Selamat Tinggal! Yahoo Answer Akan Ditutup Selamanya

Sebelum Google, Yahoo pernah menjadi kiblat-nya internet dunia. Namun seiring berjalannya waktu, Yahoo kini semakin ditinggalkan, dan sejumlah layanan juga ditutup, dan salah satunya yang akan bernasib serupa adalah Yahoo Answer.

Platform tanya jawab web terlama dalam sejarah internet tersebut akan ditutup secara permanen pada 4 Mei 2021 mendatang. Platform ini sendiri sudah beroperasi sejak 2005.

Dalam keterangannya, seperti dilansir dari The Verge, dan dikutip dari Antaranews, Selasa (6/4), Yahoo menyatakan sejumlah alasan penutupan layanan tersebut, di antaranya karena platform tersebut telah menjadi kurang populer dalam beberapa tahun terakhir. Perusahaan juga memutuskan untuk mengalihkan sumber daya yang dimiliki untuk fokus pada produk Yahoo lainnya untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Yahoo, yang menjadi bagian dari Verizon Media Group, mengumumkan layanan tersebut akan ditutup lewat pengumuman di bagian atas beranda Yahoo Answer. Dalam keterangan lebih lengkap di bagian FAQ dijelaskan bahwa mulai 20 April 2021, platform tidak akan lagi menerima pengiriman baru.

Yahoo menambahkan dalam keterangannya bahwa pengguna memiliki waktu hingga 30 Juni untuk meminta data mereka, termasuk semua konten yang dibuat, baik dalam bentuk daftar pertanyaan, jawaban, gambar dan konten lainnya. Selain itu, pengguna juga tidak akan bisa mengunduh konten, pertanyaan atau jawaban pengguna lain, dan setelah melewati batas dari waktu yang ditetapkan, data tidak akan lagi tersedia.

Penutupan layanan Yahoo seperti ini bukan yang pertama dilakukan. Sebelumnya, pada Desember tahun lalu, Yahoo juga telah menutup layanan Yahoo Groups, atau yang oleh masyarakat Indonesia lebih dikenal sebagai mailing list alias milis.

Baca juga: Provider Internet Terbaik 2020 di Indonesia Yang Bisa Kamu Pilih

Punya kenangan tersendiri dengan Yahoo Answer?


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru