Hidden Gem Jateng, Tempat Wisata Baru Di Dieng Ini Wajib Dikunjungi Di 2022

Tempat wisata Dieng Wonosobo menjadi salah satu destinasi yang paling dicari di sepanjang tahun lalu. Bukan tanpa alasan karena destinasi wisata di Dieng ini menyajikan nuansa dan atmosfer yang sepenuhnya berbeda dari tempat wisata lainnya di Indonesia. Bahkan, di tahun 2022 ini, ada sejumlah tempat wisata Dieng terbaru yang tidak boleh dilewatkan, yang pastinya akan memperkaya pengalaman liburan kamu di Wonosobo.

Dieng sendiri merupakan salah satu permata wisata yang ada di Wonosobo, Jawa Tengah. Nama Dieng kondang karena punya sederet tempat wisata dengan keindahan alam dan unsur sejarah yang kental. Tidak perlu banyak pernak-pernik untuk menjadikan lokasi wisata di Dieng menarik, karena Dieng punya keindahan yang alami.

Banyak sisi di Dieng yang bisa kamu eksplorasi dan pasti memuaskan. Ditambah lagi dengan suhu udara yang rendah, dijamin rasa lelahmu akan hilang dalam sekejap! Intip tiap sisi tempat wisata Dieng terbaru 2022 yang direkomendasikan TripZilla Indonesia di bawah ini!

1. Telaga Warna yang akan mewarnai harimu

Image credit: @kokohirasawa

Cuma telaga? Jangan meremehkan karena Telaga Warna akan membuat liburanmu makin berwarna. Sumber warna air telaga ini berasal dari kandungan belerang dan bisa berubah apabila tertimpa sinar matahari. Di Telaga Warna, juga terdapat anjungan yang memudahkanmu untuk mengabadikan diri. Dilihat dari dekat atau dari kejauhan, Telaga Warna tidak berubah cantiknya!

Lokasi: Dieng, Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

2. Kawah Sikidang yang semakin instagrammable

Image credit: @nadyamawarj_

Walau aroma belerang yang tercium menyengat, namun jangan sampai hal ini menyurutkan niatmu berkunjung. Kamu akan menyesal jika melewatkan keindahan Kawah Sikidang. Asap yang membubung justru membuat pemandangan makin eksotis. Tidak hanya kawah, area ini juga sudah dilengkapi berbagai wahana seperti berkuda, ATV hingga motocross yang dapat kamu coba.

Lokasi: Bakal Buntu, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

3. Gunung Prau yang indah dan ramah pendaki

Image credit: @irmanzaenudin

Belum pernah mendaki gunung namun ingin melihat indahnya Dieng dari ketinggian? Tidak apa-apa, sebab Gunung Prau ini punya banyak jalur yang ramah untuk didaki.

tempat wisata dieng terbaru 2022
Image credit: @rofiq_hidayat24

Gunung Prau sangat populer dengan momen matahari terbitnya. Kamu dapat mendaki sejak subuh atau berkemah jika tidak ingin ketinggalan pemandangan luar biasa ini. Sepanjang jalur pendakian, kamu pun dapat menikmati segarnya udara dan lanskap pedesaan yang terbentang. Tidak ada yang tidak cantik di sini!

Lokasi: Bakulan, Dieng, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 25,000 IDR

4. Cantiknya Candi Arjuna yang tidak lekang oleh waktu

tempat wisata dieng terbaru 2022
Image credit: @patrishiela

Tiket masuk ke Candi Arjuna ini sama dengan tiket masuk ke Kawah Sikidang, sehingga kamu dapat masuk ke dua objek wisata sekaligus. Manfaatkan kesempatan ini untuk melihat indahnya Candi Arjuna dengan siluet perbukitan sebagai latarnya. Satu kompleks dengan Candi Arjuna, terdapat empat candi lain yang usianya lebih muda. Selain menikmati bangunan yang sarat sejarah, kamu juga bisa merasakan embun upas yang biasa terjadi pada pertengahan tahun di sini. Kenakan baju hangatmu dan lihat penampilan candi yang seakan terselimuti es, unik!

Lokasi: Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 16.30 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

5. Candi Dwarawati untuk tempat wisata sejarah Dieng yang asri

Image credit: @dhimasjhn

Nama Dwarawati konon diambil dari ibukota Kerajaan Dwarata di India dan disematkan di candi ini, karena bentuknya mirip dengan candi di India. Menyambangi candi ini, kamu akan berjalan menyusuri bentangan persawahan penduduk yang asri. Selain itu dari Candi Dwarawati, kamu pun dapat memandang eloknya perbukitan yang menghijau. Pilih waktu ketika cuaca cerah dan kamu akan mendapat bonus langit biru yang membuat Candi Dwarawati semakin terlihat menarik.

Lokasi: Dieng Plateau, Krajan, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

6. Candi Gatotkaca, situs bersejarah yang layak dikunjungi

tempat wisata dieng terbaru 2022
Image credit: @solehdieng

Wisata candi berikutnya di Dieng adalah Candi Gatotkaca. Ukurannya memang tidak besar namun bangunannya masih utuh. Berada di tengah taman dengan pepohonan, kamu dapat leluasa mengamati ukiran dan memasuki candi ini. Candi yang dibangun sebagai tempat penyembahan untuk Dewa Syiwa ini ada sejak sekitar abad ke-8 Masehi. Mudah diakses dan juga buka sepanjang hari, tidak ada alasan untuk melewatkan keunikan Candi Gatotkaca.

Lokasi: Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

7. Bukit Sikunir dengan puncak yang eksotik

Image credit: @habib_farindra

Kamu anggota tim mager kalau sedang liburan? Jangan lagi ya, sebab di Dieng ada Bukit Sikunir yang menanti untuk disambangi di pagi hari!

Image credit: @alfianputras

Puncak keindahan Bukit Sikunir akan terlihat ketika matahari pagi bersinar dan ditambah kabut-kabut yang mengambang. Saat hiking, matamu akan dihibur dengan hamparan ladang pertanian yang ditanami sayuran. Udara dingin tidak perlu dihiraukan dan dengan terus bergerak, kamu dapat mengusir hawa dingin tersebut. Setibanya di puncak bukit, kamu akan diganjar pemandangan yang setimpal dengan jerih payahmu!

Lokasi: Sembungan, Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 02.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 15,000 IDR

8. Batu Pandang Ratapan Angin, tempat wisata Dieng dengan hembusan angin yang lembut

tempat wisata dieng terbaru 2022
Image credit: @diengtripofficial

Penyebab tempat ini dinamakan Batu Pandang Ratapan Angin tentu bukan karena pengunjungnya datang untuk meratap. Namun ketika angin bertiup, maka akan menimbulkan suara yang konon terdengar seperti ratapan. Mau membuktikannya? Silakan datang dan nikmati hembusan angin dengan pemandangan keren yang mengelilingimu. Bisa-bisa jika sudah berada di atas, kamu lupa turun karena kepalang terpesona dengan keindahannya!

Lokasi: Jl. Dieng, Dieng, Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 17.30 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

9. Telaga Dringo, menikmati panorama dataran tinggi yang memukau

Image credit: @ryanf_jr

Keunikan dari Telaga Dringo adalah letaknya yang berada di ketinggian. Berkat letak geografisnya, kamu akan menemukan telaga dengan pemandangan alam yang indah dan suasana yang damai.

tempat wisata dieng terbaru 2022
Image credit: @badakkekar

Untuk mencapai Telaga Dringo, kamu perlu berjalan kaki melewati area hutan. Upah dari jerih payahmu adalah menikmati telaga yang kerap dijuluki sebagai tiruan Ranu Kumbolo. Siluet Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing menjadi latar yang akan membuatmu berdecak kagum. Sudah siap menjelajahi telaga ini?

Lokasi: Sidomulyo, Pekasiran, Batur, Banjanegara, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

10. Savana Dieng, padang rumput yang menyejukkan mata

Image credit: @dawerzs__athenart

Sisi lain wisata di Dieng yang patut kamu kunjungi adalah Savana Dieng. Hamparan padang rumput ini akan melegakan hatimu dengan suasananya yang teduh.

tempat wisata dieng terbaru 2022
Image credit: @itsme.hdytt_

Berlokasi di kaki Gunung Pangonan, umumnya padang savana ini dijadikan lokasi berkemah bagi para pendaki. Kamu pun bisa melakukannya jika ingin menikmati ketenangan di sini lebih lama. Selain itu, berkemah juga dapat dimanfaatkan untuk beristirahat karena jalanan menanjak menuju padang savana akan menguras energimu. Persiapkan diri dengan istirahat yang cukup dan alas kaki yang nyaman ya!

Lokasi: Savana, Karangsari, Dieng, Batur, Banjanegara, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

10. Batu Angkruk Dieng, tempat wisata wajib bagi penikmat senja

Image credit: Batu Angkruk Dieng Official

Kalau kamu suka dengan suasana romantis ketika langit merona di saat senja, maka masukkan Batu Angkruk Dieng ke dalam itinerary. Sebab tempat ini kondang dengan kecantikan sunset yang bisa dinikmati dari berbagai anjungannya.

tempat wisata dieng terbaru 2022
Image credit: Batu Angkruk Dieng Official

Batu Angkruk Dieng pun terkenal dengan beragam spot foto yang menarik dan kamu perlu membayar biaya tambahan jika ingin mencobanya. Salah satu lokasi berfoto yang kece adalah jembatan kaca yang akan membawamu melihat lautan awan. Saat hari masih terang, pemandangan di sekelilingnya terlihat sangat cantik. Jadi kesimpulannya, dari pagi hingga sore, Batu Angkruk Dieng selalu pas untuk dikunjungi!

Lokasi: Jl. Dieng No. KM 22, Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 04.00 WIB – 19.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 2,000 IDR

12. Gardu Pandang Tieng, gardu pandang dengan pesona yang mengesankan

tempat wisata dieng terbaru 2022
Image credit: @anggiipras

Gardu Pandang Tieng menjadi lokasi wisata yang hits karena menyediakan titik pandang yang pas. Dari sini, kamu memperoleh hamparan panorama Dieng dari ketinggian. Megahnya deretan pegunungan pun akan tampak jelas dari Gardu Pandang Tieng.

tempat wisata dieng terbaru 2022
Image credit: @hanakrisna_

Jika kamu berangkat pagi-pagi, maka kamu berkesempatan melihat golden sunrise yang menawan. Apalagi dengan hadirnya kabut dan kontur tanah yang berbukit-bukit, menciptakan suasana yang sulit digambarkan dengan kata-kata. Tidak akan rugi menahan dingin dan kantuk untuk mendapatkan momen seperti ini!

Lokasi: Sidorejo, Tieng, Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 05.00 WIB – 21.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

13. Gua Semar, tempat wisata religi di Dieng untuk para peziarah

Image credit: @_gbrnnn14

Gua Semar masih berada dalam satu kawasan dengan Telaga Warna. Gua dengan patung Semar berdiri di depannya ini umumnya dikunjungi oleh peziarah. Walau ukurannya tidak besar, tetapi kamu tidak bisa sembarangan masuk ke dalamnya karena gua ini dikeramatkan. Bila ingin menyusuri gua, kamu perlu meminta izin kepada penjaga terlebih dahulu. Tertarik untuk mencobanya?

Lokasi:  Dieng, Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 3,000 IDR

14. Tuk Bima Lukar, spot merasakan segarnya mata air kuno

Image credit: @its_me_ohha

Tuk Bima Lukar adalah pancuran mata air yang berasal dari Sungai Serayu. Selain aksesnya mudah, juga tidak dikenakan biaya masuk. Arti nama Bima Lukar konon berasal dari tokoh Bima yang berhasil membuat sebuah sungai dalam keadaan lukar alias tidak berpakaian.

Image credit: @pesonadieng_jawatengah

Pancuran Tuk Bima Lukar terdiri dari tiga undakan. Di paling atas, terdapat undakan yang disucikan dan biasanya menjadi tempat menaruh sesajen. Undakan di bawahnya adalah penampungan air, dan undakan ketiga atau paling bawah menjadi tempat pancuran. Kamu bisa mencoba mencuci wajah dan merasakan kesegaran airnya yang menurut kepercayaan, bisa bikin awet muda lho!

Lokasi: Kalilembu, Dieng, Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

15. Bukit Scooter, tempat wisata dan piknik cantik yang seru di Dieng

tempat wisata dieng terbaru 2022
Image credit: @nabilarakhma

Bukit Scooter alias Bukit Skuter terletak di ketinggian sekitar 2,200 mdpl. Sudah sejuk, kamu pun bisa duduk dengan nyaman di atas rumputnya yang hijau sambil memandang ke kejauhan. Lokasinya pas dan asyik untuk piknik atau sekedar berfoto-foto. Berkunjung pada siang dan sore hari tentunya akan memberikan kesan yang berbeda. Kalau penasaran ingin merasakan semuanya, menginap saja di homestay yang ada di sekitar bukit!

Lokasi: Simpangan, Dieng, Batur, Banjanegara, Jawa Tengah
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

Baca juga: 4 Warung Mie Ongklok di Wonosobo Yang Memanjakan Lidah

Keindahan Dieng selalu memikat dilihat dari segala sisi. Mengingat kebanyakan objek wisatanya adalah wisata alam, jangan lupa untuk selalu memperhatikan cuaca ketika akan bepergian ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru