kaki lima di sepanjang jalan Gajah Mada.

Lokasi: Jl. Gajah Mada, Pontianak
Jam buka: Setiap hari, 08.00 hingga 22.00 WIB
Harga: 5,000 IDR per porsi

14. Kue Bingke Al Fajar

Image credit: @jogjafoodhunter

Biasanya kue basah yang manis ini kerap dijadikan oleh-oleh sebelum meninggalkan Pontianak, namun tidak sedikit yang menikmatinya langsung di tempat. Ada bermacam varian rasa, yang dijamin akan membuatmu terkesima karena teksturnya yang lembut dan rasa yang mengesankan. Coba deh!

Lokasi: Jl. Adi Sucipto No.8, Sungai Bangkong, Pontianak Kota, Kota Pontianak
Jam buka: Setiap hari, 08.00 hingga 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR

15. Pisang Goreng Srikaya

Image credit: @foodaffairs___s

Pisang goreng Pontianak sempat booming di seluruh Indonesia beberapa tahun silam. Bukan hanya karena rasanya yang manis dan tekstur yang renyah, varian rasa juga menambah keistimewaan tersendiri. Namun, saat wisata kuliner di Pontianak, pisang goreng yang harus kamu coba adalah pisang goreng srikaya, yang pas dinikmati bersama kopi hitam. Warung kopi Suka Hati menjadi destinasi yang harus dituju untuk mendapatkan kesan mendalam dari pisang goreng ini.

Lokasi: Sekip Darat Jl. Tanjung Pura No.17, Benua Melayu Laut, Pontianak Bar., Kota Pontianak
Jam buka: Setiap hari, 06.00 hingga 17.00 WIB
Harga: 2,000 IDR untuk pisang goreng srikaya

Baca juga: 16 Kota Di Indonesia Yang Memiliki Keindahan Tersembunyi

Apakah kamu tertarik wisata kuliner di Pontianak dalam waktu dekat?

 

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru