Terbang 19 Juni 2020, AirAsia Baru Layani Empat Rute Domestik

AirAsia Indonesia mengumumkan akan kembali terbang mulai 19 Juni 2020. Namun demikian, untuk tahap pertama penerbangan maskapai asal Malaysia tersebut, hanya empat rute domestik yang akan dilayani AirAsia di Indonesia.

Dalam akun Facebook resminya, AirAsia mengumumkan penumpang bisa mulai melakukan pemesanan tiket melalui situs resmi atau aplikasi AirAsia untuk perjalanan dari Jakarta ke Medan atau Bali dan sebaliknya.

Adapun jadwal penerbangan dari Jakarta ke Bali berangkat setiap hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu pada pukul 9.25 dan tiba pada pukul 12.25 dengan nomor penerbangan QZ 7520. Sementara penerbangan dari Bali ke Jakarta berangkat pada hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu pada pukul 12.50 WITA dan tiba pada pukul 13.35 WIB dengan nomor penerbangan QZ 7521.

Sedangkan penerbangan Jakarta ke Medan dilakukan setiap hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu pada pukul 12.10 dan diperkirakan tiba pada pukul 14.40 dengan nomor penerbangan QZ 192. Sebaliknya, penerbangan Medan ke Jakarta juga dilakukan setiap hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu pada pukul 15.05 dan diperkirakan tiba pada pukul 17.25 WIB dengan nomor penerbangan QZ 193.

Empat rute domestik ini akan terus dipantau perkembangannya, termasuk situasi pandemi Covid-19 di Indonesia. AirAsia juga menyatakan akan melakukan langkah antisipasi yang diperlukan untuk memulai kembali layanan penerbangan berjadwal ini.

AirAsia juga menekankan pentingnya calon penumpang memenuhi syarat untuk bisa terbang bersama mereka. Dalam laman resminya, AirAsia merilis persyaratan perjalanan penumpang domestik selama kewaspadaan Covid-19, yaitu:

Calon penumpang yang akan melakukan perjalanan domestik harus dapat menunjukkan:

  1. Identitas diri (KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah);
  2. Surat keterangan uji Rapid-Test dengan hasil non reaktif yang berlaku 3 hari atau Surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif yang berlaku 7 hari pada saat keberangkatan, atau Surat keterangan bebas gejala seperti influensa (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh Dokter Rumah Sakit/Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Test PCR dan/atau Rapid-Test;
  3. Mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada perangkat telepon seluler (App Store | Play Store).

Calon penumpang juga harus memenuhi syarat tambahan, yaitu:

  1. Mengisi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (e-HAC) yang dapat diakses melalui aplikasi seluler e-HAC Indonesia (Android) atau klik di sini.
  2. Khusus penumpang dari/ke DKI Jakarta diharuskan memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) yang dapat diproses di sini
  3. Khusus penumpang tujuan akhir Bali wajib menunjukkan hasil tes PCR (bukan rapid Test) dengan hasil negatif dan mengisi formulir di sini
  4. Khusus penumpang tujuan akhir Lombok wajib menunjukkan hasil tes PCR (bukan rapid Test) dengan hasil negatif.Mengisi surat pernyataan AirAsia yang dapat diunduh di sini.

Semua tamu disarankan untuk memastikan kembali terminal keberangkatannya dikarenakan adanya perubahan terminal sementara untuk penerbangan domestik maupun internasional di beberapa bandara.

Baca juga: Biaya Reschedule AirAsia Digratiskan Hingga 31 Desember 2020

Setelah mengetahui empat rute domestik tahap pertama ini, apakah kamu akan segera membeli tiket penerbangan bersama AirAsia?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru