10 Air Terjun Di Bali Yang Instagrammable Dan Memesona

Bali tidak hanya memiliki pantai, lho! Ada banyak alasan mengapa Pulau Dewata dinobatkan sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di dunia, termasuk di antaranya adalah air terjun yang memesona.

Bagi yang tertarik mencoba tantangan dengan mengeksplorasi destinasi wisata baru, menjelajah di sejumlah air terjun di Bali bisa menjadi alternatif aktivitas yang mengesankan. Apalagi, pemandangan alam di sekitar air terjun juga yang tidak kalah keren, dan dijamin liburan kamu bakal memiliki kesan mendalam.

Sepuluh air terjun di Bali ini bisa menjadi rekomendasi untuk kamu kunjungi di sesi liburan kamu berikutnya. Bersiaplah untuk dibuat terkesima, dan tetap waspada, ya!

1. Air Terjun Tegenungan yang indah, tapi berbahaya

Image credit: @livinginthemoment004

Berjarak 20 menit dari pusat kota Ubud, ada sebuah situs air terjun yang sangat mudah untuk dijangkau. Kalau kamu ogah ribet, atau sekadar ingin berjalan-jalan santai sambil merasakan udara segar, tempat ini cocok untuk kamu. Dari tempat parkir, kamu hanya perlu menuruni belasan anak tangga untuk mencapai air terjun Tegenungan.

Image credit: @thenomadicneals

Sesampainya di air terjun, kamu bisa menaiki ayunan untuk menguji adrenalin, atau menuju ke puncak bukit untuk menikmati pemandangan alam dari ketinggian. Karena arus yang deras, ada larangan berenang yang harus kamu patuhi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Tapi, hal ini tidak akan mengurangi keseruan liburanmu, kok!

Image credit: @belikova_bali

Harga tiket: 20,000 IDR
Koordinat lokasi

2. Air terjun berundak khas ala Air Terjun Kanto Lampo

Image credit: @allenwndrlnd

Mencari situs wisata air terjun yang lebih sepi? Mumpung berada di daerah Gianyar, kamu bisa mengunjungi air terjun Kanto Lampo. Air terjun di Bali yang berada di tengah pemukiman penduduk ini tidak setinggi air terjun Tegenungan. Akan tetapi, struktur bebatuan yang berundak justru memungkinkan kamu mendaki air terjun dan duduk di batu-batu tersebut. Spotnya Instagrammable banget, lho!

Image credit: @_vaily_

Hingga saat ini, wisatawan lokal tidak dipungut biaya untuk memasuki air terjun Kanto Lampo; namun pengelola menyediakan kotak donasi. Kamu bisa menyumbang untuk membantu mereka merawat situs wisata ini. Selain itu, berhubung air terjun ini menjadi sumber air minum dan juga dikeramatkan, pastikan kamu menjaga kebersihan lingkungan saat berkunjung, ya!

Image credit: @nastish.nastish

Harga tiket masuk: Sistem donasi seikhlasnya
Koordinat Lokasi

3. Tukad Cepung yang Instagrammable

Image credit: @thewanderfullyfe

Air terjun Tukad Cepung terletak sekitar 30 km dari pusat Ubud. Dibutuhkan perjuangan untuk sampai ke lokasi, namun rasa letih bakal terbayar maksimal setelah melihat pesona dan keelokan air terjun Tukad Cepung, yang tidak hanya memiliki satu air terjun, melainkan dua.

Image credit: @harimaolee

Air terjun di Bali ini sedang ramai diperbincangkan oleh travel influencer lokal maupun internasional karena tempatnya yang instagramable banget. Untuk dapat menangkap sinar matahari yang mengintip di antara celah-celah tebing, sebaiknya kamu datang pada pukul 8.00 hingga 9.00. Setelah mendapat stok foto yang cukup untuk post Instagram, kamu bisa memuaskan hasrat bermain air. Tak perlu takut kepanasan karena ‘kolam renang alami’ ini tertutup oleh dinding-dinding bebatuan yang tinggi dan juga pepohonan rindang.

Harga tiket: 15,000 IDR
Koordinat lokasi

4. Surga tersembunyi di Air Terjun Tibumana

Image credit: @josiahwg

Masih di seputar Bangli, air terjun Tibumana merupakan permata tersembunyi yang belum banyak diketahui oleh wisatawan. Padahal, air terjun ini tergolong family-friendly. Jalan setapak yang harus kamu lalui untuk mencapai air terjun cukup rata dan sudah disemen dengan baik. Arus air terjunnya juga tidak terlalu deras, sehingga kamu bisa berenang dengan tenang.

Image credit: @tordkarlsen

Keunikan air terjun Tibumana adalah saat debit air sungai di puncak bukit cukup besar, aliran air terjun akan terbagi dua. Sementara ketika sungainya sedang ‘surut’ dan hanya ada satu air terjun, kolamnya malah menjadi lebih jernih. Ditambah dengan udara yang sejuk dan suasana pedesaan yang alami, kamu akan berat hati meninggalkan tempat ini!

Image credit: @itsnedkelly

Harga tiket masuk: 10,000 IDR
Koordinat lokasi

5. Air Terjun Nungnung, air terjun terindah di Bali

Image credit: @juntos_viajando

Konon, air terjun Nungnung dinobatkan sebagai salah satu air terjun di Bali sebagai yang terindah oleh wisatawan. Dengan tinggi 50 meter, memandangi air terjun ini sudah merupakan pengalaman yang mendebarkan. Apalagi kalau kamu berjiwa pemberani, pasti tak sabar untuk berendam di kolam tersebut.

Image credit: @digitaltravelcouple

Perlu sedikit usaha untuk sampai ke air terjun ini, di mana kamu harus menuruni sekitar 500-an anak tangga. Bisa dibayangkan betapa melelahkannya saat pulang nanti, tapi bukankah petualangan membutuhkan sedikit pengorbanan?

Jembatan Tukad Bangkung | Image credit: @anandagotama

Air terjun Nungnung terletak di antara Ubud dan Bedugul, sehingga menjadi tempat pemberhentian yang pas untuk kamu yang ingin melakukan road trip. Tak jauh dari Nungnung, kamu bisa sekaligus melewati Jembatan Tukad Bangkung. Jembatan yang menghubungkan tiga kabupaten, yaitu Badung, Bangli, dan Buleleng ini adalah jembatan terpanjang di Bali dan diklaim sebagai tertinggi di Asia. Wah, liburanmu semakin lengkap!

Harga tiket: 10,000 IDR
Koordinat lokasi

6. Air Terjun Gitgit, keindahan yang menggigit hati

Image credit: @yuliya_lodya

Buleleng merupakan surganya air terjun di Bali. Setidaknya ada sepuluh air terjun di Buleleng dan air terjun Gitgit wajib masuk ke dalam daftar itinerary kamu. Hampir sama dengan Tegenungan, air terjun Gitgit sudah dikelola secara profesional. Terdapat fasilitas seperti toilet, pendopo untuk beristirahat, dan tempat parkir yang aman. Kamu bisa bermain air dengan tenang, deh!

Image credit: @annah_lab

Meskipun tergolong touristy, situasi di air terjun masih sangat alami. Hutan rindang di sekeliling air terjun melindungi ekosistem sehingga airnya sangat jernih dan dingin. Terkadang, muncul monyet yang akan ikut berenang bersamamu. Maklum, air terjun ini merupakan sumber kehidupan bagi para monyet di sekitar Gitgit. Dengan para monyet menemani, liburan kamu bakal lebih seru, lho!

Harga tiket: 20,000 IDR
Koordinat lokasi

7. Air Terjun Aling-Aling yang bikin pangling

Buat pecinta aktivitas yang memompa adrenalin, air terjun Aling-aling bisa memuaskan hasrat! Di sini, kamu bisa melompat dari tebing dan meluncur di ‘perosotan’ air terjun.

Image credit: @thebalibible

Ada tiga ketinggian yang harus kamu coba untuk melompat dari tebing: 5, 10, dan 15 meter. Dibutuhkan keberanian yang besar untuk melakukannya karena arus air terjun tampak kencang. Kalau tidak begitu percaya diri untuk berenang, kamu bisa mengenakan jaket pelampung. Tapi, sekali berhasil menguasai ketakutan dan melompat dari tebing, kamu pasti ingin melakukannya lagi dan lagi!

Image credit: @the_essentialist_

Warga setempat yang mengelola air terjun ini sudah memiliki pengetahuan yang matang tentang tempat-tempat yang aman bagi para pengunjung. Maka dari itu, mereka menyediakan tiga pilihan jalur trekking, dengan fasilitas tour guide, makan siang, dan asuransi. Harga masing-masing paket sangat worthy, mengingat perjalananmu akan jauh lebih mudah dengan bantuan mereka.

Harga tiket: 10,000 IDR
Koordinat lokasi

8. Air Terjun Sekumpul, air terjun kembar yang memesona

Image credit: @around_the_pale_blue_dot

Dibutuhkan sedikit usaha dan waktu lebih untuk bisa sampai ke air terjun Sekumpul yang terletak di utara Bali ini. Namun, sesampainya di lokasi, kamu akan dibuat kagum dengan pesona alam yang hijau serta air terjun kembar yang berdekatan satu sama lain!

Image credit: @sutarahady

Dengan tinggi sekitar 80 meter, kamu bisa mendengar gemuruh air sejak tiba di tempat parkir. Untuk dapat mencapai air terjun Sekumpul, kamu harus berjalan kaki selama setengah jam melalui hutan bambu yang rimbun. Rasa lelahmu akan terbayar saat kamu menceburkan diri di kolam berair super jernih. Kamu bisa mencoba mendaki bebatuan untuk mendapatkan foto terbaik.

Harga tiket: 20,000 IDR
Koordinat lokasi

9. Pesona hijau yang menyejukkan mata di Air Terjun Banyumala

Satu lagi air terjun kembar yang bikin kamu betah berlama-lama. Banyumala berada di daerah Sukasada, Buleleng, yang merupakan kawasan dataran tinggi. Jadi, sudah terbayang betapa segarnya jika berlibur di sini kan?

Image credit: @intanputrikirana

Berbeda dengan Sekumpul, air terjun Banyumala tidak terlalu tinggi dan airnya merembes di dinding tebing. Hal ini membuat arus kolamnya lebih tenang dan aman untuk berenang.

Image credit: @ajourneywithpru

Berbeda dengan Sekumpul, air terjun Banyumala tidak terlalu tinggi dan airnya merembes di dinding tebing. Hal ini membuat arus kolamnya lebih tenang dan aman untuk berenang. Pemandangan alamnya yang masih natural juga menjadi daya tarik tersendiri untuk berkunjung ke salah satu air terjun di Bali yang keren ini.

Harga tiket: 20,000 IDR
Koordinat lokasi

10. Air terjun menyehatkan di Air Terjun Munduk

Image credit: @mojbro

Siapapun yang pernah mengunjungi air terjun Munduk, pasti setuju dengan pendapat bahwa inilah air terjun terbaik di Bali. Sering disebut sebagai ‘Niagara-nya Bali’, Munduk merupakan kombinasi sempurna dari udara yang sejuk, ekosistem alam yang menakjubkan, dan aktivitas liburan yang tak akan terlupakan.

Image credit: @beckyvandijk

Sesampainya di Munduk, disarankan untuk kamu berendam sejenak di bawah air terjun. Kolamnya tidak terlalu dalam, air di air terjun ini mengandung sulfur yang baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Harga tiket: 20,000 IDR
Koordinat lokasi

Baca juga: 9 Tempat Wisata Di Nusa Penida, Bali Dengan View Keren

Tidak menyangka jika destinasi wisata air terjun di Bali tidak kalah menakjubkan dari wisata pantainya, kan? Segera atur itinerary kamu agar bisa mengunjungi semua air terjun keren dan Instagrammable ini!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru