Destinasi Wisata Purbalingga Yang Instagramable, Asyik Untuk Tamasya Keluarga

Sudahkah kamu mengenal kota Purbalingga? Sebagai salah satu kota di Jawa Tengah, Purbalingga menawarkan alam yang masih hijau dan dihiasi pemandangan Gunung Slamet. Benar-benar terasa alami dan khas pedesaan. Kamu bisa meresapi suasana ini di berbagai tempat wisata Purbalingga. Destinasinya mudah dikunjungi, sehingga pas untuk semua orang.

Liburan bersantai di tengah alam, siapa yang bisa menolak? Supaya lebih afdol, kunjungi tempat wisata Purbalingga yang ngehits rekomendasi TripZilla Indonesia di bawah ini ya!

1. Mulai dari bangunan unik hingga reptil ada di Sanggaluri Park

wisata purbalingga
Image credit: Sanggaluri Purbalingga

Sanggaluri Park dulunya memang bernama Taman Reptil Purbalingga. Untuk memasukinya, kamu akan melewati gerbang berbentuk tokoh Semar raksasa.

Image credit: Sanggaluri Purbalingga

Bukan hanya gerbangnya saja yang unik, namun juga isi tamannya. Kamu bisa melihat aneka hewan seperti buaya, ular, kupu-kupu dan beragam spesies burung. Ada pula Museum Uang dan Museum Wayang dan Artefak dengan deretan koleksinya. Wahana seperti Rumah Gempa yang berisi simulasi gempa bumi juga seru untuk dikunjungi apalagi bersama anak-anak.

Lokasi: Jalan Raya Taman Reptile, Dusun II, Kec. Kutasari, Purbalingga
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 15.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

2. Selfie dengan latar keren di sepanjang jalan Gunung Lompong

Image credit: @amiinsm 

Gunung Lompong memiliki ketinggian 1,322 mdpl dan saat ini menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Purbalingga. Sepanjang jalan mendaki, matamu akan dihibur dengan panorama rumah-rumah penduduk dan perbukitan.

Image credit: @kholis.nugroho 

Ketika mendaki pun kamu akan disuguhi Gunung Slamet sebagai latar belakang. Jangan puas hanya berfoto di tengah perjalanan. Teruslah berjalan hingga menemukan Gardu Pandang Puncak Telkom, dan kamu bisa bersantai sambil menikmati pemandangan indah di sekelilingmu.

Lokasi: Pejagan 1, Kutabawa, Kec. Karangreja, Purbalingga
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

3. Wisata asyik melihat eksotisnya kelelawar di Goa Lawa, Purbalingga

Image credit: GOLAGA – Goa Lawa Purbalingga

Nama Goa Lawa sendiri bermakna gua kelelawar, dan gua ini diberi penanda berupa patung kelelawar raksasa. Jalan masuk ke dalamnya pun sudah nyaman dengan susunan anak-anak tangga yang membuat gua ini mudah diakses semua orang.

Image credit: GOLAGA – Goa Lawa Purbalingga

Atraksi menarik ketika sore tiba adalah kumpulan kelelawar yang keluar dari sarangnya. Bila ingin menikmati lingkungan gua dengan leluasa, kamu dapat menyewa tenda dan berkemah di sini. Pengalaman berkemahmu akan terasa menyenangkan karena dalam kompleks Goa Lawa sudah ada rumah makan, area bermain anak hingga kamar mandi.

Lokasi: Desa Siwarak RT. 01/07, Karangreja, Dusun IV, Siwarak, Purbalingga
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 20,000 IDR

4. Penggemar curug tidak boleh ketinggalan datang ke Curug Sumba

Image credit: @sukhoi_rajaa 

Purbalingga juga punya curug yang kondang yaitu Curug Sumba. Dari fotonya saja kamu sudah bisa memperkirakan seindah apa lokasi aslinya. Airnya berwarna kebiruan dan seakan mengundang setiap orang untuk sekedar membasahi kaki. Lingkungan di sekitar curug cukup terawat dan lapang sehingga memudahkanmu untuk mengambil foto yang kece. Untuk wisata yang lebih aman dan nyaman, kamu bisa datang ketika musim panas dan debit air sedang normal.

Lokasi: Desa Tlahab, Kemejing, Tlahab Kidul, Kec. Karangreja, Purbalingga
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 16.30 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

5. Wisata dan bersantai dengan suara gemericik di Curug Panyatan, Purbalingga

Image credit: @jhoephotograf 

Curug Panyatan terletak di kaki Bukit Panyatan dan mudah dijangkau. Kamu tidak perlu berlelah-lelah untuk menemukan keindahan curug yang sudah dilengkapi aneka fasilitas ini. Gazebo yang telah disiapkan pengelola pun tersedia bagi kamu yang ingin duduk sambil menikmati aliran air curug yang menyejukkan. Di kawasan Curug Panyatan juga ada kolam-kolam untuk bermain air, jadi jangan lupa bawa baju ganti kalau kamu ingin merasakan segarnya air dari curug ini.

Lokasi: Bawahan, Gunungwuled, Kec. Rembang, Purbalingga
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

6. Mengayun kaki untuk menemukan keindahan alam di Puncak Sibarat

wisata purbalingga
Image credit: @defretesdona 

Bila kamu menyukai ketinggian, maka berkunjunglah ke Puncak Sibarat yang berada di Desa Gunungwuled. Perjalanan menuju puncak lumayan membutuhkan tenaga, jadi siapkan dirimu dengan atribut yang nyaman. Usaha yang kamu keluarkan tidak akan sia-sia karena setibanya di atas, kamu bisa menemukan berbagai anjungan untuk berfoto dengan latar panorama perbukitan yang mantap. Kamu bisa naik ke menara berketinggian 7 meter untuk mendapatkan sisi pemandangan yang cantik. Lokasi ini juga tepat untuk memburu momen matahari terbit yang eksotis.

Lokasi: Bawahan, Gunungwuled, Area Hutan, Kec. Rembang, Purbalingga
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

7. Bukan hanya kolam renang yang ada di Wisata Air Owabong Purbalingga

wisata purbalingga
Image credit: OWABONG

Kamu yang berlibur bersama si kecil atau sekedar gemar berenang, dapat menyambangi Wisata Air Owabong. Ada berbagai wahana permainan yang akan membuat waktu berenangmu semakin menyenangkan. Tentunya bukan wahana biasa saja yang ada di sini ya!

Image credit: OWABONG

Kalau ingin berenang pelan-pelan, ada Kolam Busa yang airnya penuh busa dan dilengkapi dengan air mancur. Bahkan ada kolam untuk snorkeling dan melihat ikan arapaima gigas. Jika ingin aktivitas yang lebih memompa adrenalin, kamu bisa mencoba Psicobloc yang adalah permainan panjat dinding di atas kolam. Menariknya lagi tidak hanya kolam, ada pula arena gokart dan Teater 4D yang juga bisa kamu jajal.

Lokasi: Jl. Raya Owabong No. 1, Bojongsari, Kec. Bojongsari, Purbalingga
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 25,000 IDR

8. Mau berfoto hingga bermain air, semua ada di Desa Wisata Panusupan Purbalingga

wisata purbalingga
Image credit: Wisata Puncak Sendaren

Desa Wisata Panusupan menjadi tempat liburan serba ada karena kamu bisa menemukan indahnya pemandangan hingga tempat bermain air di sini. Dengan tiket masuk yang terjangkau, kamu bisa memperoleh aneka hiburan di dalamnya, seru kan?

Image credit: @khansa.97 

Ada Puncak Sendaren yang menyajikan lekuk perbukitan nan eksotis. Kamu tidak akan kehabisan spot foto karena tiap sisinya menarik untuk diabadikan. Bagi yang suka basah-basahan, sambangi Curug Kalikarang yang punya tiga tingkat dan kolam yang luas untuk berenang. Selain itu, kamu bisa mengeksplorasi lokasi lain seperti Jembatan Cinta, Rumah Pohon Puncak Batur atau Pojok Kayangan. Dijamin puas!

Lokasi: Dusun II, Panusupan, Rembang, Purbalingga
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

9. Menapaki jalur yang nyaman dengan bonus pemandangan di Gunung Beser

wisata purbalingga
Image credit: @tgrdika 

Gunung Beser bisa jadi alternatif untuk kamu yang ingin berolahraga sambil liburan karena kamu perlu mendaki untuk sampai ke puncaknya. Tapi jangan khawatir karena jalur pendakiannya nyaman dan bahkan direkomendasikan untuk pendaki pemula. Walau demikian, kamu tidak boleh meremehkan keindahan pemandangan di sini. Sepanjang perjalanan, matamu akan dihibur dengan hijaunya bukit-bukit di sekelilingmu. Umumnya pengunjung menghabiskan waktu sekitar satu jam untuk berjalan hingga ke puncak gunung ini.

Lokasi: Dusun II, Karangjambu, Kec. Karangjambu, Purbalingga
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

10. Sekedar merasakan dan melihat irama kehidupan di Alun-Alun Purbalingga

wisata purbalingga
Image credit: @dhody_sableng 

Alun-Alun Purbalingga menjadi tempat nongkrong warga setempat yang juga menyenangkan untuk kamu kunjungi. Di sini, kamu bisa melihat keseharian warga dan mencoba jajanan lokal yang ada. Bila datang di pagi hari, kamu bisa sekalian jogging berkeliling taman. Ketika malam tiba, suasana alun-alun akan makin semarak dengan lampu-lampu dan pedagang makanan yang semakin banyak. Kamu bisa mencicipi sate blater yang merupakan kuliner khas Purbalingga di sini.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Purbalingga Lor, Purbalingga
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

11. Pesona wisata Purbalingga tiada duanya di kaki Gunung Slamet ala D’Las Lembah Asri

Image credit: @wiginuralfiani_ 

D’Las Lembah Asri menampilkan keindahan paripurna dengan lahan berumput dan penginapan yang berlatar belakang megahnya Gunung Slamet. Kamu bisa menginap di dalam salah satu cottage ini agar semakin puas meresapi suasana yang jarang ada di tempat lain ini.

wisata purbalingga
Image credit: @zian.fitria 

Si kecil bisa dibawa mengunjungi Dino Land yang berisi replika-replika dinosaurus dengan gerak dan suara. Selain itu, kamu juga bisa berinteraksi dengan hewan-hewan menggemaskan seperti kelinci yang jinak. Aktivitas lain yang tersedia adalah petik buah strawberry, mengendarai ATV, berkuda, main flying fox dan bersepeda air.

Lokasi: Jl. Raya Serang, Krajan, Kec. Karangreja, Purbalingga
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 16.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

12. Mencicipi manis dan asamnya hasil petikanmu di Kebun Strawberry Desa Serang

Image credit: @simungil_87 

Kebun Strawberry Desa Serang berada dalam kawasan Lembah Asri Serang, yang sesuai namanya, memang sungguh asri. Kalau mata dan tubuhmu lelah karena kesibukan pekerjaan, maka di sini kamu bisa mendapat kelegaan. Petik buah strawberry sesukamu dan bisa sekalian kamu nikmati. Lembah Asri Serang juga menyediakan berbagai atraksi lain semisal wahana outbond, Agro Kids dan kolam renang. Lengkap dan pas untuk liburan bersama keluarga.

Lokasi: Jl. Raya Serang, Krajan, Serang, Kec. Karangreja, Purbalingga
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 07.00 WIB – 16.00 WIB, Sabtu – Minggu pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 25,000 IDR

Baca juga: Hidden Gem Jateng, Tempat Wisata Baru Di Dieng Ini Wajib Dikunjungi Di 2022

Terbukti kan Purbalingga dapat menjadi pilihan tempat wisata yang seru? Jangan lupa rencanakan kunjunganmu ke sini ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru