Saran Dari Karyawan, Selalu Lakukan Ini Saat Baru Masuk Kamar Hotel!

Pernah punya pengalaman mengerikan terkait kebersihan di kamar hotel? Mendapatkan kamar yang kotor, tidak tersanitasi dengan baik, serangga seperti kecoa berkeliaran tentunya bukan pengalaman yang mengesankan. Malah, kamar yang kurang bersih bisa membuat ilfeel atau merusak mood staycation kamu, bukan begitu? Melihat kamar hotel seperti ini, pastinya ada hasrat untuk pindah kamar saja!

Pengalaman seperti ini bukanlah hal yang lumrah. Meski sebagian besar hotel melakukan usaha sanitasi setelah kamar digunakan, namun tak sedikit juga kamar yang tetap kotor dan bahkan menjadi hunian serangga pengganggu, seperti kecoa, kutu busuk dan yang lainnya. Tapi tenang saja, jika kamu menemukan hal mengganggu semacam itu di kamar hotel yang kamu tinggali, kamu bisa melakukan komplain dan meminta ganti kamar yang lebih bersih. Namun, kamu mungkin harus dibuat repot ketika mengetahui kondisi kamar yang kotor setelah unpacking barang yang kamu bawa dari koper.

Karena itu, seorang yang sudah lama berkecimpung di dunia hospitality dan pelayanan hotel, melalui akun Tiktoknya @Haleewithaflair, memberikan saran spesial kepada tamu hotel untuk melakukan sejumlah hal ini sebelum unpacking barang bawaan.

“Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan kamar dalam kondisi gelap. Matikan lampu, tutup semua tirai dan gunakan lampu flash di HP kamu,” jelasnya sambil berusaha mencontohkan di klipnya.

“Bila tempat tidur kamu menggunakan sprei yang terlipat atau matras tambahan, kamu harus memeriksa di sudut paling gelap, di bawah kasur. Biasanya binatang seperti kutu atau serangga berada di sudut-sudut dan lipatan.”

“Alasan kamu harus memeriksanya dalam kondisi gelap karena kutu semacam ini biasanya merupakan binatan nokturnal, jadi mereka biasanya baru keluar ketika gelap untuk mencari mangsa,” jelasnya.

Wanita yang mengaku sudah bekerja selama 15 tahun di industri perhotelan tersebut juga menyarankan untuk tidak dulu membongkar barang bawaan sebelum melakukan pemeriksaan ini. Selain itu, memeriksa kebersihan kulkas minibar, tirai dan bahkan meja televisi juga harus dilakukan untuk memastikan staf housekeeping sudah melakukan tugasnya dengan baik.

“Saya selalu menggunakan tangan saya untuk mengecek apakah masih ada debu di tempat-tempat tertentu,” ceritanya lagi.

Baca juga: 10 Jenis Barang Yang Tidak Boleh Diambil Dari Kamar Hotel

Nah, sudah tahu apa yang harus dilakukan saat baru masuk kamar hotel, kan?

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru